Your Smart Wedding Platform

Budget Souvenir Nikah Cuma 5 Ribuan Emang Bisa? Ini Tipsnya!

24 Oct 2024 | By Ade Mutia Wedding Market | 1276

Meskipun souvenir bukanlah elemen yang wajib dalam pernikahan, akan tetapi hadiah kecil untuk tamu undangan ini dapat memberikan kenangan yang tak terlupakan dari momen spesial pernikahanmu. Souvenir pernikahan biasanya diberikan oleh pasangan pengantin sebagai ucapan terima kasih atas kehadiran, dukungan, dan doa yang diberikan oleh tamu dalam momen bersejarah tersebut.

Souvenir pernikahan dapat berupa berbagai macam barang, mulai dari benda praktis seperti gelas, gantungan kunci, tas, atau payung, hingga benda dekoratif seperti foto frame, miniatur, atau pernak-pernik kecil lainnya. Souvenir tersebut sering kali memiliki elemen personalisasi, seperti mencantumkan nama pasangan, tanggal pernikahan, atau pesan khusus yang menggambarkan pernikahan. Oleh karena itu, souvenir pernikahan juga dapat mencerminkan tema, gaya, atau karakteristik unik dari pernikahan itu sendiri.

Tips Menghemat Budget Souvenir Pernikahan

Tas multifungsi | Foto: Alfriandra Souvenir

Tentunya, akan lebih leluasa memilih dan mempersonalisasi souvenir pernikahan tatkala kamu memiliki anggaran yang memadai. Namun, gimana kalau budget pernikahan terbatas? Misalnya, dengan budget Rp5.000,- apakah bisa mendapatkan souvenir pernikahan yang berkesan? Tentu saja bisa! Yuk, cari tahu tipsnya berikut ini!

  • Tentukan Anggaran

Tetapkan anggaran yang jelas untuk souvenir pernikahanmu sejak awal. Langkah ini akan membantu kamu dalam mencari opsi yang sesuai dengan batasan anggaran yang telah ditetapkan.

  • Buat Daftar Tamu yang Realistis

Membatasi jumlah undangan adalah cara efektif untuk mengontrol jumlah souvenir yang perlu kamu beli. Semakin sedikit tamu, semakin sedikit pula souvenir yang harus kamu sediakan. Selain itu, dengan perhitungan jumlah tamu yang realistis, kamu pun bisa menghindari mubadzir membeli souvernir terlalu banyak, atau sebaliknya terlalu sedikit. 

  • Pilih Souvenir yang Sederhana

Pilih souvenir yang sederhana tetapi tetap memiliki nilai estetika dan manfaat. Kamu tidak perlu memilih souvenir pernikahan mewah yang harganya mahal untuk memberikan kesan yang baik kepada tamu. Sebab, souvenir murah tapi bermanfaat pun dapat menjadi cinderamata yang elegan.

  • Belanja dalam Jumlah Besar

Jika memungkinkan, belilah souvenir dalam jumlah besar untuk mendapatkan diskon atau harga yang lebih murah. Kamu dapat mencari penawaran grosir atau menghubungi produsen langsung untuk mendapatkan harga yang lebih kompetitif.

  • Cari Promo dan Diskon

Selalu perhatikan promo dan diskon dari pemasok souvenir pernikahan. Atau, kamu dapat pula memanfaatkan momen seperti pameran pernikahan WeddingMarket Fair untuk berburu diskon souvenir pernikahan yang menggiurkan. 

  • Pertimbangkan Souvenir yang Multifungsi

Pilih souvenir yang memiliki fungsi lebih dari satu. Misalnya, souvenir yang bisa digunakan sehari-hari atau memiliki fungsi praktis seperti botol minum, tumbler, atau pen.

Gelas pajangan | Foto: Alfriandra Souvenir

  • Kurangi Kemasan yang Mewah

Kemasan yang mewah dan mahal juga dapat mempengaruhi biaya souvenir pernikahan. Oleh karena itu, pertimbangkan untuk menyederhanakan kemasannya, tetapi tetap cantik dan sesuai dengan tema pernikahan kamu.

  • Pertimbangkan Souvenir Digital

Dalam era digital saat ini, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk memberikan souvenir digital seperti e-book, musik, atau kupon diskon yang dapat dikirimkan melalui email atau aplikasi pesan.

  • Konsultasikan dengan Vendor

Jika kamu menggunakan jasa vendor pernikahan, diskusikan dengan mereka tentang anggaran souvenir yang kamu miliki. Mereka mungkin memiliki opsi atau saran yang sesuai dengan budget souvenir pernikahan kamu.

  • Buat Souvenir Sendiri

Terakhir, apabila kamu memiliki kreativitas dan cukup punya waktu luang, bisa mempertimbangkan untuk membuat souvenir secara DIY. Kamu dapat mencoba membuat souvenir dengan bahan-bahan murah seperti kertas, kain, atau bahan-bahan alami. Ini juga memberikan sentuhan personal dan unik untuk pernikahanmu, loh!

Ide Souvenir Pernikahan Low-Budget

Dompet koin | Foto: TMade

Membatasi budget souvenir pernikahan hingga Rp5000,- per item memang menantang, tetapi masih ada beberapa ide kreatif untuk souvenir dengan anggaran tersebut, loh! Berikut ini beberapa ide souvenir pernikahan dengan budget Rp5000,- yang bisa kamu jadikan pilihan:

  • Dompet koin: Ada berbagai macam bentuk dengan desain yang lucu dan menarik. Harganya pun relatif murah, dengan budget 5 ribuan kamu sudah bisa menghadiakan aneka pouch atau dompet koin kecil sebagai souvenir pernikahan yang bermanfaat.   
  • Cokelat kecil: Kamu bisa membeli cokelat kecil dalam kemasan menarik. Kamu bisa memilih cokelat dengan desain unik atau bentuk yang lucu. Kemudian bungkus cokelat tersebut dengan kertas kado atau kemasan lain yang cantik, dan tambahkan stiker atau label sesuai tema pernikahanmu.
  • Sabun kecil: Cari sabun kecil yang terbungkus indah dan harum. Kamu bisa memilih sabun dengan bentuk atau aroma yang menarik. Bungkus sabun dengan menarik dan tambahkan pita atau stiker sebagai hiasan.
  • Gantungan kunci: Gantungan kunci kreatif dengan bahan-bahan murah seperti karet, kain felt, atau manik-manik. Anda bisa membuat gantungan kunci dengan bentuk hati, inisial pasangan, atau simbol pernikahan lainnya.
  • Bibit tanaman: Beli bibit tanaman kecil seperti sukulen, kaktus, atau bunga kecil dalam pot kecil bisa menjadi pilihan souvenir murah dan eco-friendly. Tempatkan bibit tersebut dalam kemasan sederhana seperti kantong kado transparan, dan tambahkan stiker dengan ucapan terima kasih.
  • Biji atau kacang-kacangan: Misalnya biji bunga atau kacang-kacangan yang bisa ditanam atau dikonsumsi. Berikan label dengan instruksi penanamannya sehingga semakin menarik.
  • Tas Kain Sederhana: Tas kain sederhana adalah pilihan souvenir pernikahan yang relatif murah dan mudah ditemukan. Tas kain ini dapat digunakan oleh tamu untuk tas belanja atau tas serbaguna.
  • Pen sticky notes: Beli pen dengan sticky notes yang lucu atau berwarna-warni. Pen ini bisa menjadi souvenir praktis yang berguna di kantor atau rumah. Kamu bisa memilih pen dengan desain yang sesuai dengan tema pernikahan Anda.
  • Magnet kulkas: Cari magnet kulkas dengan desain yang menarik dan lucu. Magnet kulkas bisa menjadi souvenir kecil yang sering dilihat oleh tamu di rumah mereka. Kamu bisa memilih magnet dengan gambar atau kata-kata yang berkaitan dengan pernikahan.
  • Kerajinan tangan sederhana: Kerajinan tangan sederhana seperti gelang simpul, kalung kain, atau gantungan kunci dari manik-manik atau tali juga bisa menjadi pilihan souvenir pernikahan murah namun berkesan. Kerajinan tangan ini dapat diberikan sebagai souvenir yang unik dan personal.
  • Cupcake kecil: Buat atau beli cupcake kecil dalam kemasan individu yang menarik. Kamu bisa menghias cupcake dengan icing atau dekorasi sederhana. Tempatkan cupcake dalam kotak kertas dengan kartu ucapan terima kasih.

Key wallet | Foto: TMade

Menghemat budget souvenir pernikahan bukan berarti mengorbankan kualitas atau kesan yang kamu ingin berikan kepada tamu. Dengan perencanaan yang baik dan kreativitas, kamu pun dapat memberikan souvenir yang berkesan tanpa harus melebihi anggaran yang telah ditetapkan.

Nah, di WeddingMarket Fair souvenir nikah hemat budget juga ada, loh! Persiapan pernikahanmu akan semakin mudah karena ada 200+ booth vendor pernikahan terbaik dari 20+ kategori yang dapat dipilih untuk melengkapi elemen-elemen pernikahanmu. Pameran ini akan diselenggarakan pada tanggal 27 - 28 Oktober 2024  di Balai Kartini Exhibition & Convention Center. 

Selain hadir untuk memenuhi kebutuhan pernikahan impian calon pengantin dengan berbagai vendor pernikahan terbaik, kamu pun akan disuguhi berbagai keuntungan selama pameran berlangsung, diantaranya sebagai berikut:

  • Kesempatan memenangkan Grand Prize 
  • Hadiah langsung berupa produk dan jasa vendor partisipan
  • Promo spesial dari berbagai vendor partisipan
  • Voucher diskon untuk berbelanja selama pameran
  • Mengikuti berbagai talkshow seputar pernikahan
  • Suasana pameran dengan beragam dekorasi estetik dan photobooth yang menarik
  • Free test food

Dengan mengusung tema "Whimsical Wonderland" pastinya pameran pernikahan unik ini sayang untuk dilewatkan. Untuk mengikuti acara ini, kamu bisa melakukan pemesanan tiket masuk secara GRATIS di tautan ini. Jumlah tiket terbatas, jadi, segera daftarkan dirimu ya! Cek website weddingmarketfair.com untuk melihat daftar vendor yang berpartisipasi dan informasi lainnya. Sampai jumpa di pameran WeddingMarket Fair!


Artikel Terkait



Artikel Terbaru