Pilih Kategori Artikel

8 Konsep Pernikahan Outdoor Masa Kini yang Anak Muda Banget!
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Konsep pernikahan bisa menjadi perdebatan terbesar antara sepasang kekasih yang sedang melakukan persiapan sebelum menikah. Mulai dari dekorasi, busana, tata rias, cinderamata, hingga aksesoris pernikahan, semuanya harus sudah terkonsep dengan matang sebelum proses pembuatan dekorasi dimulai.

Menentukan konsep pernikahan memang cukup sulit, apabila dua orang yang akan menikah memiliki impiannya masing-masing. Terlebih lagi, sekarang ini sudah banyak sekali konsep pernikahan yang bisa dijadikan pilihan. Semakin banyak opsi, maka memilihnya pun akan semakin sulit.

Masing-masing orang sudah membayangkan bagaimana pernikahan yang ia inginkan, bahkan mungkin jauh sebelum mereka bertemu dan mereka juga menginginkan acara sakral tersebut akan selalu diingat tidak hanya oleh kedua mempelai, tetapi seluruh tamu undangan. 

Konsep Pernikahan Indoor atau Outdoor?

wm_article_img

Pernikahan dapat dilakukan dengan dua cara, secara indoor dan outdoor. Kedua konsep pernikahan ini berbeda. Konsep indoor melakukan pernikahan di dalam ruangan, sedangkan pesta outdoor diadakan di luar ruangan dan menyatu dengan alam sekitar.

Kedua konsep ini memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Konsep pernikahan indoor akan lebih aman dan terlindungi karena diadakan di dalam ruangan. Sebaliknya, konsep pernikahan outdoor rawan terkena masalah. Salah satu masalah terbesarnya adalah hujan. Jika menggunakan konsep luar ruangan, risiko terkena hujan sangat besar, terlebih di musim penghujan.

Namun, dengan penataan acara yang tepat menggunakan jasa wedding organizer, konsep pernikahan outdoor tidak lagi mengkhawatirkan. Kebanyakan pasangan sekarang menginginkan konsep pernikahan outdoor untuk pesta paling membahagiakan selama hidupnya itu.

Rekomendasi Konsep Pernikahan Outdoor Kekinian

Ada beberapa tema konsep pernikahan outdoor yang bisa kamu pilih untuk merayakan janji suci pernikahan dengan lebih semarak dan indah. Berikut WeddingMarket berikan rekomendasi konsep pernikahan outdoor masa kini yang pastinya 'anak muda banget'. Yuk, simak ulasannya dan segera tentukan konsep impianmu!

1. Tema Bunga

wm_article_img
Fotografi: Alvin Photography

Biasanya, para wanita suka dengan konsep bunga-bunga seperti ini. Tidak ada banyak hiasan lain di bangku, pelaminan, altar, dan meja-meja tamu, hanya dipenuhi dengan berbagai jenis bunga.

Diadakan di tengah taman bunga dengan rerumputan hijau menjadikan tema pernikahan outdoor ini bernuansa nyaman dan segar di saat bersamaan. Bukan hanya itu, bunga warna warni memberikan kesan keceriaan, sesuai dengan perasaan kedua mempelai di hari pernikahannya.

wm_article_img
Dekorasi: Nicca Atelier

Tema bunga untuk pernikahan di luar ruangan tidak jarang dipilih banyak pasangan dan masih populer hingga kini. Tema bunga salah satu konsep pernikahan yang tidak akan pernah mati dan ketinggalan zaman.

2. Tema Kolam Renang

wm_article_img
Dekorasi: Bali Event Styling

Ada yang punya impian mengadakan pesta pernikahan di samping kolam renang? Tentu, impian kamu dapat terwujud. Pernikahan di samping kolam renang akan memberikan kesan berbeda dari pesta biasanya. 

wm_article_img
Venue: Plataran Kinandari

Dengan dekorasi serba putih akan menyatu dengan warna biru dari air kolam renang. Dibantu hiasan lampu gantung membuat suasana pernikahan menjadi lebih intim dan romantis. Menambahkan lampu di area sekitar kolam renang, juga bisa menambah kesan hangat di pesta pernikahan.

3. Tema Hutan

wm_article_img
Fotografi: Alvin Photography

Menikah di tengah-tengah pepohonan rindang? Why not!

Pohon merupakan sumber oksigen, ketika kamu memilih mengadakan pernikahan di tengah-tengah pepohonan hijau, acara akan terasa lebih sejuk dan menenangkan. Ketika angin bertiup lembut menggoyangkan dedaunan, seperti sedang berada di pedesaan tenang dengan udara segar. 

wm_article_img
Dekorasi: Beyond Decor Company

Belum lagi dengan penggunaan elemen natural seperti kursi dan meja kayu berwarna cokelat, akan memberikan kesan hangat selama pesta berlangsung. Biasanya, konsep pernikahan outdoor di tengah pepohonan dominan menggunakan kain serba putih. Tunggu hingga malam hari dan kamu akan melihat pemandangan memukau pesta pernikahan dengan sinar lampu-lampu gantung.

wm_article_img
WO: Callalily Wedding Organizer

Konsep pernikahan bertema hutan yang menyatu dengan alam ini tak ayal menjadi favorit banyak pasangan muda, terutama bagi mereka yang menginginkan suasana berbeda dan menyegarkan. Tentunya, untuk mewujudkan enchanted forest wedding atau pernikahan bertema hutan ini, outdoor venue yang dipilih juga perlu dipertimbangkan dengan baik, ya! Harus ada pepohonan yang rimbun, agar suasana asri dan menenangkan yang diharapkan dapat tercipta.

4. Tema Romantis

wm_article_img
Dekorasi: Bloomsville

Semua orang pasti ingin suasana pernikahannya romantis. Suasana romantis bisa didapatkan dengan membuat dekorasi penuh dengan bunga dan string lights atau lampu-lampu berwarna kekuningan yang memberikan kesan hangat dan intim. Membuat tamu nyaman berlama-lama menikmati pesta pernikahan kamu dan si dia.

wm_article_img
Dekorasi: Bloomsville

Untuk venue-nya bisa dilakukan di lapangan terbuka ala pesta kebun. Palet warna netral seperti putih dan eath tone, serta penggunaan properti natural seperti bangku dan meja kayu berwarna cokelat tua akan membantu kerja lampu yang memberikan kehangatan selama berlangsungnya pesta pernikahan.

Mempelai pria bisa memakai jas berwarna gelap dan lembut atau busana yang lebih kasual agar bisa menyatu dengan suasana pesta. Sementara itu mempelai wanita, bisa menggunakan baju pengantin yang sederhana dan tidak terlalu banyak lapisan. Gunakan medium dress agar lebih nyaman bercengkrama dengan para tamu undangan di malam harinya.

5. Tema di Tepi Laut

wm_article_img
Dekorasi: Beyond Decor Company

Konsep pernikahan outdoor di tepi laut tidak boleh dilupakan! Konsep ini juga cukup populer di kalangan anak-anak muda zaman sekarang. Banyak adegan film romantis diadakan di tepi laut. Karena, belum ada tempat yang mengalahkan suasana romantis di tepi laut.

Laut memberikan suasana romantis lewat desiran halus ombaknya dan semilir angin menyejukkan. Pernikahan di tepi laut tidak memerlukan banyak dekorasi, cukup dengan kain putih sederhana untuk pelaminan.

wm_article_img
Dekorasi: Beyond Decor Company

Selain menggunakan warna putih, pesta pernikahan di tepi laut bisa memadukan warna-warna pastel yang lembut agar menyatu dengan suasananya. Kamu dan pasangan bisa memilih warna soft blue atau soft pink. Selain itu, bangku dan meja yang ada di lokasi pernikahan akan lebih cantik ketika dihiasi dengan bunga-bunga berwarna senada dengan dekorasi pelaminan. Jangan lupakan suasana malam di tepi laut yang juara banget!

6. Konsep Elegan Minimalis

wm_article_img
Dekorasi: Aisle Project

Konsep elegan untuk pernikahan outdoor memang terkesan sederhana. Karena, tidak menggunakan banyak atribut dan hiasan meriah di sekitar lokasi pernikahan. Namun, untuk orang-orang yang menyukai kesederhanaan, konsep ini akan menjadi pilihan paling tepat.

wm_article_img
Foto: Project Art Plus

Dapat kamu lihat di gambar bagaimana bentuk dari konsep elegan. Lokasi pernikahan hanya didominasi dengan kain putih yang menutup meja dan kursi. Hiasan juga tidak banyak, lampu dan bunga di atas meja digunakan sebagai pemanis dekorasi.

7. Konsep di Dalam Tenda

wm_article_img
Dekorasi: Ailuosi Decor

Menggunakan tenda untuk konsep pernikahan outdoor mungkin akan menjadi solusi memberikan kenyamanan bagi para tamu yang hadir. Dengan memasang tenda, keluarga serta sahabat bisa terhindari dari panas dan hujan. Sekaligus, membuat dekorasi pernikahan tampak lebih estetis.

Pemilihan tenda juga perlu diperhatikan, karena itulah elemen utamanya. Apabila diperuntukkan untuk naungan dari terik panas atau hujan, maka pilih tenda dengan bahan yang kokoh dan kain berkualitas. Agar tidak mudah roboh dan gampang tertiup angin.

Namun, apabila tujuannya hanya untuk kesan estetika pada pernikahan, cukup gunakan bahan kain sebagai dekorasinya. Sebagai contoh dekorasi pernikahan dengan kain putih yang dihiasi chandelier ini. Ambience yang tercipta tak hanya romantis dan intimate, tapi juga terkesan mewah dan elegan.

wm_article_img
Dekorasi: Ailuosi Decor

Dekorasi semacam ini cocok diaplikasikan pada venue pernikahan outdoor di area lapangan luas, bukan tempat yang bisa mengganggu aktivitas orang banyak. Lakukan perencanaan dengan matang dan cari vendor yang memberikan kualitas tenda terbaik agar pernikahan kamu bisa berlangsung lancar dan khidmat.

8. Tema Pedesaan

wm_article_img
Dekorasi: Bali Event Styling

Ingin kembali mengenang kampung halaman di pesta pernikahan? Berarti tema pedesaan, farm wedding, bohemian, atau rustic bisa menjadi pilihan konsep pernikahan outdoor yang kamu cari-cari. Kamu bisa melangsungkan pernikahan di tengah-tengah taman atau pepohonan yang akan menambahkan kesan kampung halaman.

Memilih tema ini mungkin bisa mengobati kerinduan akan kampung halaman para tamu yang hadir, tidak hanya kedua pengantin. Dengan konsep bertema pedesaan, kesan hangat harus lebih ditonjolkan dengan menambahkan properti dekorasi ala rumahan. Karena, hal yang paling dirindukan dari kampung halaman atau pedesaan adalah kehangatan di dalam rumah.

wm_article_imgwm_article_img

Dekorasi: Bali Event Styling

Kamu juga bisa menambah ornamen-ornamen dekoratif bernuansa pedesaan, seperti lampu-lampu dan kursi rotan. Properti yang disusun dengan apik bisa menjadi spot foto terbaik untuk kamu dan semua sahabat serta keluarga. Pernikahan akan berlangsung dengan suka cita!

Selain contoh-contoh yang diberikan di atas, tentunya kamu dan pasangan bebas memilih tema pernikahan apa pun sesuai dengan keinginan dan budget yang dimiliki. Intinya, setiap pernikahan itu harus memberikan kesan hangat, nyaman, sakral, dan suci. Semua tema di atas bisa memberikan keempat kesan tersebut secara bersamaan, tergantung bagaimana kamu berkomunikasi dengan para vendor.

Persiapkan konsep sedetail mungkin, agar pernikahanmu memberikan kesan manis dan selalu dikenang oleh semua orang yang hadir. Semangat mempersiapkan pernikahan!

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...