Pilih Kategori Artikel

Rekomendasi Makanan dan Minuman Pernikahan Outdoor Terbaik dan Pasti Enak!
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Salah satu persiapan pernikahan yang cukup menguras pikiran kedua calon mempelai adalah menu sajian ketika acara nanti. Selain menikmati kemeriahan dekorasi acara pernikahan, makanan dan minuman memiliki pesona sendiri. Pesonanya bisa menentukan bagaimana cara tamu undangan memandang pernikahan kamu dan pasangan.

Nyatanya, memang makanan dan minuman yang disajikan selama acara sangat berpengaruh pada tamu undangan. Belum lagi jika pernikahan diadakan di ruang terbuka (outdoor). Catering pernikahan harus lebih diperhatikan lagi.

Biasanya, pernikahan outdoor memiliki empat rangkaian acara mulai dari pra–acara, main event, dessert time, dan after party. Setiap acara memiliki ciri khas dan suasana berbeda-beda. Oleh karena itu, akan lebih baik jika pernikahanmu memberikan sajian yang cocok untuk setiap suasana.

Jangan bingung, karena WeddingMarket akan memberi kamu rekomendasi catering pernikahan outdoor lezat dan disukai banyak orang. Berikut daftarnya!

  1. Pra–acara 

wm_article_img
Catering: Akasya Catering & Co.

Sebelum masuk ke acara utama, biasanya para tamu akan saling berbincang di area halaman lokasi pernikahan. Pada acara chill seperti ini, kamu tidak perlu menyediakan sajian berat dan mengenyangkan. Karena, sajian utama akan dihidangkan saat acara inti dimulai.

Beberapa rekomendasi sajian pernikahan di pra – acara:

  • Ice cream

Ice cream merupakan salah satu hidangan lezat yang sulit ditolak. Kamu bisa menambahkan ice cream sebagai sajian yang akan diberikan ketika pra – acara. Terutama untuk pernikahan outdoor yang diadakan di pinggir pantai. Menikmati ice cream dan keindahan air laut akan menjadi suasana yang buat para tamu undangan nyaman dan enggan cepat-cepat pulang.

Selain itu, ice cream juga sangat cocok dinikmati ketika orang-orang sedang ngobrol santai. Waktu terasa berlalu lebih cepat ketika ngobrol bareng sahabat sambil makan ice cream.

Kemudian, sahabat-sahabat yang membawa anaknya untuk hadir ke undangan juga akan senang karena adanya ice cream. Anak-anak jadi tidak rewel dan orang tua bisa lebih leluasa menikmati acara pernikahan.

Kamu bisa menyediakan ice cream cokelat, vanila, dan strawberry. Ketiga rasa ice cream tersebut masih sangat aman dihidangkan dan akan disukai oleh siapa saja.

  • Jus dan lemonade

Pilihan buat orang-orang yang kurang menyukai ice cream adalah jus dan lemonade. Kesegaran yang sama akan diberikan oleh kedua minuman tersebut. Tamu akan semakin dimanjakan jika kamu menyediakan beberapa macam jus dan lemonade.

Untuk mendapatkan minuman segar, kamu bisa menyediakan jus dan lemonade dengan buah mangga, nanas, semangka, jeruk, dan strawberry. Dijamin, deh, tamu undangan akan terus merasakan kesegaran ketika menikmati jalannya pernikahan kamu. Setelah itu, betah, deh, buat berlama-lama!

  • Mini burger

Jangan hanya menyediakan minuman saja, menunggu acara utama dimulai akan lebih menyenangkan jika ditemani dengan makanan kecil. Karena belum masuk ke acara utama, kamu hanya perlu menyediakan snack untuk mengganjal perut tamu undangan.

Salah satu pilihan menunya ialah mini burger. Isian tidak jauh berbeda dengan menu burger biasa, hanya sajian ini berukuran lebih kecil dari biasanya. Mini burger bisa diisi dengan selada, keju, daging, timun, dan tomat. 

  • Canape buah

Selain mini burger, canape buah merupakan salah satu menu andalan untuk pernikahan outdoor. Canape buah merupakan hidangan makanan dengan potongan kecil berlapis. 

Untuk lapisannya, kamu bisa kreasikan sesuai dengan keinginan. Kamu bisa menghidangkan lapisan keju dan buah-buahan. Selain itu, menggunakan cracker, biskuit, dan roti bantal yang dicampur dengan whipped cream serta buah-buahan juga akan menjadi favorit tamu.

  • Pie buah-buahan

Pie buah-buahan juga bisa menjadi salah satu pilihan. Hidangan satu ini bisa membuat para tamu serasa dimanjakan dengan rasa manis susu dan segarnya buah-buahan. Buat hidangan pie buah-buahan berukuran kecil dengan mencampurkan kiwi, mangga, dan strawberry di atasnya. Hmm, membayangkannya saja sudah buat ngiler.

  1. Acara utama

wm_article_img
Foto: Akasya Catering & Co.

Bagian paling penting dalam sebuah pesta pernikahan adalah acara intinya. Pada acara inilah kamu akan melangsungkan pernikahan dengan berbagai tradisi dan prosesinya. Acara utama cukup menguras waktu dan tenaga tamu.

Begitu acara selesai, tamu tentu merasa lapar karena lelah mengikuti serangkaian prosesi pernikahan. Sajian hidangan pada momen penting ini berupa makanan berat yang mengenyangkan. Ini dia rekomendasi hidangan acara utama pernikahan outdoor:

  • Barbeque buffet

Menu-menu daging panggang akan selalu bersatu dengan pernikahan outdoor. Menyediakan barbeque buffet harus menjadi pertimbangan pertama. Bisa memilih daging sapi, ayam, atau tulang iga. Susana intim dari pernikahan akan lebih terasa jika disajikan hidangan panggang.

  • Sate dan jagung bakar

Selain daging panggang, sate juga cukup populer di pernikahan outdoor. Apalagi sate merupakan hidangan favorit orang Indonesia, pasti tamu akan merasa senang dapat menyantap sajian satu ini. Jangan lupa menyiapkan cocolannya biar tambah nikmat.

Di samping sate, menu jagung bakar juga bisa disajikan. Sebagai pengganti karbohidrat, karena di pernikahan outdoor, nasi jarang menjadi sajian menu utama. 

  • Sushi bar

Secara khusus, nasi putih jarang disajikan sebagai santapan utama di pernikahan luar ruangan. Namun, kamu tetap bisa menyediakan menu nasi tetapi disajikan dengan berbagai kreasi, salah satunya adalah sushi bar.

Sediakan satu section khusus untuk menu sushi dengan berbagai isian. Tips ketika menghidangkan sushi bar: Sajikan aneka sushi dengan isian matang sempurna. Takutnya, tamu tidak menyukai hidangan mentah khas sushi Jepang dan rasa bisa saja berubah ketika sudah didiamkan terlalu lama.

  • Kebab

Makanan khas Timus Tengah yang digemari oleh masyarakat Indonesia ini akan menjadi primadona jika disajikan. Hampir sama seperti burger, tetapi kulit tortila yang menyelimuti isiannya bisa mengeyangkan.

  • Mie goreng

Bukan orang Indonesia kalau belum suka mie goreng. Sebagai hidangan tambahan, kamu bisa banget menyediakan mie goreng. Pasti langsung ludes, tuh. Gak sia-sia kamu mengeluarkan salah satu makanan favorit orang Indonesia. 


3. Dessert time

wm_article_img
Foto: Bali Catering Company

Setelah kenyang menyantap hidangan utama, saatnya ditutup dengan pencuci mulut. Biasanya, setelah makan yang asin-asin, hidangan manis dan segar bisa menjadi makanan pencuci mulut terbaik. Kamu bisa memberikan beberapa hidangan pencuci mulut berikut ini:

  • Buah-buahan

Pilihan pertama hidangan pencuci mulut terbaik adalah buah-buahan, ya. Sediakan berbagai macam buah-buahan. Kalau biasanya, pisang digantung di pinggir tiang, yakan. Namun, kali ini hidangkan buah-buahan dengan cara elegan.

Bisa membuat section khusus buah-buahan seperti anggur, pisang, semangka, kiwi, dan jenis lainnya. Jangan takut gak habis, buah-buahan akan tetap menjadi hidangan kesukaan para tamu undangan setelah selesai menyantap makanan utamanya.

  • Cookies, pie, dan brownies

Saatnya kue-kuean bersinar di hari pernikahanmu. Makan cookies, pie, atau brownies setelah makanan berat, tuh, rasanya nikmat banget. Tidak perlu disajikan ketiganya, kamu cukup menyajikan salah satu atau dua diantaranya.

  • Puding

Jangan lupakan hidangan satu ini. Puding lumayan sering dijumpai di pernikahan. Jadi, masukin puding sebagai rekomendasi hidangan pencuci mulut di pernikahanmu, ya!

  1. After party

wm_article_img
Foto: Akasya Catering & Co.

Pernikahan outdoor akan lebih mengesankan dan seru ketika sudah sampai di acara after party. Di acara terakhir ini, kamu bisa seru-seruan bersama sahabat dan keluarga. Ya, seperti nongkrong malem-malem di cafe. Bedanya ini kumpul bersama di pernikahan kamu.

Biasanya, di malam after party kamu dan tamu bebas melakukan apa saja. Bisa nyanyi, dance, atau sekadar ngobrol. Untuk hidangannya, kamu bisa mengeluarkan kembali minuman-minuman segar di siang hari tadi tetapi dengan jenis berbeda. 

Jika ingin menghidangkan minuman yang berbeda, bisa memilih mocktail atau alkohol.  Sebagai tambahannya, kamu bisa menghidangkan pizza, loh. Bisa makan bareng-bareng sahabat di malam itu sambil menikmati suasananya. Oh, iya! Di malam after party sediakan permainan seru untuk dimainkan bersama. Pasti pernikahan kamu akan semakin bermakna dan menyenangkan.

Begitulah makanan dan minuman yang akan membuat tamu undangan kamu betah lama-lama di acara pernikahan. Awas salah pilih jenis makanan, karena setiap pernikahan memiliki ciri khasnya masing-masing. Kamu bisa memilih salah satu hidangan yang direkomendasikan untuk menyempurnakan hari pernikahan. Kalau pun mau menghidangkan semuanya juga boleh, yang terpenting tamu merasa dimanjakan dan bahagia ketika menghadiri acara pernikahan kamu!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...