Inspirasi Undangan Tasyakuran Pernikahan yang Cantik dan Simple

05 Apr 2021 | By WeddingMarket | Viewers: 101
Inspirasi Undangan Tasyakuran Pernikahan yang Cantik dan Simple
Foto: Amazon.com

Ketika hendak melangsungkan pernikahan, kamu tentu harus menyiapkan banyak hal, dari dekorasi, undangan tasyakuran pernikahan, catering dan masih banyak lagi. Untuk membuat kamu tidak kerepotan di hari pernikahan, kamu bisa menggunakan vendor persiapan pernikahan yang telah kamu sewa jasanya.

Aspek sederhana seperti undangan memang perlu dipertimbangkan dengan matang, sebab ia bisa mempengaruhi jalannya pernikahan. Tamu undangan yang datang dengan jumlah besar tentu membuatmu perlu menyiapkan catering dengan jumlah yang besar, begitu pula dengan gedung atau tempat pernikahan.

Kalau kamu masih kebingungan dengan konsep undangan pernikahan yang menarik untuk tasyakuran, jangan khawatir. Berikut merupakan beberapa rekomendasi dan inspirasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat undangan. Dengan undangan yang rapi, mudah dipahami dan memiliki desain visual yang cantik, tentu tamu undangan akan tersanjung kamu telah mengundang mereka.

Poin Penting Undangan Tasyakuran Pernikahan

Inspirasi Undangan Tasyakuran Pernikahan yang Cantik dan Simple
Foto: Junebug Weddings

Ada beberapa poin penting yang harus kamu persiapkan dan menjadi daftar wajib ada dalam undangan tasyakuran pernikahan yang telah kamu buat. Jangan sampai kamu terselip dan tidak memasukkan beberapa poin berikut ini, karena tanpanya undangan yang akan kamu buat kurang sempurna dan membingungkan pembaca.

Ketika membuat undangan, perhatikan pula susunan kata yang hendak digunakan, apakah hendak menggunakan bahasa Indonesia, Inggris maupun bahasa daerah. Jika di tempat tinggal kamu masih menggunakan adat yang kental, menggunakan bahasa daerah bisa menjadi pilihan yang tepat. Sedangkan untuk kamu yang ingin menjangkau lingkungan sekitar rumah, yang tentunya homogen, menggunakan bahasa Indonesia adalah langkah bijak.

Untuk kamu yang ingin mengundang teman dari Negara yang berbeda, pemakaian dan penggunaan bahasa Inggris bisa dipertimbangkan. Ini akan membuat mereka bisa memahami isi dari undangan yang telah kamu buat dengan lebih mudah. Selain pemakaian bahasa, berikut adalah poin penting yang harus diperhatikan dalam membuat undangan, diantaranya:

1. Penerima Undangan

Kamu tentunya ingin meletakkan nama dan alamat penerima dengan terang di undangan tasyakuran pernikahan yang kamu buat. Ini akan membuat pengirim undangan bisa menyampaikan undangan tersebut dengan lebih mudah, tanpa perlu bolak balik bertanya kepada warga sekitar, apalagi jika jarak rumahnya cukup jauh.

Di dalam amplop undangan, kamu bisa menyematkan dan menuliskan nama tamu yang hendak diundang, usahakan merupakan nama asli dan nama terang agar mudah ditemukan. Kemudian jangan lupakan alamat, tuliskan nama alamat orang yang kamu undangan di bagian dengan amplop undangan.

2. Sampaikan Pembuka Surat Undangan

Dalam undangan, terdapat struktur yang perlu dipenuhi, diantaranya adalah pembukaan, isi dan juga penutup. Jangan sampai kamu salah meletakkan isi pesan undangan dan melupakan bagian pembuka pada undangan. Bagian pembuka biasanya singkat saja, hanya sebagai pengantar sebelum masuk ke inti undangan.

Kamu bisa mengisi undangan tasyakuran pernikahan dengan pujian kepada Tuhan, mengutip ayat kitab suci dan lain sebagainya. Ucapan pembuka tidak perlu panjang lebar, cukup beberapa baris saja agar tidak memenuhi bagian dalam undangan dan membuat pembaca enggan untuk membaca undangan sampai habis.

3. Sampaikan Isi Undangan

Selanjutnya isi undangan secara detail, dalam bagian ini kamu bisa menerangkan bahwa kamu mengharapkan kehadiran dari calon tamu undangan tersebut. kamu juga bisa menjelaskan kapan dan dimana pernikahan hendak dilangsungkan. Letakkan dengan tepat di tengah atau center undangan, sehingga fokus mereka bisa ditentukan.

Tulis secara rapi mengenai tanggal, waktu, maupun tempat untuk melangsungkan pernikahan. Jika merasa sulit dan khawatir tidak kunjung selesai, kamu bisa meminta bantuan kepada pasangan untuk menuliskan alamat dan nama penerima.

Rekomendasi Model Undangan yang Unik

Berikut ini merupakan rekomendasi undangan tasyakuran pernikahan menarik yang bisa kamu buat. Semuanya memiliki desain yang simpel dan unik, sehingga mudah untuk dibuat. Kamu bisa memilih model undangan pernikahan yang mana saja, sesuai dengan kebutuhan dan konsep pernikahan yang kamu gunakan.

1. Berbentuk KTP

Foto: undangannikahmurahmeriah.files.wordpress.com

Kalau kamu ingin melangsungkan pernikahan dengan kesan semi-formal, kamu bisa menggunakan undangan desain KTP yang satu ini. Pada bagian depan, kamu bisa membuat rincian mengenai acara pernikahan yang hendak kamu langsungkan, dari alamat hingga kapan waktu pernikahan.

Sedangkan di bagian belakang KTP, kamu bisa menyediakan peta menuju lokasi pernikahan yang hendak kamu langsungkan. Selain mudah dibuat dan terkesan unik, kamu bisa membuat undangan tersebut terlihat menarik di mata calon undangan. Sebagai amplopnya, kamu bisa menggunakan kertas tebal dengan tulisan yang telah ditentukan dilengkapi stempel lilin undangan.

2. Menggunakan Sidik Jari

Inspirasi Undangan Tasyakuran Pernikahan yang Cantik dan Simple
Foto: uprint.id

Sidik jari ternyata bisa menjadi undangan tasyakuran pernikahan yang menarik, apalagi sebagai pelengkap hiasan di dalamnya. Untuk kamu yang ingin memberikan undangan simpel namun tetap cantik, kamu bisa menggunakan cara ini. Undangan bisa kamu buat seperti kartu kecil yang direkatkan dengan pita, sehingga lebih hemat biaya.

Untuk sidik jarinya, kamu bisa menempatkannya di bagian depan sampul undangan. Pertama, pisahkan kedua sidik jari kamu dan pasangan, kemudian tempelkan bersama sehingga membentuk hati. Pilih warna yang terang untuk tinta sidik jari, dan pastikan bahwa tinta yang digunakan tidak mudah luntur.

3. Menggunakan Model Kartu SIM

Foto: gawianku.wordpress.com

Selain KTP kamu juga bisa menggunakan SIM sebagai contoh undangan pernikahan yang unik. Kamu bisa mengirimkan undangan ini dalam bentuk daring, sehingga tidak perlu repot mencetaknya. Jika menggunakan desain yang eksentrik seperti ini, pastikan kamu tetap menggunakan bahasa yang sopan agar tidak menimbulkan salah paham.

Undangan tasyakuran pernikahan ini cocok untuk kamu bagikan kepada teman dan keluarga dekat. Kalau kamu merasa sungkan untuk mengirimkan undangan tersebut secara daring, kamu tetap bisa mencetaknya dan mengirimkannya secara terpisah. Sebagai amplopnya, kamu bisa menggunakan kertas tebal agar undangan tidak mudah rusak.

4. Undangan Sekaligus Souvenir

Inspirasi Undangan Tasyakuran Pernikahan yang Cantik dan Simple
Foto: tamasia.co.id

Kalau kamu ingin lebih hemat dalam membuat undangan? Memberikan undangan sebagai souvenir bisa menjadi pilihan. Mug kecil dengan hiasan undangan pernikahan bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain bisa sebagai informasi bahwa kamu hendak melangsungkan pernikahan, kamu sekaligus juga memberikan buah tangan kepada tamu undangan.

Untuk membuat undangan sekaligus souvenir ini tentunya budget yang kamu keluarkan perlu lebih besar dibandingkan dengan memberikan undangan memakai kertas. Namun dari sisi fungsionalitas, undangan nikah ini tentu lebih bermanfaat dan bisa dipakai secara berkelanjutan oleh tamu yang hendak kamu undangan.

Berbagai rekomendasi undangan pernikahan tersebut bisa kamu pertimbangkan, apalagi jika kamu ingin memberikan kesan yang baik kepada tamu undangan. Dengan undangan yang spesial, bukan tidak mungkin tamu undangan yang ingin hadir di pernikahanmu semakin besar.

Itulah beberapa rekomendasi undangan tasyakuran pernikahan yang bisa kamu pertimbangkan. Masing-masing undangan tersebut tentu memiliki kelebihannya sendiri, sehingga bisa disesuaikan dengan konsep pernikahan yang hendak kamu langsungkan.


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket