Cantiknya! Detail Kebaya dan Makeup Pernikahan Maudy Ayunda - Wedding Market

Cantiknya! Detail Kebaya dan Makeup Pernikahan Maudy Ayunda

25 May 2022 | By Ade Mutia WeddingMarket | Viewers: 1069
Lihat Lebih Dekat Detail Kebaya Maudy Ayunda Pada Momen Pernikahannya
Fotografi: Iluminen

Kebahagiaan tengah dirasa Maudy Ayunda dan Jesse Choi yang baru saja resmi menjadi sepasang suami istri akhir pekan kemarin. Kabar Maudy Ayunda menikah yang sempat menjadi trending topic selama tiga hari berturut-turut tersebut masih menyisakan banyak kekaguman akan indahnya setiap detail dalam rangkaian prosesi pernikahannya. Mulai dari foto prewedding, dekorasi pernikahan, makeup, hingga kebaya yang Maudy kenakan, semuanya tampak begitu elegan dan sempurna. 

Meskipun kabar pernikahannya tak pernah terendus oleh media, ternyata Maudy Ayunda cukup detail dalam mempersiapkan segala sesuatu terkait dengan hari bersejarah dalam hidupnya tersebut. Ia konsisten menampilkan jati dirinya sebagai wanita Indonesia dengan mengusung adat Jawa yang kental dalam pesta pernikahannya. Mulai dari prosesi siraman hingga akad nikah, Maudy mengenakan kebaya Jawa klasik yang begitu memesona. Meskipun begitu, Maudy tak lupa pula menggandeng kebudayaan dari sang suami, Jesse Choi yang merupakan pria keturunan Korea Selatan. Hal tersebut tampak dari beberapa potret foto prewedding Maudy Ayunda dan Jesse Choi yang mengenakan Hanbok, baju tradisional Korea Selatan.  

Dalam mewujudkan pernikahan impiannya, Maudy Ayunda memercayakan penampilannya pada desainer-desainer kenamaan tanah air, diantaranya Vera Anggraini dan Eddy Betty. Berikut gaya anggun nan menawan Maudy Ayunda dalam rangkaian prosesi pernikahannya dengan Jesse Choi yang telah WeddingMarket rangkum untukmu:

Kebaya Pengajian Jelang Pernikahan

Sebelum melangsungkan akad nikah, Maudy Ayunda juga menggelar prosesi pengajian di kediaman keluarganya di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan. Pada momen tersebut, Maudy tampil anggun dalam balutan abaya brokat klasik berwarna dusty blue. Gaun berpotongan panjang tersebut memiliki kerah tinggi, dipenuhi detail payet modern bermotif floral dan embroidery yang indah. Tak hanya itu, Maudy juga menyempurnakan penampilannya dengan sehelai selendang panjang beraksen payet dan embroidery cantik di pinggirannya. Kerudung bernuansa soft dusty pink tersebut membingkai indah wajah pelantun lagu Perahu Kertas ini, sehingga ia tak hanya tampil cantik, tapi juga begitu anggun dan bersahaja. Busana pengajian jelang pernikahan Maudy Ayunda ini merupakan karya dari Lace by ARTKEA. Berikut potret detail kebaya pengajian menjelang pernikahan Maudy Ayunda:

Kebaya Ritual Siraman

Maudy Ayunda memercayakan busana untuk momen ritual jelang pernikahannya pada desainer kenamaan Vera Anggraini atau dikenal pula sebagai Vera Kebaya. Dalam sebuah wawancaranya dengan media, Vera menceritakan bahwa ia sudah lama mengenal artis lulusan Stanford University ini. Ia mengungkapkan, pada February (2022) lalu, Maudy menghubungi asistennya. Ia berniat memesan baju kebaya untuk momen bahagianya tersebut.

Sang desainer juga mengatakan, dalam prosesnya, desain kebaya untuk rangkaian prosesi pernikahan adat Jawa Maudy Ayunda tersebut sempat bergonta-ganti, "Karena selain Maudy, mamanya juga detail banget," tuturnya. "Tadinya mau ada midodareni, tapi tidak jadi. Jadi konsepnya sempat berubah-ubah." Setelah mengalami berbagai perubahan konsep, proses pembuatan kebaya Maudy Ayunda pun berlangsung cukup singkat, hanya sekitar tiga bulan. Kebetulan pula saat itu terpotong Ramadan dan libur Lebaran. "Jadi, lumayan singkat dan mepet," Vera menambahkan. 

Meskipun pembuatan kebaya pernikahannya terbilang mepet, tetapi Maudy Ayunda turut terlibat dalam penentuan warna kebaya untuk rangkaian acara pernikahannya itu. Vera menuturkan bahwa Maudy menginginkan nuansa hijau lembut saat siraman, yang mana atasan kebaya klasik itu dipadankan dengan kain jumputan sebagai bawahan. Seperti yang terlihat pada foto prosesi jelang pernikahan Maudy Ayunda, kebaya hasil karya Vera Kebaya ini tampak begitu anggun dan elegan dikenakan oleh istri Jesse Choi ini. Inilah potret kebaya klasik yang dipakai Maudy Ayunda di acara siramannya:

Selama merancang kebaya pernikahan artis pemilik nama asli Ayunda Faza Maudya ini, Vera menyebut bahwa dirinya cenderung menggarisbawahi penampilan yang "elegan, sempurna, dan sakral," sehingga dari bahan sampai desain, semuanya begitu klasik. "Pakai (kebaya) kutubaru yang Jawa banget," ia menambahkan. Jika kebaya Jawa dengan nuansa hijau lembut dipilih Maudy untuk prosesi siraman, maka pada saat ritual dulagan ia menginginkan kebaya berwarna blue heritage. Kebaya bermodel kutubaru dengan aksen kerah kelepak tersebut dihiasi dengan motif klasik dan rapat. Menurut Vera, desain kebaya Maudy Ayunda tidak memberi kesan vulgar, walau secara siluet sangat pas membalut tubuhnya. Berikut potret kebaya klasik ala Maudy Ayunda pada prosesi dulangan adat Jawa jelang pernikahannya. 

Vera Anggraini juga mengungkapkan desain kebaya untuk resepsi pernikahan Maudy dan Jesse, "Panjangnya hanya sebetis. Jadi, Maudy masih bebas mingle untuk menyapa tamu. Tata rambutnya (saat resepsi) juga (perpaduan) Jawa dan modern. Ini menyesuaikan Jessie yang memang berbeda budaya," tuturnya. Kendati sempat bergonta-ganti konsep, perubahan rangkaian acara, namun penampilan Maudy Ayunda di hari pernikahannya menurut sang desainer, "sempurna, bahagia, dan semuanya berjalan lancar." 

Kebaya Akad Nikah

Pada ritual adat Jawa yang dilaksanakan sebelum pernikahannya Maudy Ayunda menggunakan kebaya rancangan Vera Anggraini. Namun, untuk kebaya akad nikah ia memercayakan desain outfit momen sakral tersebut kepada desainer kondang Eddy Betty. Walau masih dalam tema adat Jawa yang kental, tetapi kali ini ada sedikit sentuhan modern pada gaun kebaya yang dikenakan oleh Maudy Ayunda pada saat akad nikahnya. Kebaya berpotongan panjang dengan siluet perfect fit ini berwarna putih murni dan dilengkapi dengan korset. Gaun kebaya brokat bermotif floral dan sulur tersebut tampak begitu indah dengan sentuhan-sentuhan khusus yang menjadi ciri khas sang desainer.

Dipadupadankan dengan kain batik Jawa berwarna cokelat dan juga aksen plisket, Maudy tampil begitu 'ayu' bak putri keraton. Eddy Betty juga menambahkan detail dramatis yang membuat tampilan kebaya pengantin elegan ini menjadi lebih modern. Sebuah cape panjang berhiaskan ornamen bunga-bunga kecil yang menjuntai sampai ke lantai membuat siapapun akan jatuh hati saat memandangnya. Sebuah karya yang indah untuk pengantin yang begitu istimewa. Berikut gambaran detail gaun pernikahan Maudy Ayunda yang begitu elegan:

Makeup, Hair Do dan Aksesoris Pengantin

Tentu saja, ada faktor lain yang juga turut menjadikan hari pernikahan Maudy Ayunda semakin istimewa. Setiap detail yang ia kenakan mendapat sorotan karena berhasil membuat penampilan sang artis multitalenta ini menjadi begitu sempurna. Keseluruhan elemen yang melekat pada dirinya semakin memancarkan aura cantik dan anggun, artis yang akrab disapa 'Mod' ini. Maudy memilih riasan natural look, sejak awal hingga akhir acaranya. Meski dengan makeup yang begitu soft, ia terlihat flawless tanpa perlu banyak mengubah fitur yang ada pada wajah aslinya. Justru riasan seperti ini semakin menonjolkan karakter seorang Maudy Ayunda.

Tentu hasil tersebut tak akan terwujud tanpa sentuhan sang makeup artist, Evalovira untuk momen ritual jelang pernikahan dan Marlene Hariman perias pengantin pada hari H. Sementara itu, untuk aksesorisnya yang super eksklusif, mulai dari anting-anting berwarna emas sampai kalung berdesain minimalis yang dikenakan Maudy Ayunda pada rangkaian prosesi pernikahan dirancang oleh Tulola Design. Tak lupa pula apresiasi untuk sanggul tradisional karya Mamie Hardo dan tatanan rambut karya Woko.S, yang turut memberikan kontribusi besar untuk tampilan Maudy yang begitu anggun dengan citra wanita Jawa pada hari-hari penting miliknya tersebut. 


Nah, itulah detail-detail dari penampilan Maudy Ayunda pada rangkaian prosesi pernikahannya dengan Jesse Choi yang begitu memukau. Kamu bisa menjadikannya sebagai inspirasi untuk pernikahanmu kelak! Maudy Ayunda telah berhasil mewujudkan pernikahan impiannya. Meskipun sebenarnya ia bisa saja memilih berbagai konsep pernikahan yang lebih glamor dan modern, tetapi Maudy justru merayakan hari bersejarahnya secara sederhana dengan menonjolkan akar budaya yang ia miliki sebagai wanita Indonesia. Maudy tetap setia memilih adat Jawa untuk pernikahannya dari awal hingga akhir.

Bagaimana denganmu? Sudahkah kamu merencanakan pesta pernikahan impianmu? Yuk bagikan dream wedding-mu bersama WeddingMarket, biar kami bantu wujudkan hari spesialmu juga!    

Kredit Vendor | Fotografi: Iluminen | Kebaya Pengajian: Lace by ARKEA | Kebaya Siraman: Vera Anggraini Kebaya | Kebaya Akad Nikah: Eddy Betty | MUA akad: Marlene Hariman | MUA pengajian & siraman: Evalovira | Hair Do: Woko S. | Sanggul dan paes: Mamie Hardo | Aksesoris pengantin: Tulola Design

Belanja Jasa dan Produk untuk Pernikahanmu di WeddingMarket Store!
Diskon hingga 20%*

Artikel Terkait


WeddingMarket

Hello, thank you for Visiting us. Any Question?