Pilih Kategori Artikel

Tips dan Kriteria Memilih MC Pernikahan Adat Jawa yang Tepat
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Jika para calon pengantin ingin menyelenggarakan pernikahan berkonsep tradisional dengan adat Jawa, pastinya memerlukan seorang pembawa acara yang memahami seluk beluk pernikahan adat Jawa, serta mumpuni untuk memandu acara dengan bahasa Jawa yang fasih. MC untuk pernikahan adat Jawa ini tidak bisa dipilih secara sembarangan atau menggunakan pembawa acara pernikahan biasa. Karena, untuk menuntun jalannya acara dengan baik, seorang MC harus memahami terlebih dahulu tiap-tiap tahapan dalam rangkaian prosesi pernikahan adat Jawa yang panjang.

Tips Memilih MC Pernikahan Adat Jawa yang Bisa Diterapkan

Pemandu acara pada pernikahan khas Jawa berbeda skill-nya dengan MC pernikahan yang modern. Untuk memudahkan para calon pengantin untuk memilih MC yang sesuai untuk pernikahan adat Jawa, ikuti beberapa tips di bawah ini:

1. Lihat Pengalaman MC dalam Memandu Acara

wm_article_img

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam memilih pemandu acara pernikahan adalah pengalaman dari MC itu sendiri. Salah satu cara untuk memastikannya adalah dengan melihat media sosial dari MC. Biasanya, untuk menonjolkan dirinya MC akan memiliki portofolio berupa video dari acara pernikahan yang pernah dipandu sebelumnya.

Melalui portofolio ini, para calon pengantin bisa menilai apa kemampuan MC sudah sesuai dengan keinginan. Berikut dengan intonasi, cara MC dalam membawakan acara, dan berbagai aspek  lainnya. Untuk MC Pernikahan adat Jawa tentunya ia juga harus fasih berbahasa Jawa sehingga bisa memahami istilah-istilah yang sering digunakan dalam pernikahan adat Jawa.

2. Cari Tahu Mengenai Reputasi MC

wm_article_img

Selain pengalaman dalam memandu acara, para calon pengantin harus memperhatikan reputasi MC yang akan dipilih. Beberapa MC karena sering memandu acara pernikahan adat Jawa memiliki reputasinya tersendiri dan cukup terkenal. Reputasi yang bagus bisa menjamin jaminan atas kemampuan MC. Selain itu, jika dibawakan oleh pemandu acara yang cukup terkenal. Maka, acara pernikahan bisa lebih menarik dan juga lebih banyak yang memperhatikan.

Jangan memilih MC tanpa mengetahui reputasinya terlebih dahulu. Mungkin saja, MC yang dipilih memiliki reputasi yang kurang baik. Hal ini juga bisa mempengaruhi jalannya acara dan mempengaruhi pandangan banyak orang pada acara pernikahan yang diselenggarakan.

3. Pilihlah Paket dari Wedding Organizer yang Berpengalaman

wm_article_img

Biasanya jasa MC sudah termasuk dalam paket yang ditawarkan oleh wedding organizer (WO). Jika WO yang digunakan sudah berpengalaman, pastinya bisa menyediakan MC yang profesional dan memiliki kemampuan yang dibutuhkan. Selain itu, memilih MC yang disediakan dari event organizer bisa lebih menghemat anggaran pernikahan para calon pengantin. Karena biaya MC nya biasanya sudah termasuk dengan biaya paket yang dibayarkan pada pihak wedding organizer.

Biasanya wedding organizer juga menyediakan beberapa pilihan MC yang bisa dipilih oleh para calon pengantin. Jadi, para calon pengantin lebih mudah dalam menentukan MC yang ingin digunakan jasanya. Karena pilihannya jadi tidak terlalu banyak dan lebih mudah mencari tahu tentang pengalaman dan reputasi dari MC tersebut.

Kriteria MC yang Baik Untuk Pernikahan Adat Jawa

Setelah mengetahui beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memilih MC. Selanjutnya, akan dibahas kriteria apa saja yang dimiliki oleh MC yang baik. Terlebih untuk MC yang akan memandu  pernikahan adat Jawa. 

wm_article_img

Agar para calon pengantin tidak salah memilih MC untuk pernikahan adat Jawa yang akan diselenggarakan, berikut ada beberapa kriteria yang bisa menjadi patokan para calon pengantin yang akan memilih. Pastikan MC yang akan para calon pengantin gunakan jasanya memiliki kriteria yang akan dijelaskan di bawah ini.

1. Memiliki Public Speaking yang Baik

Sebagai seorang pemandu acara tentu aja, hal yang wajib bagi seorang MC untuk memiliki kemampuan public speaking. Jika seorang pemandu acara tidak menguasai kemampuan ini, tentu saja, acara yang dibawakan akan menjadi hambar. Para pembawa acara harus memiliki kemampuan untuk berbicara dengan lancar dalam menyampaikan acara. Acara pernikahan baik yang berjalan dengan adat Jawa maupun yang modern pasti tidak akan lancar jika MC nya berbicara dengan terbata-bata.

2. Menguasai Bahasa Jawa dengan Fasih

wm_article_img

Karena acara yang dibawakan adalah pernikahan adat Jawa, tentu saja MC harus menguasai Bahasa Jawa. Tidak hanya sekedar menguasai saja, namun pembawa acara harus bisa berbicara dalam Bahasa Jawa dengan fasih dan lancar. Sebab, hampir semua prosesi dan rangkaian di pernikahan adat Jawa harus menggunakan Bahasa Jawa.

Dengan begitu, nuansa adat Jawa akan terasa lebih melekat dan kental pada setiap prosesi upacara yang dilakukan. Kesan dari acara pastinya bisa berjalan dengan lebih baik dan lebih lancar. Selain itu, pembawa acara juga harus menguasai Bahasa Indonesia yang formal. Karena tidak semua tamu paham Bahasa Jawa. Tentu saja, harus ada bagian dimana MC menjelaskan prosesi acara dengan menggunakan Bahasa Indonesia dalam situasi yang formal.

3. Mengerti Prosesi dan Rangkaian Pernikahan Adat Jawa

wm_article_img

Seperti yang disebutkan sebelumnya, pernikahan yang berjalan dengan adat Jawa memiliki rangkaian dan prosesi tertentu. Agar dapat memandu acaranya dengan baik, sebelumnya MC harus mengerti terlebih dahulu prosesi dan rangkaian acara dalam pernikahan adat Jawa.

Mulai dari urutan tahap-tahapnya, kemudian apa saja yang dilakukan dalam rangkaian acaranya, serta hal-hal yang harus dilakukan oleh pengantin wanita maupun pengantin laki-laki. Jika MC bisa menguasainya dengan baik, maka MC bisa memandu para calon pengantin dan hadirin yang datang dengan baik pula. Selain itu, esensi dari setiap prosesi lebih bisa dirasakan oleh para tamu dan calon pengantin, karena MC bisa menyampaikannya dengan baik.

4. Profesional dalam Menjalankan Tugasnya

wm_article_img

Keprofesionalan merupakan hal yang penting dalam menjalankan sebuah profesi. Termasuk, profesi sebagai pemandu acara. Karena untuk memandu acara terlebih acara yang penuh adat dan istiadat seperti pernikahan di budaya Jawa, tanggung Jawabnya sangatlah besar. 

Jika seorang MC memiliki sifat yang tidak profesional, maka kemungkinan caranya dalam memandu acara tidak akan sesuai dengan yang diinginkan para calon pengantin. Lebih buruk, jika cara memandu acara yang dilakukan tidak sesuai dengan adat yang biasanya. Penting bagi calon pengantin untuk memastikan bahwa MC yang digunakan jasanya memiliki profesionalitas ini. Hal ini untuk memastikan pernikahan akan berjalan dengan baik.

Itulah berbagai tips dan juga kriteria yang harus diperhatikan dalam memilih MC pernikahan adat Jawa. Dalam acara pernikahan posisi MC sangatlah penting, karena itu merupakan suatu keharusan bagi para pengantin untuk memilih MC yang baik. Cari tahu juga contoh Teks MC Pernikahan yang mudah dan sederhana, serta temukan MC terbaik untuk pernikahan adat Jawa di WeddingMarket. Semoga berjalan dengan lancar!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...