Your Smart Wedding Platform

Catat 6 Tips Sebelum Kamu Putuskan Sewa Gedung Pernikahan

29 Apr 2024 | By Nurul Fatimah Wedding Market | 94
Foto via Baruna Jakarta

Pernikahan merupakan sebuah momen sakral yang menyatukan pasangan dalam ikatan suci yang sah secara agama, dan tercatat dalam negara. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang ingin mempersiapkan sebaik mungkin untuk momen sekali seumur hidup ini

Beberapa hal yang dipersiapkan dalam pernikahan antara lain: gaun pengantin, make up, catering hingga tempat pernikahan. Dalam hal tempat pernikahan, sebagian orang akan lebih memilih menggelar pernikahan di rumah sendiri. Alasannya adalah untuk menghemat pengeluaran. Namun di lain sisi, ada juga pasangan yang memilih mengadakan pernikahan di luar rumah, entah itu di gedung maupun di tempat lain.

Ada banyak alasan mengapa gedung menjadi tempat yang cocok dijadikan sebagai venue pernikahan. Diantaranya karena gedung mempunyai kapasitas yang lebih besar untuk memuat tamu, terhindar dari hujan serta tidak perlu repot untuk membersihkan gedung setelah acara karena biasanya sudah ada yang bertanggungjawab untuk membersihkan.

Hanya saja sebelum memutuskan menyewa gedung untuk dijadikan sebagai tempat pernikahan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Apa saja kah itu? Simak penjelasannya di bawah ini:

  • Lokasi Gedung Strategis


  • Hal pertama yang harus kamu pertimbangkan sebelum menyewa gedung pernikahan adalah memilih gedung dengan lokasi strategis. Dalam hal ini, lokasi gedung tersebut tidak hanya dekat dengan rumahmu saja, namun juga dekat dan dapat dijangkau oleh para tamu dengan mudah.

    Biasanya gedung yang mempunyai lokasi strategis berlokasi di dekat jalan raya yang memudahkan akses oleh semua orang. Jika lokasi gedung sulit dijangkau, maka para tamu akan kesusahan mencari dan tidak menutup kemungkinan tidak banyak orang yang datang ke pestamu. Beberapa gedung yang sering dijadikan sebagai tempat pernikahan dengan lokasi strategis antara lain: aula sebuah sekolah, hotel hingga gedung pertemuan sebuah daerah bisa jadi pilihanmu. 

  • Mempunyai Fasilitas Lengkap

  • Selain mempertimbangkan dari segi lokasi, sebelum menyewa gedung, kamu juga perlu untuk melakukan survey terkait fasilitas yang dimiliki oleh gedung tersebut. Secara umum, indikator sebuah gedung yang ideal untuk dijadikan sebagai tempat pernikahan adalah ketika gedung tersebut mempunyai toilet yang bersih, tempat make up untuk pengantin, serta sirkulasi udara yang baik termasuk AC di dalamnya.

    Ketiga komponen tersebut sangat penting mengingat dalam sebuah pesta pernikahan pastinya akan didatangi oleh banyak orang. Akan menjadi hal yang tidak menyenangkan jika dalam gedung tersebut mempunyai sirkulasi udara yang buruk hingga membuat para tamu serta pengantin menjadi tidak nyaman. 

    Oleh karena itu, untuk menghindari hal tersebut, tidak ada salahnya untuk kamu melakukan survey terlebih dahulu dan mengecek apakah gedung tersebut mempunyai fasilitas yang baik atau tidak.

  • Kapasitas Gedung


  • Kapasitas gedung mer,upakan daya tampung sebuah gedung dapat mengakomodir tamu dalam jumlah tertentu. Dalam hal ini setiap tempat mempunyai kapasitas menampung jumlah tamu berbeda-beda tergantung pada ukuran gedung tersebut. Semakin besar sebuah gedung, maka semakin banyak pula tamu yang dapat ditampung dalam waktu bersamaan, begitu pun sebaliknya.

    Untuk menghindari gedung menjadi terlalu sesak atau terlalu lengang, sebaiknya kamu dan pasangan berdiskusi terlebih dahulu dengan keluarga untuk menentukan jumlah tamu yang datang. Jika perkiraan tamu yang datang sekitar 300 orang, maka kamu dapat menyewa gedung dengan kapasitas 300-500 orang. Sedangkan jika kamu mengundang sekitar 1000 orang, maka dapat menyewa gedung yang lebih besar. 

  • Survei Harga


  • Berbeda dengan pesta pernikahan di rumah yang tidak perlu membayar sewa tempat, untuk pernikahan di gedung membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Biaya tersebut tergantung pada kapasitas dan fasilitas yang dimiliki oleh gedung. Biasanya semakin besar dan lengkap fasilitas yang ditawarkan oleh sebuah gedung maka semakin mahal pula biayanya.

    Oleh karena itu, tidak ada salahnya kamu dan pasangan untuk melakukan survey harga di beberapa gedung. Survey harga tersebut tidak perlu kamu lakukan dengan cara datang langsung ke gedung yang bersangkutan, namun cukup dengan mencarinya di internet. Banyak pengelola gedung yang menyediakan website yang berisi terkait fasilitas hingga harga sewa gedung yang bermanfaat bagi para calon penyewa untuk mencari informasi. 

    Jika dana yang kamu miliki terbatas, maka dapat menyewa gedung dengan ukuran kecil agar biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar. Namun jika dana yang kamu miliki cukup besar dan tamu yang diundang pun banyak, maka tidak ada salahnya untuk menyewa gedung yang megah dengan fasilitas terbaik.

  • Lakukan Survey Langsung

  • Setelah berhasil mendapatkan beberapa referensi gedung, kamu dapat langsung melakukan survey untuk mengecek kondisi gedung tersebut. Ketika melakukan survey, kamu dapat memperhatikan beberapa hal seperti luas gedung yang disewa. Misalnya akan mengundang sekitar 500 orang, maka kamu dapat mengira-ngira apakah jumlah tamu tersebut dapat ditampung semua dalam satu ruangan. 

    Selain itu, kamu juga dapat mengecek pada bagian toilet maupun tempat make up. Untuk kedua tempat tersebut, biasanya yang diperhatikan adalah kebersihan. Khususnya untuk toilet, kebersihan menjadi hal yang penting untuk bagian tersebut. Pasalnya toilet yang kotor menandakan respon dari para staf dalam menjaga fasilitas gedung. 

  • Mencari Gedung Pernikahan Dari Jauh Hari


  • Tips terakhir adalah mencari gedung pernikahan dari jauh hari. Seperti yang kamu ketahui bahwa segala hal yang dipersiapkan secara mendadak tidak akan maksimal hasilnya, termasuk dalam mencari gedung pernikahan.

    Untuk menghindari mendapatkan gedung pernikahan yang tidak sesuai ekspektasi, kamu dapat mencari gedung pernikahan dari jauh-jauh hari, misalnya saja enam hingga tiga bulan sebelum pernikahan. Karena mencari gedung pernikahan yang ideal membutuhkan waktu yang lama, mulai dari mencari referensi hingga melakukan survey ke gedung yang dituju. Tentunya jika waktu yang disediakan mepet, tidak akan maksimal dalam melakukan hal tersebut.

    Itulah enam hal yang perlu kamu perhatikan dalam mencari gedung pernikahan. Secara garis besar, untuk mendapatkan gedung pernikahan dengan hasil yang baik dengan fasilitas yang memuaskan, harus dipersiapkan dari jauh hari. Pasalnya jika waktu yang tersedia terlalu mepet, kamu tidak akan maksimal dalam mencari referensi hingga jika melakukan survey pun akan melihat gedung seadannya dan hanya melihat secara sekilas fasilitas gedung.

    Selain itu, hal yang tidak kalah penting yang perlu diperhatikan adalah menyesuaikan budget pernikahan yang dimiliki. Seperti yang kamu ketahui bahwa banyak keperluan yang harus dipersiapkan dalam pernikahan. Tentunya keperluan tersebut membutuhkan dana yang tidak sedikit sehingga menjadi tidak bijak jika dana yang kamu punya dihabiskan hanya untuk menyewa gedung saja.

    Dari hal tersebut, tidak ada salahnya untuk berdiskusi dengan keluarga untuk menentukan jumlah tamu yang datang. Pasalnya jika tamu yang diundang sedikit, kamu juga dapat menyewa gedung dengan ukuran yang kecil sehingga biaya sewa yang harus dikeluarkan pun dapat dibatasi. 


    Venue di Foto: The Sultan Hotel & Residence


    Artikel Terkait



    Artikel Terbaru