Pilih Kategori Artikel

16 Inspirasi Dekor Akad Nikah untuk Luar Ruangan hingga di Rumah, Pilih yang Sederhana atau Ekstra?
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Akad nikah adalah sebuah rangkaian pernikahan yang membuat pasangan perempuan dan laki-laki memiliki hubungan yang sah secara agama. Makanya, sebenarnya prosesi yang satu ini adalah proses yang sangat penting dibanding yang lain. Akad nikah bisa dilaksanakan di rumah, gedung pernikahan, KUA, hingga di masjid. Di manapun tempat untuk menggelar akad, tak ada salahnya untuk menghias tempat ini dengan cantik supaya lebih enak dilihat dan nyaman.

Ada beberapa elemen yang biasanya harus ada untuk mendekorasi tempat akad nikah ini, seperti meja yang cukup lebar untuk keperluan menaruh dokumen yang diperlukan; kursi dengan jumlah yang cukup untuk calon pengantin, penghulu, dan saksi; hingga hiasan lain untuk mempercantik area. 

Nah, seperti apa dekorasi yang cocok untuk tempat akad? Berikut ini beberapa dekorasi akad nikah yang bisa kamu jadikan inspirasi. Simak sampai habis, ya!

1. Kursi tanpa hiasan dan meja yang simpel

wm_article_img
Dekorasi: Amaris Dekor

Jika akad dilangsungkan di area pelaminan dengan backdrop yang sudah cantik dan penuh dengan bunga-bunga, sebenarnya tidak perlu ada tambahan hiasan lagi di area yang digunakan untuk akad. Meja yang lebar bisa diselimuti dengan taplak putih polos untuk tetap membuat suasana sakral. Hiasan bunga yang sesuai dengan dekorasi sekitar bisa ditambahkan di ujungnya supaya tidak mengganggu selama prosesi dan pencatatan. Sementara itu, bagian kursi tidak perlu dihias lagi pun sudah terlihat cantik dengan pilihan warna putih dan emas.

2. Dekorasi minimalis di bawah pergola yang meriah

wm_article_img
Dekorasi: Amaris Dekor

Jika pernikahan digelar di luar ruangan, kamu bisa menggunakan area di bawah pergola yang biasanya berada di tengah area venue pernikahan untuk menggelar akad. Pernikahan outdoor biasanya identik dengan konsep rustic sehingga pilihan dekorasinya pun bisa disesuaikan dengan konsep ini. 

Kursi dan meja yang minimalis terbuat dari kayu berwarna putih membuat dekorasi ini menonjolkan kesan minimalis dan rustic tersebut. Meja yang minimalis pun tak perlu ditambah taplak lagi. Sementara itu, untuk membuatnya lebih cantik, bunga-bunga yang memiliki warna ungu dipadukan dengan warna putih bisa digantung dengan sederhana di pergola. 

3. Dekorasi akad modern dengan sentuhan tradisional

wm_article_img
Dekorasi: Amaris Dekor

Akad nikah yang digelar di luar ruangan ini memadukan konsep modern dengan tradisional. Untuk memberikan sentuhan modern, pilih warna putih yang mendominasi dengan bunga mawar dan baby’s breath yang menjadi hiasan cantik. Sementara itu, sentuhan tradisional bisa didapatkan dari dekorasi berbentuk gunungan yang ditaruh di bagian atas backdrop untuk akad.

Kemudian, cara lainnya adalah dengan menaruh roncean melati yang biasanya dikenakan di rambut pengantin perempuan Jawa di bagian kursi. Warna putih dan hijau membuat dekorasi ini memiliki harmoni yang sempurna walaupun sebenarnya konsepnya berbeda.

4. Dekorasi dengan konsep tradisional

wm_article_img
Dekorasi: Amaris Dekor

Dekorasi yang satu ini memiliki konsep tradisional yang lebih kuat disesuaikan dengan backdrop pelaminan yang terbuat dari gebyok dengan nuansa emas. Kursi yang dipilih untuk akad pun juga memiliki warna yang serupa. Kursi kayu rotan dengan warna emas ini dihias dengan bunga-bunga mawar yang memiliki berbagai warna. Jenis penataan ini akan cocok untuk akad yang digelar di dalam ruangan, seperti gedung pernikahan atau ballroom hotel

5. Dekorasi dengan bunga-bunga yang ekstra

wm_article_img
Dekorasi: Aryagati Decoration

Masih menggabungkan unsur tradisional dengan modern, dekorasi akad ini memiliki suasana yang meriah. Pertama, ada berbagai wayang dan gunungan yang ditata sebagai backdrop yang cantik. Di sana pula terdapat janur kembang mayang yang diletakkan di sisi kanan dan kiri. Kemudian, centerpiece dari bunga-bunga yang memiliki warna didominasi merah pekat dan chandelier di bagian tengahnya membuat area ini tampak lebih mewah. 

Bagian kursi dan meja untuk akad memiliki nuansa yang tak kalah meriah. Alih-alih memilih bunga yang terdiri dari satu bentuk atau satu warna saja, kursi malah dihias dengan gabungan berbagai jenis dan warna bunga. Mulai dari bunga lili yang memiliki kelopak besar, bunga anthurium dengan bentuk mirip daun berwarna merah, hingga rangkaian melati berwarna putih yang menjuntai membuat area akad ini tampak sangat berwarna.

6. Area akad dengan backdrop lukisan merak

wm_article_img
Dekorasi: Aryagati Decoration

Backdrop pernikahan biasanya dibuat dengan polos atau bergambar bunga. Namun, kali ini backdrop akad dibuat dengan lukisan burung merak cantik yang berwarna ungu. Yang membuatnya terlihat lebih indah adalah bunga-bunga yang disusun secara diagonal dengan warna yang senada, yaitu ungu, lylac, dan putih.

Dengan backdrop yang mencuri perhatian ini pun, meja dan kursi yang digunakan untuk melangsungkan akad tidak perlu dihias dengan banyak aksesori lagi. Cukup taruh bunga putih untuk membuatnya terlihat lebih kalem. Warna cokelat dari kayu yang dipilih untuk tempat duduk memberikan sentuhan yang lebih dekat dengan alam yang cocok dengan konsep secara keseluruhan.

7. Area akad dengan nuansa biru

wm_article_img
Dekorasi: Aryagati Decoration

Area akad nikah ini berada di seberang pelaminan, cocok untuk pernikahan yang digelar di dalam ruangan atau bahkan digelar di rumah. Backdrop yang satu ini juga terbuat dari kayu dengan lukisan yang tidak terlalu menyolok karena memiliki centerpiece bunga-bunga yang ditata cantik di bagian tengah dan pinggirnya.

Warna biru yang lembut dipadukan dengan warna putih yang elegan membuat tempat ini memiliki nuansa yang indah.  Sementara itu,  kursi putih dihias dengan kain di bagian sandarannya. Kain tersebut juga dilengkapi dengan bunga yang sama dengan bunga di backdrop

8. Area akad yang bernuansa putih

wm_article_img
Dekorasi: Glamour Wedding Planner

Area akad yang digelar dekat pelaminan akan memiliki suasana yang terpengaruh dari area pelaminan tersebut. Apabila dekorasi di sekitar warna-warni, bagian akad pun akan memiliki kesan yang lebih cerah. Jika kamu ingin membuat bagian ini lebih sakral dengan dominasi warna putih, ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

Pertama adalah memilih meja dan kursi yang memiliki warna putih atau bahkan transparan. Kemudian, jika ingin menambahkan hiasan bunga, pilih bunga yang juga memiliki warna putih dan hijau. Tambahan bunga ungu pekat juga bisa ditaruh untuk sedikit memberikan sentuhan warna. Supaya bagian pelaminan yang meriah tidak terlalu tersorot, gunakan cahaya yang berfokus pada area akad. 

9. Akad nikah di rumah dengan konsep dreamy

wm_article_img
Dekorasi: Beblooms Wedding

Kamu bisa menjadikan penataan lamaran ini sebagai inspirasi untuk dekorasi akad nikah di rumah dengan mengganti ukuran meja yang lebih tinggi. Bunga cantik dengan warna yang lembut akan membuat ruangan ini terlihat dreamy. Pilih bunga yang memiliki berbagai bentuk, termasuk menggantung seperti anggrek, untuk hiasan bagian backdrop. Sementara itu, kursinya juga bisa dihias menggunakan bunga dan daun dengan warna-warna pastel yang manis. Jangan lupa untuk menambahkan taplak meja dengan warna yang juga lembut, seperti merah muda. 

10. Area akad dengan backdrop arch

wm_article_img
Dekorasi: Beblooms Wedding

Jika tidak ingin melangsungkan akad di dekat area pelaminan, akad juga bisa dilangsungkan di satu spot tersendiri. PR-nya adalah menyediakan backdrop supaya saat difoto, area ini tidak terlihat terlalu kosong. Backdrop berbentuk arch dengan hiasan bunga-bunga yang rimbun berwarna biru dan putih bisa digunakan untuk meramaikan area ini tanpa berlebihan. Jika sudah selesai digunakan, arch ini nantinya bisa digunakan sebagai backdrop yang bisa digunakan oleh para tamu  untuk berfoto.

Supaya tidak semakin banyak PR, kursi rotan dengan warna yang mewah bisa dipilih. Mejanya pun tidak perlu banyak dihias, hanya perlu ditutup dengan kain putih polos saja sampai bagian bawah.

11. Area akad untuk pernikahan intimate

wm_article_img
Dekorasi: Beblooms Wedding

Pernikahan intimate dengan jumlah tamu yang sedikit tidak perlu memiliki pelaminan yang megah. Biasanya hanya ada arch di bagian tengah dan ujung aisle karena pengantin akan membaur dengan para tamu yang datang saat acara resepsi. Bagian inilah yang bisa dimanfaatkan untuk menggelar akad pernikahan. Meja dan kursi berwarna putih yang minimalis bisa digunakan dan ditaruh di depan arch. Hiasan berupa satu dua bunga bisa ditaruh di bagian pojok kursi yang ada. 

12. Area akad dengan tema modern

wm_article_img
Dekorasi: Beblooms Wedding

Jika memiliki venue pernikahan di luar ruangan, layout ini akan cocok untuk ditiru. Area akad bisa ditaruh di ujung lorong di mana tamu yang datang bisa duduk di kanan kiri aisle. Kursi rotan yang sudah cantik bisa dihias dengan kain putih yang menyerupai veil pengantin. Bagian atasnya juga dihias dengan bunga supaya tidak terlalu polos. Sementara itu, meja yang ditutup dengan kain putih bisa dilengkapi dengan bunga-bunga bagian tengahnya saja. Kesan yang minimalis dan modern pun akan didapatkan.

13. Akad dengan meja dan kursi yang transparan

wm_article_img
Dekorasi: De Lavender Decoration

Jika biasanya kursi dan meja yang digunakan berasal dari bahan rotan atau kayu yang berwarna cokelat, putih, atau warna lain yang lebih pekat, ternyata ada juga meja dan kursi yang memiliki warna transparan seperti ini. Kesan kontemporer yang kuat didapatkan dari pemilihan meja kursi tersebut. Apalagi, bagian dalam meja bisa dihias juga dengan bunga-bunga berwarna pastel yang cantik. Hal ini menambah nilai estetika pada area akad pernikahan.

14. Dekorasi akad yang mewah

wm_article_img
Dekorasi: De Lavender Decoration

Dekorasi akad ini memiliki nuansa yang mewah karena keberadaan kursi putih dengan bentuk kaki yang cantik. Apalagi, hiasan yang ditaruh bukan hanya bunga-bunga saja, tapi juga rangkaian mutiara yang digantung melengkung di belakang sandaran. Bagian meja pun bukan hanya ditutup dengan kain putih polos biasa, tapi dengan kain lace dengan detail yang  cantik. Dekorasi akad ini cocok dengan keseluruhan dekorasi pernikahan yang memiliki konsep mewah dan sentuhan warna putih yang elegan.

15. Dekorasi akad di tempat yang sempit

wm_article_img
Dekorasi: Sejiwa Creation

Sebenarnya tidak perlu area yang terlalu luas untuk menggelar akad. Yang terpenting adalah bagian meja yang cukup digunakan untuk melangsungkan prosesi, yang dilakukan dengan bersalaman antara penghulu dan mempelai pria, dan digunakan untuk pencatatan dokumen. Meja ini tidak harus berukuran ekstra besar. Pun, untuk membuat tempat terlihat lebih lega, meja yang transparan tanpa dilapisi kain bisa dipilih. Dekorasi yang lebih rimbun bisa difokuskan di bagian belakang sandaran kursi.

16. Ruang akad yang lebih berwarna

wm_article_img
Dekorasi: Sejiwa Creation

Jika biasanya area akad didominasi oleh warna putih yang dihias dengan bunga-bunga atau properti lain yang berwarna-warni, bagian ini memiliki warna yang berbeda justru dari kain yang digunakan. Kursi yang digunakan dilapisi kain berwarna hijau, sementara meja yang lebar dilapisi kain cokelat dan bagian tengah warna putih. Ada juga tambahan bunga yang digunakan sebagai centerpiece di meja ini.

Itu dia beberapa dekorasi akad nikah yang bisa digunakan untuk inspirasi acara akadmu nantinya. Ada yang sederhana, ada juga yang ekstra. Ada yang modern, ada juga yang tradisional. Semuanya bisa kamu simpan dahulu dan sesuaikan dengan preferensi masing-masing.

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...