Pilih Kategori Artikel

Rincian Biaya Pernikahan Budget Rp50 Juta, Bisa Ciptakan Nuansa Elegan!
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Mengadakan pernikahan tidak hanya membutuhkan cinta kedua pasangan dan restu orang tua saja. Biaya memiliki peran penting dalam persiapan pernikahan. Sudah banyak pasangan menunda rencana pernikahannya karena terkendala biaya. Sebenarnya tidak ada aturan tentang pesta pernikahan. Siapapun bebas ingin melakukan pernikahan seperti apa.

Pernikahan juga tidak harus dilakukan secara mewah dan besar-besaran. Hanya saja, karena pernikahan merupakan momen sakral yang dilakukan sekali seumur hidup, semua orang pasti menginginkan acara tersebut dapat dikenang indah selamanya. Dengan patokan seperti itu, mengadakan pernikahan mewah merupakan solusinya. Sedangkan, untuk melangsungkan acara mewah memerlukan biaya nikah yang tidak sedikit pula. Lalu, bagaimana solusinya?

Jika ingin mengadakan pernikahan sesuai impian, kamu tidak harus selalu menggelontorkan uang hingga ratusan juta juga. Dengan biaya nikah Rp50 juta, kamu bisa mengadakan resepsi yang memberi kesan elegan dan sesuai dengan impian. Acara yang elegan tidak melulu membutuhkan biaya nikah fantastis. Dekorasi yang menggunakan barang-barang berkualitas dan kekinian punya andil besar dalam mewujudkan pernikahan impian.

Selain itu, riasan kedua pengantin juga harus menunjukkan sisi elegan dari dirinya. Jangan lupakan hidangan pernikahan yang menjadi salah satu faktor utama penentu kelancaran acara. Kamu bisa, kok, mendapatkan semua itu hanya dengan biaya Rp50 juta. Pilihan mengadakan intimate wedding bisa kamu pertimbangkan.

Mengadakan intimate wedding bukan hanya sekadar menghemat biaya. Namun, membuat suasana pernikahan jauh lebih khidmat, karena tidak dihadiri oleh banyak orang.  Bagaimana cara membagi rinciannya? Ini detail biaya pernikahan dengan budget Rp50 juta yang bisa bantu kamu mewujudkan intimate wedding impian.

1. Biaya mahar atau maskawin

wm_article_img
Fotografi: Aspherica

Mahar bagi wanita sebenarnya tidak ada batasan dan aturannya. Selama, mahar tersebut tidak memberatkan calon suami dan merendahkan wanitanya. Calon pengantin pria bisa memberi mahar apapun. Mahar dapat berupa emas, uang tunai, perak, saham, dan bentuk lainnya.

Bagi seorang muslim, memberi mahar berupa bacaan ayat suci Al-Qur’an sudah lumrah dilakukan. Estimasi biaya yang bisa disiapkan untuk mahar bagi calon istri antara Rp4-5 juta. Namun, estimasi ini masih harus dibicarakan lebih lanjut dengan calon dan keluarganya.

2. Seserahan

wm_article_img
Fotografi: Le'Motion

Selain mahar, calon mempelai pria juga harus memberikan seserahan pada wanita. Seserahan ini dapat berupa barang kesukaannya atau apapun sesuai dengan kesepakatan bersama. Setidaknya, siapkan uang Rp1 juta untuk memberi seserahan. Dengan Rp1-Rp4 juta, calon pengantin wanita sudah bisa mendapatkan barang-barang seserahan sesuai keinginan.

3. Cincin pernikahan

wm_article_img
Fotografi: Aspherica

Setiap pernikahan memiliki simbol yang menunjukkan ikatan keduanya. Biasanya, cincin digunakan sebagai simbol tersebut. Cincin pernikahan juga tidak memiliki aturan khusus. Namun, estimasi biaya yang dapat disediakan berkisar di antara Rp2-3 juta.

4. Lokasi dan dekorasi pernikahan

wm_article_img
Fotografi: Aspherica

Sebaiknya, kamu mengalokasikan 30 persen biaya nikah yang dimiliki untuk lokasi dan dekorasi pernikahan. Jadi, sekitar Rp15 juta dapat dialokasikan untuk lokasi dan dekorasi. Agar lebih hemat, pilih venue yang menyediakan hiburan, pembawa acara, catering, dan kebutuhan pernikahan lainnya. Namun, jika ternyata tidak menemukan venue sesuai dengan kriteria dan menyediakan beberapa keperluan pernikahan, kamu bisa mengadakan pernikahan di rumah sendiri dengan meminta bantuan keluarga untuk melakukan dekorasi.

Mendapatkan perlengkapan dekorasi pernikahan sudah lebih mudah dan murah. Tergantung bagaimana kamu memilih setiap pernak-perniknya. Kamu bisa menciptakan suasana elegan dengan menggunakan dekorasi minimalis. Kemudian, gunakan warna dekorasi yang manis dan lembut. Menggunakan warna terlalu terang akan sulit memberi kesan elegan.

5. Riasan dan busana

wm_article_img
Fotografi: Askar Photography

Untuk mengenang pernikahannya, tidak jarang para pasangan menjahit busana khusus. Namun, jika ingin mengadakan intimate wedding dengan biaya Rp50 juta saja, lebih baik riasan dan busana dipesan dari satu tempat yang sama. Menyewa busana pernikahan adalah jalan untuk berhemat. Jadi, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp5 juta untuk keperluan busana pengantin, seragam keluarga, dan riasan wajah.

6. Hidangan pernikahan

wm_article_img
Foto: Akasya Catering

Karena mengadakan intimate wedding, artinya kamu tidak mengundang banyak orang. Sebagai gambaran, kamu bisa mengundang 100-150 tamu. Biasanya biaya pernikahan banyak dialokasikan ke hidangan.

Karena, hidangan merupakan salah satu keperluan pernikahan paling krusial. Oleh karena itu, kamu setidaknya harus menyediakan dana sekitar Rp10 juta untuk biaya catering makanan. Dengan biaya segitu, kamu harus “pandai-pandai” mencari jasa catering terpercaya.

“Ada harga, ada kualitas”. Mengadakan intimate wedding dan mengalokasikan Rp10 juta untuk hidangan seharusnya dapat membayar jasa orang-orang berkualitas dan makanan yang dihasilkan tidak mengecewakan.

7. Dokumentasi

wm_article_img
Fotografi: Le'Motion

Mau tahu bagaimana menghemat biaya dokumentasi? Kamu bisa menggunakan jasa teman yang mempunyai keahlian di bidang foto dan video. Namun, tetap memberikan harga masuk akal dan sesuai dengan jasanya.

Dengan estimasi harga Rp2,5 juta, kamu bisa mendapatkan fotografer yang mumpuni untuk mengabadikan momen indah pernikahan. Jangan malas mencari informasi jika dana kita tidak terlalu banyak. Kamu harus rajin mencari rekomendasi fotografer dengan kualitas foto dan video yang baik.

8. Hiburan

Jangan salah, biaya nikah Rp50 juta juga masih bisa dipakai untuk menyewa pemain musik atau band yang akan menghibur tamu undangan. Dengan estimasi biaya kisaran Rp2 juta, kamu sudah bisa menyewa pemain musik dan penyanyinya sekaligus.

Jika masih merasa berat, kamu bisa juga menggunakan musik digital untuk memeriahkan hari pernikahan. Hiburan hanyalah poin tambahan saja, pernikahan tetap akan berlangsung hikmat meskipun tidak menggunakannya. Namun, tidak bisa dipungkiri, hiburan juga bisa menambah keceriaan di acara pernikahan kamu nantinya.

9. Biaya undangan dan souvenir

wm_article_img
Fotografi: Askar Photography

Karena sekarang sudah dimudahkan dengan undangan online, kamu bisa memanfaatkannya untuk menghemat biaya. Tidak perlu memberi undangan fisik pada semua tamu undangan. Sebagai saran, undangan fisik dapat diberikan pada keluarga terdekat. 

Kemudian, kamu bisa menyelami aplikasi belanja daring kesayangan untuk mendapatkan souvenir bagus yang akan dibagikan kepada tamu. Dengan biaya Rp2,5 juta saja, kamu sudah bisa mendapatkan undangan dan souvenir berkualitas. Ingat, tema pernikahan intimate wedding tidak perlu meriah. Pilih souvenir yang unik dan kekinian, ya! 

10. Biaya lain-lain dan tidak terduga

Dari total semua biaya di atas, Rp1 juta masih tersisa dan dapat digunakan untuk keperluan dan pengeluaran tidak terduga lainnya. Semua estimasi biaya dapat berubah sesuai dengan kebutuhan kamu dan pasangan. Namun, kamu sudah bisa melihat bagaimana biaya nikah Rp50 juta dapat menciptakan acara yang elegan dan penuh makna.

Jadi, kamu bisa mulai nabung atau melakukan persiapan pernikahan jika sudah memiliki dana yang cukup. Hal yang perlu diingat adalah pernikahan akan tetap “SAH” bagaimanapun bentuknya, selama semua syarat dan kewajiban terpenuhi. Mengadakan pesta pernikahan hanyalah bentuk ucapan rasa syukur karena telah menjalani momen indah tersebut.

Jika kamu merasa pernikahan tidak perlu dilangsungkan secara besar-besaran, mengadakan syukuran sederhana di rumah juga bisa banget kamu lakukan. Asal kedua keluarga sama-sama setuju dan keputusan tersebut tidak menjadi gunjingan nantinya. Semangat mengumpulkan dana dan selamat menikah. Semoga lancar!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...