Pilih Kategori Artikel

20 Inspirasi Gaun Pengantin Simple nan Elegan yang Sedang Trend
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Kamu sedang mencari gaun pengantin simple tapi elegan? Mungkin kamu ingin sekali mengenakan gaun pengantin yang cantik dan unik namun tidak berlebihan, sehingga tetap dapat tampil memukau di depan para tamu undangan nanti.

Tenang, kami punya banyak sekali model gaun pengantin yang dapat kamu jadikan inspirasi untuk acara pernikahan nanti. Daftar gaun pengantin yang ada di bawah ini bukan hanya elegan, tapi juga sedang nge-trend tahun ini sehingga dijamin tidak akan monoton. Yuk simak satu persatu!

1.  Gaun dengan model ruffle

wm_article_img

Foto: hayatouki.com

Inspirasi gaun pengantin simple pertama yang elegan dapat dicoba dengan menambahkan model ruffle. Model ini berupa lipatan bertumpuk yang memberikan volume pada bagian bawah gaun pengantin. Model ini sangat unik dan belum banyak dicoba oleh kebanyakan orang, sehingga sangat cocok untuk kamu yang ingin tampil beda dengan yang lain. Bagi kamu yang berdada kecil, kamu dapat menambahkan aksen ruffle pada bagian dada gaun pengantin agar dadamu terlihat lebih proporsional.

Dengan model ini, gaun pengantinmu akan memberikan kesan feminim dan girly pada keseluruhan penampilanmu. Kami sarankan jika kamu menggunakan model ruffle pada bagian bawah, usahakan atasannya minimalis sehingga tidak menimbulkan kesan berlebihan. Dijamin kamu akan menjadi sorotan perhatian di depan para tamu undangan pernikahan nanti.

2.  Gaun berwarna ombre

wm_article_img

Foto: southboundbride.com

Gaun pengantin simple tapi elegan berikutnya yaitu gaun berwarna ombre. Gaun pengantin berwarna putih, nude, atau pastel mungkin terlihat biasa-biasa saja dan sudah sangat mainstream digunakan. Kamu bisa memberikan terobosan baru dengan memakai gaun pengantin berwarna ombre. Warna ombre di sini berupa teknik pewarnaan yang mengkombinasikan 2 warna yang berbeda untuk memberikan efek gradasi yang dramatis. Teknik ini biasanya meletakkan warna yang lebih terang pada bagian atas, dan warna yang lebih gelap pada bagian bawah.

Untuk menghasilkan gaun pengantin berwarna ombre, biasanya para desainer menggabungkan warna putih dan warna lain sebagai kombinasinya. Warna yang umumnya paling banyak digunakan untuk warna ombre adalah warna ungu, jingga terang, dan abu-abu. Warna-warna tersebut akan memberikan kesan playful dan ceria pada keseluruhan penampilanmu. Dijamin gaun pengantinmu akan menjadi hits dan menjadi perbincangan para tamu undangan nanti.

3.  Gaun berbahan brokat

wm_article_img

Foto: beautynesia.id

Gaun pengantin simple tapi elegan selanjutnya adalah gaun berbahan brokat. Gaun pengantin yang polos juga dapat ditambahkan luaran atau outer panjang berbahan brokat, sehingga akan terlihat manis dan mewah pada saat yang bersamaan. Brokat merupakan kain yang disulam dan sangat cocok dikenakan pada pernikahan yang mengusung konsep formal. Seiring berkembangnya zaman, banyak brokat yang dipadukan dengan sutra atau benang-benang berwarna perak dan emas. Detail sempurna yang dimiliki brokat ini akan menjadi daya tarik tersendiri pada gaun pengantinmu.

4.  Gaun dengan model floral

wm_article_img

Foto: joannefergusonbridal

Bunga merupakan elemen penting yang wajib hadir pada pesta, termasuk pada gaun pengantin. Gaun dengan taburan bunga atau motif floral bisa kamu jadikan pilihan untuk gaun pengantinmu. Zaman modern ini banyak sekali gaun pengantin yang menaburkan bunga-bunga seperti mawar dan anggrek pada bagian bawah gaun sebagai hiasan. Detail bunga yang dibuat timbul pada gaun layaknya manik-manik akan menambah sisi cantik wanita yang mengenakannya.

Detail bunga juga biasanya diaplikasikan pada brokat atau bordiran gaun pengantin. Dengan begitu model ini akan menghasilkan gaun pengantin yang simple tapi elegan dan tak lekang oleh waktu.

5.  Gaun dengan model empire

wm_article_img

Foto: maysange.com

Gaun model empire yang menampilkan lekuk tubuh ini akan memberikan kesan anggun bagi wanita yang mengenakannya. Model empire ini akan memberikan kesan gaun pengantin simple tapi elegan. Model ini sangat cocok bagi kamu yang sangat percaya diri dengan postur tubuh kamu yang langsing.

Tambahkan detail hiasan pada bagian pinggang agar  bentuk pinggangmu menjadi sorotan perhatian. Bagi kamu yang memiliki postur tubuh lurus dan tidak memiliki lekukan tubuh, kamu tetap bisa memilih gaun pengantin dengan model empire namun dengan kerah strapless. Dengan begitu pandangan tamu akan dialihkan ke bagian atas tubuh kamu.

6.  Gaun dengan model sabrina atau off shoulder

wm_article_img

Foto: hagiopolos.tumblr.com

Bagi kamu yang memiliki tubuh pendek, kamu bisa menyiasatinya dengan gaun pengantin model off shoulder ini. Gaun pengantin simple tapi elegan ini menampakkan bahu sebagai ciri khasnya sehingga akan memberikan kesan tinggi pada tubuh dan efek jenjang pada leher kamu.

Gaun model off shoulder akhir-akhir ini menjadi trend tahun ini karena adanya perpaduan potongan backless yang menampilkan punggung yang indah. Model seperti ini sangat cocok untuk dipakai pada acara pernikahan yang mengusung tema rustic atau garden party.

7.  Gaun berbahan sifon

wm_article_img

Foto: livemaster.ru

Sifon yang terbuat dari campuran rayon dan polyester ini merupakan salah satu bahan terbaik yang bisa digunakan untuk membuat gaun pengantin simple tapi elegan. Bahan sifon akan menimbulkan kesan mewah pada gaun pengantin namun tetap dengan harga yang affordable. Sifon dikategorikan sebagai luxury fabric karena memiliki bahan yang tipis, ringan, dan lembut saat digunakan. Sangat cocok untuk dikenakan pada pernikahan yang digelar di luar ruangan. Gaun pengantin simple tapi elegan ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki tubuh mungil sehingga akan terlihat lebih tinggi. Jika kamu ingin memakai bahan ini, sebaiknya hindari menggunakan sabuk, karena bahan sifon yang tipis ini akan membuat tubuh terlihat pendek.

8.  Gaun dengan model jaring

wm_article_img

Foto: wohhwedding.com

Langkah lainnya untuk mendapatkan gaun pengantin simple tapi elegan adalah dengan menambahkan model jaring pada bagian bawah rok gaun pengantinmu. Bagi kamu yang menggelar pernikahan secara outdoor namun tetap ingin terlihat tertutup, gaun dengan model jaring adalah solusinya. Cara ini sangat direkomendasikan bagi kamu yang ingin menambahkan outer sebagai pelengkap gaun pengantin tanpa merasa kegerahan atau panas.  Hal ini dikarenakan model jaring memiliki banyak lubang-lubang kecil yang dapat berfungsi sebagai ventilasi udara. Dengan begitu gaun ini akan memancarkan kecantikanmu dengan cara yang unik dan tak terduga.

9.  Gaun berbahan organza

wm_article_img

Foto: wohhwedding.com

Bahan organza hampir mirip dengan sifon. Teksturnya tipis dan ringan, namun tidak selembut sifon. Organza memiliki bahan yang berkilau dan sedikit kaku, sehingga banyak digunakan pada bagian bawah gaun pengantin untuk menambahkan efek mengembang. Bahan organza hanya cocok digunakan pada bagian luar gaun sebagai lapisan atau penutup. Gaun pengantin simple tapi elegan ini sering dipakai oleh para selebgram hits di Indonesia dan cocok untuk digunakan pada pernikahan yang digelar di dalam ruangan.

10.  Gaun dengan model ramping

wm_article_img

Foto: morilee.com

Gaun pengantin simple tapi elegan berikutnya adalah gaun dengan model ramping. Bagi kamu yang memiliki tubuh ‘berisi’, kamu dapat mencoba model yang satu ini. Model ini sangat cocok bagi kamu yang tidak ingin menonjolkan lekuk tubuh yang berlebihan. Gunakan gaun model ramping dengan motif garis vertikal untuk menambahkan kesan kaki yang jenjang.

11.  Gaun model kebaya bordir

wm_article_img

Foto: tanianadiraa from Instagram

Gaun pengantin simple tapi elegan selanjutnya adalah gaun model kebaya bordir. Model ini sangat cocok untuk kamu yang menggunakan konsep adat tradisional pada acara pernikahanmu. Kebaya yang khas akan menampilkan sisi kecantikan yang berbeda pada wanita yang mengenakannya. Kamu dapat menambahkan sentuhan modern pada bagian lengan dan bawah gaun pengantinmu. Gaun pengantin model kebaya yang berekor panjang dan menjuntai ke bawah juga terlihat sangat menawan. Dengan begitu kamu tetap bisa melestarikan budaya Indonesia namun tetap terlihat modis tanpa takut ketinggalan zaman.

12.  Gaun berbahan tulle

wm_article_img

Foto: emma-eskuvoruhaszalon.hu

Gaun berbahan tulle adalah yang paling sering digunakan di Indonesia. Bahan tulle terbuat dari campuran berbagai serat seperti sutra, nilon, dan rayon. Tekstur yang ringan, tipis, dan transparan ini sangat nyaman digunakan sehingga diminati oleh kebanyakan calon pengantin wanita. Bahan tulle biasanya dibuat bertumpuk-tumpuk untuk menambah volume pada bagian bawah gaun pengantin. Banyak pula desainer yang menambahkan taburan glitter pada bahan tulle untuk memberikan kesan mengkilap. Dengan begitu gaun pengantin simple tapi elegan ini terlihat semakin menawan.

13.  Gaun berbahan satin

wm_article_img

Foto: bridalprompageant.com

Satin merupakan kain yang ditenun menggunakan teknik serat filamen. Jika dilihat sekilas, penampilan satin mirip dengan sutra, bedanya satin ditenun dengan serat buatan berupa polyester, sedangkan sutra dibuat dengan serat alami. Gaun berbahan satin sangat cocok untuk kamu yang ingin menonjolkan siluet tubuh. Kilauan satin yang lembut dan licin ini umumnya digunakan untuk bagian dalam gaun pengantin karena bahannya yang nyaman. Gaun yang simple tapi elegan ini akan memberikan kesan glamour pada penampilan kamu karena kilauan cahaya yang dipantulkan oleh kain satin ini.

14.  Gaun model gamis

wm_article_img

Foto: mimplus.ir

Akhir-akhir ini, gaun model gamis banyak dipakai oleh calon pengantin wanita yang beragama Islam. Model yang tertutup dan tanpa menonjolkan lekuk tubuh ini memberikan kesan klasik namun tetap terlihat cantik. Mahalnya biaya sewa gaun pengantin membuat banyak wanita beralih ke model gamis karena lebih hemat biaya dan dapat tetap digunakan untuk acara-acara formal. Gaun pengantin yang simple tapi elegan ini sangat cocok untuk kamu yang ingin tampil syar’I namun tetap ingin terlihat modis dan tidak ketinggalan zaman. Kelebihan gaun model gamis adalah bahannya yang mudah menyerap keringat sehingga cocok untuk dikenakan pada pernikahan berkonsep outdoor maupun indoor

15.  Gaun model mermaid

wm_article_img

Foto: essensedesigns.com

Gaun pengantin simple tapi elegan selanjutnya adalah gaun model mermaid. Sesuai namanya, gaun pengantin dengan model mermaid sekilas akan tampak seperti putri duyung pada bagian bawahnya. Gaun yang juga sering disebut dengan trumpet dresses ini memiliki model menyempit dari pinggul hingga lutut, dan melebar dari lutut hingga ke lantai. Bagi kamu yang memiliki tungkai kecil, kamu dapat menyiasatinya dengan memakai gaun pengantin model mermaid. Kamu yang memiliki postur tubuh langsing dan kaki yang jenjang juga cocok memakai model ini.

16.  Gaun model asimetris

wm_article_img

Foto: weddbook.com

      Bagi kamu yang ingin menampakkan sepatu atau kakimu yang indah, kamu dapat mencoba gaun pengantin simple tapi elegan dengan model asimetris. Pasalnya, model ini membiarkan bagian depan rok lebih pendek dan bagian belakang lebih panjang. Sangat cocok bagi kamu yang ingin mengenakan gaun pengantin berekor panjang namun tetap ingin berjalan dengan leluasa tanpa harus mengangkat atau menggulung gaun bagian depan terlebih dahulu.

17.  Gaun dengan model atasan cape

wm_article_img

Foto: dressyp.com

Penutup badan ala jubah ini sangat cocok untuk kamu yang muslim namun bosan dengan model gamis. Model ini cukup jadi tren tahun ini di kalangan selebriti tanah air. Cape merupakan sejenis blouse tanpa lengan yang memiliki bukaan berupa kancing atau simpulan di bagian depan. Cape yang menyapu lantai dapat berfungsi layaknya selendang yang menempel pada bagian belakang gaun pengantin. Gaun pengantin simple tapi elegan ini dapat menutupi dadamu yang kecil. Kamu bisa menambahkan manik-manik atau bordiran bunga pada bagian dada untuk mempercantik tampilan gaun pengantinmu.

18.  Gaun dengan model celana

wm_article_img

Foto: layalina.com

Bagi kamu yang memiliki kepribadian sedikit tomboy namun tetap ingin memberikan kesan gaun pengantin yang khas, kamu dapat mencoba gaun dengan model ini. Gaun pengantin simple tapi elegan ini menampakkan celana panjang di bagian depan dan membiarkan rok pengantin terbuka di bagian tengah. Hal ini berfungsi agar wanita dapat berjalan dengan leluasa. Selain unik dan anti-mainstream, gaun model ini dapat dipisah antara rok dan celananya sehingga kamu tetap dapat memakainya untuk menemani aktivitasmu. Dewasa ini gaun dengan model celana memiliki banyak pilihan, meliputi jump suit, pant suit, hingga play suit. Semuanya cocok untuk kamu yang ingin memakai gaun tapi tak ingin gerakanmu dibatasi.

19.  Gaun dengan rok mengembang

wm_article_img

Foto: layalina.com

Untuk mendapatkan gaun pengantin yang simple tapi elegan, kamu juga dapat menggunakan model rok mengembang, atau yang lebih sering disebut dengan ball gown. Bagi kamu yang memiliki bentuk tubuh pir, sangat cocok untuk memakai gaun pengantin dengan model yang satu ini. Model ala-ala princess di negeri dongeng ini akan membuat pinggangmu terlihat lebih ramping. Kamu dapat menggunakan veil untuk menambah kesan mengembang dan volume tebal pada bagian rok gaun pengantinmu. Kamu yang memiliki tubuh yang kurus juga dapat menggunakan model gaun ini, karena rok yang mengembang akan menimbulkan kesan ‘berisi’ pada tubuh kamu.

20.  Gaun model layer

wm_article_img

Foto: rinsbridal.com

Bagi kamu yang tidak ingin model rok mengembang namun tetap ingin menambahkan volume pada tubuh kamu, kami sarankan kamu untuk mencoba gaun model layer. Gaun pengantin elegan dan simple ini memiliki potongan rok berlapis dan bergelombang dengan model frill layer. Sangat cocok dikenakan untuk kamu yang memiliki paha kecil dan tubuh yang kurus, untuk memberikan kesan tubuh proporsional pada keseluruhan penampilan. Dengan model layer ini, kakimu juga akan terlihat lebih jenjang.

Demikian 20 inspirasi gaun pengantin simple tapi elegan untuk kamu. Semoga dapat membantu kamu menemukan gaun pengantin yang kamu dambakan dan sesuai dengan kepribadianmu. Jadi, model gaun pengantin manakah yang akan kamu pakai saat acara pernikahan nanti?

 

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...