Pilih Kategori Artikel

20 Menu Prasmanan Sederhana tapi Mewah: Tamu Undangan Terkesan, Budget Aman!
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Salah satu persiapan menikah yang sangat krusial adalah menyediakan menu jamuan yang lezat dan menggugah selera tamu undangan. Menu jamuan atau yang biasa disebut menu prasmanan adalah salah satu hal yang menjadi parameter berkesannya sebuah pesta pernikahan bagi tamu undangan. 

Biasanya terdapat berbagai masakan yang dihidangkan di sebuah pernikahan. Ada menu prasmanan sebagai menu utama, juga menu makanan gubukan. Untuk menentukan menu gubukan lebih mudah daripada menu prasmanan dikarenakan menu yang lebih spesifik. 

Lalu, bagaimana untuk menentukan menu prasmanan yang sederhana tapi mewah? Ada beberapa kriteria khusus yang perlu diperhatikan, untuk mendapatkan makanan dengan cita rasa istimewa namun dengan harga yang ramah

Soal variasi makanannya, berikut berbagai pilihan menu prasmanan sederhana tapi mewah yang aman untuk budget pernikahanmu.

  1. Bistik Daging

wm_article_img
Foto: instagram/alunrahma

Menu protein seperti daging ayam, ikan, atau sapi menjadi menu andalan dalam sebuah prasmanan. Selain karena rasanya yang enak, tampilan dari menu berbahan dasar daging terlihat lebih mewah. 

Salah satu olahan daging yang bisa menjadi menu prasmanan yang sederhana tapi mewah adalah bistik daging. Hidangan berbahan daging sapi ini memiliki cita rasa yang lezat dengan tampilan yang terlihat mewah. 

Meskipun berbahan daging sapi, menu bistik sapi masih terbilang sederhana, dikarenakan tidak memerlukan daging sapi pilihan, semua jenis daging sapi bisa diolah menjadi bistik daging. 

  1. Ikan fillet Asam Manis

wm_article_img
Foto: D'cost

Tidak hanya daging ayam atau daging sapi namun bahan protein hewani lain yaitu ikan bisa menjadi salah satu menu prasmanan sederhana tapi mewah. Ikan fillet asam manis merupakan sajian yang dapat direkomendasikan untuk menu prasmanan pernikahan. 

Ikan fillet yang biasa dipilih biasanya adalah ikan kakap dikarenakan teksturnya yang lembut dan berdaging tebal, tapi kamu juga bisa memilih jenis ikan dori yang harganya lebih murah namun memiliki tekstur dan rasa yang tidak kalah dengan ikan kakap. Menu ini merupakan ikan fillet yang digoreng garing dengan tepung kemudian disiram oleh saus asam manis yang segar dan lezat.

  1. Ayam Betutu

wm_article_img
Foto: instagram/adisdermawan

Ingin menu prasmanan sederhana tapi mewah namun bernuansa tradisional? Menu ayam betutu dapat menjadi pilihannya. Masakan tradisional berbahan dasar olahan ayam ini berasal dari Pulau Bali. 

Menu ini sudah terkenal dengan cita rasanya yang lezat, perpaduan rasa rempah dan rasa gurih nan pedas membuat menu ini banyak disukai. Jika, kamu menginginkan menu tradisional yang bercita rasa makanan khas Indonesia, Ayam Betutu adalah pilihan yang tepat.

  1. Nasi Goreng Oriental

wm_article_img
Foto: Kenanga Catering Bogor

Menu prasmanan biasanya berupa nasi putih dan lauk pauk, tapi jika ingin keduanya ada dalam satu menu, nasi goreng oriental adalah ide yang bagus untuk membuat menu karbohidrat berupa nasi namun sudah lezat tanpa lauk pauk tambahan. 

Nasi goreng oriental merupakan nasi goreng dengan berbagai macam topping di dalamnya. Biasanya aneka macam seafood mendominasi toping nasi goreng oriental di samping bakso dan suwiran ayam. Hal inilah yang menjadikan nasi goreng oriental memiliki sisi mewah walaupun merupakan kategori makanan prasmanan sederhana.

  1. Sate Ayam

wm_article_img
Foto: instagram/inovpelawi

Sate ayam biasanya merupakan menu gubukan, namun menu sate ayam juga bisa menjadi menu prasmanan yang berada di menu utama. Menu ini bisa disandingkan dengan nasi maupun lontong sesuai dengan selera para undangan. 

Tidak hanya sate ayam, berbagai jenis menu sate lainnya seperti sate maranggi atau sate lilit juga cocok dijadikan menu prasmanan. Untuk pilihan daging yang akan dijadikan sate dapat disesuaikan dengan budget yang ada sehingga dapat menghemat biaya catering.

  1. Capcay Seafood

wm_article_img
Foto: Bali Indah Catering

Menu sayuran juga penting untuk dihidangkan pada menu prasmanan utama. Menu prasmanan sederhana tapi mewah dari bahan makanan sayuran adalah capcay seafood. Capcay merupakan menu masakan berupa berbagai macam sayuran seperti wortel, brokoli, dan pakcoy yang dimasak dengan cara ditumis. 

Untuk menjadikan capcay menjadi menu prasmanan sederhana tapi mewah, bisa dengan menambahkan beberapa macam seafood, seperti udang, cumi, atau kerang. Kamu juga bisa menambahkan tofu agar menu ini terlihat mewah. Dengan aroma seafood yang lezat membuat menu capcay seafood menjadi menu sayuran yang disukai para tamu undangan.

  1. Bakmi Jawa

wm_article_img
Foto: instagram/lilik_indrayani_81

Menu karbohidrat selain nasi yang bisa dipilih adalah mi. Salah satu olahan mie yaitu bakmi jawa menjadi menu yang cocok ada di salah satu menu yang berjejer di prasmanan pernikahan. Menu yang juga merupakan menu tradisional ini berbahan dasar mi yang ditumis dengan sayuran dan suwiran daging ayam. 

Bercita rasa manis dan gurih yang berasal dari bumbu khas Jawa dan kecap hitam menjadikan menu sederhana ini menjadi mewah. Bagi para tamu yang tidak ingin memakan nasi namun ingin tetap merasa kenyang bisa memilih menu bakmi Jawa ini. Menu ini pun bisa disandingkan dengan menu prasmanan lain yang terhidang. 

  1. Sop Kimlo

wm_article_img
Foto: instagram/vhe.veronicaa

Menu kuah juga hampir selalu ada di daftar menu prasmanan di pernikahan. Sop Kimlo adalah salah satu menu kuah yang disukai banyak tamu undangan pernikahan. 

Sop Kimlo merupakan sop pada umumnya, yang menjadikan berbeda adalah jamur kuping yang berwarna hitam. Sayur-sayuran yang lengkap seperti brokoli, buncis, dan wortel menjadikan menu ini bergizi. Untuk menambahkan kesan mewah kamu bisa menambahkan potongan daging ayam maupun daging sapi. 

  1. Ayam Bakar Kalasan

wm_article_img
Foto: instagram/deasylo

Daging ayam adalah solusi dari olahan daging yang dapat dijadikan menu mewah namun tetap sederhana. Salah satu menu yang bisa kamu pilih adalah ayam bakar kalasan. Menu ayam bakar kalasan memiliki rasa rempah yang gurih sehingga menu ini lebih dari ayam bakar biasa menu. Kamu bisa menambahkan lalapan dan sambal agar menu ayam bakar kalasan dapat membuat para tamu tak sabar mencicipinya. 

  1. Tumis Buncis Daging Giling

wm_article_img
Foto: President Catering

Menu sayuran yang ditumis sangat cocok untuk menu prasmanan dikarenakan mudah untuk dihidangkan. Kesederhanaan menu tumis buncis bisa menjadi mewah jika kamu dapat mengolahnya dengan baik. 

Agar tumis buncismu terlihat mewah di menu prasmanan pernikahan, kamu bisa menambahkan gilingan daging ayam atau sapi sehingga menambah cita rasa dan kemewahan menu sederhana ini.

  1. Rendang

wm_article_img
Foto: instagram/inovpelawi

Meskipun daging sapi merupakan salah satu menu yang bisa dibilang mewah namun menu ini juga bisa masuk ke pilihan menu sederhana. Kamu tidak perlu memilih potongan daging yang besar, ukuran yang cukup namun rasa yang lezat dapat menjadikan rendang sebagai menu prasmanan sederhana tapi mewah. 

Menu rendang sudah menjadi menu legendaris di setiap prasmanan pernikahan. Namun, menu ini masih menjadi menu favorit bagi banyak tamu undangan.

  1. Sambal Goreng Kentang

wm_article_img
Foto: instagram/koh_aming

Menu legendaris lain yang bisa menjadi menu prasmanan tapi mewah adalah sambal goreng kentang. Sambal goreng kentang biasa akan menjadi menu prasmanan sederhana saja, namun kamu dapat menambahkan hati sapi yang dipotong dadu untuk menjadikan menu ini terasa mewah. Kelezatan hati sapi yang berpadu dengan kentang yang berbumbu pedas tentu akan membuat menu sederhana ini terasa mewah di lidah para tamu undangan.

  1. Daging blackpaper

wm_article_img
Foto: President Catering

Ingin menu mewah tapi tetap hemat? Daging blackpepper adalah pilihan menu tepat untuk kamu yang menginginkan menu prasmanan yang mewah tapi tidak membuat budget pernikahanmu membengkak. Olahan daging sapi yang diiris ini membuat menu ini cukup untuk banyak tamu undangan yang hadir. 

Rasa dari bumbu blackpepper yang manis, pedas dan gurih juga membuat menu ini terasa lezat dengan cita rasa internasional. Kamu bisa menambahkan potongan paprika dan bawang bombay agar tampilan menu ini terlihat cantik dan tentunya mewah.

  1. Ayam Goreng Kremes

wm_article_img
Foto: instagram/gina.yuliana

Ayam Goreng mungkin akan terlihat biasa di prasmanan pernikahanmu. Olahan ayam goreng seperti ayam goreng lengkuas mungkin sudah terlalu sering kamu jumpai di prasmanan pernikahan. Agar terasa berbeda kamu bisa memilih menu ayam goreng kremes. Contoh masakan prasmanan sederhana dengan pengolahan yang tidak biasa ini menjadikan menu ayam goreng kremes spesial untuk para tamu undangan. 

  1. Rolade Daging

wm_article_img
Foto: instagram/bangreiichannel

Rolade daging merupakan menu yang berbahan dasar daging sapi yang digiling kemudian dibentuk lonjong dan dilapisi adonan telur kemudian dipotong menjadi bulat pipih. Masakan ini merupakan solusi untuk kamu yang ingin menyajikan menu prasmanan sederhana tapi mewah. 

Hidangan ini terlihat mewah dengan penampilannya yang menggugah selera. Menu rolade daging bisa kamu olah dengan berbagai cara, seperti digoreng, ditumis, atau diberikan saus asam manis. 

  1. Ayam Teriyaki

wm_article_img
Foto: President Catering

Menu berbahan dasar daging ayam selalu menjadi favorit di berbagai acara termasuk acara pernikahan. Menu dari daging ayam pun terbilang sebagai salah satu menu sederhana yang lezat dan dapat diolah menjadi apa saja. Dengan resep yang istimewa menu sederhana dari daging ayam bisa menjadi mewah. 

Hidangan daging ayam yang bisa jadi pilihan menu utama di resepsi pernikahan kamu adalah ayam teriyaki. Dengan sensasi saus teriyaki yang bercita rasa internasional, menu ayam teriyaki menjadi menu prasmanan sederhana tapi mewah yang bisa dihidangkan untuk para tamu undangan yang spesial di momen pernikahanmu.

  1. Nasi daun Jeruk

wm_article_img
Foto: instagram/misisdevi

Saat ini banyak para pengantin memilih nasi yang memiliki rasa ketimbang nasi putih biasa. Nasi daun jeruk saat ini banyak dipilih menjadi menu pada prasmanan pernikahan yang mampu membuat para undangan lebih terkesan pada pilihan menu nasi yang dihadirkan. Nasi daun jeruk yang harum mampu menarik perhatian para tamu undangan untuk mencicipi menu lainnya yang disandingkan dengan nasi daun jeruk ini. 

  1. Cah Brokoli Tofu

wm_article_img
Foto: President Catering

Tofu merupakan salah satu jenis tahu yang memiliki tekstur selembut sutra. Kelembutan tofu itulah yang menjadikan menu cah brokoli tofu menjadi istimewa untuk hidangan prasmanan pernikahan. 

Tofu yang lembut dipadukan dengan brokoli yang bertekstur menjadikan keduanya saling melengkapi kelezatan menu ini. Kamu juga bisa menambahkan sayuran lain seperti kembang kol atau wortel untuk membuat menu ini semakin terlihat mewah lagi.

  1. Ayam Woku

wm_article_img
Foto: President Catering

Menu lezat sederhana tapi mewah untuk prasmanan pernikahan lainnya adalah ayam woku. Menu olahan ayam ini banyak menjadi favorit bagi banyak undangan yang hadir. 

Ayam woku merupakan menu tradisional asal Manado dengan cita rasa pedas dan gurih. Ciri khas dari menu ini yang menjadikannya spesial adalah taburan daun kemangi yang menjadikan menu ini memiliki harum yang menjadikan menu ini menu favorit para tamu undangan.

  1. Sambal Krecek

wm_article_img
Foto: rasabunda

Kamu beruntung berada di Indonesia yang memiliki berbagai menu tradisional yang sederhana namun memiliki cita rasa yang luar biasa. Menu tradisional sederhana namun mampu membuat lidah bergoyang adalah sambal krecek. Menu ini wajib hadir di prasmanan pernikahan

Krecek sendiri berasal dari kerupuk kulit sapi yang kemudian diolah menjadi sambal krecek yang dimasak dengan sambal goreng. Biasanya sambal krecek dipadukan dengan butiran kacang tolo. Meskipun sederhana dan tradisional, rasa pedas dan kelembutan krecek menjadikannya mewah di lidah para tamu undangan.

Begitu banyak pilihan menu prasmanan sederhana tapi mewah yang bisa kamu pilih untuk menjamu para tamu undangan di pernikahanmu. Selain membuat para tamu undangan merasa terkesan dengan menu yang dihidangkan, kamu juga tidak perlu mengeluarkan budget yang terlalu besar untuk makanan prasmanan sehingga dapat digunakan untuk kebutuhan pernikahan lainnya. 

Pastikan kamu juga harus pintar dalam memilih vendor agar cita rasa menu prasmanan yang dihidangkan benar-benar lezat. Kamu dapat menemukan vendor catering yang menyajikan menu prasmanan lezat di WeddingMarket, platform wedding dengan berbagai vendor yang penuhi segala kebutuhan penikahanmu.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami