4 Menu Prasmanan Pernikahan di Rumah yang Wajib Kamu Pertimbangkan - Wedding Market

4 Menu Prasmanan Pernikahan di Rumah yang Wajib Kamu Pertimbangkan

23 Dec 2020 | By Septina Muslimah WeddingMarket | Viewers: 2310
4 Menu Prasmanan Pernikahan di Rumah yang Wajib Kamu Pertimbangkan
Foto: Royal Plaza on Scotts Singapore from Facebook

Melaksanakan acara pernikahan yang sempurna memang menjadi salah satu impian banyak orang. Meski standar sempurna yang dimiliki setiap orang cukup berbeda, namun mayoritas masyarakat akan melakukan persiapan pernikahan yang cukup mirip antara satu sama lain. Salah satu persiapan yang cukup banyak memakan waktu adalah mempersiapkan menu prasmanan pernikahan di rumah.

Dewasa ini memang banyak orang yang lebih memilih untuk mengadakan acara pernikahan di rumah sendiri dibandingkan dengan menyewa gedung pernikahan. Hal ini dikarenakan lokasi pernikahan dinilai bisa mempengaruhi berbagai persiapan lainnya, salah satunya adalah budget.

Mengadakan pernikahan di rumah dinilai bisa menghemat budget yang seharusnya digunakan untuk menyewa gedung. Biaya yang dihemat karena hal tersebut juga bisa digunakan untuk membayar detail pernikahan lainnya, salah satunya adalah hidangan pernikahan.

Saat menyusun hidangan, pernikahan juga ada banyak hal yang harus dipertimbangkan mulai dari jumlah porsi hidangan hingga variasi hidangan yang akan disajikan. Mengadakan acara pernikahan di rumah bukan berarti kamu harus mengadakan pernikahan yang serba sederhana.

Kamu tetap bisa mewujudkan pernikahan impianmu meski kamu mengadakannya di rumah sendiri. Kamu bisa mencari referensi dari berbagai media mengenai persiapan yang harus dilakukan untuk mewujudkan pernikahan impian tersebut.

Mengenai menu  catering pernikahan prasmanan rumah, kamu juga bisa berkonsultasi dengan vendor catering yang kamu gunakan untuk memilih menu dan menyesuaikan dengan budget yang kamu miliki. Adapun beberapa variasi menu yang bisa kamu jadikan referensi saat mempersiapkan pernikahan diantaranya :

1. Variasi Nasi

4 Menu Prasmanan Pernikahan di Rumah yang Wajib Kamu Pertimbangkan
Foto:  EzumeImages from Getty Images

Nasi menjadi menu catering pernikahan prasmanan pertama yang wajib hadir di acara pernikahan. Jika kamu pernah menghadiri acara pernikahan di gedung-gedung mewah, tentu kamu akan menyadari bahwa makanan pokok ini sering disajikan menggunakan beberapa variasi seperti nasi putih dan nasi goreng.

Jika kamu memiliki budget yang cukup, maka kamu juga bisa menyediakan menu ini saat mengadakan pernikahan di rumah. Namun jika budget yang kamu miliki cukup terbatas, maka kamu cukup menyediakan nasi putih biasa saja. Meski kamu tidak menyediakan variasi nasi lainnya, Menu prasmanan pernikahan di rumah ini akan tetap disukai oleh para tamu undangan.

2. Variasi Daging

4 Menu Prasmanan Pernikahan di Rumah yang Wajib Kamu Pertimbangkan
Foto: Cocolobo Meat and Grill

Dalam acara pernikahan, menu daging merupakan menu prasmanan pernikahan yang wajib disediakan. Untuk menghemat budget, kamu bisa memilih variasi menu daging yang sesuai dengan budget yang kamu miliki.

Variasi daging yang paling banyak digunakan di masyarakat Indonesia adalah daging ayam. Kamu bisa mengolah daging ayam tersebut menjadi beberapa pilihan menu seperti ayam goreng mentega, ayam cusnut, ayam lapis keju, ayam suwir, dan menu ayam lainnya.

Kamu juga bisa menggunakan variasi daging lainnya seperti daging sapi, kambing, atau daging ikan. Kamu bisa berkonsultasi dengan catering yang kamu gunakan untuk mengetahui menu yang sesuai dengan budget yang kamu miliki.

3. Variasi Sayuran

4 Menu Prasmanan Pernikahan di Rumah yang Wajib Kamu Pertimbangkan
Foto: eatbook.sg

Selain daging, menu prasmanan pernikahan sederhana di rumah juga biasanya sudah termasuk adanya variasi sayuran. Kamu bisa memilih beberapa variasi menu seperti sayur sop, capcay, hingga karedok.

Untuk menghemat budget, kamu bisa menyediakan satu variasi sayuran saja. Pertimbangan ini perlu dilakukan karena kamu juga harus menghitung budget yang dimiliki dengan jumlah porsi yang akan dibuat.

4. Variasi Food Stall

4 Menu Pernikahan di Rumah yang Wajib Kamu Pertimbangkan
Foto: intrepidtravel.com

Jika nasi, variasi daging, dan sayuran merupakan menu yang paling dasar dalam hidangan prasmanan, food stall merupakan menu prasmanan pernikahan di rumah yang bisa disediakan tergantung pada selera kamu. Food stall biasanya terdiri dari beberapa hidangan yang berbentuk cemilan atau dessert.

Food stall dessert yang paling umum disediakan adalah stall buah potong dan stall es krim. Namun jika kamu memiliki budget yang cukup, kamu juga bisa menyediakan stall lainnya seperti stall bakso, stall soto, siomay, hingga hidangan lain seperti crepes dan zupa soup.

Namun kamu harus ingat bahwa perhitungan porsi yang harus disediakan juga harus dipertimbangkan dengan porsi makanan berat yang kamu siapkan sebelumnya. Pastikan kamu sudah memahami cara perhitungan yang tepat agar food stall yang disediakan bisa memadai dan sesuai dengan tamu undangan yang hadir.

Itulah beberapa variasi menu prasmanan untuk catering pernikahan di rumah yang bisa menjadi referensi saat kamu menyusun rencana pernikahanmu. Saat menyusun menu hidangan pernikahan, bukan hanya budget yang harus menjadi pertimbangan utama.

Jumlah tamu undangan juga wajib masuk dalam pertimbangan saat kamu menentukan jenis menu yang akan kamu pilih. Secara kasar, kamu harus menyediakan hidangan sejumlah dua kali lipat dari jumlah tamu undangan.

Jika kamu mengundang 500 orang, maka setidaknya kamu harus menyiapkan 1000 porsi makanan. Namun pembagian mengenai jumlah porsi makanan berat dan jumlah porsi food stall tergantung pada pertimbangan kamu dan keluarga.

Berkonsultasi dengan vendor yang berpengalaman merupakan cara terbaik yang perlu kamu lakukan jika kamu kebingungan menentukan menu prasmanan pernikahan di rumah. Ketelitian saat kamu mempersiapkan berbagai detail pernikahan akan menentukan kelancaran acara pernikahan yang kamu nanti-nantikan.

Pesan Tiket Gratis WeddingMarket Fair Sekarang!
13 - 14 Agustus 2022 | Hotel Bidakara Jakarta

Artikel Terkait


Menangkan Hadiah Ratusan Juta Rupiah di WeddingMarket Fair!

Pesan Tiket Gratis Sekarang
WeddingMarket

Hello, thank you for Visiting us. Any Question?