Pilih Kategori Artikel

Sering Dikira Sama, Ini Perbedaan Bridal Shower dan Bachelorette Party
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Sebelum melepas status sebagai lajang dan menggantinya menjadi istri dari seseorang, kamu dan teman-teman terdekatmu perlu bersenang-senang bersama terlebih dahulu. Hal ini bisa dilakukan dengan mengadakan bridal shower maupun bachelorette party. Kamu bisa melakukan salah satu atau keduanya sesuai kebutuhan.

Tidak sedikit yang masih mengira bahwa kedua hal ini adalah acara yang sama. Padahal bridal shower dan bachelorette party adalah dua prosesi yang sangat berbeda. Mau tau perbedaan bridal shower dan bachelorette party? Simak selengkapnya di sini!

Perbedaan Bridal Shower dan Bachelorette Party

Agar dapat melangsungkan bridal shower dan bachelorette party dengan tepat, kamu perlu mengetahui perbedaan kedua prosesi pra pernikahan ini. Berikut ada beberapa perbedaan bridal shower dan bachelorette party yang perlu kamu ketahui:

  1. Sejarah

wm_article_img

Perbedaan bridal shower dan bachelorette party yang pertama dapat kita lihat dari sejarahnya. Bridal shower dilakukan pertama kali oleh bangsa Romawi dan Yunani yang dilakukan dengan tujuan untuk membantu pengantin wanita dari segi finansial. Kata "shower" sendiri digunakan karena pada prosesi ini, calon pengantin wanita akan mendapatkan berbagai macam hadiah oleh orang terdekat.

Prosesi ini kemudian diadaptasi oleh masyarakat Amerika sekitar abad ke 19 di mana calon pengantin wanita dan orang-orang terdekatnya akan berkumpul bersama. Prosesi ini menjadi momen di mana calon pengantin wanita akan mendapatkan berbagai nasihat dan petuah mengenai persiapan rumah tangga.

Sementara itu, bachelorette party sendiri mulai dilakukan pada pertengahan abad ke 20. Prosesi ini adalah adaptasi dari acara bachelor party, yaitu acara melepas masa lajang yang dilakukan oleh calon pengantin pria yang merupakan sebuah tradisi yang sudah dijalankan sejak dulu.

  1. Tujuan

wm_article_img

Perbedaan bridal shower dan bachelorette party berikutnya juga terlihat dari tujuannya. Seperti yang sudah disinggung sedikit di atas, bridal shower bertujuan untuk memberikan hadiah dan petuah kepada calon pengantin wanita mengenai hal-hal yang berkaitan dengan membangun rumah tangga. Selain itu, acara ini juga bertujuan untuk membantu calon pengantin wanita agar lebih mantap mempersiapkan pernikahannya.

Tujuan dari bachelorette party sendiri adalah untuk merayakan masa lajang mengingat calon pengantin wanita ini akan berubah status menjadi seorang istri. Sehingga biasanya acara bachelorette party lebih banyak diisi dengan aktivitas yang menyenangkan dan jauh dari hal-hal serius. Acaranya seperti bersenang-senang dengan sahabat terdekat seperti ketika masih lajang karena kamu belum tentu bisa main bebas lagi setelah menikah.

  1. Siapa saja yang diundang

wm_article_img

Undangan yang menghadiri acara bridal shower dan bachelorette party juga berbeda, loh. Bridal shower biasanya dihadiri lebih banyak orang yang terdiri dari kerabat dan teman dekat. Biasanya, yang hadir dalam bridal shower adalah para wanita yang sudah menikah dan bisa membagikan pengalaman serta cerita mengenai urusan rumah tangga. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan lebih banyak gambaran mengenai peran dan tanggung jawab menjadi seorang istri.

Namun karena bridal shower ini merupakan prosesi di mana kamu akan mendapatkan banyak nasihat pernikahan, kamu juga bisa mengajak pasangan untuk mengikuti acara ini, loh. Sehingga kamu dan pasangan bisa mengerti peran satu sama lain ketika sudah menjadi suami-istri secara sah dan resmi.

Kemudian untuk bachelorette party, undangan yang hadir hanyalah beberapa orang terdekat saja. Acara ini biasanya dilangsungkan oleh sahabat dekat yang sudah mengenalmu sejak lama dan memahamimu dengan baik. Acara ini dilakukan untuk mempererat hubungan persahabatan dan bersenang-senang bersama sebelum kamu menjadi istri orang.

  1. Waktu pelaksanaan

wm_article_img

Perbedaan bridal shower dan bachelorette party juga dapat dilihat dari waktu pelaksanaannya. Bridal shower biasanya dilakukan di pagi hingga siang hari. Acara ini biasanya dilakukan sambil mengadakan brunch bersama keluarga dan teman dekat. Bridal shower juga biasanya hanya membutuhkan waktu beberapa jam saja.

Sedangkan untuk bachelorette party sendiri acaranya dilakukan mulai dari sore hingga malam hari. Acaranya pun bisa bermacam-macam. Mulai dari makan malam bersama, jalan-jalan, berbagi cerita, spa, atau melakukan hal-hal menyenangkan lainnya bersama sahabat.

Jika bridal shower hanya membutuhkan waktu beberapa jam saja, maka bachelorette party bisa dilangsungkan hingga semalaman suntuk atau bahkan dilakukan selama berhari-hari! Emang boleh, ya? Boleh banget, dong! Hal ini biasanya terjadi jika acara bachelorette party dilakukan sambil liburan bersama teman.

  1. Acara yang dilakukan

wm_article_img

Susunan acara juga menjadi hal yang mencolok pada perbedaan bridal shower dan bachelorette party. Seperti contohnya saja pada acara bridal shower, biasanya kamu akan menerima hadiah dan petuah mengenai pernikahan. Acara biasanya dilanjutkan dengan permainan trivia mengenai kamu dan pasangan.

Sedangkan untuk bachelorette party, tidak ada susunan acara khusus karena biasanya di acara ini, semua orang bisa melakukan apa saja sesuai keinginan sang calon pengantin wanita. Mau menggalau bersama? Atau mau party sampai pagi? Semua bisa kamu lakukan dengan bebas!

Perlukah Melangsungkan Bridal Shower dan Bachelorette Party?

wm_article_img

Setelah mengetahui perbedaan bridal shower dan bachelorette party, biasanya akan muncul pertanyaan mana acara yang harus dilakukan terlebih dahulu? Apakah perlu melangsungkan kedua acara ini? Berikut adalah jawabannya.

Sebenarnya tidak ada panduan saklek yang menyatakan kamu harus melangsungkan salah satunya terlebih dahulu. Kamu bebas mau melangsungkan bridal shower atau bachelorette party terlebih dahulu. Namun biasanya kedua acara ini dilangsungkan pada 3 bulan hingga beberapa hari sebelum upacara pernikahan dilangsungkan.

Apakah prosesi ini bisa dilakukan di hari yang sama? Bisa banget! Kamu bisa melangsungkan bridal shower di pagi hari, lalu lanjutkan acara bachelorette party di sore hingga malam hari. Namun jika kamu terlalu lelah untuk melangsungkan dua acara di hari yang sama, kamu bisa melakukannya di hari yang berbeda.

wm_article_img

Pertanyaan berikutnya adalah perlukan melangsungkan kedua prosesi ini? Jawabannya: kamu sendiri yang memutuskan.

Mengingat acara ini bukanlah rangkaian prosesi atau upacara resmi, kamu bebas untuk melakukan atau tidak melakukannya. Kedua acara ini memang bisa meningkatkan kedekatan kamu dengan keluarga dan teman dekat, namun bukan berarti kamu perlu melangsungkan kedua acara ini.

Tidak sedikit orang yang tidak menggelar acara bridal shower dan bachelorette party karena beberapa alasan berikut:

  • Kamu tidak memerlukan hadiah tambahan karena sudah memiliki banyak barang untuk keperluan rumah tangga maupun pribadi.

  • Kamu tidak ingin para tamu mengeluarkan biaya lebih untuk membelikan hadiah.

  • Kamu tidak nyaman menjadi pusat perhatian.

  • Kamu tidak memiliki waktu untuk melangsungkan bridal shower atau bachelorette party.

  • Kamu hanya tidak ingin melakukan keduanya.

wm_article_img

Itu dia pembahasan lengkap mengenai perbedaan bridal shower dan bachelorette party dan beberapa hal yang sering ditanyakan terkait kedua acara ini. Setelah membaca ulasan di atas, mana acara yang ingin kamu langsungkan? Bridal shower? Bachelorette party? Keduanya? Atau tidak sama sekali?

Apapun keputusanmu, pastikan kamu sudah mendiskusikannya dengan pasangan, kerabat, dan sahabat dekat agar bisa mempersiapkan acaranya dengan baik, ya. Meskipun kamu tidak ingin melangsungkan kedua acara sekalipun, kamu tetap perlu mengkomunikasikan hal ini kepada orang-orang terkait karena bisa saja mereka melangsungkan acara kejutan untukmu. Tentu ini menyenangkan, namun tidak semua orang menyukai kejutan, bukan?

Baca juga artikel lainnya seputar serba serbi pernikahan di WeddingMarket biar kamu nggak ketinggalan informasi menarik seperti ini, ya!


Foto via instagram/bridalshowerjakarta.id

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...