6 Nasihat Pernikahan Untuk Para Calon Pengantin Maupun Pasangan Supaya Tetap Langgeng - Wedding Market

6 Nasihat Pernikahan Untuk Para Calon Pengantin Maupun Pasangan Supaya Tetap Langgeng

09 Aug 2022 | By WeddingMarket | Viewers: 387
6 Nasihat Pernikahan Untuk Para Pengantin Baru Supaya Tetap Langgeng
Fotografi oleh Morden

Menikah merupakan komitmen terpanjang bagi sepasang kekasih, yang mana harapannya sih bisa langgeng hingga maut memisahkan. Namun, adakalanya berbagai macam ujian pernikahan datang menghampiri dan dapat menggoyahkan rumah tangga suatu pasangan. Oleh karena itu, kamu perlu tahu bagaimana caranya membina rumah tangga yang teguh dan 'tahan banting' meskipun diterjang berbagai masalah pernikahan.

Sebagai bekal dalam mengarungi bahtera rumah tangga, berikut ini WeddingMarket telah merangkum nasihat pernikahan terbaik yang mungkin akan kamu butuhkan khususnya bagi para pengantin baru maupun buat kamu yang berencana menikah dalam waktu dekat. Simak ulasannya, ya!

1. Berusahalah Untuk Saling Menghormati dan Memuliakan


Salah satu kunci keharmonisan suatu hubungan adalah saling menghormati dan memuliakan satu sama lain. Ketika dua individu yang memiliki karakter dan pemikiran berbeda disatukan dalam ikatan pernikahan, kalian mau tidak mau harus bisa menerima satu sama lainnya. Terkadang hal ini menghadirkan berbagai tantangan karena kamu harus bisa menyesuaikan diri dengan pasanganmu, bahkan tak jarang menimbulkan perbedaan pendapat. 

Oleh karena itu, baik suami maupun istri harus bisa menerima kelebihan dan kekurangan masing-masing dengan cara saling menghormati dan memuliakan satu sama lainnya. Ketika hal ini dilakukan, meskipun ada berbagai hal perbedaan yang ditemukan, kalian akan selalu bisa menemukan cara untuk mencari jalan tengahnya. Perbedaan tak akan lagi menjadi hambatan besar. Begitupun ketika kamu dan pasangan saling memuliakan satu sama lainnya, saat usia semakin senja, paras tak lagi secantik dan setampan dahulu, tak akan menyurutkan rasa cinta dan kasih sayang diantara kalian.

2. Jadilah sahabat terbaik bagi pasanganmu 


Ketika kamu memutuskan untuk berkomitmen dalam sebuah pernikahan, artinya pasangan yang kamu pilih adalah orang yang akan kamu temui setiap hari, setiap waktu. Ia adalah orang terdekat yang pertama akan mendengar keluh kesah maupun luapan perasaan bahagiamu. Oleh karena itu, penting sekali untuk membangun bonding yang kuat di antara suami dan istri. Jadikan pasanganmu sahabat terbaikmu dan begitupun sebaliknya.  

Ada berbagai manfaat dapat dirasakan saat kamu dan pasangan sudah menjadi sahabat terbaik bagi masing-masing kalian. Bukan hanya dia akan menjadi orang paling dekat denganmu, sosok pertama yang akan kamu cari ketika membutuhkan bantuan ataupun dukungan. Kalian akan menjadi partner hidup yang tangguh dalam berbagai situasi, pun apabila menemukan masalah dalam hubungan, kalian bisa menyelesaikannya dari hati ke hati, berbincang bersama dan saling mendengarkan selayaknya sahabat.

3. Menjadi pendengar yang baik untuk satu sama lain


Salah satu kebutuhan dasar manusia adalah ingin didengarkan dan dimengerti. Untuk itu, ciptakanlah ruang yang nyaman untuk pasanganmu mengungkapkan semua perasaannya padamu. Jadilah orang pertama yang mendengarkan keluh kesah ataupun perasaan bahagianya. Ketika kamu dan pasangan bisa menjadi tempat curhat bagi masing-masing, ikatan pernikahan kalian akan semakin kuat. Kesediaanmu dan pasangan untuk saling mendengarkan satu sama lain tanpa menghakimi, akan menjadikan hubungan di antara kalian semakin berharga. 

4. Jaga selalu penampilanmu  


Pada awal-awal pernikahan, kamu ataupun pasangan akan terlihat sangat memesona satu sama lain. Namun, seiring berjalannya waktu, ketika kamu sudah terbiasa tampil apa adanya di hadapan pasanganmu, penampilan jadi terabaikan. Jangankan berdandan dan berpakaian dengan proper, bentuk tubuh juga jadi ikutan tidak terjaga saking santainya.

Tentu, hal ini bisa saja dimaklumi. Namun, alangkah baiknya apabila kamu tetap menjaga penampilan dan dengan baik. Sebab, bisa saja karena sikap acuh tak acuh ini akan mengakibatkan munculnya masalah dalam rumah tangga. Salah satunya seperti hadirnya orang ketiga dalam hubungan suami dan istri. Bisa saja, pasanganmu menjadi tertarik pada orang lain karena penampilannya lebih memesona dan terawat.

Oleh karena itu, jangan abaikan kesehatan tubuh dan penampilanmu, ya! Ingat ya, menjaga tubuh tetap ideal dan berpenampilan dengan baik bukan hanya akan membuat pasanganmu senang, melainkan juga sebagai bentuk penghargaan atas dirimu sendiri, loh

5. Kenali bahasa cinta masing-masing dan jangan ragu untuk selalu tunjukkan 


Love language atau bahasa cinta juga merupakan salah satu hal yang perlu kamu kenali dengan baik. Pahami bagaimana bahasa cintamu dan pasangan agar kalian bisa lebih saling mengerti dan mengapresiasi satu sama lain. Sebagai contoh, apabila love language pasanganmu adalah kata-kata afirmasi (word of affirmation), maka buatlah ia senang dengan sering-sering memujinya dan mengungkapkan cinta padanya. 

Dalam sebuah hubungan, khususnya suami-istri, menjaga agar keintiman, gairah dan keinginan untuk selalu memuja pasangan itu sangat penting. Oleh karena itu, tetap jaga percikan-percikan cinta itu agar selalu hidup setiap harinya, mulai dari pagi ketika membuka mata hingga tertidur lelap bersama. 

6. Jangan biarkan masalah berlarut-larut, maafkan dan cari solusinya


Tidak ada manusia yang sempurna, siapapun pasti pernah membuat kesalahan. Begitu pula denganmu atau pasanganmu. Suatu saat ketika kamu menemui pasanganmu melakukan kesalahan, maka cobalah untuk terbuka dan ungkapkan perasaanmu. Sampaikan dengan baik apabila kamu merasa tersinggung atau tersakiti olehnya.

Jangan biasakan untuk memendam perasaan negatif seperti rasa sedih, amarah, atau kecewa. Sebab, hal tersebut bisa berakibat buruk dalam hubungan rumah tangga suami istri. Emosi negatif yang terpendam itu bagaikan bom waktu yang kapanpun bisa meledak, jangan sampai perasaan itu menggerogoti sehingga timbul rasa kebencian pada pasanganmu.

Maka dari itu, belajarlah untuk saling terbuka agar bersama-sama kalian bisa mencari solusinya. Mungkin saja saat itu pasanganmu tidak menyadari kesalahannya. Lantas, kamu bisa mengingatkan dan memberikan nasihat kecil padanya. Yang tak juga tak kalah penting, jika pasanganmu sudah meminta maaf dengan tulus, maka maafkanlah dan kamu tak perlu mengungkit-ungkit lagi kesalahannya. Kecuali apabila kesalahan yang dilakukan sangatlah besar, seperti kasus perselingkuhan, maka mediasi dengan pihak ketiga mungkin akan dibutuhkan. 


Menjalani kehidupan pernikahan bukanlah perkara yang mudah, karena akan ada banyak tantangan yang akan dihadapi kedepannya. Namun, apabila kamu dan pasangan bisa menerapkan nasihat-nasihat berumah tangga di atas, kemungkinan ikatan pernikahan kalian akan menjadi semakin kokoh dan kuat meskipun diterpa berbagai ujian pernikahan.

Yang tak kalah penting juga, sebelum mulai mengarungi bahtera rumah tangga, ada baiknya kamu dan pasangan benar-benar siap baik secara fisik, mental, maupun finansial, ya! Supaya meminimalisir kemungkinan timbulnya masalah-masalah dalam pernikahan.  Jadilah versi terbaik dirimu bagi pasanganmu, sehingga hubungan kalian bisa langgeng dan hidup berbahagia hingga akhir hayat.  Demikianlah, semoga bermanfaat!

Fotografi: Morden

Belanja Jasa dan Produk untuk Pernikahanmu di WeddingMarket Store!
Diskon hingga 20%*

Artikel Terkait


WeddingMarket

Hello, thank you for Visiting us. Any Question?