Pilih Kategori Artikel

Tips Memilih Souvenir yang Bermanfaat dan Sesuai Budget Pernikahan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Souvenir merupakan sebuah item kecil yang cukup besar peranannya dalam pesta pernikahan. Souvenir pernikahan diberikan sebagai bentuk rasa terima kasih dan penghormatan kepada para tamu yang hadir. Sekaligus, juga menjadi kenang-kenangan berharga sebagai pengingat momen pernikahanmu. Tak heran, ada calon pengantin yang betul-betul mempersiapkan souvenir pernikahannya secara khusus dan eksklusif supaya meninggalkan sesuatu yang berkesan.

Selain diberikan pada hari pernikahan, saat ini banyak pula pasangan yang juga mempersiapkan souvenir untuk rangkaian acara pernikahan mulai dari tunangan, lamaran, bahkan siraman jelang pernikahan. Ragam souvenir yang dapat dipilih pun ada bermacam-macam. Mau souvenir pernikahan unik ataupun yang dibuat eksklusif, kamu bisa menyesuaikan dengan budget dan kebutuhanmu. 

Memilih souvenir pernikahan dapat dikatakan cukup tricky, karena tidak hanya asal-asalan sebagai cinderamata, tapi kamu juga perlu memikirkan nilai dan manfaatnya bagi para tamu undangan. Selain itu, juga tak kalah penting memilih souvenir yang sesuai dengan budget yang dimiliki. Apabila kamu masih belum tahu harus membeli souvenir seperti apa, berikut WeddingMarket bagikan tips memilih souvenir pernikahan yang bermanfaat dan berkesan

1. Tentukan Jumlah Tamu Undangan

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum membeli souvenir yakni menentukan terlebih dahulu jumlah tamu yang akan diundang. Umumnya, semakin banyak souvenir yang dibeli maka harganya akan menjadi lebih murah. Namun, tetap saja kamu perlu memperhatikan kecukupannya. Jangan sampai tergiur harga yang murah kamu membeli terlalu banyak souvenir dan akhirnya tak terpakai, atau sebaliknya membeli terlalu sedikit sehingga kekurangan. Oleh karena itu, alangkah baiknya apabila kamu memastikan terlebih dahulu jumlah tamu undangan dan melebihkan sekitar 10%-20% dari jumlah tersebut. Misalnya, tamu yang diundang 500 orang, maka kamu boleh melebihkan souvenirnya menjadi 550 sampai 600 buah. 

2. Tetapkan Budget

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan sebelum memilih souvenir adalah budget yang dimiliki. Ada begitu banyak pilihan souvenir dengan rentang harga yang juga sangat bervariasi. Biasanya, semakin unik dan mewah souvenir tersebut, harga yang dipatok pun semakin tinggi. Jika budget pernikahan terbatas, kamu bisa memilih souvenir yang lebih sederhana dan tetap bermanfaat. Bisa juga dengan mengakali dengan mengemas sendiri souvenir yang kamu beli agar lebih hemat. 

3. Pilih yang Ada Manfaatnya

Benda-benda yang memiliki bentuk lucu dan unik memang cukup menarik untuk dijadikan souvenir pernikahan. Namun, di satu sisi kamu juga perlu memikirkan kebermanfaatannya. Pertimbangkan, apakah souvenir yang dipilih tersebut memiliki kegunaan praktis bagi tamu undanganmu, ataukah hanya akan menjadi pajangan saja? Alangkah baiknya sebelum memutuskan mau membeli apa, kamu juga mempertimbangkan fungsi souvenir tersebut. Beberapa contoh souvenir bermanfaat misalnya seperti handuk, gelas, peralatan makan, dompet kartu, kipas, goodie bag, dan sebagainya.

4. Perhatikan Kemasannya 

Setelah menemukan souvenir yang bermanfaat dan sesuai dengan budget yang dimiliki, perhatikan juga kemasannya. Apabila kamu menggunakan konsep pernikahan tertentu, tak ada salahnya juga mengemas souvenir sehingga senada dengan tema pernikahan. Dengan kemasan yang cantik dan kekinian, souvenir murah dan sederhana yang kamu pilih pun akan tampak lebih menarik dan berkesan.  Apabila memiliki dana minim, kamu juga bisa mencoba mengemas sendiri souvenir pernikahan supaya lebih hemat. Berbagai referensi kemasan souvenir unik dan menarik bisa kamu temukan di internet. Jangan lupa juga untuk menyelipkan kartu ucapan terima kasih dalam souvenir pernikahan tersebut, ya!

5. Pilih Souvenir yang Mudah Dibawa

Ketika menghadiri pesta pernikahan, biasanya tamu hanya membawa tas kecil, dompet atau clutch. Oleh sebab itu, sebelum memilih souvenir, kamu juga perlu memperhatikan kepraktisan untuk para tamu dalam membawa souvenir tersebut. Jangan sampai souvenir yang dipilih menyulitkan tamu undangan untuk menikmati jamuan di pesta pernikahanmu. Apabila souvenir yang ingin kamu hadiahkan cukup besar atau berat ketika ditenteng-tenteng, sebaiknya kamu menyiapkan alternatif seperti memilih kemasan yang mudah dibawa misalnya goodie bag, atau memberikan kupon yang nantinya dapat ditukar dengan souvenir saat hendak pulang. Dengan demikian, souvenir tersebut tak akan menyulitkan pergerakan tamu undanganmu.

6. Pesan dari Jauh Hari

Beberapa vendor souvenir pernikahan membutuhkan waktu untuk menyiapkan seluruh pesanan, terutama untuk souvenir custom yang memiliki desain khusus. Ingat, kamu bukanlah satu-satunya pelanggan yang harus dilayani. Untuk itu, alangkah baiknya bila kamu memesan souvenir pernikahan dari jauh-jauh hari. Selain agar tak terburu-buru, dengan waktu yang cukup panjang tersebut, kamu masih bisa melakukan revisi apabila ada hal-hal yang tidak sesuai dengan permintaan. Waktu terbaik untuk memesan souvenir khususnya untuk yang custom, sekitar 3-6 bulan sebelum acara dilangsungkan. 

7. Cari Referensi

Satu lagi tips yang sangat bermanfaat yaitu mengumpulkan referensi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu sebelum memilih souvenir pernikahan. Kamu bisa melakukai survei atau riset langsung kepada vendor-vendor atau mengumpulkan informasi melalui website atau platform pernikahan. Lebih baik lagi jika kamu juga bertanya kepada teman-teman atau kerabat yang sudah berpengalaman dan meminta rekomendasinya sebagai perbandingan. Selain bertanya tentang harga, kamu juga perlu mencari tahu tentang kualitas souvenir tersebut, ketepatan waktu penyelesaiannya serta pelayanan yang diberikan oleh vendor. Dengan informasi ini, tentunya akan sangat berguna untuk menentukan pilihan souvenir yang tepat.

Rekomendasi Souvenir Murah dan Bermanfaat

Siapa bilang souvenir pernikahan harus mahal? Tenang, dengan budget kurang dari Rp10.000,- pun kamu bisa memberikan kenang-kenangan yang berkesan sekaligus bermanfaat bagi para tamu undangan di pesta pernikahanmu kelak. Berikut beberapa contoh souvenir pernikahan murah dan sederhana namun bermanfaat yang bisa dipilih:  

  • Ballpoint Cantik

wm_article_img

  • Mirror Key Chain (Gantungan Kunci Cermin)

wm_article_img

  • Dompet Kartu

wm_article_img

  • Scented Canddle (Lilin Aromaterapi)

wm_article_img

  • Set Peralatan Makan (Sendok, Garpu, Sumpit)

wm_article_img

  • Wooden Chopsticks (Sumpit Kayu)

wm_article_img


Rekomendasi Souvenir Mewah dan Eksklusif

Jika punya dana lebih, tak ada salahnya memberikan souvenir pernikahan yang lebih mewah dan eksklusif untuk tamu-tamu penting yang hadir di hari bahagiamu. Mulai dari budget puluhan hingga ratusan ribu rupiah, berikut beberapa contoh souvenir pernikahan mewah yang bisa kamu pilih: 

  • Mug

wm_article_img

  • Payung

wm_article_img

  • Parfum

wm_article_img

  • Crystal Jar

wm_article_img

  • Gelas Kristal

wm_article_imgwm_article_img

  • Custom Tumbler 

wm_article_imgwm_article_img

  • Difusser

wm_article_imgwm_article_img

  • Handuk Custom

wm_article_img

  • Frame Eksklusif

wm_article_img

  • Speaker Custom

wm_article_img

  • Tea Pot Set

wm_article_img

Itulah tips memilih souvenir pernikahan sesuai budget beserta rekomendasinya. Cari tahu juga daftar harga souvenir pernikahan, mulai yang paling murah sampai mewah. Agar lebih mudah, kamu juga bisa melihat di halaman WeddingMarket store untuk selengkapnya. Semoga bermanfaat, ya!

Vendor: Fine Souvenir | Tiloolah | Bloom Gift | E.Clat | Red Ribbon Gift 

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...