Pilih Kategori Artikel

Makna Dibalik Warna Tema Pernikahan yang Harus Kamu Tahu!
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Apa kamu percaya warna dapat mempengaruhi suasana hati seseorang? Yup, psikologi warna tertentu diyakini memberikan pengaruh pada mood orang yang memandangnya. Termasuk pula warna tema pernikahan, tentu bisa menjadi faktor penting yang dapat membangun ambience di acara pesta tersebut digelar.

Ketika ingin melangsungkan sebuah pernikahan, calon pengantin pasti mempersiapkan tema pernikahannya terlebih dahulu. Dalam hal ini, fungsi dari tema pernikahan adalah membuat tampilan pesta menjadi lebih cantik dan berwarna, sesuai keinginan pengantin. Terkadang, pemilihan tema warna pernikahan juga erat kaitannya dengan adat istiadat, tren yang sedang digandrungi, konsep pesta yang akan digunakan ataupun selera pribadi pengantin. 

Namun, tahukah kamu bahwa warna-warna tertentu juga memiliki makna yang terkandung di dalamnya? Salah satu contohnya adalah tema pernikahan warna putih ynag diyakini mengandung makna kesucian dan ketulusan. Nah, untuk lebih jelasnya, berikut arti warna tema pernikahan lainnya yang perlu kamu ketahui!

Putih : Kesucian dan Ketulusan

wm_article_img
Dekorasi: Elior Design

Warna pertama yang seringkali digunakan pada pesta pernikahan adalah putih. Dari zaman dahulu pemilihan warna putih untuk tema pernikahan seolah tak lekang oleh waktu. Bagi masyarakat luas, warna putih mempunyai arti kesucian dan ketulusan. Berkat arti tersebut, tidak heran jika banyak pengantin memilih warna ini untuk backdrop pelaminan maupun dekorasi pesta pernikahan lainnya.

Alasan lain mengapa warna putih mempunyai banyak peminat, karena putih adalah warna netral yang bisa dipadu-padankan dengan aneka palet warna yang lain. Contoh perpaduan dekorasi pernikahan warna putih yang harmonis yakni seperti warna putih-pastel, putih-emas, bahkan putih-hitam. 

Salah satu contoh mengaplikasikan tema putih yang populer akhir-akhir ini adalah untuk tema pernikahan garden party. Dalam tema tersebut, secara keseluruhan warna yang digunakan adalah warna putih. Agar suasananya menjadi lebih hidup,ornamen-ornamen berupa daun-daun berwarna hijau, lampu tumblr dengan cahaya orange dan kursi dengan sentuhan warna coklat juga bisa ditambahkan.

Merah : Suka Cita, Kebahagiaan, Percaya Diri dan Semangat

wm_article_img
Dekorasi: Pretty Blossom Decoration

Warna merah tidak terlalu umum untuk digunakan sebagai tema pernikahan karena seringkali dianggap terlalu mencolok. Namun dalam beberapa tradisi adat di Indonesia maupun untuk masyarakat Tionghoa, merah adalah warna favorit mereka untuk pesta pernikahan.

Dalam tradisi masyarakat Tionghoa misalnya, merah menjadi simbol dari suka cita, kebahagiaan, percaya diri dan semangat yang dimiliki oleh pengantin beserta keluarganya. Warna merah ini mereka aplikasikan pada dekorasi pernikahan maupun pada baju pengantin yang digunakan. Untuk menghindari tampilan yang terlalu monoton, beberapa kombinasi warna merah dengan warna emas, hitam atau putih bisa jadi opsi.

Biru : Ketenangan dan Kedamaian

wm_article_img
Foto: lxemoments | Dekorasi: Lotus Design

Ada dua elemen di alam yang selalu identik dengan biru yaitu langit dan laut. Kedua elemen tersebut tidak bisa lepas dari warna biru yang melambangkan rasa tenang. Oleh karena keindahannya, warna biru lalu banyak diadaptasi menjadi warna tema pernikahan. Warna yang menenangkan ini selalu berhasil masuk kedalam jajaran warna tren pernikahan.

Kamu bisa mengaplikasikan warna biru sebagai backdrop, aksesoris seperti bunga, pita, serta warna kain yang digunakan untuk menutupi kursi tamu. Untuk lebih menarik dan tampak harmonis, warna biru dapat pula disandingkan dengan warna-warna lain seperti putih, emas, pink, silver hingga kuning.

Kuning: Kebahagiaan, Suka cita, serta Optimisme Jiwa Muda

wm_article_img
Dekorasi: Pretty Blossom Decoration

Selain merah, ternyata ada warna unik lain yang sering diterapkan pada pesta pernikahan yaitu kuning. Warnanya yang cerah, menjadi simbol dari musim panas yang penuh akan kebahagiaan, suka cita, serta optimisme jiwa muda. Walaupun kuning melambangkan hal-hal baik, namun rupanya tidak semua orang percaya diri menggunakan warna tersebut sebagai tema pernikahan. Alasannya, karena kuning dianggap terlalu mencolok. 

Namun kamu tidak perlu khawatir, pasalnya kamu bisa menyiasatinya dengan cara mengkombinasikan tema kuning dengan warna lain seperti biru muda dan hijau. kedua warna tersebut, tentunya bisa sedikit meredam kemilau warna kuning hingga tidak terlalu mencolok.

Hijau : Kehidupan, Keharmonisan, dan Keseimbangan

wm_article_img
Dekorasi: Bloomsville

Biru dan hijau merupakan beberapa contoh warna yang melambangkan alam. Jika biru menjadi simbol dari laut dan langit, maka hijau selalu dikaitkan dengan tanaman dan dedaunan yang mampu memberikan ketenangan bagi sekitarnya. Contoh tema pernikahan warna hijau yang bisa kamu gunakan adalah pernikahan konsep outdoor dengan hutan pinus sebagai latarnya. Dalam tema tersebut, kamu bisa merasakan perasaan menyatu dengan alam sekaligus merasa tenang disaat bersamaan.

Itulah beberapa makna dari warna tema pernikahan yang perlu kamu tahu. Setelah mengetahui artinya, semoga kamu bisa lebih menyesuaikan pilihan palet warna dengan harapan untuk pernikahanmu. Meskipun tidak ada tolok ukur pasti, tak ada salahnya untuk menyelaraskan antara warna favoritmu dengan ambience-nya, bukan? 

Apapun itu, tentunya dengan pemilihan warna dekorasi yang tepat diharapkan dapat memberikan kebahagiaan, tidak hanya untuk pengantin tapi juga bagi para tamu yang hadir di acara tersebut. Nah, sudah tau mau pakai warna yang mana untuk tema pesta pernikahan kamu? 

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...