Pilih Kategori Artikel

15 Inspirasi Desain Undangan Pernikahan Unik dan Lucu
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Hari Pernikahan adalah hari yang paling spesial dan tentunya ingin dirayakan dengan kehadiran keluarga, kerabat dan sahabat terdekat. Untuk merayakannya kamu dan pasangan membutuhkan undangan pernikahan unik, menarik dan berbeda dari yanh lainnya untuk segera dibagikan.

Pernikahan juga menjadi momen yang tunggu-tunggu semua orang baik sang mempelai perempuan dan mempelai laki-laki. Tak jarang persiapan pernikahan pun jadi lebih menarik untuk dilakukan bersama. Persiapan ini tentunya akan direncanakan dengan matang, karena inilah yang akan menjadi momen penting yang paling berkesan dalam hidup mereka.

Hal penting yang perlu diperhatikan secara detail ialah undangan pernikahan. Meski bukan surat yang resmi seperti surat dinas dan lainnya tapi kita juga tidak bisa membuatnya secara asal. Kita harus membuatnya dengan cermat dengan bahasa yang sopan karena dengan undangan tersebut kita mengharapkan kedatangan mereka yang diundang.

Pemilihan kata yang nantinya dituliskan juga harus jelas agar penerima undangan tidak bingung saat membacanya. Jika kamu masih ragu dengan desain dan pemilihan kata yang paling tepat, kamu juga bisa melihat contoh dari undangan pernikahan yang unik dan baik dari banyak referensi.

Bagi setiap pasangan pernikahan tentu merupakan momen yang telah dicita-citakan dan membahagiakan. Selain untuk mempererat ikatan mereka menuju pelaminan, banyak momen dalam persiapan pernikahan juga menjadi waktu yang spesial dan tak akan terlupakan. Persiapan pernikahan yang matang perlu ditekankan dengan baik karena hal ini menyangkut peristiwa penting sekali seumur hidup.

Jika kamu sedang mencari inspirasi desain undangan pernikahan yang unik dan lucu, kamu bisa melihat ulasannya berikut di bawah ini. Beberapa diantaranya cukup eksentrik dan berbeda dari biasanya sehingga undangan kamu akan tampil beda dan antimainstream. Agar lebih spesial kamu juga bisa menyertakan undangan tersebut dengan hiasan item cantik seperti bunga atau daun kering dan ornamen lain yang cantik. Berikut inspirasi 15 desain tersebut:

1. Undangan Pernikahan Berbentuk Rol Film Dari Kamera Kuno

wm_article_imgFoto: Weddingity

Cukup ditarik kertasnya dan informasi seputar hari pernikahan kamu tertera dengan cantik disana. Desain ini tentunya perlu kamu pertimbangkan dengan baik. Desain undangan pernikahan yang unik dengan roll film camera ini pastinya akan sangat memorable bagi para tamu undangan.

2. Undangan Pernikahan Berbentuk Tiket Nonton Film Ataupun Konser

wm_article_imgFoto: Bronwyn Seedeen on Pinterest

Terlihat sama seperti undangan pernikahan pada umumnya tapi sebenarnya memiliki detail yang lebih unik. Desain ini mempunyai part layaknya tiket menonton yang unik dan lucu. Pada covernya juga bisa ditambahkan dengan icon film lainnya seperti logo Oscar yang tersohor.

Kamu juga bisa menambahkan beberapa fitur seperti barcode untuk memasuki venue. Kemudian barcode yang terintegrasi dengan google maps ataupun fitur hiburan seperti twibbon dan hiburan musik dan tambahan film yang direkomendasikan.

3. Undangan Pernikahan Berbentuk Sapu Tangan

wm_article_imgFoto: Artful Beginnings

Undangan pernikahan yang unik dengan ditorehkan pada sapu tangan juga bisa kamu jadikan referensi. Bukan hanya menarik, undangan ini pastinya lebih bermanfaat dan multifungsi juga ramah lingkungan karena bisa digunakan kembali.

Undangan pernikahan biasanya akan langsung dibuang setelah acara selesai dihadiri. Karenanya saat ini banyak inovasi yang dipilih agar bisa meminimalisir kemungkinan sampah yang dihasilkan dari undangan tersebut dengan menciptakan undangan yang bisa didaur ulang.

Informasi yang tertera pada undangan berbentuk sapu tangan ini tidak jauh berbeda dengan undangan biasanya, yaitu mencakup seputar informasi acara pernikahan. Kamu juga bisa menghiasnya sedemikian rupa dengan memanfaatkan ornamen digital yang memukau.

4. Undangan Pernikahan Berupa Kartu Peminjaman Buku Perpustakan yang Klasik

wm_article_imgFoto: Go Modern Vintage

Ternyata desain kartu peminjaman buku juga cukup unik untuk dijadikan undangan pernikahan. Dengan desain undangan pernikahan yang lebih simple, kamu akan mendapatkan kesan minimalis dan klasik. Pada desain ini biasanya tertera nama, judul, tanggal pengembalian, dan siapa peminjam dari buku tersebut.

Kamu juga bisa menambahkan beberapa keterangan tambahan seperti kutipan dari buku favorite kamu dan pasangan. Tambahkan juga ornamen cap perpustakaan agar terlihat lebih klasik. Undangan pernikahanmu akan tampak elegan dan mewah tapi tetap simple disaat bersamaan.

5. Undangan Pernikahan Berbentuk Talenan

wm_article_imgFoto: UB Cloth

Untuk kamu yang hobi dan jago masak, bisa nih coba desain undangan pernikahan yang unik lainnya yaitu dengan menggunakan talenan. Undangan ini bisa dirangkai seperti saat kita akan menuliskan resep agar tampak lebih estetik.

Tambahkan pula hiasan item yang mendukung seperti stiker peralatan masak dan hal lainnya yang mendukung konsep tersebut. Kamu juga bisa mengkreasikan penggunakan bungkus wrap sebagai pelapis atau hal lain sesuai dengan kreatifitas kamu sendiri.

6. Undangan Pernikahan Dengan Background Papan Permainan Scrabble

wm_article_imgFoto: EBJoseph on Etsy

Model undangan pernikahan ini juga lain dari biasanya nih, kamu bisa menggunakan konsep papan permainan yang lucu. Pastinya undangan kamu akan terlihat lebih menarik. Rangkai kata-katanya dengan indah dan jelas pada papan tersebut, agar informasinya tetap tersampaikan meski undangannya cukup menarik dan dapat mengalihkan perhatian.

7. Undangan Pernikahan Berbentuk Papan Permainan Monopoli

wm_article_imgFoto: Be Happy Design

Tema permainan memang cukup digemari karena selain desainnya yang nyetrik, hal ini juga menjadi ajang nostalgia dari kamu dan pasangan. Dengan desain tersebut kamu juga bisa menonjolkan perjalanan hidup kalian berdua sejak masih anak-anak.

Papan permainan monopoli juga memiliki bentuk yang unik sehingga jika dijadikan background undangan akan tampak lebih lucu dan unik lagi. Kamu bisa menyesuaikan peletekan informasinya sesuai dengan yang diinginkan asalkan tetap bisa terbaca dengan jelas oleh penerima.

8. Undangan Pernikahan Berbentuk Kertas dengan Bibit Tanaman

wm_article_imgFoto: Brit+co

Konsep ramah lingkungan juga kembali dipilih yaitu dengan menggabungkan proses daur ulang kertas dengan pelestarian tanaman. Undangan ini berupa kertas daur ulang yang telah diberi bibit. Sehingga jika sudah selesai, undangan pernikahan yang unik tersebut jangan dibuang begitu saja tapi bisa ditanam dan menghasilkan tanaman baru.

9. Undangan Pernikahan dengan Pesan Pada Botol

wm_article_imgFoto: Mospens Studio

Seperti cerita romantis saling bertukar surat jaman dulu, desain ini berupa surat yang berisi informasi seputar acara pernikahan yang kemudian diberi hiasan lalu digulung dan dimasukkan kedalam botol kaca yang unik. Pastinya undangan kamu akan lebih eatetik dan mewah, apalagi jika ditambahkan dengan box yang ekslusif.

10. Undangan Pernikahan Berbentuk Akrilik

wm_article_imgFoto: Dennis Wisser

Mungkin kamu baru dengan ada undangan yang terbentuk dari akrilik. Namun jangan khawatir karena ternyata memang bisa menggunakan akrilik sebagai base dari sebuah undangan. Kamu bisa menggunakan teknik stiker ataupun laser agar hasilnya lebih maksimal dan bisa terbaca dengan jelas.

Undangan ini akan tampak simple namun tepat mewah. Kamu juga bisa menambahkan kertas pembungkus berbahan tebal dan glossy untuk menambahkan kesan glamor pada undangan tersebut. Desain ini masih cukup jarang digunakan sehingga akan tampak tak biasa dan pastinya antimainstream.

11. Undangan Pernikahan pada Balon

wm_article_img

Foto: Not on The High Street

Undangan pernikahan yang unik ini juga akan mengingatkan pada masa kecil kita. Informasi acara pernikahan disablon pada balon yang kemudian ditempelkan pada kertas undangan yang telah dihias. Sehingga akan tercipta efek 3D yang unik dari bahan balon tadi.

12. Undangan Pernikahan Berbentuk Kitchen Towel (Kain)

wm_article_img

Foto: Emmaline Bride

Selanjutnya juga mirip dengan desain sapu tangan sebelumnya, undangan ini dicetak pada towel yang bisa digunakan kembali. Selain ramah lingkungan tentunya konsep ini juga cukup multifungsi dan unik sebagai undangan pernikahan. Kamu juga bisa menambahkan hiasan yang mendukung dengan sedikit sentuhan ornamen dapur modern.

13. Undangan Pernikahan Berbentuk Kupon Lotre

wm_article_img

Foto: Invitation by Dawn

Undangan yang satu ini cukup antimainstream karena menggunakan konsep kupon lotre. Kupon ini biasanya perlu digosok terlebih dahulu menggunakan koin hingga informasi didalamnya bisa muncul. Kamu bisa mengkreasikan template undangan pernikahan tersebut dengan sedikit game tebak kata.

14. Undangan Pernikahan Ala Koran Kuno

wm_article_img

Foto: Jessichu Creations

Undangan pernikahan yang unik selanjutnya ternyata cukup klasik dan diperuntukan bagi mereka yang ingin menggunakan konsep 90's. Desain ini menggunakan background dan template dari koran kuno yang memang sangat unik, menarik, mewah, simple dan klasik juga elegan.

15. Undangan Pernikahan Berbentuk Viewmaster Berisikan Klise Foto

wm_article_img

Foto: WM Events

Dan yang terakhir adalah dengan menggunakan konsep klise foto yang penuh dengan sejarah. Kamu bisa menggabungkan perjalanan cinta kamu dan pasangan berikut dengan perjalanan hidup kalian berdua menjadi sebuah mini dokumenter berupa foto-foto klasik yang kemudian diatur pada viewmaster.

Sekian ulasan mengenai 15 desain undangan pernikahan yang unik dan lucu yang mungkin bisa kamu gunakan nantinya. Pemilihan desain undangan pernikahan yang paling cocok dan sesuai dengan keinginan kita memang akan memakan waktu lebih. Sehingga kamu perlu memberi perhatian yang lebih agar tercipta undangan terbaik versi kamu dan pasangan.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...