7 Ide Model Cadar Pengantin Modern yang Cantik Dipadukan dengan Hijab - Wedding Market

7 Ide Model Cadar Pengantin Modern yang Cantik Dipadukan dengan Hijab

20 Sep 2022 | By WeddingMarket | Viewers: 85
7 Ide Model Cadar Pengantin Modern yang Cantik Dipadukan dengan Hijab
Fotografi oleh Naralogi

Walaupun tidak menunjukkan wajahnya, pengantin muslimah yang menggunakan cadar tetap bisa tampil cantik dengan caranya sendiri. Salah satunya dengan menggunakan model cadar pengantin modern yang indah dan disesuaikan dengan tema pesta. Pemilihan model cadar yang tepat, akan membuat para pengantin wanita tampil cantik, elegan, mewah, serta tetap bersahaja dengan menutup aurat.

Namun, pilihan niqab atau cadar yang dikenakan harus tetap disesuaikan dengan hijab dan gaun pernikahan, serta mengikuti tema pesta secara umum. Alih-alih menggunakan cadar yang plain, dengan sedikit sentuhan ornamen-ornamen modern bisa menjadi solusi alternatif untuk pengantin muslimah syar'i tampil anggun dan menawan. Modifikasi model cadar pengantin yang akan WeddingMarket rekomendasikan ini adalah pilihan yang aman untuk dipadukan dengan berbagai desain gaun pengantin muslimah hijab

Rekomendasi Model Cadar Pengantin Modern

1. Model Cadar Polos Bertingkat

Cadar polos memang merupakan pilihan yang aman untuk berbagai padu padan dengan gaun pengantin muslimah syar'i, mau konsep pernikahan tradisional maupun modern. Namun, jika hijab yang dikenakan terlalu sepi, maka dibutuhkan sedikit trik untuk menonjolkannya. Caranya, dengan membuat cadar model tumpuk bertingkat agar tampak lebih atraktif. 


Warna cadar bisa disesuaikan dengan gaun pernikahan dan hijab yang digunakan atau bisa juga menggunakan warna yang sedikit berbeda. Pilihlah warna yang masih dalam satu spektrum warna. Misalnya, dipilih warna turunan dari warna hijab dan gaun pengantin, bisa lebih terang atau lebih gelap. 

2. Model Cadar Bordir

Ide selanjutnya adalah model cadar bordir. Tampilan cadar polos mungkin membosankan dan sulit untuk membuatnya terlihat menonjol. Karena itu, menambah hiasan berupa bordiran pada permukaan cadar bisa menjadi pilihan yang bagus. Cadar bisa dibordir sepenuhnya sehingga membuat tampilannya terlihat lebih estetis.

Namun, jika para pengantin wanita ingin tampilan yang lebih sederhana dan tetap elegan, cadar bisa dibordir pada bagian tertentu saja. Misalnya, bordirannya hanya pada bagian pinggiran cadar, atau pada salah satu sisi kainnya. Jadi, cadar tidak terlihat terlalu polos, secara bersamaan tampilan cadar cantik berbordir ini membuat penggunanya lebih elegan dan bersahaja.

3. Model Cadar Kombinasi Kain Brokat


Kain brokat bisa menjadi pilihan yang bagus untuk tampilan cadar modern, terlihat menonjol namun tidak terlalu berlebihan. Agar nyaman ketika dikenakan, kain brokat bisa melapisi permukaan cadar, sehingga tidak bersentuhan langsung dengan kulit. Jika tanpa lapisan, kain brokat terlalu transparan, sehingga tidak bisa menutupi wajah penggunanya dengan sempurna. 

Namun, untuk dijadikan hiasan, kain brokat adalah pilihan yang tepat. Bahannya yang tipis dan ringan sesuai sebagai lapisan cadar. Selain itu, kain brokat memiliki berbagai motif yang cantik, indah, dan elegan. Sehingga, cadar pengantin yang dilapisi brokat akan terlihat lebih modern.

4. Model Cadar dengan Kain Satin


Ingin model cadar yang polos namun nampak elegan dan tidak terlalu plain? Maka, cadar yang terbuat dari kain satin merupakan pilihan yang tepat. Kain satin sendiri memiliki karakteristik yang halus, ringan, dan juga tidak transparan. Jadi, bahan yang satu ini cukup sesuai untuk dijadikan bahan cadar karena tidak tembus pandang. 

Selain itu, kain satin memiliki karakteristik unik dimana permukaannya terlihat mengkilap sehingga memberi kesan lebih elegan dan mewah. Akan tetapi, memadukan kain satin untuk cadar agak tricky. Karena, tidak semua warna pada kain satin cocok dengan padanan warna yang lain. Oleh sebab itu, pemilihan cadar yang terbuat dari kain satin harus hati-hati dan disesuaikan terlebih dahulu dengan hijab dan gaunnya.

5. Model Cadar dengan Ornamen Modern Seperti Mutiara, Permata dan Payet


Selain bordiran atau kombinasi dengan kain brokat, memberikan hiasan berupa batu permata atau payet juga bisa menjadi alternatif yang bagus untuk menonjolkan cadar sebagai bagian dari hijab dan gaun pengantin. Apalagi, jika para pengantin memang ingin tampilan yang modern dan lebih meriah dengan menggunakan cadar ini. 

Namun, dalam menghias cadar menggunakan ornamen-ornamen ini harus hati-hati dan penuh perhitungan. Pasalnya, mutiara, payet dan batu permata lebih berat dibandingkan hiasan seperti bordir ataupun brokat. Pemasangan hiasan detail yang terlalu banyak pada cadar bisa membuat penggunaan cadar tidak nyaman. Cadar mungkin saja bisa melorot ketika digunakan karena tidak kuat menahan beban ornamen-ornamennya yang berlebihan.


Menggunakan mutiara, payet dan hiasan permata berlebihan pada cadar juga tidak bagus karena akan menimbulkan kesan too much. Karena itu, jika memang ingin menggunakan hiasan jenis ini, lebih baik digunakan pada satu sisi cadar saja dan tidak mengaplikasikan full payet atau permata.  

6. Model Cadar Beda Warna dengan Hijab


Siapa bilang cadar harus memiliki warna yang sama dengan gaun yang digunakan oleh pengantin perempuan?! Kamu juga bisa tampil menonjol dengan menggunakan warna cadar yang berbeda dengan warna gaun pengantin. Namun, perlu dipertimbangkan dengan baik. Ketika memilih padu padan warnanya harus dicocokkan terlebih dahulu. Karena mungkin saja, salah-salah warna cadar malah jadi tidak sesuai dengan warna gaun, menyimpang terlalu jauh atau malah menutupi kesan yang ingin diperlihatkan dari gaun pengantin.

Oleh sebab itu, lebih baik memilih warna cadar yang masih dalam spektrum yang sama dengan warna gaun pengantin muslimah. Misalnya, jika warna gaun adalah spektrum warna pastel. Maka, para pengantin muslimah bisa memilih warna lain yang senada namun masih dalam range warna pastel tersebut. Misalnya gaun pink pastel dengan cadar ungu pastel atau sebaliknya.

7. Model Cadar dengan Kombinasi Brokat dan Payet


Terakhir, gunakan kombinasi hiasan brokat dan payet pada cadar. Pola brokat yang digunakan bisa disesuaikan dengan brokat yang digunakan pada gaun pernikahan agar tampak senada. Hiasi dengan payet sehingga lebih cantik. Dengan begitu, model cadar akan terlihat lebih indah namun tetap serasi dengan gaun dan model hijab pengantin yang digunakan. Selain itu, paduan brokat dan payet bisa memberikan kesan yang elegan dan juga modern secara bersamaan.

Itulah ide model cadar pengantin modern yang bisa digunakan untuk acara pernikahan dengan tema modern. Siapa bilang cadar adalah sesuatu yang kuno? Semua tampilan bisa disesuaikan selama kamu memahami trik padu padannya seperti yang disampaikan di atas. Agar hari istimewamu semakin sempurna, lengkapi tampilanmu dengan aksesoris pengantin hijab, mahkota, serta gaun pengantin modern impianmu yang semuanya dapat ditemukan di WeddingMarket Store. Yuk, cek sekarang!

Belanja Jasa dan Produk untuk Pernikahanmu di WeddingMarket Store!
Diskon hingga 20%*

Artikel Terkait


WeddingMarket

Hello, thank you for Visiting us. Any Question?