Pilih Kategori Artikel

Ragam Pilihan Souvenir 'Go Green' untuk Wujudkan Pernikahan Ramah Lingkungan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Pesta pernikahan kurang lengkap rasanya tanpa kehadiran souvenir. Tradisi pemberian souvenir pun sudah dilakukan secara turun-temurun, sehingga seolah sudah menjadi bagian dari suatu gelaran pesta pernikahan. Meskipun kecil, cinderamata yang satu ini bisa menjadi kenang-kenangan dan sesuatu yang bermanfaat bagi para tamu undangan yang menerimanya.

Selain itu, souvenir pernikahan juga dapat menyampaikan pesan yang berarti, loh! MIsalnya souvenir go green yang akan WeddingMarket bahas dalam ulasan kali ini. Melalui souvenir eco friendly ini, kamu bisa sekaligus mempromosikan gaya hidup ramah lingkungan, seperti minimal sampah plastik, kampanye untuk kemandirian pangan, bahkan mendukung penggunaan produk daur ulang.

Ada apa saja pilihan souvenir go green yang bisa menjadi opsi untuk pernikahan ramah lingkungan versimu nanti? Yuk, intip rekomendasinya!

1. Tanaman Hidup seperti Kaktus atau Succulent

wm_article_img
Souvenir by Fuerte Garden Souvenir Tanaman Hias

Beri pesan kecil kepada tamu undanganmu untuk menyayangi lingkungan dengan souvenir pernikahan berupa tanaman hidup. Kamu bisa memilih beberapa jenis tanaman berukuran mini atau bibit tanaman yang masih berukuran kecil.  Misalnya, kaktus atau succulent. Pemilihan kaktus bukan hanya karena bentuknya yang unik dan imut, tetapi juga  perawatannya relatif mudah.

2. Benih atau Biji Tanaman

wm_article_img
Souvenir by sedotanbambumurah on instagram

Selain memberikan tanaman yang sudah hidup, opsi lain yang juga bisa kamu pertimbangkan sebagai souvenir pernikahan adalah  benih atau biji. Misalnya, benih bunga atau sayuran. Kemudian souvenir dikemas dengan cantik dalam kantong kertas atau botol kaca kecil. Dari segi harga, souvenir pernikahan go green yang satu ini terbilang sangat terjangkau. Meskipun demikian, sangat bermanfaat! Apalagi bagi mereka yang suka dengan aktivitas berkebun, pasti akan sangat senang menerima benih pemberianmu. 

3. Peralatan Makan dari Kayu

wm_article_img
Souvenir by id.souvenir on Instagram

Cutlery atau peralatan makan berbahan kayu juga dapat kamu jadikan souvenir yang pastinya akan bermanfaat. Disamping itu, bentuk peralatan makan dari kayu ini juga tampak estetis dan menarik. Sehingga, dengan kemasan souvenir minimalis pun sudah cukup untuk membungkusnya agar tampak lebih eksklusif. Kamu bisa memesan souvenir ini dari pengrajin atau melalui vendor souvenir pernikahan. Dari segi harganya cukup bervariasi, namun relatif terjangkau.  

4. Sedotan Bambu

wm_article_img
Souvenir by Sedotan Bambu Murah on instagram

Salah satu isu masalah lingkungan yang kita hadapi yakni banyaknya sampah plastik yang mencemari bumi. Adapun penyumbang sampah-sampah yang sulit terurai tersebut antara lain berasal dari kemasan makanan dan minuman ataupun peralatan makan sekali pakai seperti sedotan plastik.

Nah, kamu bisa mengajak para tamu undangan beralih dengan menggunakan peralatan makan yang bisa digunakan berulang-ulang (reusable). Sebagai contoh, mengganti sedotan berbahan plastik dengan sedotan bambu. Meskipun kecil, namun melalui cara ini bisa memberikan dampak yang cukup signifikan untuk mengurangi sampah plastik. Jangan lupa tambahkan juga kartu ucapan souvenir yang menarik dan voila.. souvenir murah namun bermanfaat ini tampak lebih estetis!

5. Tas atau Pouch dari Bahan Kain Goni

wm_article_imgwm_article_img

Souvenir by Rumah Karung Goni on instagram

Rekomendasi souvenir pernikahan go green selanjutnya yang bisa kamu pertimbangkan adalah memberikan tas atau pouch dari bahan yang ramah lingkungan. Sebagai contoh, souvenir tas atau pouch berbahan kain goni. Kain goni sendiri merupakan material yang terbuat dari serat alami, berasal dari tumbuh-tumbuhan atau kulit pohon. Selain ramah lingkungan, tas dan pouch kain goni ini juga tidak kalah estetis, bukan? Pilihan ini sangat cocok buat kamu yang menginginkan souvenir pernikahan berkesan rustic dan elegan.

6. Sabun Organik

wm_article_img
Sabun Organik by Asalusulku on instagram

Satu lain ide souvenir ramah lingkungan yang pastinya bermanfaat, yakni sabun organik. Souvenir unik yang satu ini menjadi pilihan yang tepat karena terbuat dari bahan-bahan alami non kimia, sehingga residunya dapat terurai dengan mudah dan tak akan mencemari lingkungan. Biasanya, sabun organik dibuat dari minyak esensial dari berbagai tanaman herba maupun bunga-bunga yang kaya manfaat. Bentuk souvenir eksklusif ini juga sangat cantik dan unik!

7. Teh Herbal 

wm_article_img
Souvenir by Greenbelle.id

Kamu juga bisa berikan pesan 'go green' untuk para tamu undangan di pesta pernikahanmu melalui souvenir yang unik dan bermanfaat seperti teh herbal dalam tube kaca ini. Aneka teh dari bunga-bunga atau tanaman herba bisa dikemas dengan cantik menjadi souvenir yang bermanfaat bagi kesehatan. Tampilannya pun unik dan tak biasa. Jangan lupa bubuhkan keterangan jenis teh dan isi pesan untuk melakukan gaya hidup sehatnya, ya!

Itu dia beberapa rekomendasi souvenir go green yang bisa kamu pilih untuk pernikahan ramah lingkungan. Bukan hanya bermanfaat saja, tapi ternyata juga pilihannya cukup beragam, bukan? Semoga ulasan ini bisa menginspirasimu, ya!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...