Pilih Kategori Artikel

8 Macam Perawatan Kecantikan untuk Calon Pengantin
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Bagi setiap wanita, hari pernikahan adalah momen yang sangat istimewa. Gak heran para calon pengantin wanita ingin tampil cantik dan percaya diri di hari bahagia tersebut. Untuk itu, ada beberapa perawatan pra nikah kerap dilakukan untuk mendapatkan penampilan yang maksimal. Perawatan pengantin yang dilakukan pun terdiri dari berbagai ritual, mulai dari kepala hingga ujung kaki.

Nah, perawatan apa yang harus dilakukan calon pengantin sebelum menikah? Berikut ulasannya.

1. Perawatan Wajah Rutin

wm_article_img
Foto: pexels/anna-shvets

Rutin melakukan perawatan wajah adalah langkah pertama untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya di hari pernikahan. Wajib hukumnya bagi calon pengantin untuk melakukan ritual kecantikan rutin harian, diantaranya cleansing, toning dan mositurizing dengan menggunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit 

Membersihkan kulit secara teratur atau cleansing, wajib hukumnya agar kulit tetap bersih dan bebas dari jerawat. Lakukan cleansing maksimal 2 kali sehari, yakni pada pagi dan malam hari sebelum tidur. Sementara itu, mengaplikasikan toner dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dini.

Terakhir, menggunakan pelembab akan membantu menjaga kelembaban kulit agar tetap terkunci. Kemudian jangan lupa juga untuk melakukan eksfoliasi secara teratur 1 atau 2 kali seminggu untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan menghidrasi kulit.

2. Perawatan Rambut

wm_article_img
Foto: unsplash/adam-winger

Rambut yang sehat dan indah akan menambah pesona sang pengantin di hari pernikahan. Untuk itu, kamu juga perlu melakukan perawatan rambut sebelum menjadi seorang pengantin. Perawatan ini tak hanya penting bagi kamu yang ingin menggunakan tata rias rambut sanggul, tetapi juga perlu untuk para pengantin hijab. Meskipun tertutup, rambut yang sehat tetap akan memberikan aura positif bagi calon pengantin.  

Segera setelah kamu menentukan tanggal pernikahan, mulailah menjaga kesehatan rambut dengan menggunakan sampo dan kondisioner yang sesuai dengan jenis rambutmu. Bila perlu, lakukan perawatan tambahan seperti masker rambut atau perawatan salon untuk menjaga kelembapan dan keindahan rambut. 

3. Perawatan Gigi dan Mulut

Senyum yang indah adalah aset utama pada hari pernikahan. Oleh sebab itu, para calon pengantin juga harus memperhatikan kebersihan gigi dan juga kesehatan mulut. Sebelum pernikahan, kamu bisa melakukan perawatan seperti pembersihan karang gigi (scalling) atau treatment lainnya sesuai kebutuhan.

Salah satu treatment gigi yang banyak diminati calon pengantin untuk estetika adalah pemutihan gigi. Lakukan pemutihan gigi beberapa minggu sebelum pernikahan untuk mendapatkan gigi yang cerah dan bersinar. Kamu dapat memilih perawatan di klinik gigi atau menggunakan produk pemutih gigi yang aman dan efektif.

4. Manikur dan Pedikur

wm_article_img
Foto: pexels/andrea-mosti

Sebelum memamerkan cincin kawin indah milikmu, jangan lupa juga rawat kuku dan tanganmu, ya! Lakukan manikur dan pedikur beberapa hari sebelum pernikahan. Apabila ingin menggunakan nail artpilihlah warna yang sesuai dengan tema pernikahanmu atau warna netral yang elegan. Kuku yang terawat dengan baik akan meningkatkan keindahan tangan dan kakimu.

Selain perawatan kuku, rajin-rajinlah juga untuk menjaga kelembaban kulit tangan dan kaki. Untuk itu kamu bisa mengoleskan lotion pelembab atau hand cream agar tanganmu tetap lembut dan terhidrasi dengan sempurna. 

5. Hair Removal

wm_article_img
Foto: ZAP Clinic

Waxing atau metode penghilangan bulu adalah suatu perawatan yang dapat menghilangkan bulu-bulu tubuh, termasuk di area tangan, kaki, dan bahkan tersedia untuk area genital. Kamu dapat menyesuaikan jenis perawatan ini sesuai dengan keinginan. Namun, disarankan untuk tidak melakukan perawatan waxing secara drastis atau menjelang pernikahan karena ada risiko iritasi yang dapat timbul.

Sebaiknya, lakukan perawatan waxing secara berkala, misalnya setiap 2 minggu atau 1 bulan, terutama pada area yang ingin kamu jaga kebersihannya. Hal ini bertujuan untuk melakukan perawatan rutin dan menjaga hasil perawatan waxing yang sudah dilakukan sebelumnya.

6. Olahraga dan Diet Sehat

Selain perawatan luar, perhatikan juga perawatan dari dalam tubuh. Beberapa bulan sebelum acara pernikahan, lakukan olahraga secara teratur untuk menjaga kebugaran dan elastisitas tubuh kamu. Yang tak kalah penting juga, yakni memperhatikan pola makan kamu. Sebisa mungkin kamu harus mengonsumsi makanan sehat, seperti buah-buahan, sayuran, dan protein, serta hindari makanan yang tidak sehat. Ini akan membantu menjaga berat badan ideal dan kulit yang sehat.

7. Pijat dan Relaksasi

wm_article_img
Foto: pexels/sergey-torbik

Persiapan pernikahan bisa menimbulkan stres dan kelelahan. Untuk mengatasi itu, luangkan waktu untuk diri sendiri dengan mendapatkan pijatan atau pergi ke spa untuk relaksasi. Pijatan akan membantu mengurangi ketegangan otot dan memberikan perasaan rileks yang menyegarkan.

8. Tidur yang Cukup

Terakhir, ini adalah perawatan kecantikan sederhana yang effortless namun berdampak besar bagi penampilan. Tidur yang cukup sangat penting untuk penampilan yang segar dan berseri. Pastikan kamu mendapatkan tidur yang cukup setiap malam, terutama menjelang pernikahan. Tidur yang cukup akan membuat kulitmu terlihat lebih cerah, mengurangi kantung mata, dan meningkatkan energimu.

Dengan melakukan perawatan kecantikan di atas, dijamin kamu akan tampil lebih cantik, segar, dan percaya diri di hari pernikahan. Ingatlah bahwa kecantikan sejati berasal dari rasa percaya diri dan kebahagiaan dalam dirimu. Selamat menikmati perjalanan menuju hari pernikahan yang indah!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami