Pilih Kategori Artikel

Inspirasi Menu Pesta Pernikahan di Rumah yang Lezat dan Berkesan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Memilih menu pesta pernikahan di rumah merupakan salah satu hal yang menyenangkan dalam menyiapkan pernikahan impian kamu bersama pasangan. Untuk menyediakan makanan yg lezat, tentunya kamu harus menyiapkan anggaran yang harus dialokasikan untuk kebutuhan menu di dalam pesta pernikahanmu. 

Ada berbagai menu pesta pernikahan di rumah yang bisa kamu hidangkan untuk tamu undangan. Jika kamu dan pasangan menggunakan vendor tersendiri untuk pernikahan, tentunya hal ini akan memudahkan. Kamu bisa memilih berbagai pilihan sesuai dengan preferensimu yang disesuaikan dengan lidah kebanyakan tamu undangan yang akan hadir. 

Jika kamu dan pasanganmu masih belum mengetahui menu apa yang akan dihidangkan untuk tamu undangan, WeddingMarket sudah merangkum inspirasi aneka olahan menu pesta pernikahan di rumah yang lezat dan berkesan untuk tamu undanganmu.

Cara Menentukan Pilihan Menu Pesta Pernikahan di Rumah

wm_article_img

Sebelum kita membahas menu hidangan untuk pesta pernikahan di rumah, penting untuk memperhatikan beberapa poin kunci bersama pasangan untuk menentukan pilihan menu yang tepat.

  • Tentukanlah terlebih dahulu anggaran yang akan dialokasikan untuk pelayanan catering.

  • Pikirkan dengan matang konsep acara yang diinginkan, apakah lebih santai, formal, mengikuti tradisi, atau mungkin mengusung tema tertentu.

  • Perhatikan kebutuhan khusus para tamu, termasuk apakah ada yang memiliki alergi makanan atau preferensi diet tertentu.

  • Pilihlah variasi hidangan yang dapat memuaskan beragam selera dan kebutuhan para tamu yang hadir.

  • Jika menggunakan vendor, segera hubungi penyedia layanan catering yang dapat menyesuaikan menu dengan anggaran, konsep acara, dan kebutuhan para tamu.

  • Pastikan untuk mencicipi menu yang dipilih terlebih dahulu untuk memastikan kualitasnya dan agar penyajiannya sesuai dengan harapan.

  • Jangan lupakan untuk mempertimbangkan juga hidangan khas yang bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi acara pernikahan mu bersama pasangan.

Dengan memperhatikan hal-hal ini, kamu dapat membuat keputusan yang baik dan tepat dalam memilih menu yang akan disajikan di hari istimewa itu. Dalam menggali lebih dalam mengenai pilihan menu, ada beberapa opsi yang dapat kamu pertimbangkan, mulai dari hidangan utama hingga hidangan penutup yang memikat selera. Mari kita jelajahi berbagai pilihan tersebut untuk menciptakan pesta pernikahan yang tak terlupakan bagi semua tamu yang hadir.

Hidangan Pembuka

wm_article_img

Di dalam daftar menu untuk pesta pernikahan, ada baiknya kita memulai dengan hidangan pembuka yang akan menggugah selera para tamu undangan pernikahan kamu. Biasanya, sebelum makanan utama disajikan, hidangan pembuka disiapkan dan dinikmati oleh para tamu.  Meskipun porsi yang disajikan biasanya lebih kecil daripada masakan utama, tetapi appetizer tidak kalah penting dari main course, karena orang-orang sering menilai kualitas suatu prasmanan pada makanan pembukanya atau appetizer.

Pilihan hidangan pembuka untuk menu pernikahan sangat beragam. Makanan khas Indonesia seperti surabi, bakwan, dan pempek kamu bisa hadirkan sebagai hidangan pembuka yang nikmat. Kamu juga bisa hadirkan jajanan-jajanan yang seringkali ditemukan di pinggiran jalan seperti siomay, batagor, dimsum, tahu isi, dan lain sebagainya.

Menu hidangan pembuka yang ringan dan nyaman di lidah tentunya akan menciptakan kesan yang baik kepada tamu undangan yang menikmatinya.

Aneka Olahan Daging

wm_article_img

Nasi putih merupakan salah satu makanan wajib yang biasa dimakan oleh orang Indonesia. Dengan menghadirkan aneka olahan daging yang akan disantap dengan nasi putih hangat merupakan salah satu pilihan yang tepat dalam menghadirkan menu yang lezat dan juga berkesan. 

Pilihan untuk olahan daging juga sangat beragam. Kamu dan pasangan bisa memilih dari masakan khas Indonesia seperti rendang, semur, empal, gulai kambing, ayam goreng serundeng, hingga masakan modern seperti ayam goreng mentega, beef teriyaki, dan lain sebagainya.. 

Hal yang harus diperhatikan dalam menghadirkan menu dengan olahan daging ini adalah kamu harus memastikan bahwa dalam pengolahan daging tersebut dilakukan dengan benar. Agar rasa dan tekstur yang dihasilkan akan berkesan dan memuaskan tamu yang datang pada acara pernikahan kamu.

Olahan Sayur tanpa Kuah

wm_article_img

Selain menyajikan beragam hidangan berprotein, akan lebih menarik jika kamu juga memasukkan pilihan hidangan sayuran tanpa kuah dalam menu pesta pernikahan di rumah. Tidak sulit untuk menemukan menu sayuran tanpa kuah  yang pas untuk acara pernikahan. Kamu bisa memulai dari olahan hidangan khas nusantara seperti karedok atau gado-gado. 

Sayuran dengan variasi jenis, seperti tauge, mentimun, kubis, dan buncis, disajikan dengan kuah kacang yang lezat dengan sentuhan pedas yang ringan. Kombinasi ini menyajikan sensasi kesegaran yang nikmat dan sempurna untuk dinikmati tamu undangan saat jam makan siang.

Selain dua makanan di atas, untuk olahan ini kamu juga bisa menghadirkan hidangan capcay. Siapa pun suka dengan sayuran ini, apalagi isinya lumayan bervariasi. Selain itu makanan ini adalah makanan yang banyak dihidangkan sebagai olahan rumahan yang lezat dan penuh nutrisi. Jika kamu menggunakan vendor catering, kamu bisa meminta untuk menambahkan protein lain dalam sajian capcay, seperti udang, bakso, atau ayam, agar lebih nikmat dan mempunyai tampilan lebih menarik.

Aneka Menu Sup 

wm_article_img

Salah satu menu pesta pernikahan di rumah yang selalu dihidangkan adalah aneka sup yang nikmat dan tentunya menyegarkan. Kamu dan pasangan bisa menghadirkan hidangan sup yang memiliki rasa light dan nyaman untuk para lidah tamu undangan. 

Sup ayam dan sup bakso bisa menjadi pilihan utama untuk dihadirkan sebagai menu pesta pernikahan di rumah yang lezat dan tentunya berkesan untuk tamu undangan yang datang. Menu makanan ini akan menjadi perpaduan sempurna antara rempah-rempah pilihan dan sayuran segar seperti wortel, brokoli, dan bawang daun akan memberikan cita rasa yang memanjakan lidah, membuat siapa pun yang menikmatinya. 

Pilihan lain yang bisa kamu hidangkan adalah soto. Siapa yang tidak tau hidangan berkuah gurih yang nikmat dan familiar dengan orang Indonesia ini. Kamu bisa menghadirkan soto ayam atau soto daging sekalipun. Para tamu undangan pasti akan suka dengan menu hidangan ini.

Aneka Hidangan Penutup

wm_article_img

Selain menjadi hidangan penutup, beberapa tamu bahkan mencari dessert sebelum mencoba hidangan lainnya. Oleh karena itu, perlu memberikan perhatian khusus pada menu dessert saat melakukan uji coba makanan, selain mempertimbangkan hidangan utama. 

Sajian hidangan penutup di dalam pernikahan yang istimewa akan membuat acara lebih berkesan. Pasalnya, hidangan ini akan menemani canda tawa para tamu undangan saat menikmati suasana perayaan cinta kamu bersama pasangan. 

Kamu bisa menghadirkan buah potong yang segar seperti semangka, melon, buah apel, dan lain sebagainya. Selain itu, kamu juga bisa menyediakan es sup buah yang segar dan manis. Kombinasi hidangan ini akan sangat cocok untuk menemani para tamu undangan setelah menyantap hidangan utama.

Itulah inspirasi aneka menu pesta pernikahan di rumah yang lezat dan berkesan. Dengan informasi ini kamu bisa tawarkan kelezatan yang memikat dan tak terlupakan dengan memilih menu yang sesuai dengan selera dan tema pernikahan kamu bersama pasangan.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...