Pilih Kategori Artikel

Benarkah Pernikahan di Rumah Lebih Hemat dan Simpel? Ini Dia Tips Menggelarnya
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Venue pernikahan menjadi salah satu hal mendasar untuk dipertimbangkan pertama kali saat mempersiapkan pernikahan. Ada banyak sekali pilihan venue pernikahan ini, mulai dari di gedung, hotel, hingga di rumah sendiri. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Namun, biasanya akan ada banyak orang yang memilih untuk menggelar pernikahan di rumah dengan alasan lebih efisien dan hemat biaya.

Apakah benar menggelar pernikahan di rumah lebih simpel dan hemat? Lalu, apa saja hal yang harus dipertimbangkan saat pasangan pengantin memutuskan untuk menggelar pernikahan di rumah? Simak yuk penjelasan selengkapnya berikut ini!

Kelebihan menggelar pernikahan di rumah

wm_article_img
Fotografi: Maximus Pictures

Selain penghematan budget, menikah di rumah juga memiliki beberapa kelebihan lain yang bisa memperkuat pertimbanganmu berikut ini.

1. Lebih intim

Menikah di rumah cenderung memiliki suasana yang lebih intim dan pribadi. Segala persiapan yang dilakukan di rumah membuatmu memiliki ruang privat yang lebih banyak. Selain itu, kamu juga bisa lebih akrab, baik dengan mereka yang membantumu menyiapkan acara maupun dengan para tamu yang akan datang.

2. Fleksibilitas dalam dekorasi

Kamu memiliki kontrol sepenuhnya terhadap gaya dekorasi yang ingin diterapkan. Pun, kamu bisa membuat lay out dan menata tempat duduk sesuai dengan preferensimu. Venue pernikahan seperti gedung biasanya memiliki satu ruangan yang luas, sementara pekarang rumah memiliki berbagai sekat dan fitur yang membuatmu lebih bebas untuk berkreasi. Selain itu, berbagai ruangan yang lebih familier akan memudahkanmu dalam menata lay out ini.

3. Menghemat biaya

wm_article_img
Fotografi: Venema Pictures

Ini dia salah satu hal yang paling sering dijadikan pertimbangan seseorang untuk menggelar pernikahan di rumah. Dengan menggelar pernikahan di rumah, kamu tak perlu mengeluarkan biaya sewa lagi. Tak hanya itu saja, kamu juga bisa menghemat biaya dan energi untuk melakukan bongkar buat segala keperluan yang dibutuhkan selama pernikahan.

4. Kemudahan memilih tanggal pernikahan

Selain biaya, biasanya menyewa gedung untuk menggelar pernikahan memiliki tantangannya tersendiri, salah satunya adalah sulitnya mendapatkan tanggal yang pas. Sering kali kamu harus melakukan booking jauh-jauh hari demi mendapatkan tanggal yang masih tersedia. Jika menggelarnya di rumah, kamu bisa bebas menentukan tanggal pernikahan tanpa terpengaruh kendala ini.

5. Lebih sentimental

Bayangkan menggelar pernikahan di sebuah rumah tempatmu tumbuh sejak kecil. Tempat yang menyaksikan berbagai hal pertama yang kamu lakukan. Setiap sudutnya tentu akan memberikan kesan yang berbeda daripada menggelar pernikahan di tempat yang tidak familier. Kamu bisa mendapatkan kesan sentimental tersebut jika menggelar pernikahan di rumah.

Tips menggelar pernikahan di rumah

wm_article_img
Dekorasi: Griyo Palastri

Menggelar pernikahan di rumah memang memiliki kelebihannya, tapi jangan sampai lupa bahwa ada berbagai hal yang juga harus kamu persiapkan dengan baik supaya tidak keteteran karena merasa semuanya sudah aman. Berikut ini beberapa tips untuk menggelar pernikahan di rumah.

1. Perhitungkan luas area untuk menggelar pernikahan

Salah satu hal krusial yang harus diperhatikan adalah mempertimbangkan luas area pernikahan. Apakah area yang digunakan cukup luas untuk menampung tamu yang akan kamu undang? Apakah kamu perlu meminjam pekarangan tetangga untuk memasang tenda atau sebagai tempat parkir? Jika iya, tentunya kamu harus membicarakannya kepada berbagai pihak.

2. Persiapan awal yang matang

wm_article_img
Fotografi: Venema Pictures

Walaupun kamu bisa menggelar pernikahan kapan saja karena tidak perlu bersaing untuk mendapatkan tanggal, kamu tetap harus mempersiapkannya dengan matang. Catat ruang dan fasilitas yang tersedia serta apa saja yang harus kamu tambahkan atau persiapkan lagi. Tentu saja beberapa hal ada yang perlu dipinjam dan disewa sehingga kamu harus memasukkannya ke dalam daftar persiapan supaya tidak ada yang terlewatkan.

3. Izin yang dibutuhkan 

Jika tinggal di desa, kamu mungkin hanya perlu izin secara lisan kepada ketua RT atau tetangga setempat karena akan melakukannya bergantian. Namun, di beberapa daerah, kamu tetap perlu mendapatkan izin secara resmi termasuk izin untuk melakukan gangguan sehingga kamu bisa merasa aman selama acara berlangsung. Persiapkan juga izin yang lain seperti izin untuk lahan parkir dan keamanan jika diperlukan.

4. Pilih tanggal yang tepat

Meskipun bisa menggelar pernikahan kapan saja, kamu tetap perlu mempertimbangkan tanggal pernikahan yang tepat. Pertimbangkan cuaca dan juga hari libur. Tak hanya itu saja, ingat bahwa kamu mungkin membutuhkan vendor-vendor yang lain sehingga kamu juga harus memastikan vendor-vendor tersebut tersedia pada hari pernikahanmu nanti.

5. Tentukan zona–zona yang akan digunakan

Berbeda dengan lay out gedung atau ballroom yang biasanya kosongan, area rumahmu mungkin akan memiliki beberapa bagian tertentu yang memiliki sekat sehingga kamu harus pandai membaginya untuk berbagai zona di sana. Jangan lupa untuk membuat akses alur yang mudah dan tidak membingungkan untuk tamu yang datang. Menaruh penanda akan membantu mereka.

6. Siapkan tempat untuk loading barang maupun melakukan makeup

Menikah di rumah artinya juga mempersiapkan ruangan selain untuk area pernikahan itu sendiri. Kamu harus mempersiapkan ruangan yang akan digunakan untuk menyimpan berbagai barang,  mempersiapkan makanan, dan juga ruang untuk melakukan makeup maupun berganti baju bagi pengantin dan keluarga.

7. Katering

wm_article_img
Foto: Umara Catering

Menggelar pernikahan di rumah akan memudahkanmu dalam menyiapkan makanan sendiri karena tidak perlu repot memindahkan makanan ke venue pernikahan. Namun, kamu juga bisa menggunakan jasa vendor katering secara terpisah jika ingin membuatnya lebih praktis.

8. Persiapkan fasilitas yang dibutuhkan

Biasanya venue yang memang dibuat untuk pernikahan akan memiliki berbagai fasilitas yang dibutuhkan, seperti toilet dan juga parkir untuk tamu yang luas. Sementara itu, jika menggelar pernikahan di rumah, kamu juga harus menyiapkan beberapa fasilitas tersebut supaya tamu tetap bisa merasa nyaman sepanjang acara pernikahan berlangsung.

9. Minta izin dan minta bantuan ke tetangga

Tetangga adalah orang yang paling dekat yang akan ikut merasakan berbagai dampak yang mungkin terjadi karena acara pernikahanmu. Jangan lupa untuk meminta izin kepada mereka dan memberitahukan kapan pernikahan akan digelar sehingga mereka juga bisa ikut mempersiapkan diri. Jika perlu bantuan, kamu juga bisa meminta tolong kepada mereka sehingga kalian bisa merasa lebih guyub.

10. Tunjuk koordinator pernikahan

wm_article_img
Fotografi: Venema Pictures

Walaupun menggelar pernikahan di rumah, kamu tetap bisa menyewa jasa wedding organizer untuk membantu mempersiapkan dan mengatur jalannya acara pernikahan. Namun, jika kamu tidak menggunakan jasa ini artinya kamu juga harus menunjuk satu orang untuk menjadi penanggung jawab atau mengkoordinasi acara pernikahan sehingga kamu dan keluarga tidak perlu memikirkan berbagai hal selama pernikahan berlangsung.

11. Pertimbangkan transportasi

Apakah rumahmu memiliki lokasi yang jauh dan sulit diakses menggunakan transportasi umum maupun kendaraan pribadi? Jika iya, kamu bisa mempertimbangkan untuk menyediakan transportasi khusus untuk mengantar dan menjemput tamu ke venue pernikahan.

Nah, itu dia beberapa kelebihan dan tips yang sebaiknya kamu pertimbangkan jika akan melakukan pernikahan di rumah. Jika memiliki pekarangan yang luas dan akses yang mudah dijangkau, menikah di rumah akan menjadi pilihan terbaik dibanding harus menggelar pernikahan di venue yang lain.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...