Pilih Kategori Artikel

Panduan Palet Warna yang Cocok untuk Pernikahan di Pinggir Pantai
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Menggelar pernikahan di pinggir pantai merupakan impian banyak pasangan yang ingin merayakan hari istimewa mereka dengan latar belakang indahnya ombak dan langit biru yang romantis. Untuk mewujudkan suasana yang harmonis dan estetis ini, penting untuk memilih palet warna yang tepat agar dekorasi terlihat lebih indah dan sesuai dengan ambience romantis yang ingin dibangun. 

Keindahan alam dengan pantai dengan pasir putih, laut biru, dan langit yang luas memberikan inspirasi warna yang tak terbatas. Palet warna yang diambil dari warna-warna alam, seperti nuansa biru, hijau, dan putih, bisa menciptakan suasana yang segar sekaligus menenangkan. 

Selain itu, tambahan warna-warna yang warm seperti coral dan peach juga bisa memberikan sentuhan yang hangat dan intim pada dekorasi pernikahan kamu. Dengan kombinasi yang tepat, suasana pernikahan kamu tidak hanya akan terlihat cantik, tetapi juga akan membawa kesan yang tak terlupakan bagi kamu dan para tamu.

Lalu, apa saja palet warna yang sesuai untuk pernikahan dengan venue outdoor di pinggir pantai? Simak artikel berikut untuk informasi selengkapnya, ya!

Panduan Palet Warna untuk Pernikahan di Pinggir Pantai

Memilih palet warna untuk pernikahan di pantai bisa sangat mempengaruhi suasana dan perasaan yang ingin kamu dan pasangan ciptakan. Warna-warna yang akan disebutkan ini misalnya, akan membantu mengekspresikan suasana hati yang kamu ingin ciptakan di hari istimewa kamu.

Misalnya, jika kamu memilih warna-warna yang mengingatkan pada matahari terbenam, seperti oranye, merah, dan kuning, kamu bisa menciptakan suasana yang hangat dan ceria, mirip dengan pemandangan musim panas yang penuh kegembiraan. Sebaliknya, jika kamu memilih warna-warna netral seperti putih, abu-abu, dan beige, maka suasana yang dibangun adalah ambience yang tenang dan damai, di mana keindahan alami pantai akan menjadi pusat perhatian.

Selain menciptakan suasana, pilihan warna juga bisa membangun konsep desain dan dekorasi dari keseluruhan konsep pernikahan kamu. Misalnya, menambahkan semburat warna hitam akan memberikan sentuhan kontemporer dan modern, sementara menggunakan warna-warna coklat dan krem akan memperkuat tema bohemian atau rustic di pantai yang santai dan alami.

Jika kamu masih bingung memilih warna yang tepat untuk pernikahan kamu yang mengambil venue outdoor di pinggir pantai, jangan khawatir! Berikut beberapa rekomendasi yang bisa kamu jadikan pertimbangan sebagai palet warna utama dekorasi pernikahan kamu:

  1. Hitam

wm_article_img

Pernah terpikirkan untuk menggunakan dekorasi serba hitam untuk pernikahan pinggir pantai kamu? Ternyata, warna gelap nan dramatis ini bisa menciptakan suasana yang elegan dan sangat cocok untuk kamu yang ingin membuat konsep pernikahan yang lebih formal, loh! Tapi, kamu harus hati-hati memilih dekorasi dan seluruh elemen pendukungnya, karena penggunaan warna hitam ini cukup tricky sehingga harus benar-benar diperhatikan agar tone-nya sesuai dan terlihat menarik.

wm_article_img

Pantai sendiri biasanya identik dengan warna biru, hijau, kuning, dan krem yang berpadu indah. Dengan menambahkan warna hitam, kamu akan menciptakan kontras menarik untuk menonjolkan keindahan alam sekitar dan pasti akan menarik perhatian para tamu yang datang. Meski nampak untuk pernikahan di siang hari, tapi dekorasi full black ini akan lebih sesuai untuk kamu yang ingin menyelenggarakan acara pernikahan di malam hari.

wm_article_img

Memilih palet warna hitam untuk konsep dekorasi pernikahan di pinggir pantai adalah pilihan yang unik dan berani. Warna hitam sering dikaitkan dengan vibes yang elegan, strong, dan namun juga sederhana. Untuk menghindari suasana yang terlalu gelap atau suram, kamu bisa mengkombinasikan warna hitam dengan warna lain seperti putih, emas, atau perak. Dengan kombinasi yang tepat dan eksekusi yang baik, dekorasi warna hitam ini akan menciptakan suasana yang elegan, modern, dan sangat mengesankan.

  1. Hitam, Putih dan Hijau

wm_article_img

Jika tidak ingin terpaku pada dominasi warna hitam, kamu bisa menambahkan sentuhan halus warna akromatik seperti putih dan hijau.  Memilih palet warna hitam, putih, dan hijau untuk konsep dekorasi pernikahan di pinggir pantai bisa menjadi pilihan yang elegan dan segar. Kedua warna ini bisa memberikan kontras yang dan menonjolkan keindahan pemandangan alami di pantai. Sementara warna-warna terang menyatu dengan latar belakang pantai, warna hitam akan menonjol dan menarik perhatian.

wm_article_imgwm_article_img

Kamu bisa menggunakan kursi hitam yang ditempatkan di atas pasir putih atau rumput sintetis berwarna hijau, menghadap panggung yang didekorasi dengan harmonis di depan laut. Tambahkan lentera rotan hitam yang digantung di antara tanaman hijau untuk memberikan efek dramatis namun tetap alami. Lengkapi tampilan ini dengan menata lorong pernikahan kamu dengan deretan tanaman tropis yang subur.

Supaya kontras warna terlihat harmonis, gunakan putih sebagai warna dasar untuk menciptakan tampilan yang bersih dan terang, sementara warna hitam dan hijau digunakan sebagai warna aksen untuk menambah kesegaran tampilan. Dekorasi berwarna serupa bisa kamu terapkan di beberapa bagian lain agar lebih senada dan terlihat menawan.

  1. Putih, Hijau dan Emas

wm_article_img

Jika kamu lebih suka tampilan yang cukup simpel dengan sedikit sentuhan glamour, coba ganti warna hitam dengan warna emas. Palet warna putih, hijau, dan emas adalah kombinasi yang segar dan elegan untuk konsep dekorasi pernikahan di pinggir pantai. Ini adalah pilihan yang cocok untuk menciptakan suasana yang natural, tropis, dan mewah.

wm_article_img

Kombinasi warna putih, hijau dan emas ini adalah palet yang cukup banyak dipilih oleh calon pengantin yang memilih untuk menggelar acara pernikahan di pantai. Bagi mereka, ketiga warna ini cocok dengan palet warna pantai, sehingga bisa menampilkan keindahan alami pantai. Perpaduan antara warna putih dan hijau akan melengkapi keindahan ayunan pohon di atas pasir pantai, sementara sentuhan warna emas bisa memberikan kesan mewah dan glamour.

wm_article_img

Kamu bisa menggunakan elemen-elemen putih seperti tenda, meja, atau dekorasi bunga putih untuk memberikan clean and clear look. Untuk warna hijau, kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan tanaman hijau seperti palem, monstera, atau daun tropis untuk di meja-meja atau sebagai bagian dari hiasan dinding. Sementara untuk warna emas, kamu bisa menambah hiasan meja tempat duduk, atau aksen emas pada pernak-pernik seperti pita atau hiasan dinding untuk menambahkan kilauan yang elegan.

  1. Putih, Biru dan Periwinkle

wm_article_img

Seperti halnya perpaduan warna putih dan hijau, kombinasi putih dan nuansa biru seperti periwinkle, biru tua, dan biru langit juga menciptakan nuansa pantai yang alami. Warna-warna ini mengingatkan pada deburan ombak di pantai dan langit biru dengan awan tipis yang menghiasinya. Palet warna putih, biru, dan periwinkle sangat cocok untuk konsep dekorasi pernikahan di pinggir pantai karena menciptakan suasana yang tenang, romantis, dan harmonis dengan lingkungan laut. 

Meski warnanya serupa dengan warna latar belakang, namun kombinasi ketiga warna ini bukan untuk menggantikan elemen alam yang sudah ada, tapi untuk melengkapinya, sehingga menghasilkan suasana yang harmonis dengan lingkungan pantai. Berbeda dengan warna yang mencolok dan menarik perhatian, palet dengan tone biru-putih ini memberikan kesan yang lebih santai dan tenang.

wm_article_imgwm_article_img

Jika kamu tertarik untuk menggunakan palet warna ini untuk menjadi dekorasi pernikahan kamu, kamu bisa mempertimbangkan untuk menambahkan aksen biru pada gaun pernikahanmu, dan untuk pasangan kamu, ia bisa menggunakan setelan jas berwarna biru tua untuk warna kontras. Untuk dekorasi, kamu bisa menggunakan beragam bunga seperti mawar, peony atau lily dengan sentuhan warna biru untuk menciptakan suasana klasik. 

  1. Putih, Coklat dan Krem

wm_article_img

Mengambil inspirasi dari warna-warna yang warm dari elemen pasir, warna coklat, krem, dan putih adalah pilihan sempurna untuk menjadi warna utama dekorasi pernikahan kamu. Warna-warna ini dianggap bisa memancarkan perasaan tenang dan damai yang sering dirasakan saat berada di pantai, namun tetap memberikan kesan elegan dan penuh semangat. Karena nuansa ini memiliki kesan alami dan bersahaja, warna-warna ini sangat cocok untuk pesta tepi pantai dengan tema bohemian.

wm_article_img

Untuk pesta pernikahan dengan tema boho-tropis yang menggunakan palet warna ini, kamu bisa menggunakan elemen seperti rumput pampas, daun palem kering, dan bunga-bunga dengan warna krem dan beige untuk melengkapi dekorasi utama kamu, mulai dari altar hingga aksen di area centerpiece. Selain itu, kursi anyaman dan lampion rotan gantung anyaman juga akan bisa menciptakan estetika yang diinginkan sekaligus memperkuat palet warna yang telah dipilih.

wm_article_img

Untuk melengkapi tampilan ini, kamu juga bisa mempertimbangkan penggunaan elemen dekoratif lainnya seperti meja kayu dengan taplak berwarna netral, lilin putih dalam berbagai ukuran, dan sentuhan bunga tropis berwarna pastel. Semua ini akan menciptakan suasana yang hangat, sekaligus mempertahankan kesan elegan dan bohemian yang diinginkan. 

  1. Peach, Oranye dan Sage

wm_article_img

Pemandangan pantai yang tenang dan syahdu akan membawa kamu dan para tamu undangan ke destinasi liburan yang menenangkan, namun tapi perpaduan warna yang cerah sangat bisa menghidupkan suasana sehingga lebih menyenangkan. Untuk menciptakan nuansa seperti ini, pilihlah warna peach, oranye, dan sage. Warna peach dan oranye mencerminkan warna matahari terbenam yang indah, sedangkan warna sage akan menghadirkan sentuhan floral yang menenangkan.

wm_article_imgwm_article_img

Selain itu, palet warna peach, oranye, dan sage juga merupakan kombinasi yang segar dan harmonis untuk dekorasi pernikahan di pinggir pantai. Warna-warna ini menciptakan suasana yang hangat, alami, dan romantis, sehingga sangat sempurna untuk menyatu dengan keindahan alam pantai. Untuk menciptakan tampilan yang harmonis, pastikan ketiga warna ini digunakan secara proporsional dalam keseluruhan tema dekorasi. Kamu bisa menambahkan elemen-elemen dekoratif seperti lampu gantung berwarna cerah dan meja dengan taplak berwarna warni untuk memperkuat tema. Sentuhan akhir seperti bunga-bunga berwarna cerah di sepanjang jalan menuju pelaminan akan tampak serasi dengan semua dekorasi yang ada. 

  1. Peach, Merah Muda dan Biru

wm_article_img

Ide palet warna pernikahan pantai yang terakhir adalah kombinasi warna-warna segar lainnya yakni peach, merah muda dan biru. Seperti kombinasi yang disebutkan sebelumnya, warna peach dan merah muda melambangkan pemandangan matahari terbenam yang mempesona, sementara warna biru, menggambarkan perubahan langit dan lautan saat matahari tenggelam. Bagi kamu yang ingin suasana pernikahan yang ceria namun romantis, kamu bisa memilih paket warna ini.

wm_article_img

Penataan lorong, karangan bunga, dan centerpiece meja adalah bagian utama yang bisa didekor untuk menonjolkan ketiga warna ini. Kamu bisa menggunakan bunga-bunga segar seperti dahlia, calla lily yang berwarna senada sebagai dekorasi utama. Jika kamu tertarik untuk menggunakan palet warna ini untuk dekorasi kamu, sebaiknya jangan menggunakan palet dengan warna yang sama untuk gaun dan jas pengantin kamu, karena bisa menciptakan tampilan yang terlalu serasi dan kurang alami. Sebagai gantinya, kamu bisa menonjolkan ketiga warna ini sebagai aksesoris saja untuk pelengkap penampilanmu. 

wm_article_img

Untuk menghidupkan palet warna ini, kamu bisa menggunakan dekorasi seperti taplak meja berwarna biru yang lembut dengan aksen bunga berwarna peach dan merah muda. Buatlah lengkungan bunga di tempat upacara dengan kombinasi bunga berwarna tersebut, dan tambahkan lilin biru dan vas berwarna serasi di meja resepsi. Penggunaan elemen dekoratif ini akan menciptakan suasana yang hidup dan menyenangkan, yang mencerminkan keindahan dan energi matahari terbenam di pantai.

Pemilihan palet warna yang tepat untuk pernikahan di pinggir pantai bukan hanya soal mempercantik dekorasi saja, tapi juga untuk menciptakan suasana yang harmonis dan seimbang dengan keindahan alam sekitar. Warna-warna lembut seperti biru laut, putih pasir, dan hijau dedaunan bisa menghadirkan nuansa tenang dan romantis, sementara sentuhan warna-warna cerah seperti peach dan oranye yang senada dengan warna matahari tenggelam bisa menambah keceriaan dan kehangatan suasana pesta pernikahanmu.

Ingat, selalu pertimbangkan kesesuaian tema dan suasana yang ingin kamu ciptakan, dengan kenyamanan tamu dalam setiap pilihan dekorasi kamu. Semoga panduan ini bisa mempermudah kamu yang sedang merencanakan pesta pernikahan di pinggir pantai, ya!


Cover Foto: Finding Light Photography

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...