Pilih Kategori Artikel

Inspirasi Tema Dekorasi Pernikahan Outdoor di Musim Panas yang Patut Kamu Coba
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Pesta pernikahan merupakan acara penting yang ditunggu-tunggu oleh sebagian besar pasangan. Pasalnya pada hari tersebut, mereka resmi menjadi suami-istri. Mengingat betapa pentingnya sebuah pernikahan, maka tidak heran jika banyak orang menyiapkan pesta pernikahannya sebaik mungkin. Salah satu hal penting yang perlu dipersiapkan adalah menentukan waktu yang tepat untuk melangsungkan pernikahan.

Sebenarnya tidak ada aturan khusus dalam mengadakan pesta pernikahan, namun rata-rata pasangan mengadakan resepsi di saat musim panas, atau di Indonesia lebih sering disebut musim kemarau. Hal ini tidak lepas dari fakta bahwa hujan seringkali menjadi penghambat pesta pernikahan. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang lebih memilih mengadakan pesta pernikahan di musim panas, terutama buat pasangan yang memilih konsep pernikahan outdoor atau di ruang terbuka. 

Nah, apabila kamu berkeinginan mengadakan pesta pernikahan di musim panas, namun masih belum tahu tema dekorasi yang cocok, simak ulasannya berikut ini!

1. Romantic Poolside Wedding 

wm_article_img

Apakah pesta pernikahan bisa diadakan di area kolam renang? Jawabannya sangat bisa. Inspirasi dekorasi pernikahan outdoor di musim panas yang pertama adalah romantic poolside weddingTema pernikahan ini bisa menjadi solusi bagi kamu yang ingin mengadakan pesta pernikahan intimate di tempat yang unik dan berbeda dari yang lain. 

wm_article_img

Biasanya beberapa hotel menyediakan area kolam renang rooftop yang bisa dipergunakan sebagai tempat pernikahan. Opsi lainnya, kamu bisa menyewa venue dengan fasilitas serupa, seperti di villa, resort atau tempat-tempat lainnya sebagai wedding venue. Pesta pernikahan bisa digelar pada siang ataupun malam hari demi mendapatkan suasana yang lebih hangat dan intimate.

wm_article_img

Selain menjadi referensi yang unik, mengadakan pesta pernikahan di sekitar kolam renang juga membuat suasana lebih sejuk dan terasa lebih romantis. Untuk mempercantik dekorasinya, kamu bisa menambahkan  berbagai ornamen seperti bunga, balon, string lights dan kursi kayu sebagai properti. Jangan lupa, kamu juga perlu memberi himbauan kepada para tamu untuk berhati-hati agar tidak terpeleset, ya! 

2. Garden of Flowers 

wm_article_img

Bunga merupakan salah satu ornamen yang sering dijadikan sebagai dekorasi pernikahan. Biasanya bunga ditambahkan untuk mempercantik pelaminan, namun sekarang bunga juga sebagai dekorasi utama. Untuk tema pernikahan musim panas ini, kamu bisa memilih ruang terbuka seperti rooftop area, taman, hingga pekarangan rumah. Kemudian dekorasi venue pernikahan dengan banyak rangkaian bunga sehingga tampak seperti sebuah kebun bunga.

wm_article_img

Rangkaian bunga  bisa ditempatkan di berbagai sudut venue pernikahan, mulai dari gapura, pelaminan, centerpiece hingga photo boothUntuk menambah estetika pada dekorasi bunga ketika menggelar pernikahan secara outdoor, bisa pula memasang gapura yang terbuat dari susunan ranting pohon dengan berbagai bunga di atasnya, serta sebuah chandelier untuk kesan dekorasi pernikahan mewah dan elegan.

wm_article_img

Selain itu, kamu bisa menambahkan gugusan bunga sehingga membentuk sebuah lorong, mulai gapura hingga pelaminan. Tema dekorasi ala garden of flowers ini bisa menciptakan suasana romantis dan dreamy di venue pernikahanmu!

3. Enchanted Forest

wm_article_img

Selain dekorasi di pinggir kolam renang, kamu juga bisa coba dekorasi pernikahan lain yang tidak kalah uniknya, enchanted forest atau bertema hutan yang menakjubkan. Sesuai namanya, pesta pernikahan ini memang menjadikan hutan sebagai wedding venue, dengan pemandangan pepohonan yang rindang dan nuansa hijau nan asri sebagai background-nya.

wm_article_imgwm_article_img

Salah satu hutan yang cocok untuk tema satu ini adalah hutan pinus. Pohonnya yang tinggi-tinggi dan daunnya yang tidak terlalu lebat membuat hutan pinus menjadi tempat yang cocok untuk latar pernikahan. Tidak perlu khawatir susah mencari hutan pinus, karena sekarang banyak hutan pinus di berbagai daerah. Hutan pinus ini biasa dijadikan sebagai tempat wisata, namun para pengelola juga menyediakan area tertentu yang bisa dipesan oleh calon pengantin untuk dijadikan tempat resepsi pernikahan.

wm_article_img

Berbagai ornamen dekorasi bisa dimanfaatkan untuk tema pernikahan yang satu ini. Mulai dari kain, bunga, lampu-lampu, kursi atau bangku kayu, hingga batang pohon yang tumbang sekalipun. Tentu disesuaikan dengan preferensi pribadi masing-masing. Misalnya, ingin menciptakan ambience ala wonderland, kamu bisa memanfaatkan aneka tumbuhan unik untuk memberi kesan lush. Bisa juga menciptakan nuansa hangat ala bohemian rustic wedding dengan palet warna earthy tone dan pengaplikasian tumbuhan kering di berbagai sudutnya. 

wm_article_img

Atau, mau mencoba konsep dekorasi ala glamping? Kamu bisa memanfaatkan pohon pinus sebagai ayunan, dengan memasang hammock di antara satu pohon dan yang lainnya. Di sisi lain, kamu juga bisa memanfaatkan ranting pohon untuk dijadikan gapura ataupun tempat photobooth corner. Jangan lupa tambahkan permadani yang ditempatkan di tengah-tengah antara kursi pengunjung sebagai tempat jalan pengantin.

3. Garden Party

wm_article_img

Garden party adalah ide dekorasi pernikahan yang diadakan di sebuah taman. Garden party menjadi salah satu alternatif dekorasi pernikahan yang cocok untuk menciptakan suasana santai dan mempererat hubungan antara pengantin dengan para tamu.

wm_article_img

Jika kamu ingin dekorasi pernikahan yang simpel dan tidak memerlukan banyak aksesoris, konsep garden party menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya untuk menciptakan garden party yang cantik namun tetap elegan, dekorasinya cukup dengan kain putih sebagai backdrop pelaminan.

Bahkan, tak perlu pelaminan sama sekali! Apabila kamu menggunakan konsep mingle, dimana pengantin bisa menghampiri tamu satu per satu. Selain itu, bunga dan lampu tumblr juga bisa digunakan sebagai tambahan hiasan dekorasi pernikahan ala garden party ini.

wm_article_img

Tema dekorasi pernikahan ala garden party tentu paling pas diaplikasikan pada musim panas. Dengan demikian, kamu tidak perlu khawatir akan kemungkinan turun hujan di kala pesta sedang berlangsung. Agar semakin menarik, kamu pun juga bisa menyediakan area barbeque khusus agar suasana pesta pernikahan semakin hangat dan menyenangkan.

4. Semi Outdoor Canopy

wm_article_img

Pernikahan di musim panas  identik dengan ruangan terbuka dimana langit yang menjadi atapnya. Pernyataan tersebut tentu tidak salah. Dalam hal ini jika pesta diadakan di siang hari yang terik, rasa tidak nyaman karena sengatan sinar matahari mungkin akan menjadi kendala tersendiri. Namun, jangan khawatir karena sekarang ada inovasi baru yang membuat pernikahan musim panasmu menjadi lebih nyaman. Yup, dengan memanfaatkan kanopi!

wm_article_img

Jadi, bisa dikatakan konsep dekorasi pernikahan yang satu ini tergolong semi-outdoor. Tidak perlu takut akan panas-panasan lagi karena dekorasi pernikahan yang menggunakan kanopi bisa jadi solusi terbaik. Kanopi sendiri adalah atap yang dibuat terpisah dengan bangunan, yang bertujuan untuk melindungi halaman rumah atau venue pesta pernikahan dari teriknya matahari di musim panas.

wm_article_img

Konsep kanopi dalam dekorasi pernikahan semi outdoor mirip dengan dengan kanopi yang digunakan pada dekorasi rumah. Akan tetapi, kanopi pernikahan tidak terbuat dari baja melainkan bisa memanfaatkan kain putih yang disanggah oleh kayu atau menggunakan string lights yang dipasang membentuk sebuah atap. Meskipun tak sepenuhnya bisa menahan panas dan hujan, dengan menggunakan dekorasi kanopi tersebut, pesta pernikahanmu menjadi sedikit lebih sejuk dan tampilannya pun lebih menarik.

wm_article_img

Itulah beberapa ide tema dekorasi pernikahan di musim panas yang bisa diterapkan pada pesta pernikahanmu kelak. Semua rekomendasi di atas tentunya mengikuti konsep dekorasi modern yang sesuai dengan perkembangan zaman. Selain itu, perlu diingat juga, untuk konsep dekorasi pernikahan di ruang terbuka perlu dilengkapi dengan desain yang melindungi pengantin dan para tamu dari hawa panas hingga pesta pernikahan usai. 

Tentunya, vendor dekorasi pernikahan atau wedding stylist berpengalaman bisa membantumu menemukan solusi tepat guna untuk menciptakan pernikahan outdoor yang tak hanya indah secara visual, tapi juga nyaman bagi semua yang hadir di acara tersebut. Langsung saja, yuk, konsultasikan ide dan konsep pernikahan impianmu pada vendor- vendor pernikahan terbaik di WeddingMarket. Semoga dream wedding-mu dapat terwujud, ya!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...