8 Contoh Dekorasi Pernikahan di Rumah Simpel dan Elegan

30 Nov -0001 | By Wedding Market | Viewers: 77
8 Contoh Dekorasi Pernikahan di Rumah Simpel dan Elegan
Foto: blackliz from Shutterstock

Pemilihan tempat untuk melangsungkan acara pernikahan memang lumayan menyita pikiran karena harus disesuaikan dengan budget kamu dan pasangan. Pesta pernikahan yang dilaksanakan di gedung memang sangat megah dan mewah, tetapi biaya yang diperlukan pasti sangat besar. Kini, kamu bisa melangsungkan acara pernikahan di rumah dengan konsep simpel namun elegan melalui beberapa dekorasi pernikahan di rumah seperti di bawah ini.

Prosesi acara pernikahan di rumah ternyata bisa menjadi pilihanmu untuk menentukan dekorasi yang simpel, namun masih memiliki sisi elegan. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa konsep dekorasi pernikahan yang bisa kamu lakukan di rumah secara simpel dan elegan, seperti berikut ini.

1. Dekorasi Adat Jawa

Contoh Dekorasi Pernikahan di Rumah - Adat Jawa

Foto: elsisdecor4tion from Instagram

Jika kamu ingin melangsungkan acara pernikahan di rumah saja, kamu bisa menggunakan dekorasi adat Jawa sebagai dekorasi pernikahan. Adat Jawa memang terkenal sering digunakan untuk prosesi acara pernikahan, terutama bagi pasangan pengantin yang berasal dari daerah Jawa sendiri.

Dekorasi adat Jawa akan menyulap rumah menjadi terlihat menarik dan elegan, sehingga tidak akan terlihat bahwa acara pernikahan kamu dan pasangan dilangsungkan di dalam rumah sendiri. Sebab, seluruh backdrop sudah terisi penuh dengan hiasan serta ukiran khas Jawa yang akan menambah suasana menarik saat fotografer mengambil foto kamu dan pasangan.

2. Dekorasi Halaman Rumah

Contoh Dekorasi Pernikahan di Rumah - Halaman Rumah
Foto: Sea Light Studio

Konsep garden party merupakan konsep pernikahan yang dilakukan di pekarangan atau halaman rumah. Konsep ini akan memudahkan kamu dalam memberikan dekorasi simpel, namun tetap memiliki kesan elegan saat sudah beres penataannya. Untuk melakukan dekorasi halaman, kamu cukup mendekor halaman itu menggunakan bunga dengan kombinasi warna putih.

Dekorasi pernikahan di rumah ini akan terlihat simpel, namun memiliki kesan mewah dan elegan yang ditimbulkan dari warna putih dan bunga-bunga yang ada. Selain itu, pernikahan menggunakan dekorasi ini akan memunculkan nuansa natural ditambah dengan adanya rumput indah berwarna hijau yang tertata dengan sangat rapi.

3. Dekorasi Tema Merah dan Putih

Contoh Dekorasi Pernikahan di Rumah - Merah dan Putih
Foto: Despina Craig Events from Pinterest

Untuk acara pernikahan yang diberlangsungkan dari rumah, kamu dan pasangan bisa menggunakan dekorasi dengan tema merah dan putih. Cara mendekorasi ini cukup simpel, namun memberikan kesan mewah serta elegan bagi siapa saja yang melihatnya. Biasanya, kombinasi dua warna seperti ini akan membutuhkan tenda kerucut untuk bisa memberikan motif salur di segala sudut ruangan.

Kamu juga bisa mengganti warnanya menjadi putih dan biru, putih dan hijau tosca, serta warna-warna lainnya menurut keinginan kamu dan pasangan. Semua warna akan cocok dipadukan bersama dengan warna putih, yaitu warna dasar dalam dekorasi pernikahan. Selain itu, kamu bebas menambahkan ornamen hiasan lain agar suasana dekorasi menjadi semakin meriah dan terlihat bahagia, seperti yang tengah dirasakan oleh kamu dan pasangan.

4. Dekorasi Menggunakan Tanaman

Contoh Dekorasi Pernikahan di Rumah - Tanaman
Foto: Braedon Flynn

Dekorasi pernikahan di rumah bisa juga dilakukan dengan memanfaatkan tanaman hias, seperti bunga, dedaunan hias dan masih banyak lagi. Hal ini akan memberikan kesan natural dan tampak alami untuk acara pernikahan yang simpel serta elegan. Untuk tata cara penggunaan dekorasi ini, kamu bisa menggunakan warna dasar berwarna putih dengan kursi kayu untuk pengantin dan orangtua.

Tanaman berbentuk bunga dan dedaunan bisa digunakan sebagai penghias kursi pengantin dan pendamping atau orangtua itu sendiri. Sementara untuk backdrop-nya, bisa menggunakan kain berwarna putih yang dikombinasikan dengan hiasan bunga-bunga yang indah. Pastikan warna bunga tidak bertabrakan dengan warna lainnya agar bisa memberikan kesan menarik untuk siapa saja yang melihatnya.

5. Dekorasi Background Tirai dan Kombinasi Flower Hoops

Contoh Dekorasi Pernikahan di Rumah - Flower Hoops
Foto: lingsmoment from Instagram

Pilihan melangsungkan acara di rumah merupakan sebuah ide yang baik karena kamu bisa lebih hemat dan menata dekorasinya dengan mudah serta simple. Seperti halnya ketika kamu dan pasangan yang ingin memilih dekorasi pernikahan dengan menggunakan tirai berwarna putih sebagai background atau latar belakangnya.

Dalam hal ini, kamu cukup menyiapkan hiasan flower hoops atau hiasan bunga yang ditata dalam sebuah lingkaran, kemudian ditempelkan dalam tirai tersebut. Disini, kamu bisa menggunakan bunga mawar maupun melati putih serta dedaunan untuk menambah kesan menarik dan manis. Selain itu, tambahkan pula sofa berwarna putih untuk tempat duduk kamu dan pasangan di hari H nanti.

6. Dekorasi Rustic

Contoh Dekorasi Pernikahan - Rustic
Foto: mantudecor from Instagram

Konsep rustic tidak hanya berlaku pada dekorasi pernikahan di luar ruangan saja. Konsep ini bisa digunakan pula ketika kamu ingin melakukan proses pernikahan di ruangan rumah. disini, kamu bisa menambahkan backdrop dan kursi kayu dengan desain anti mainstream agar tampak berbeda dengan tema pernikahan lainnya.

Konsep rustic ini akan tampak sederhana, namun mewah ketika kamu melihatnya. Ditambah lagi dengan hiasan ornamen lampu-lampu berwarna lembut di bagian atas backdrop akan menambah kesan romantis serta terasa sekali kehangatan dalam acara pernikahan tersebut.

7. Dekorasi Klasik Modern

Contoh Dekorasi Pernikahan - Klasik Modern
Foto: exhale-events.com

Konsep dekorasi ini mengkombinasikan antara tema klasik dengan tema modern, sehingga akan menghasilkan sebuah acara pernikahan megah, menarik dan penuh kerlap kerlip. Dalam pernikahan ini, kamu bisa menggunakan warna coklat sebagai warna andalan untuk sebuah pernikahan di rumah agar tampak elegan.

Dekorasi ini mudah ditata dan di aplikasikan dengan berbagai ornamen lainnya. Meskipun terlihat simpel, namun ketika kamu bisa mendekornya dengan rapi, lalu didukung oleh berbagai aksesoris lain, tentu akan terlihat sangat megah, apalagi jika rumahmu memang megah dan cocok dijadikan sebagai tempat acara pernikahan dari rumah.

Kamu bisa memadukan berbagai peralatan kuno atau antik seperti, menyediakan tempat duduk dan meja dari kayu berwarna coklat untuk para tamu undangan, peralatan makanan kuno dan masih banyak lagi.

8. Dekorasi Pernikahan Minimalis

Contoh Dekorasi Pernikahan - Minimalis

Foto: Love is a big deal

Saat ini, kamu bisa menggunakan tema dekorasi pernikahan dengan konsep minimalis agar terlihat lebih simpel dan elegan. Tidak perlu menyiapkan banyak barang serta budget berlebih, dekorasi ini bisa ditata dengan beberapa barang yang mudah ditemukan dan ditata dalam waktu singkat.

Biasanya, tema dekorasi minimalis akan menggunakan bunga sebagai bahan utama hiasan di sekitar tempat pelaminan. Tak hanya itu, hiasan nama kamu dan pasangan bisa dipajang di latar belakang pelaminan agar semakin menambah kesan manis siapa saja yang melihatnya.

Selain itu, dekorasi pernikahan minimalis biasanya digunakan pula dalam pernikahan tradisional yang mana konsep dekorasinya menggunakan ukiran-ukiran atau hiasan sesuai adat yang ada. Misalnya, adat sunda, adat jawa, adat betawi, adat Bali dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa informasi yang bisa kamu ketahui untuk memilih dekorasi pernikahan di rumah yang paling kamu inginkan dan cocok digunakan di rumahmu sendiri. Dengan melangsungkan resepsi pernikahan dari rumah, maka kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang karena biaya yang dikeluarkan cukup terjangkau. Sehingga, kamu bisa menyimpan budget tersisa untuk membeli rumah dan kehidupan berkeluarga di masa yang akan datang.


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket