Pilih Kategori Artikel

7 Daftar Persiapan Pernikahan ini Harus Terpenuhi, Jangan Sampai Ada yang Tertinggal!
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Persiapan pernikahan merupakan bagian paling penting dalam mencapai sebuah resepsi yang akan dikenang sepanjang hidup. Pernikahan akan menjadi momen sakral, suci, dan indah sekaligus. Dengan persiapan yang matang, menikah akan menjadi momen paling membahagiakan selama hidup.

Ada banyak daftar persiapan pernikahan yang harus kamu dan pasangan ketahui. Semua daftar ini sangat berpengaruh pada pelaksanaan acara nantinya. Elemen-elemen pernikahan di dalam daftar juga berhubungan antara satu dengan lainnya. Jika ada satu daftar tidak lengkap atau belum siap secara keseluruhan, bagian lainnya akan ikut berantakan. Oleh karena itu, pentingnya kamu membuat daftar persiapan pernikahan agar tidak ada satupun elemen yang tertinggal.

Cek daftar persiapan pernikahan berikut ini dan cocokkan dengan list yang sudah kamu buat. Siapa tahu masih ada daftar yang terlewatkan!

1. Membuat anggaran

wm_article_img
Foto: pexels.com/pixabay

Tugas pertama kamu di dalam daftar persiapan pernikahan adalah membuat anggaran untuk melangsungkan pesta. Kamu dan pasangan memerlukan berapa banyak agar bisa mewujudkan pesta pernikahan seperti yang sudah diimpi-impikan. Luangkan waktu untuk menyusunnya bersama.

Tahap pertama ini sangat penting dan berpengaruh pada persiapan berikutnya. Karena, semua elemen pernikahan membutuhkan uang. Jumlah anggaran yang kamu bersama pasangan siapkan disesuaikan dengan seperti apa bentuk pesta pernikahan nantinya. Atau sebaliknya, pesta pernikahan disesuaikan dengan jumlah anggaran yang kalian miliki. Kedua opsi memiliki keuntungannya masing-masing.

Menentukan konsep pesta pernikahan terlebih dahulu, baru membuat anggaran akan memudahkan kamu mendapatkan resepsi impian. Sebaliknya, menentukan anggaran terlebih dahulu mungkin akan membuat kamu harus merendahkan sedikit konsepmu agar sesuai dengan kecakapan finansial. Namun, dengan menyusun anggaran di awal, kamu lebih mudah mengatur persiapan lainnya, karena sudah memiliki patokan biaya maksimal.

2. Mencari informasi tentang berkas administrasi pernikahan

wm_article_img
Foto: Fixia Photography

Selain mempersiapkan anggaran, untuk melakukan pernikahan terdapat banyak berkas administrasi yang harus dipenuhi calon pengantin. Setelah selesai menyusun anggaran, selanjutnya kamu dan dia bisa mencari apa-apa saja berkas yang harus dipersiapkan.

Semakin cepat mencari tahu, jalan untuk mendaftarkan pernikahan akan semakin lancar. Kamu tidak bisa berharap segala urusanmu akan selesai dalam satu hari. Mempersiapkan berkas administrasi pernikahan adalah salah satu pekerjaan paling melelahkan selama persiapan menikah. Semangat!

3. Mematangkan konsep acara

wm_article_img
Foto: dok. WeddingMarket Fair

Gambaran kasar konsep acara sudah kamu buat di tahap pertama. Di tahap ketiga ini, saatnya kamu membuat detail konsep acara pernikahan yang sudah kamu bayang-bayangkan. Dalam menyusun konsep acara ini, kamu bisa menggunakan dua pilihan.

Berdiskusi dan mengurus semua persiapannya sendiri atau menggunakan wedding organizer. Jika kalian memiliki waktu lebih dari cukup, bisa mencoba mengurus semua persiapannya sendiri agar kalian bisa melihat langsung dan bertemu para vendor pernikahan.

Namun, jika kamu dan pasangan merasa terlalu sibuk untuk mengurus semuanya sendiri, bisa menggunakan jasa wedding organizer. Mereka sudah sangat berpengalaman di bidangnya dan bisa dipercaya untuk mengurus segala hal tentang pernikahan.

Tenang saja, walaupun meminta bantuan wedding organizer, kamu dan pasangan masih bisa turut andil untuk mengurus konsep pernikahan. Wedding organizer hanya membantu kamu mewujudkan impianmu sebaik mungkin, tanpa mengubah semua konsep acara sesuai kemauan mereka.

4. Menentukan tanggal pernikahan

wm_article_img
Fotografi: Venema Pictures

Setelah kamu dan pasangan memutuskan siapa yang akan mengurus pernikahan, saatnya menentukan tanggal pernikahan. Diskusikan tanggal terbaik dengan kedua keluarga untuk kemudian menyewa venue yang akan digunakan.

Tempat pernikahan atau venue merupakan elemen penting dalam persiapan. Semua konsep acara pernikahan akan disesuaikan dengan venue pilihan. Booking venue terlebih dahulu untuk lanjut membicarakan daftar persiapan pernikahan lainnya.

Persiapan pernikahan akan terasa lebih tenang jika venue pernikahan sudah dipastikan tempatnya. Tidak sedikit orang mengubah rencana pernikahannya atau membatalkannya karena tidak menemukan venue yang tepat. Venue harus ditentukan di awal sebelum melanjutkan persiapan. Sudah kepikiran mau mengadakan pernikahan di mana?

5. Menyusun daftar tamu

wm_article_img
Foto: Danieliben Photography

Konsep sudah ada, venue juga sudah ada, selanjutnya susun daftar tamu dengan berdiskusi untuk menentukan siapa-siapa saja orang yang akan turut menghadiri dan mendoakan pernikahan suci kalian berdua.

Menyusun daftar tamu pernikahan tidak hanya berdua, tetapi bersama kedua keluarga. Karena, biasanya selain pasangan pengantin, sanak saudara juga ingin mengundang teman dekat atau saudara jauh yang mungkin tidak dikenal oleh mempelai.

Jika kamu dan pasangan memutuskan untuk tidak mengundang banyak orang, beri pengertian kepada seluruh keluarga agar tidak terjadi kesalahpahaman nantinya. Banyak keluarga saling salah paham hanya karena menyusun daftar tamu dan semoga hal itu tidak terjadi di kalian, ya!

6. Mulai menentukan busana, souvenir, dan undangan pernikahan

wm_article_img
Gaun Pengantin: Giovanny Wanda

Busana pernikahan adalah bagian terpenting. Sesuaikan busana pernikahan dengan konsep acara dan anggaran. Ingat, kalian sudah punya anggaran dan jangan keluar dari anggaran tersebut!

Busana pernikahan dapat dibeli atau disewa tergantung bagaimana kepentingan masing-masing pasangan. Ada pasangan yang merasa busana pernikahan perlu di beli, suatu saat busana tersebut akan dibuka kembali untuk mengenang momen indah nan sakral.

Ada juga pasangan lain yang menganggap busana pernikahan sebaiknya disewa karena hanya dipakai sekali saja. Tidak ada yang salah dengan keduanya, hanya berbeda cara pandang saja. 

Oh, iya! Jangan lupakan busana untuk para pendamping mempelai pria dan wanita. Apakah kamu dan pasangan merasa memerlukan mereka? Jika memang diperlukan, biaya untuk busana mereka juga harus diperhitungkan. Namun, jika memutuskan tidak menggunakan pendamping, bisa memberi pengertian kepada sahabat terdekat, ya!

Selain busana pernikahan, undangan termasuk elemen paling penting. Undangan pernikahan juga memberikan dua pilihan, fisik dan online. Kedua undangan ini memiliki perbedaan signifikan dari segi biaya. Pembuatan undangan pernikahan online akan lebih murah daripada fisiknya.

Namun, undangan online ini terkesan tidak pantas bagi beberapa orang. Jika sudah seperti itu, calon pengantin bisa melibatkan keluarga besar untuk menentukan. Kemeriahan pesta pernikahan akan membuat kedua mempelai tambah bahagia dan salah satu pendukungnya adalah tamu undangan.

 7. Membeli seserahan dan mas kawin

wm_article_img
Foto: jan.ji.co via RedHat Organizer

Akhirnya, kegiatan paling menyenangkan tiba! Khususnya bagi wanita, membeli seserahan dan mas kawin adalah daftar persiapan pernikahan paling menyenangkan. Karena semua keinginannya akan terwujud satu persatu. 

Konon katanya, wanita boleh minta apa saja untuk seserahan asal sesuai dengan anggaran yang sudah ditetapkan. Di beberapa wilayah, ada barang-barang seserahan yang wajib diberikan. Boleh, deh, didiskusikan dulu ke keluarga barang seserahan apa yang harus diberikan kepada calon istri dan keluarganya.

Jangan lupa buat catatan untuk ketujuh daftar persiapan pernikahan yang sudah dipaparkan dengan jelas sebelumnya. Selain itu, untuk lebih memudahkan kamu dalam melengkapi segala kebutuhan pernikahan, ajak pasanganmu mengunjungi pameran WeddingMarket Fair. Akan ada 100+ booth vendor pernikahan terbaik dari 15+ kategori yang siap membantumu mewujudkan pernikahan impian.

Pameran WeddingMarket Fair akan diselenggarakan pada tanggal 27 - 28 Mei 2023 di The Krakatau Grand Ballroom, Green Terrace. Selain hadir untuk memenuhi kebutuhan pernikahan impian calon pengantin dengan berbagai vendor pernikahan terbaik, kamu pun dapat merasakan aneka keuntungan selama pameran berlangsung, diantaranya sebagai berikut:

  • Kesempatan memenangkan Grand Prize
  • Hadiah langsung berupa produk dan jasa vendor partisipan
  • Promo spesial dari berbagai vendor partisipan
  • Voucher diskon untuk berbelanja selama pameran
  • Mengikuti berbagai talkshow seputar pernikahan
  • Suasana pameran dengan beragam dekorasi estetik dan photobooth menarik
  • Free test food

Tahun ini, WeddingMarket Fair mengusung tema "Fairy Tale in The Ocean" yang terinspirasi dari luasnya lautan yang ada di Indonesia. Pastinya pameran pernikahan unik ini sayang untuk dilewatkan. Kabar baiknya, kamu bisa melakukan pemesanan tiket masuk secara gratis di tautan ini. Jumlah tiket terbatas, jadi, segera daftarkan dirimu ya! Semoga persiapan pernikahanmu berjalan dengan lancar!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...