Your Smart Wedding Platform

8 Desain Busana Pernikahan Terinspirasi dari Disney Princess, Anggun bak Putri dari Negeri Dongeng

07 Aug 2023 | By Dyar Ayu Wedding Market | 894
Foto: Kuraudia Co via wommangettingmarried.com

Selalu ada desain gaun pengantin terbaru yang siap membuat setiap calon pengantin sepertimu bingung. Mulai dari yang modern sampai tradisional, rasanya semua gaun yang ada di bumi ini ingin dijajal demi memenuhi keinginan tampil cantik di hari bahagia. 

Meski desain gaun datang dan pergi, beberapa gaya tetap timeless atau abadi dan banyak dicari setiap tahunnya. Salah satunya adalah gaun pengantin yang terinspirasi dari Disney Princess. Ya, hampir semua perempuan di dunia tumbuh bersama kartun-kartun putri dari Disney, inilah mengapa tak sedikit yang berharap bisa menjadi putri, bahkan ratu sehari dengan gaun idaman layaknya yang pernah disaksikan dulu.

Apakah kamu salah satunya yang mendamba busana pernikahan layaknya Cinderella, Aurora, bahkan Ariel? Yuk, simak 8 inspirasinya berikut ini!

1. Gaun Pernikahan Terinspirasi dari Princess Ariel

Gaun pengantin: Allure Bridals

Menyaksikan kisah Princess Ariel yang seorang putri duyung dan rela berkorban demi menjadi manusia agar bersama pangeran kesayangannya, pasti pernah membuatmu terharu. Kesamaan antara Ariel dan kamu bahwa 'Love Changes Everything' mungkin akan membuatmu merasa cocok juga dengan gaun ala putri berambut merah ini. 

Gaun pengantin: via Gretchens Bridal Gallery

Nah, karena Ariel adalah seorang putri duyung, maka gaun desain mermaid bisa jadi inspirasimu. Mermaid gown dibuat mengikuti lekuk badan dari dada sampai lutut dan melebar di bagian bawah. 

Sementara garis leher, bisa dikreasikan dengan berbagai desain, salah satunya menggunakan gaya sweetheart atau yang berpotongan bentuk hati. Gunakan permainan kain tulle dan organza, ditambah dengan payet yang berkilau untuk permainan cahaya layaknya di lautan. 

2. Gaun Pernikahan Terinspirasi dari Princess Aurora

Gaun pengantin: via Amanda Lina's

Siapa tak hanyut dalam kisah Princess Aurora yang  dikutuk peri jahat hingga ia menjadi putri tidur yang hanya mampu dibangunkan oleh pangeran dengan cinta sejati? Apalagi melihat Aurora yang anggun dengan gaun merah mudanya, kamu semasa kecil, pasti pernah bermimpi menjadi dirinya. 

Gaun pengantin: via Studio I Do

Wujudkan keinginanmu memakai baju pengantin inspirasi Putri Aurora dengan siluet A-line yang anti gagal bikin tampil anggun. Apabila warna merah muda kurang cocok denganmu, pilih tulle dengan warna Flamingo, Baby Pink, atau Salmon agar terkesan lebih kalem. 

Selain itu gaun Princess Aurora juga identik dengan lengan bergaya uskup yang merupakan lengan panjang dengan tambahan aksen berupa manset kancing, bisa banget diaplikasikan pada gaunmu nanti, terutama gaun pernikahan modern untuk Muslimah.

3. Gaun Pengantin Terinspirasi dari Princess Belle

Gaun pengantin: via Romantic Threads

Cinta tanpa tapi, cinta tanpa syarat, dan cinta tanpa memandang rupa adalah makna di balik cerita Princess Belle. Sama halnya dengan kamu dan pasangan, bukan? Kalian saling mencintai dengan segala kelebihan dan kekurangan. 

Kamu bisa menjadikan Belle sebagai inspirasi baik dalam kisah cinta, juga desain gaun di hari pernikahan nanti, nih.  Sebelum itu, perlu kamu tahu bahwa gaun pernikahan ala Princess Belle adalah yang paling populer dan diidamkan banyak perempuan. 

Gaun pengantin: Olivia Bottega

Sederhana saja dengan siluet ball gown yang merupakan gaun dengan rok yang mengembang sampai menutup mata kaki. Gaun tipe ini akan tampak mewah jika berbahan satin, plus sedikit brokat sebagai hiasannya.

4. Gaun Pernikahan Terinspirasi dari Princess Jasmine

Gaun pengantin: Allure Bridal

Princess Jasmine digambarkan sebagai putri raja yang berasal dari Timur Tengah. Ia tampak berbeda dari Princess Disney sebelumnya, karena tampil lebih lincah dan energik.

Hal yang tak lepas dari busana yang dikenakannya adalah ali-alih rok panjang atau besar, Princess Jasmine memakai celana. Di sini kamu bisa memilih mau mengenakan celana atau rok agar tetap elegan dengan memilih siluet A-Line yang memberi potongan tegas pada lekuk tubuh dan pinggul untuk busana pernikahan nanti. 

Gaun pengantin via acotup

Kemudian pilih lengan spageti dan jadikan gaun backless untuk memberi kesan berani. Yang satu ini, cocok menjadi  ide gaun pernikahan outdoor

5. Gaun Pernikahan Terinspirasi dari Princess Snow White

Foto via Alexandras Bridal Boutique

Snow White adalah princess untuk semua anak perempuan. Dengan kepribadian yang penyayang, polos, juga ceria, ia digambarkan mengenakan gaun klasik yang press body dengan rok berkembang yang kemudian menginspirasi princess lainnya. 

Kamu tertarik juga memiliki gaun layaknya Princess Snow White? Rok A-line berbahan lace yang dipadukan dengan atasan berdesain korset dan berhias renda di bagian dada, misalnya. 

Gaun pengantin: Allure Bridals

Garis lehernya bisa dipilih sesuai keinginan, misalnya off the shoulder, tali spageti, atau cap sleeve yang memberi kesan dramatis. Gunakan waltz veil agar semakin mirip Snow White. 

6. Gaun Pernikahan Terinspirasi dari Princess Pocahontas

Gaun pengantin: Allure Bridals

Putri Pocahontas adalah definisi seorang putri yang bebas, berani, tapi juga anggun. Ia hidup sebagai seorang anak dari kepala Suku Powhatan yang merupakan suku asli Amerika di Virginia. 

Jika kamu perhatikan gaunnya, ia memiliki aksen sederhana dan tak banyak kilau. Walau begitu, kamu bisa menjadikan inspirasi gaun pernikahan dengan siluet mermaid, garis leher 'V', juga illusion sleeves bermotif bunga atau daun. 

Bisa juga kamu memilih desain one shoulder side jika enggan menggunakan lengan panjang. Dan daripada memasang banyak manik yang berkesan mewah, jauh dari gaun ala Pocahontas, lebih baik menggunakan renda sebagai hiasannya.

7. Gaun Pernikahan Terinspirasi dari Princess Tiana

Gaun pengantin: Allure Bridals

Mimpi besar Princess Tiana adalah menjadi putri dengan jalan ceritanya sendiri. So, gak hanya Tiana saja yang bisa menjadi putri karena kamu pun juga bisa dengan gaun pernikahan impianmu yang terinspirasi dari Disney's Princess. 

Jika princess kesukaanmu adalah Tiana, maka gaun dengan siluet ballgown adalah wajib. Nah, karena gaun Princess Tiana gampang ditiru atau dijadikan inspirasi meski tetap dengan ball gown, kamu tinggal menambahkan atau mengurangi ornamen lain pada lengan. Bisa tanpa lengan atau memasang tali spageti.

Gaun layaknya milik Princess Tiana sangat pas dipakai dalam pesta pernikahan malam hari. Tinggal berikan kesan gaun yang berkilau bak kunang-kunang dengan memasangkan manik-manik secara tersebar, atau dengan trim renda di sepanjang garis leher dan punggung yang berpotongan 'V'.

8. Gaun Pernikahan Terinspirasi dari Princess Rapunzel

Gaun pernikahan via DHgate

Untukmu yang memiliki kepribadian aktif, ceria, dan senang berpetualang, maka gaun yang terinspirasi dari Princess Rapunzel adalah jawabannya. Dari segi warna, gaun milik Princess Rapunzel yakni lavender, sangat sesuai untuk pernikahan karena berkesan sweet dan romantis. 

Gunakan siluet flowy yang dipadukan dengan desain korset bertali depan pada badannya jika kamu ingin memberi kesan vintage. Sementara itu, garis leher sweetheart atau pun boat akan pas jika keseluruhan gaunnya menggunakan kain tulle berkilau, renda katun, atau applique bunga untuk look yang mengalir.

Nah, karena ingin terlihat manis, maka tali spageti atau cap sleeve bisa menyempurnakan gaunnya. Terakhir, gerai rambut atau tata dengan side braid hairstyle yang dihias bunga-bunga kecil agar makin kentara mirip Aurora. 

Setiap dari kita adalah putri dengan keunikan dan jalan masing-masing. Apalagi jika ditambah mengenakan gaun pengantin yang terinspirasi dari Disney's Princess, lengkap sudah bak putri negeri dongeng meski hanya sehari. Nah menurutmu, gaun milik putri Disney siapa paling cocok menggambarkan dirimu?


Foto cover: via Woman Getting Married


Artikel Terkait



Artikel Terbaru