Pilih Kategori Artikel

9 Contoh Undangan Pernikahan Anti Mainstream dengan Desain Kekinian, Jadi Favorit Banyak Pasangan!
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Sebelum pernikahan, undangan merupakan salah satu persiapan terpenting. Karena, undangan akan digunakan untuk mengajak para tamu datang ke acara pernikahan kamu dan pasangan. Meskipun banyak hal memengaruhi keinginan seseorang untuk menghadiri pesta pernikahan, undangan menjadi salah satu faktornya.

Tanpa undangan, tamu tidak akan datang. Dengan undangan pernikahan yang menarik, unik, dan beda dari biasanya, tamu bisa menjadi lebih semangat untuk hadir. Memberikan undangan dengan desain yang anti mainstream dan kekinian bisa membuat tamu penasaran bagaimana pesta pernikahan akan berlangsung.

Selain mengajak tamu untuk menghadiri pernikahan, undangan yang menarik akan membuat mereka mengingat momen indah kamu dan pasangan. Biasanya, undangan yang berbentuk biasa-biasa saja cenderung dilupakan begitu pernikahan telah selesai. Berbeda dengan undangan pernikahan dengan desain unik, tamu lebih memilih menyimpannya.

Bisa jadi mereka akan menggunakan konsep yang sama untuk undangan pernikahannya atau keluarga. Bisa juga mereka memang menyimpannya karena undangan memiliki desain yang tidak bisa untuk dilupakan. Itu lah yang diinginkan kebanyakan pasangan yang menikah, mereka ingin undangan dan pernikahan tersebut dikenang oleh banyak orang.

Berikut 9 contoh undangan pernikahan anti mainstream yang bisa dijadikan referensi untuk mengajak para tamu ikut menikmati momen terindahmu bersama pasangan!

1. Undangan pernikahan dengan potongan mengikuti motif desain

wm_article_img
Undangan: The Fine Press

Salah satu contoh undangan pernikahan yang membuat tamu semangat untuk hadir adalah desain berbentuk bunga anggrek dengan potongan mengikuti motifnya. Bunga anggrek sendiri memiliki makna kasih sayang yang murni dan pas digunakan sebagai desain undangan pernikahan. Undangan tidak melulu berbentuk kotak, bulat, dan oval saja, kamu bisa membuatnya lebih variatif sesuai dengan keinginan.

Walaupun bentuknya kecil, undangan berbentuk anggrek dibuat dengan beberapa halaman agar memuat seluruh informasi yang dibutuhkan tamu untuk hadir ke acara pernikahan. Karena memiliki bentuk unik, penerima akan semakin tertarik untuk membaca detail acara yang tertera didalamnya.

wm_article_img
Undangan: The Fine Press

Jika kamu tidak menyukai motif yang terlalu banyak lengkungan, dapat disiasati dengan menambahkan desain di sampul undangan. Detail pernikahan dapat dimuat di atas kertas putih polos dengan sampul bermotif dan potongan mengikuti bentuk desainnya.

Seperti pada gambar, kertas berbentuk kotak diperindah dengan sampul undangan bermotif kipas pada bagian depan dan bunga di bagian belakangnya. Eye catching dan simple!

2. Undangan pernikahan berbentuk akrilik

wm_article_img
Undangan: Sehati Cards

Bosan menggunakan desain undangan di atas kertas? Kamu bisa coba membuat undangan dalam bentuk akrilik. Desain undangan terlihat lebih sederhana, tetapi tetap menampilkan kesan mahal karena diukir di atas kaca bening dan memuat detail pernikahan yang paling esensial.

Kamu dapat memberikan undangan dengan sampul kertas atau kotak untuk mengurangi risiko kerusakan ketika diantarkan kepada tamu yang diundang ke pesta pernikahan.

wm_article_img
Undangan: Fornia Design Invitation

Undangan dengan konsep akrilik tidak harus dibuat dengan ukuran besar agar detail pernikahan tidak ada yang tertinggal. Dengan ukuran lebih kecil dari biasanya, undangan tetap bisa memuat semua detail penting secara lengkap. 

Oh iya! Undangan akrilik kali ini menggunakan amplop kertas dengan warna pastel yang memberikan kesan manis dan romantis khas pernikahan. Gak kalah keren, kan, dengan sampul kotak sebelumnya? Jadi, masih ragu menggunakan desain undangan pernikahan berbahan akrilik?

3. Undangan pernikahan dengan desain boarding pass

wm_article_img
Undangan: Sehati Cards

Pernah kepikiran menggunakan undangan pernikahan berbentuk boarding pass? Bentuk undangan seperti ini cocok untuk kamu dan pasangan yang suka traveling bersama ke berbagai negara. Boarding pass juga menandakan kedua pasangan siap memulai perjalanan menuju kehidupan baru dengan banyak petualangan seru.

Sama seperti sedang traveling ke beberapa tempat, kita akan menemukan suasana baru yang berbeda dari negara asal. Tentunya, desain undangan unik ini akan membuat tamu semakin tertarik untuk hadir ke acara pernikahan kamu dan pasangan.

Ketika menerima undangan, tamu seperti mendapatkan tiket ke suatu negara. Perjalanan ke negara lain akan menjadi pengalaman paling ditunggu-tunggu setiap orang, bukan? 

4. Undangan pernikahan dengan desain hologram

wm_article_img
Undangan: Pensée invitation & stationery

Pernikahan dengan tren Reflection of The Sea cukup menarik perhatian sejak tahun 2020. Tren ini terinspirasi dari kehidupan laut dan warna biru yang indah. Hingga kini, tren Reflection of The Sea masih sangat cocok digunakan sebagai konsep pernikahan kekinian. Untuk menciptakan konsep tersebut, kamu dan pasangan bisa menggunakan undangan dengan efek hologram.

Ketika undangan digerakkan, efek hologram yang memberikan warna-warna pastel akan ikut bergerak. Karena belum banyak pasangan yang menggunakan efek hologram untuk desain undangannya, tamu akan semakin mengingat bentuk uniknya hingga pernikahan selesai.

Dengan tren Reflection of The Sea yang tergambarkan lewat undangan, penerima akan semakin penasaran bagaimana konsep hologram tersebut akan tercipta di resepsi pernikahan nantinya. Selain menciptakan tren, efek hologram akan memberikan konsep mewah dan elegan pada undangan pernikahan secara bersamaan. Jadi, tidak perlu khawatir desain ini akan tampak berlebihan.

5. Undangan pernikahan dengan warna pastel

wm_article_img
Undangan: Duarana Invitation & Design

Jika sedang mencari contoh undangan pernikahan, jangan sampai melewatkan desain dengan dominasi warna-warna pastel yang manis nan indah. Memberi sentuhan warna soft blue atau soft pink dengan lukisan watercolor sebagai konsep, kesan romantis dan hangat akan tercipta lewat undangan serta tersampaikan kepada para tamu.

wm_article_img
Undangan: Duarana Invitation & Design

Selain menggunakan lukisan, memberikan motif bunga warna-warni yang timbul di atas undangan akan memberikan kesan kecerian kedua mempelai menyambut pesta pernikahan mereka. Undangan dengan warna-warna pastel akan menjadi favorit para tamu!

6. Undangan pernikahan berbentuk kain

wm_article_img
Undangan: Pensée invitation & stationery

Menggunakan kain linen dengan warna silver akan menjadi salah satu undangan pernikahan favorit para tamu. Jarang sekali ada pasangan yang memberikan undangan berbentuk kain seperti gambar.

Elegan, klasik, dan mewah cukup menggambarkan bagaimana kesan pertama yang akan didapatkan para penerima ketika melihat undangan tersebut. Tamu tentu akan merasa terkesan dengan kreativitas kedua mempelai lewat undangannya, dengan begitu semangat mereka untuk hadir pun akan meningkat. 

Undangan tersebut dapat diberikan dalam bentuk gulungan atau menambahkan art paper berwarna putih polos di bawahnya sebagai dasar sebelum dimasukkan ke dalam amplop. Buruan, tambahkan konsep kain linen sebagai contoh undangan pernikahan kamu nantinya!

7. Undangan pernikahan dengan konsep klasik sederhana

wm_article_img
Undangan: Papeworks Wedding Invitation

Sederhana dan bermakna, dua konsep undangan yang tidak boleh dilupakan. Walaupun sederhana, undangan dengan konsep dua warna dasar tetap akan memberikan kesan menarik. Menggunakan kertas concorde dengan dasar sedikit kasar menambahkan kesan romantis dan hangat dari undangan yang akan disampaikan kepada para tamu pernikahan.

Dipadukan dengan ukiran detail acara dengan font seperti menggunakan mesin ketik zaman dulu yang memberikan kesan klasik. Undangan klasik dengan sentuhan romantis memang lebih pas menggunakan dua warna dasar, hitam dan putih.

8. Undangan pernikahan dengan ukiran kayu

wm_article_img
Undangan: Kanoo Paper & Gift

Jika kamu dan pasangan menggunakan konsep pernikahan rustic, undangan dengan ukiran kayu sangat cocok untuk menggambarkannya. Tema rustic memberikan kesan pedesaan yang alami dan penggunaan properti dari kayu berwarna cokelat menjadi kunci utama menciptakan suasana tersebut.

wm_article_img
Undangan: Pensée invitation & stationery

Memberikan undangan berbentuk kayu dan mengukir detail acara di atasnya akan membantu tamu menentukan busana seperti apa yang cocok dipakai untuk menghadiri pernikahan kamu bersama pasangan. Karena, undangan adalah gambaran dari acara pernikahan nantinya.

Karena tidak berbentuk kertas biasa, penerima biasanya lebih memilih menyimpan undangan daripada membuangnya begitu saja. Tambahkan undangan pernikahan berbahan kayu sebagai pertimbangan kamu, ya!

9. Undangan pernikahan berbentuk tiga dimensi

wm_article_img
Undangan: Paperitten

Last but not least, contoh undangan pernikahan yang bisa kamu jadikan referensi adalah bentuk tiga dimensi. Undangan terasa lebih nyata karena tidak hanya disajikan dalam bentuk dua dimensi. Kesan tiga dimensi terbentuk karena proses cutting yang akan membentuk layer sehingga undangan lebih bervolume. Ketika dibuka, gambar-gambar didalamnya akan timbul dengan berbagai macam bentuk.

Nah, itu dia contoh undangan pernikahan anti mainstream dan kekinian yang bisa kamu pilih sesuai dengan budget dan konsep acara. Undangan pernikahan yang indah juga dipresentasikan lewat kata-kata romantis didalamnya. Sudah membuat pilihan ingin desain undangan pernikahan seperti apa?

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...