Pilih Kategori Artikel

Referensi Gaun Pengantin Internasional Elegan Untuk Pernikahan Bergaya Kontemporer
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Dari masa ke masa, gaya pernikahan terus mengalami perkembangan. Arus modernisasi pun turut memengaruhi berbagai aspek dalam pernikahan, sehingga menghadirkan suatu gaya yang lebih variatif dan inovatif. Jika dilihat secara garis besar, ada dua konsep pernikahan yang umum digunakan, yakni tradisional dan internasional. Sementara itu, gaya kontemporer terletak di tengah-tengah keduanya. 

Menurut KBBI, kata kontemporer bermakna pada waktu yang sama; semasa; sewaktu; pada masa kini; atau dewasa ini.  Dengan kata lain, pernikahan kontemporer dapat diartikan sebagai gaya pernikahan pada masa kini yang mana telah mengalami perkembangan, baik yang diadopsi dari unsur-unsur tradisional maupun dengan sentuhan internasional. Meski hadir pada masa kini, ekspresi gaya pernikahan kontemporer tak jarang juga mendapat pengaruh dari unsur-unsur etnik dan budaya setempat. 

Berbicara mengenai pernikahan tentunya tak lepas dari salah satu elemen terpenting, yakni gaun pernikahan atau wedding dress. Gaun pengantin yang dikenakan oleh mempelai wanita menjadi item yang paling mencuri perhatian dalam suatu perhelatan pernikahan. Ragam desain dan model gaun pengantin pun tak luput dari pengaruh modernisasi. Para desainer yang turut meramaikan tren gaun pernikahan memberikan infusi karakter dan ciri khasnya masing-masing sehingga menghadirkan karya-karya baru yang jauh dari kesan konvensional dan monoton.

Gaun pernikahan internasional kontemporer hadir dengan desain-desain yang segar, tak jarang berbagai aksen unik ditambahkan untuk membuat visual busana pengantin wanita ini tampak semakin mengagumkan. Tak ada batasan pasti mengenai ciri khas gaun pengantin kontemporer. Entah itu gaun bersiluet flowy ataupun yang mengembang, tetapi tetap memberikan sentuhan yang feminin.

Dalam hal ini, setiap gaun pengantin mengakomodasi ciri khas yang dibawa oleh masing-masing desainer ke dalam karakter sang pengantin. Dapat dikatakan, gaun pernikahan bergaya kontemporer memiliki pengertian yang sangat luas. Namun, satu hal yang pasti, gaun pengantin yang satu ini tak akan ketinggalan zaman. Sebab, sudah mengalami berbagai modifikasi dari gaya-gaya gaun klasik, hadir di periode masa kini menjadi gaun pengantin modern kontemporer nan elegan. 

Nah, sebagai gambaran untuk para calon pengantin, berikut WeddingMarket berikan beberapa referensi gaun pengantin elegan yang bergaya kontemporer dari para desainer ternama di Indonesia. Disimak, ya!

TEX SAVERIO

wm_article_imgwm_article_img

Desainer yang satu ini terkenal berkat karya-karya gaunnya yang eksentrik dan imaginatif. Bahkan, Tex Saverio pernah mengukuhkan karyanya untuk adegan pernikahan dalam salah satu film Hollywood, The Hunger Games: Catching Fire.  Dengan karya tersebut menjadikan Tex sebagai salah satu desainer gaun pernikahan terbaik di Indonesia dan juga dunia. Gaun-gaun karya Tex memiliki garis rancangan yang unik, bervariasi dan kadang sulit ditebak.

Bila kamu memiliki fantasi pernikahan berkonsep whimsical, dreamy, ataupun magical gaun pernikahan unik dari Tex Saverio akan sangat cocok untukmu. Tex gemar memasukkan berbagai aksen dalam gaunnya, mulai dari potongan siluet yang unik, permainan berbagai material seperti tulle, satin dan bahan-bahan lainnya. Hingga penggunaan ornamen-ornamen tak biasa seperti kristal, bulu-bulu, serta lempeng kuningan.

DIDI BUDIARDJO

wm_article_img

Beda lagi dengan Didi Budiardjo, desainer yang memulai karirnya di dunia fesyen sejak tahun 1989 ini lebih banyak mengadopsi kebudayaan nusantara dalam gaun-gaun buatannya. Desainer yang satu ini senang mengangkat ciri khas Indonesia seperti tenun dan sulam ke dalam karya-karyanya. "I am not making clothes. I am telling stories," ujar Didi Budiardjo. Dengan prinsipnya itu, Didi Budiardjo menjadi salah satu pionir perancang busana yang memiliki situs pribadi pada tahun 1999. Sekaligus desainer pionir yang menyiarkan peragaan busananya di tahun 2012 secara langsung. 

wm_article_imgwm_article_img

Salah satu karya gaun pengantin buatan Didi Budiardjo seperti yang dikenakan oleh aktris Sandra Dewi pada pernikahannya. Ball gown yang dirancang khusus untuk pernikahan yang bertema fairy tale itu berhasil membuat Sandra Dewi terlihat seperti putri raja. Karya-karya Didi Budiardjo lainnya juga tak kalah memukau. Beberapa contoh model gaun pengantin bergaya internasional nan elegan buatan Didi Budiardjo dikenakan oleh publik figur seperti Velove Vexia dan Nadya Hutagalung seperti gambar di atas.

SEBASTIAN GUNAWAN

wm_article_img

Ciri khas gaun pengantin karya Sebastian Gunawan yang ikonik adalah elegan dan glamor. Ketika ditanya akan tren yang ia ikuti, desainer yang juga terkenal dengan berbagai koleksi gaun malamnya ini menyebutkan, "Tren fashion itu diciptakan oleh masyarakat, bukan dari para desainer. Para desainer lah yang melihat kecenderungan tren itu dan kemudian mengaplikasikannya dalam sebuah karya fashion.”

Desainer kelahiran 2 Juli 1967 ini memiliki lini koleksi khusus untuk gaun pernikahan dengan label 'Sebastian Sposa' yang ditujukkan untuk calon pengantin dari kalangan menegah atas. Ia kerap menggunakan berbagai material seperti satin, silk organzatulle dan sebagainya. Seperti salah satu koleksinya yang bertajuk "The Metaphors of White". Ia menggambarkannya sebagai simbol kemurnian dan kepolosan seorang pengantin wanita, untuk sebuah awal yang baru. Gaun bersiluet unik tersebut dihiasi berbagai aksen lipatan dengan menggunakan bahan-bahan berkualitas.  

wm_article_imgwm_article_imgwm_article_img

Rancangan gaun pernikahan yang feminin dan manis dari Sebastian Gunawan pastinya juga sangat cocok untuk pernikahan bergaya kontemporer. Selain itu, gaun pengantin karya Sebastian Gunawan juga seringkali dihiasi berbagai detail mewah dan elegan seperti gaun bermotif floral dan aksen rufflesBeberapa contoh gaun pengantin bergaya internasional buatan desainer yang akrab disapa Seba ini seperti pada gambar di atas. 

BIYAN

wm_article_imgwm_article_imgwm_article_img

Biyan Wanaatmadja, atau yang lebih dikenal dengan nama Biyan adalah desainer asli Indonesia yang telah memulai karir di dunia fashion tanah air sejak tahun 1984. Siapa yang tidak kenal desainer terkemuka yang satu ini? Karya-karyanya memiliki ciri khas dengan siluet yang feminin dan romantis dengan detail-detail yang rumit. Aplikasi ornamen modern seperti bordir atau manik-manik bercorak flora menjadikan gaun buatan Biyan begitu anggun ketika dikenakan oleh sang pengantin di hari spesialnya.  Gaun hasil desain Biyan tentunya juga dapat dijadikan sebagai referensi untuk pernikahan bergaya kontemporer.

EDDY BETTY

wm_article_img

Eddy Betty juga merupakan salah satu desainer yang harum namanya di tanah air. Berbagai hasil rancangannya dipakai oleh banyak kalangan termasuk publik figur di tanah air, seperti gaun kebaya akad yang dikenakan Maudy Ayunda. Kesan kebaya Jawa klasik berhasil diberikan sentuhan modern sehingga menjadi kebaya kontemporer yang begitu cantik dan elegan ketika dikenakan. Berikut beberapa contoh koleksi gaun pengantin modern kontemporer karya Eddy Betty yang menginspirasi.

wm_article_imgwm_article_imgwm_article_imgwm_article_img

Ciri khas desainer yang telah berkecimpung 20 tahun lebih di industri mode tanah air ini adalah menyisipkan bustier dalam gaun-gaun buatannya. Item yang identik dengan kesan sensual ini bisa menjadi menjadi sebuah ansambel yang berkelas di tangannya. Penggunaan bustier sendiri memberi kesan ramping kepada pengguna gaun tersebut.  Tentunya kamu pasti ingin tampak cantik dan anggun dengan tubuh ideal di hari bahagiamu, bukan? 

HIAN TJEN

wm_article_imgwm_article_img

Berpengalaman di dunia ready to wear, karya-karya gaun pengantin buatan Hian Tjen juga menjadi yang terbaik di tanah air bahkan dunia. Berbagai penggemar gaun pengantin custom made karya Hian Tjen tak hanya dari kalangan menengah atas tapi juga selebriti dan publik figur di tanah air. Sebut saja, Maudy Ayunda, Eva Celia, Sabrina Chairunnisa dan masih banyak lagi artis-artis yang memercayakan gaun pernikahannya pada Hian Tjen.

Berikut beberapa contoh gaun pengantin romantis hingga edgy karya Hian Tjen yang bisa kamu kenakan untuk konsep pernikahan internasional kontemporer milikmu:

wm_article_imgwm_article_imgwm_article_imgwm_article_img

Hian Tjen menerapkan berbagai gaya pernikahan internasional dalam gaun-gaun mewah buatannya. Kamu bisa mencoba berbagai siluet menarik mulai dari mermaid, ball gown ataupun flowy serta menambahkan berbagai aksen untuk menjadikan gaun pernikahanmu semakin dramatis. 

YEFTA GUNAWAN

wm_article_img

Satu lagi desainer Indonesia yang memiliki ciri khas gaun pengantin mewah dan elegan dari rancangannya, Yefta Gunawan. Semenjak berkiprah di dunia gaun pernikahan tahun 2010 silam, hasil karyanya menjadi yang cukup diperhitungkan di tanah air. Yefta Gunawan mahir mengimplementasikan gaya personal yang dimiliki oleh para pengantin ke dalam gaun buatannya. Hal ini menjadikan gaun pernikahan rancangannya tak hanya tampak cantik dan elegan secara visual, tetapi juga memiliki sentuhan pribadi yang unik sesuai karakter para kliennya. Berikut beberapa gaun pengantin modern kontemporer karya Yefta Gunawan: 

wm_article_imgwm_article_imgwm_article_imgwm_article_img

Itulah beberapa referensi gaun pengantin internasional kontemporer buat para calon pengantin masa kini. Model dan desain gaun pernikahan sejatinya selalu mengalami perkembangan dari masa ke masa. Sehingga, cara terbaik untuk menentukan gaun pengantin yang paling pas untuk dikenakan adalah dengan menyesuaikannya kembali pada karakter pribadi masing-masing calon pengantin. 

Gaun-gaun pernikahan di atas adalah gambaran berbagai  karakter pengantin yang dituangkan dalam sebuah karya yang indah oleh para desainer. Untuk para calon pengantin muslimah, bisa cek juga ulasan khusus rekomendasi gaun pengantin berhijab dari desainer ternama Indonesia, agar tampilanmu semakin cantik dan elegan. Nah, seperti apa gaun pengantin untuk hari bahagiamu nanti? Tentunya yang sesuai dengan personality kamu. Agar bisa mewujudkannya,  diskusikanlah bersama desainer terbaik pilihanmu atau cek selengkapnya di laman vendor gaun pengantin WeddingMarket.  

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...