Pilih Kategori Artikel

Bridal Shower untuk Cowok? Yuk, Kenalan sama Bachelor Party!
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Ternyata bukan hanya pernikahan tradisional saja yang memiliki banyak prosesi mulai dari sebelum pernikahan hingga hari-H pernikahan. Pada pernikahan internasional, ada juga berbagai tradisi yang dilakukan. Selama beberapa waktu ke belakang, berbagai tradisi ini juga diadaptasi ke dalam acara pernikahan di Indonesia. Salah satunya adalah acara bridal shower yang dilakukan oleh calon pengantin perempuan dan para sahabatnya.

Kamu mungkin penasaran, jika ada begitu banyak perayaan yang dilakukan oleh calon pengantin perempuan. Bagaimana dengan calon pengantin laki-laki? Apakah mereka juga melakukan tradisi serupa sebelum acara pernikahan berlangsung? 

Ada salah satu prosesi yang paling terkenal yang dilakukan oleh calon pengantin laki-laki bersama para sahabat atau groomsmen-nya. Acara tersebut dinamakan bachelor party. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak, yuk, penjelasan selengkapnya berikut ini!

Bachelor party

wm_article_img
Foto: unsplash/Kimson Doan

Bachelor party merupakan sebuah acara yang digelar oleh teman-teman dari pengantin pria untuk merayakan sisa masa lajang sebelum melakukan pernikahan. Ada berbagai aktivitas yang biasanya akan dilakukan sesuai dengan preferensi masing-masing. Pesta ini biasanya cenderung lebih santai dan fokus pada kesenangan daripada acara formal. Namun, tentu saja penting untuk menjaga batasan agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan sebelum acara berlangsung.

Bachelor party di berbagai belahan dunia

wm_article_img
Fotografi: Bare Odds

Acara ini digelar di berbagai negara yang ada di dunia. Namun, ada perbedaan nama dan konsep pelaksanaannya. Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Amerika Serikat

Di Amerika Serikat, acara bachelor party sering disebut dengan stag do atau stag party. Pada acara ini calon pengantin pria dan dan teman-temannya biasanya akan melakukan perjalanan pada akhir pekan atau ketika malam hari. Berbagai kegiatan yang dilakukan biasanya pergi ke bar untuk minum atau berdansa. Namun, ada juga kegiatan lain yang bisa dipilih, seperti melakukan olahraga dan berkemah.

2. Inggris

Di Inggris acara ini dinamakan stag party. Pesta ini juga biasa digelar pada malam hari atau akhir pekan. Hal yang membuat acara ini semakin menarik adalah bahwa calon pengantin pria bersama dengan teman-temannya akan pergi ke pub-pub atau bar sepanjang malam dengan mengenakan pakaian aneh. Selain kegiatan itu, ada juga aktivitas lainnya seperti balap motor atau off road.

3. Spanyol

Di Spanyol, perayaan bachelor party dikenal sebagai "Despedida de Soltero." Tradisi ini biasanya dilakukan dengan pergi ke klub malam, lalu memesan makanan dan minuman berlimpah. Aktivitas yang dilakukan selain makan dan minum adalah melakukan serangkaian tantangan atau tugas lucu yang harus diselesaikan oleh pengantin pria.

4. Jerman

Di Jerman, bachelor party dikenal sebagai "Junggesellenabschied." Teman-teman calon pengantin pria akan menyusun tantangan atau permainan untuk pengantin pria, sering kali kegiatan ini disisipi dengan unsur humor. Mereka kemudian menjalankan perjalanan akhir pekan bersama atau berpesta.

5. Prancis

Di Prancis, perayaan ini dikenal sebagai "Enterrement de Vie de Garçon." Biasanya, teman-teman calon pengantin pria akan mengenakan kostum atau kaos lucu dan pergi ke restoran atau klub malam. Makanan dan minuman adalah bagian penting dari perayaan ini.

6. Meksiko

Bachelor party di Meksiko sering melibatkan acara yang dikenal sebagai "serenata," di mana teman-teman calon pengantin pria menyanyikan lagu-lagu romantis di luar rumah pengantin wanita. Kemudian, mereka bisa pergi ke klub malam atau bar untuk merayakan.

Ide bachelor party

Meskipun kegiatan yang dilakukan oleh orang luar negeri biasanya seputar keluar di malam hari dan bepergian ke bar, kamu bisa melakukan bachelor party dengan cara yang lain. Ada berbagai kegiatan yang bisa dilakukan untuk merayakan momen terakhir menjadi seorang laki-laki lajang. Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Makan malam bersama

wm_article_img
Foto via Outliving

Acara paling standar yang bisa dilakukan adalah dengan makan malam bersama. Acara ini bisa dilakukan di restoran favorit calon pengantin pria. Jika ingin membuat acara lebih seru, kalian bisa janjian untuk mengenakan kostum tertentu. Tambahan aktivitas menyenangkan seperti memainkan berbagai permainan bisa juga dilakukan. Pastikan untuk tidak mengganggu tamu lain yang menyantap hidangan mereka di restoran tersebut, ya.

2. Menonton film bersama

Apakah kalian semua merupakan penggemar film? Kalian bisa menyiapkan waktu dan tempat untuk menonton film bersama di rumah saja. Siapkan layar yang besar dan sofa yang nyaman. Jangan lupa untuk menyiapkan camilan dan minuman. Pilih genre film yang memiliki alur seru sehingga kalian tidak bosan sepanjang film diputar. Tambahan tantangan yang menyenangkan juga bisa dilakukan, misalnya kalian bisa bertaruh untuk minum setiap kemunculan tokoh tertentu atau setiap karakter tertentu melakukan sesuatu.

3. Karaoke

Pergi untuk melakukan karaoke bersama teman-teman adalah sebuah alternatif populer yang sering dilakukan untuk bachelor party.  Di sana, kamu juga bisa menyanyi, bercanda, dan bersenang-senang. Pada kegiatan ini, kamu bisa melepas lelah dari beratnya mempersiapkan pernikahan. Jika ingin membuat kegiatan lebih berkesan, sebelumnya kamu dan teman-teman bisa menyiapkan playlist kolaboratif yang memiliki cerita atau kesan tertentu bagi kalian untuk nantinya dinyanyikan bersama.

4. Piknik atau barbecue

wm_article_img
Foto via thespruceeats

Sebagai pria dewasa, kalian mungkin sudah menghadapi masalah masing-masing setiap harinya. Acara seperti piknik atau barbecue merupakan kegiatan santai yang akan cocok digunakan sebagai agenda bachelor party sekaligus untuk melepas lelah. Persiapannya pun tidak begitu sulit. Kalian hanya perlu membeli keperluan untuk memasak dan menyiapkan perlengkapan saja. Untuk tempatnya, kalian bisa memilih taman yang tenang atau bahkan di halaman rumah saja.

5. Pertunjukan bakat

Jika menginginkan acara yang seru dan menyenangkan, ajang unjuk bakat ini bisa dilakukan. Kamu bisa menyediakan waktu selama 15 menit untuk masing-masing orang menunjukkan bakat apapun yang dimilikinya. Tidak harus bakat yang serius seperti bernyanyi, bakat yang aneh pun justru akan menambah keseruan acara.

6. Camping

wm_article_img
Foto via theplunge

Jika ingin lebih lama menghabiskan waktu dengan teman-teman dan calon pengantin, kamu juga bisa melakukan kegiatan berkemah di akhir pekan. Kalian bisa melakukan berbagai kegiatan termasuk menyalakan api unggun sambil berbagi cerita maupun bernyanyi dengan alunan gitar. Jika tidak ingin repot dengan persiapannya, kalian bisa memilih tempat camping yang sudah menyediakan berbagai perlengkapan sehingga tinggal datang saja dan membawa makanan serta minuman. 

7. Datang ke konser atau pertandingan olahraga

Apakah kalian menjadi teman setelah disatukan oleh hobi yang sama? Jika iya, kalian bisa memanfaatkan waktu ini untuk terakhir kali sebelum menikah dan mungkin lebih sulit untuk melakukannya nanti. Jika kalian senang menghadiri konser, kalian bisa datang ke konser dengan line up yang sama-sama disukai atau disukai oleh calon pengantin. Jika kalian menyukai olahraga, pertandingan olahraga juga akan menjadi momen yang cocok untuk merayakan status lajang calon pengantin sebelum menikah. Melakukan hal yang disenangi akan menghindarkan kalian dari waktu yang membosankan.

8. Memainkan board game

wm_article_img
Foto via partnersboardgame

Menyenangkan inner child dengan memainkan berbagai board game akan cocok dilakukan sebelum menyongsong acara pernikahan. Kamu bersama teman yang lain dan calon pengantin bisa bermain berbagai macam board game, seperti monopoli, catur, ludo, ular tangga, dll. Untuk membuat acara semakin seru, kalian bisa memberikan hukuman pada mereka yang kalah. Kegiatan ini bisa dilakukan di rumah, hotel, maupun kafe yang menyediakan berbagai macam permainan.

9. Melakukan tur kuliner

Kamu dan teman-temanmu mungkin sudah tinggal selama bertahun-tahun di tempat tinggalmu yang sekarang, tapi masih tidak mengetahui ada apa saja di sekitar kalian termasuk kulinernya. Oleh sebab itu, kalian bisa melakukan tur keliling untuk mencicipi berbagai kuliner di sekitar tempat kalian. Kalian bisa mencoba makanan pembuka, makanan berat, makanan penutup, dan berbagai minuman yang ditemui di sepanjang jalan. Kalian bisa melakukannya dengan memilih restoran atau warung makan secara acak yang kalian temui di sepanjang perjalanan atau menyusun terlebih dahulu mana saja yang ingin dicoba.

10. Escape room

Bantu calon pengantin pria untuk mewujudkan keinginannya dalam menggapai mimpi menjadi seorang pemeran utama yang cerdas di film. Kalian bisa mengajaknya ke escape room atau permainan yang melibatkan kemampuan menyelesaikan masalah dengan mencari petunjuk, menyelesaikan teka-teki, dan berbagai tugas yang ada di suatu ruangan untuk bisa kabur dari ruangan tersebut. Berikan kesempatan sebanyak-banyaknya untuk ia menyelesaikan masalah ini.

Itu dia beberapa ide kegiatan bachelor party yang bisa kamu siapkan untuk acara tak terlupakan bersama calon pengantin dan teman-teman yang lain. Jangan lupa untuk mengutamakan keselamatan saat melakukannya. Hindari melakukan kegiatan yang terlalu ekstrim atau perjalanan yang terlalu jauh untuk menghindari hal yang tidak diinginkan selama persiapan pernikahan.

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...