Jenis-jenis Sepatu Formal Kekinian dan Stylish Untuk Pengantin Pria - Wedding Market

Jenis-jenis Sepatu Formal Kekinian dan Stylish Untuk Pengantin Pria

22 Jun 2022 | By Ade Mutia WeddingMarket | Viewers: 234
Inilah Jenis-jenis Sepatu Formal Kekinian Untuk Pengantin Pria
Foto via vinesoftheyarravalley.com.au

Bagi seorang pria, sepatu merupakan salah satu fashion item paling penting yang ia kenakan. Apalagi untuk momen berharga seperti pernikahan, sang pengantin pria haruslah bergaya all out agar tampil serasi dengan mempelai wanitanya. Jika dari segi busana pernikahan untuk pria cenderung lebih simple, maka dengan mengenakan sepatu pengantin pria yang keren dan kekinian akan membuat penampilannya semakin stand out

Nah, buat calon pengantin pria yang ingin tampil modis dan trendy di hari pernikahan nanti, harus tahu model-model sepatu pria yang kekinian, nih! Inilah jenis-jenis sepatu formal kekinian untuk pengantin pria yang bisa kamu kenakan dengan setelan jas atau tuxedo di hari spesialmu nanti. Yuk, temukan sepatu impianmu! 

Oxford


Di jajaran opsi paling atas deretan sepatu pria formal untuk dipakai pada pesta pernikahan adalah model sepatu klasik yang tak akan lekang oleh waktu, sepatu oxford. Jenis sepatu pria yang satu ini bisa dibilang tak pernah gagal membuat sang pengantin pria tampil keren dan memukau. Tak heran peminatnya pun dimana-mana.

Sepatu oxford memiliki bentuk ramping dan panjang dengan ciri khas close lacing atau model tali di dalam yang membuatnya terlihat lebih rapi dan formal. Siluet sepatu pengantin pria favorit ini begitu elegan, dengan kesan simple namun mewah. Jika kamu menyukai tampilan klasik yang elegan, sepatu pengantin pria model oxford hitam adalah pilihan paling sempurna untuk melengkapi suit atau tuxedo di hari istimewamu.

Brogue


Selanjutnya, jika kamu menginginkan sepatu pengantin pria dengan tampilan yang lebih stylish namun tetap mencitrakan kesan vintage yang elegan, maka pilihan terbaik jatuh kepada jenis sepatu brogue. Sepatu pria yang berasal dari kawasan Skotlandia dan Irlandia ini, memiliki bentuk yang hampir sama dengan model sepatu oxford, tetapi dengan kesan lebih casual. Sepatu ini cocok juga untuk melengkapi busana pernikahan yang digelar di venue outdoor. 

Ciri khasnya adalah dekorasi lubang-lubang yang menghiasi bagian tepinya. Pada mulanya, lubang-lubang tersebut dibuat dengan tujuan untuk perforasi, agar air yang mengenai permukaan sepatu dapat langsung jatuh ke tanah ketika penggunanya melewati tempat yang basah. Namun, seiring berjalannya waktu, justru lubang-lubang tersebut menjadi dekorasi yang menjadikan sepatu pria ini tampak lebih keren dan stylish. 

Loafers

Apabila kamu menginginkan sepatu pengantin pria yang praktis serta nyaman dikenakan, maka jenis sepatu loafers akan cocok untukmu. Model sepatu pria berbentuk lancip ini termasuk jenis sepatu slip-on tanpa ikatan tali sepatu. Sepatu loafers umumnya dipakai pada acara semi formal hingga kasual, namun belakangan banyak sekali pengantin pria menjadikannya sebagai sepatu pernikahan dengan gaya kekinian. Kamu bisa mengenakan sepatu loafers dengan jas atau busana pengantin pria lainnya. Agar terkesan lebih formal, triknya cukup sederhana. Pilihlah sepatu loafers dari material kulit berwarna hitam atau cokelat sesuai dengan suit atau busana pengantin yang akan kamu kenakan.  

Derby


Dilihat sekilas sepatu derby memiliki bentuk mirip dengan jenis oxford. Namun, ketika kamu lebih menelitinya, ada perbedaan yang mendasar dari kedua jenis sepatu pria ini. Jika jenis sepatu oxford memiliki model tali yang tersembunyi (closed lacing), maka sebaliknya jenis sepatu derby mempunyai tali sepatu yang dapat dijalin baik dari sisi kanan maupun kiri dan dibentuk menjadi simpul pita (open lacing).   

Ada banyak model sepatu derby yang cocok dikenakan bersama busana pengantin pria. Kamu bisa memilih berbagai warna sepatu, seperti hitam, navy, abu-abu, beige hingga putih dari berbagai material mulai dari kulit hingga suede yang lebih mewah. Cocokkan dengan setelan jas pengantin yang kamu kenakan, ya! 

Monk


Ingin tampil lebih manly pada hari pernikahan nanti? Pilihlah jenis sepatu monk. Sepatu pengantin pria yang satu ini adalah versi lite dari sepatu boot hybrid. Alih-alih menggunakan tali, sepatu monk menggunakan satu atau dua strap sebagai pengikatnya. Sepatu ini juga sangat nyaman buat kamu yang memiliki kaki yang melebar, tetapi tak perlu khawatir terlihat jelek! Dengan siluetnya yang bagus tetap memberikan kesan elegan, modis, dan manly. Kamu bisa memilih material kulit berwarna senada dengan jas pengantin atau tuxedo yang akan kamu kenakan untuk akad nikah, hingga resepsi pernikahanmu nanti agar tetap terkesan formal. 

Sneakers


Kamu pasti tak asing dengan model sepatu pria yang satu ini, bukan? Sepatu sneakers merupakan salah satu sepatu yang nyaman untuk dikenakan. Meski terkesan lebih kasual, jenis sepatu pria ini masih bisa kok dikenakan pada acara semi-formal mulai dari lamaran hingga resepsi, terutama buat pernikahan outdoor. Sepatu sneakers pun akan sangat keren ketika dipadupadankan dengan jas berpotongan ramping (slim-fit). Untuk kesan yang lebih formal, kamu bisa memilih sepatu sneakers berbahan kulit dengan sol berwarna gelap seperti hitam dan biru dongker atau disesuaikan dengan suit yang akan dikenakan. Dengan demikian, sepatu yang lekat dengan kesan kasual ini pun bisa menjadi fashion item yang edgy ketika dipadukan dengan setelan yang formal. 

Itulah beberapa jenis sepatu pengantin pria formal kekinian yang dapat kamu gunakan untuk pesta pernikahan maupun rangkaian acara menjelang pernikahan seperti pertunangan dan lamaran. Tentunya, pilihan sepatu di atas bisa kamu pakai bersama dengan baju formal, mulai dari batik, kemeja,  jas hingga tuxedo sekalipun! Tinggal cocokkan saja dengan warnanya agar tampil lebih serasi, ya! Agar penampilanmu semakin memesona, pelajari juga Panduan Gaya Busana untuk Pengantin Pria: Tips Memilih Kemeja, Jas, Vest dan Aksesoris Lainnya. Nah, diantara kelima jenis sepatu tersebut, kira-kira model sepatu pengantin pria mana yang paling mencuri perhatianmu?

Wujudkan Pernikahanmu di Venue Impian dengan
WeddingMarket Venue Deals

Artikel Terkait


WeddingMarket

Hello, thank you for Visiting us. Any Question?