Pilih Kategori Artikel

Rahasia Make Up Pengantin Flawless dan Glowing Seharian dengan Teknik 'Airbrush Makeup'
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Tampil cantik flawlessglowing dan segar sepanjang hari, pastinya menjadi dambaan para kaum hawa. Apalagi di momen spesial seperti pernikahan. Itulah mengapa para pengantin melakukan berbagai macam treatment perawatan tubuh menjelang pernikahan, pun rela menghabiskan budget yang tidak sedikit untuk menggunakan jasa make up artist (MUA) profesional berpengalaman di hari bahagianya itu.

Sejalan dengan hal tersebut, teknik make up yang digunakan pun semakin berkembang dari waktu ke waktu. Salah satunya yang mulai banyak digandrungi adalah airbrush makeup, yakni teknik rias wajah menggunakan semacam alat penyemprot udara yang diisi dengan make up sehingga memberikan hasil yang lebih smooth, flawless dan tahan lama.

Apa Bedanya Teknik Airbrush Makeup dengan yang Konvensional?

wm_article_img

Teknik airbrush make up  ini pertama diperkenalkan pada tahun 1959 oleh seorang MUA yang merias pemeran utama di film Ben Hur. Di Indonesia sendiri, airbrush makeup mulai mendapat sorotan semenjak para MUA mengaplikasikannya untuk merias pengantin karena dianggap makeup yang dipakaikan lebih ringan, namun hasilnya lebih flawless dan tahan lama

Cara penggunaannya berbeda dari teknik makeup tradisional. Prinsip kerja penggunaan teknologi airbrush makeup ini, sebenarnya mirip dengan cara yang diterapkan untuk mengecat body mobil. Tidak menggunakan spons atau brush seperti pada makeup konvensional, melainkan dengan sebuah alat yang disebut spray gun. Kemudian diisi dengan produk makeup khusus yang berbentuk liquid

Dengan memanfaatkan tekanan udara yang menekan melalui sebuah kompresor, sehingga melalui ujung spray pen bisa mengeluarkan cairan makeup dalam bentuk butiran-butiran yang sangat halus untuk disemprotkan ke bagian wajah. Hal inilah yang membuat tampilan  hasil airbrush makeup terlihat lebih halus dan flawless.

Selain itu, tak hanya teknik pengaplikasiannya saja yang menggunakan alat khusus. Produk kosmetik yang digunakan untuk airbrush makeup pun menggunakan formula tersendiri, berbeda dengan produk-produk makeup yang diaplikasikan secara konvensional. Kebanyakan kandungan produknya berbahan dasar silikon yang membuatnya tahan lama bahkan waterproof. Hal inilah yang menjadikan hasil akhir airbrush makeup dapat digunakan lebih tipis dan ringan, namun dari segi coverage lebih halus serta pekat. 

Dibandingkan dengan teknik yang menggunakan kuas atau spons, tentu finishing dengan airbrush makeup dapat diaplikasikan secara lebih merata dan menempel di wajah. Sebab, dengan semprotan yang halus dapat mencegah noda atau munculnya celah seperti hasil dari makeup dengan kuas atau  spons. Menarik sekali, bukan?!

Kelebihan dan Kekurangan Teknik Airbrush Makeup 

wm_article_img

Zaman sekarang, sudah banyak MUA profesional yang menerapkan penggunaan teknik airbrush makeup dalam merias pengantin. Apabila kamu tertarik ingin menggunakan airbrush makeup di momen spesial pernikahanmu nanti, sebaiknya ketahui juga kelebihan serta kekurangannya terlebih dahulu, ya!

Kelebihan: 

  • Riasan tampak lebih flawless

Daya tarik paling utama dari airbrush makeup yang banyak membuat MUA kepincut, tentu dapat terlihat dari finishing riasan yang diperoleh. Dengan pengaplikasian secara semprot menggunakan airbrush gun, hasil makeup pengantin tampak lebih merata dan flawless. 

  • Pengerjaanya lebih cepat, praktis dan higienis

Selain itu, pengerjaan riasan dengan teknik airbrush makeup juga terbilang lebih cepat, praktis serta higienis. Sebab, makeup bisa diaplikasikan oleh MUA secara langsung ke wajah tanpa perlu kuas atau spons, bahkan bisa meminimalisir sentuhan pada kulit. 

  • Makeup yang dihasilkan tahan lebih lama

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, produk yang digunakan untuk teknik makeup airbrush umumnya berbahan dasar silikon, yang bisa bertahan lebih lama serta mampu menahan air (waterproof). Hal ini tentu akan menjadi poin plus, apalagi untuk acara pernikahan yang  biasanya banyak momen sedih yang bisa menyebabkan pengantin mengeluarkan air mata. Namun, dengan menggunakan teknik ini tak perlu lagi mencemaskan makeup pengantin akan luntur.

  • Produk makeup yang digunakan lebih sedikit

Penggunaan teknologi airbrush makeup ini juga membuat kenyamanan sendiri bagi sang pengantin. Pengaplikasiaannya yang secara disemprot menjadikan produk bisa menempel di wajah secara lebih merata. Meskipun, produk yang digunakan tidak setebal saat menggunakan makeup secara konvensional. Hal inilah yang menjadikan hasil makeup pengantin modern yang satu ini terasa lebih ringan dan tak terlalu berat di wajah. Produk yang dihabiskan pun lebih sedikit.

wm_article_img

Meskipun ada beberapa kelebihan yang dari airbrush makeup yang sangat menarik untuk dicoba. Namun, di sisi lain teknik makeup ini masih memiliki beberapa kelemahan. Berikut beberapa diantaranya. 

Kekurangan:

  • Warna/shade yang bisa dipilih terbatas

Karena pengaplikasiannya menggunakan alat khusus, produk yang bisa dipakai dengan teknik airbrush pun dirancang dengan formula khusus. Tidak sembarang foundation bisa dipakai untuk airbrush makeup. Saat ini, brand yang memproduksi produk khusus airbrush makeup ini masih terbatas, sehingga pilihan warna shade yang tersedia pun sedikit. Pilihannya tidak sebanyak warna shade untuk foundation tradisional. 

  • Lebih mahal

Jika dibandingkan dengan makeup konvensional, harga airbrush makeup terbilang lebih mahal. Sebab, selain menggunakan alat khusus, harga produk airbrush makeup juga relatif lebih mahal daripada produk makeup biasa. Oleh sebab itu, sebelum memutuskan untuk menggunakan air brush makeup, sebaiknya kamu tanyakan terlebih dahulu kisaran harganya kepada MUA, supaya bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki.

  • Sulit dibaurkan

Hasil airbrush makeup terkenal memang bisa awet dikenakan seharian. Akan tetapi, jika sudah terlanjur kering, akan sulit untuk di-blend kembali. Karena itu, pengantin yang menggunakan airbrush make up jarang melakukan touch up. 

wm_article_img

Itulah rahasia tampilan natural flawless dan glowing sepanjang hari dengan airbrush makeup untuk pengantin. Tak heran, banyak yang berpendapat bahwa teknik ini merupakan yang terbagus diantara lainnya untuk saat ini, meskipun masih harus ada beberapa penyempurnaan dengan gaya makeup konvensional yang biasa.  

Apabila kamu menginginkan riasan yang smooth dari airbrush makeup, maka pastikan vendor MUA yang dipilih telah memiliki portofolio yang meyakinkan serta menguasai teknik ini. Bila perlu, kamu juga bisa melakukan makeup test terlebih dahulu sebelum hari H. Semoga ulasan ini bermanfaat dan bisa memberikan inspirasi makeup pernikahan idamanmu, ya!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...