Your Smart Wedding Platform

Tanpa Paes, Ini Dia 10 Inspirasi Rias Pengantin Jawa Hijab Modern yang Timeless

14 Jul 2023 | By Nurma Arum Wedding Market | 3006

Saat membicarakan pernikahan dengan adat Jawa, kita akan membayangkan pengantinnya berdandan dengan gaya paes yang memang biasanya identik dengan pernikahan adat ini. Namun, seiring berjalannya waktu, semakin banyak pengantin yang mengenakan hijab dan rasanya lebih sulit untuk mengenakan riasan paes karena bagian rambut yang tertutup. 

Meskipun begitu, hal ini tak lantas menjadi alasan seseorang tidak bisa mengenakan riasan ala Jawa. Meskipun dibuat lebih simpel, biasanya ada beberapa elemen yang tetap diterapkan dalam riasan pengantin Jawa hijab modern.

Tak hanya di bagian rambut saja, pengantin Jawa saat ini juga biasanya memilih riasan yang lebih modern. Ciri-cirinya adalah finishing yang lebih smooth. Nah, seperti apa contohnya? Kita lihat, yuk, beberapa di antaranya berikut ini!

1. Riasan bold, tapi tidak medhok


Makeup by Marlene Hariman

Pengantin tradisional biasanya memilih dandanan yang bold untuk mengimbangi berbagai aksen yang dipakai di pakaian maupun aksesori pada rambut. Belum lagi dekorasi yang biasanya juga dibuat meriah. 

Ternyata pengantin modern tetap bisa menerapkan makeup jenis ini tanpa harus terlihat berlebihan. Jika dahulu makeup yang bold akan membuat wajah terlihat medhok, kini pengantin tetap bisa terlihat bold, tapi tetap smooth.

Kunci dari makeup ini adalah menerapkan satu bagian yang akan dijadikan statement atau center of interest, misalnya jika bagian bibir sudah dipoles dengan lipstik berwarna merah pekat, bagian lain seperti mata bisa dibiarkan dengan riasan yang lebih minimalis. Menerapkan blush on dengan warna merah secara tipis juga membantu menegaskan tulang pipi, tapi tidak berlebihan.

2. Makeup bold bak model


Makeup by Molita Official

Makeup yang satu ini juga merupakan makeup bold. Wajah pengantin tampak tegas dengan pemilihan warna yang pas. Selain pemilihan lipstik warna merah  yang pekat, riasan mata juga terlihat berani dengan warna eyeshadow shade cokelat. 

Bagian mata juga dibingkai dengan fake eyelash tebal dan winged eyeliner yang tegas. Bagian alis pun dibuat tegas mengikuti bentuk asli. Meskipun begitu, bagian ini terlihat rapi dan natural karena alis dibuat lebih berserat. Poin lain yang membuat makeup yang bold ini tidak terlihat medhok adalah karena complexion yang disesuaikan dengan warna asli kulit pengantin. Dengan demikian, pengantin tetap terlihat seperti dirinya sendiri walaupun warna makeup yang dipilih terlihat berani.

3. Riasan dengan lipstik merah cerah yang tampak fresh


Makeup by Marlene Hariman

Satu hal yang mencuri perhatian dari riasan ini adalah bagian bibir yang berwarna merah terang. Alih-alih membuat tampilan pengantin menjadi lebih tegas dan fierce, warna merah ini justru memberikan kesan yang fresh

Hal ini diimbangi dengan eyeshadow yang memiliki warna cokelat muda yang natural dan menyatu dengan mata. Winged eyeliner dan fake eyelash yang tipis juga membuat tampilan ini makin harmonis. Tampilan ini cocok dikenakan dengan kebaya dan hijab putih saat melaksanakan akad.

4. Makeup natural yang lembut


Makeup by Marlene Hariman

Walaupun makeup tradisional sarat akan kesan yang bold, kini pengantin bisa mengenakan makeup yang lebih natural. Justru makeup jenis ini akan memberikan kesan yang lebih modern. Warna-warna yang digunakan bisa dipilih yang lebih lembut, seperti nude atau merah muda. 

Pada riasan ini, pengantin tampak memfokuskan riasan di bagian mata dengan fake eyelash yang cukup tebal. Sementara itu, lipstik yang digunakan memiliki warna pink yang lembut dengan finishing glossy. Tidak lupa untuk membuatnya terlihat lebih segar, blush on dengan warna pink lembut juga diterapkan dengan tipis.

5. Makeup soft and glow


Makeup by Kanya Putri Makeup

Ingin tampil elegan di pernikahan Jawa dengan nuansa intimate? Makeup yang satu ini akan sangat cocok untukmu. Dengan konsep soft and glow, pengantin akan mendapatkan hasil flawless yang bersinar. Kunci dari makeup yang satu ini adalah finishing yang dewy. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya kondisi kulit dipersiapkan jauh-jauh hari supaya bisa lebih halus.

Selain menerapkan highlighter di beberapa bagian wajah, jangan lupa untuk memilih jenis makeup yang memberikan sentuhan glossy, khususnya pada bagian bibir. Jangan lupa juga untuk memilih warna-warna nude, ya.

6. Makeup yang ekstra layaknya boneka Barbie


Makeup by Asri Leksono Parasasri Official

Tidak semua perempuan menginginkan makeup yang terlihat natural di hari pernikahan. Beberapa yang lain justru ingin wajahnya dirias dengan lebih ekstra. Makanya, makeup yang akan mengubah pengantin menjadi lebih cantik layaknya boneka makin diminati belakangan ini.

Kunci makeup pengantin ala boneka barbie ini adalah bagian mata yang dibuat dengan bold. Smokey eyes dengan pilihan eyeshadow pekat digabungkan dengan eyeshadow shimmer di bagian under eye. Eyeliner dibuat dengan tebal untuk membingkai mata. 

Fake eyelash yang dikenakan pun memiliki ukuran panjang dan tebal. Bagian alis dibuat tebal dengan frame, tapi tetap dibuat dengan berserat. Supaya semakin ekstra, pengantin memakai kontak lensa dengan warna yang cerah.

Untuk mengimbangi makeup mata yang bold, bagian pipi dipoles dengan blush on warna pink senada dengan warna lipstik yang digunakan.

7. Makeup dengan nuansa peach

Makeup by Jovanka

Makeup monokromatik seperti ini juga bisa dipilih jika tidak ingin riasan yang berlebihan. Pilihan warna peach akan membuat wajahmu terlihat lebih cerah. Hal ini bisa diterapkan mulai dari pemilihan eyeshadow, blush on, hingga lipstik. Bahkan, kamu juga bisa memilih kontak lensa dengan pilihan warna yang senada.

Selain pilihan warna monokromatik, salah satu bagian menarik dari riasan ini adalah bagian mata. Winged eyeliner yang biasanya memiliki bentuk yang memanjang ke samping atas, kali ini dibuat lebih condong ke atas sehingga membuat mata terlihat lebih lebar. Sementara itu, fake eyelash yang berjarak membuat makeup ini tampak sempurna.

8. Makeup manglingi ala Korea

Makeup by Cita Agustin Makeup

Makeup pengantin ala Korea yang satu ini terlihat flawless dengan complexion yang manglingi. Meskipun begitu, hasilnya terlihat clean dan tidak berlebihan karena warna-warna yang tidak terlalu pekat dan tidak terlalu variatif.

Poin menarik dari makeup ini adalah pemilihan warna alis abu-abu, bukan hitam, yang membuatnya tampak lebih lembut. Kemudian, eyeshadow yang lembut berwarna pink dipilih senada dengan blush on di pipi. Terakhir, riasan bibir dibuat ombre dengan menggabungkan warna nude dan pink yang ditimpa dengan lip gloss/oil yang membuatnya terlihat lebih glossy dan sehat.

9. Makeup dengan warna yang ceria

Makeup by Cita Agustin Makeup

Bukan natural, bukan juga bold. Makeup yang satu ini memberikan kesan cerah ceria yang menyegarkan. Nuansa warna peach atau oranye bisa dipilih untuk membuat riasan jenis ini. Jika ingin tampil dengan lebih minimalis, pilih konsep monokromatik tanpa bagian yang berlebihan. Makeup cerah ini akan cocok dikenakan jika pakaianmu juga memiliki warna yang cerah.

10. Makeup dengan finishing matte

Makeup by Heksa Donolobo

Makeup natural biasanya memberikan kesan yang lembut jika memiliki finishing glossy atau dewy dan di-blend dengan maksimal. Namun, ternyata makeup dengan warna natural juga bisa memberikan kesan yang tegas dengan finishing yang matte seperti ini, lo. 

Sayangnya, tidak semua pemilik jenis kulit bisa menerapkannya. Makeup dengan finishing matte kurang cocok untuk si pemilik kulit kering karena akan cakey. Sementara, makeup yang memiliki finishing glossy dan dewy akan lebih cocok untuk si pemilik kulit kering karena akan memberikan kesan yang lebih lembab.

Ternyata riasan pengantin Jawa juga tetap bisa terlihat modern, kan? Jangan lupa untuk menyesuaikan palet warna yang dipilih pada makeup dengan warna pakaian dan pencahayaan di pernikahanmu agar hasilnya terlihat lebih paripurna, ya. Jangan lupa juga untuk merawat kulit agar siap untuk ditimpa makeup dan mendapatkan hasil yang lebih flawless.


Artikel Terkait



Artikel Terbaru