Pilih Kategori Artikel

Tips Menghadiri Undangan Pernikahan Mantan dengan Elegan, Walaupun Belum Punya Pacar
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Bukan hal yang mudah memang ketika mengetahui mantan pacar akan segera menikah dan ia mengundangmu ke pesta pernikahannya. Terlebih lagi jika kamu belum menemukan cara move on dari mantan tersebut, pastinya akan dilema ‘kan? Harus datang atau tidak?

Kamu bisa saja mengabaikan undangan pernikahan mantan pacarmu itu, seandainya dia bukan dalam circle pergaulanmu. Namun, rasanya akan sulit untuk menghindar apabila kamu dan dia sudah saling mengenal baik, apalagi jika kalian memiliki circle pertemanan yang sama. 

Lantas, apa yang harus kamu lakukan ketika mendapat undangan pernikahan dari mantan? Jika menghindar nanti dikira belum move on, loh. Maka dari itu, meskipun masih terasa berat untuk menerima kenyataan, kamu harus menemukan cara move on terbaik. Dears, hapus air matamu dan hadiri pernikahan mantan dengan elegan! Berikut ini WeddingMarket berikan tipsnya.

1. Siapkan Hati dan Mental

wm_article_img
Ilustrasi: unsplash.com/Giulia Bertelli

Saat memutuskan untuk datang ke pernikahan mantan pacar, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menguatkan hati dan mentalmu. Walaupun pastinya ada perasaan sedih, kamu harus bisa menjaga emosimu agar tetap stabil ketika menyaksikan sang mantan bersanding di pelaminan dengan orang lain. 

Kuncinya adalah berlapang dada, yakinlah bahwa kamu akan baik-baik saja dan suatu hari nanti giliranmu akan tiba. Bersikaplah tenang dan jangan tampakkan wajah sedih. Dengan menerima keadaan secara lapang dada, otomatis kamu sudah melepas beban-beban perasaanmu selama ini. Rayakan momen itu sebagai hari kebebasanmu, ini adalah salah satu cara move on terbaik yang bisa kamu lakukan.    

2. Gunakan Busana Terbaik dan Berdandan dengan Elegan 

wm_article_img
Ilustrasi: unsplash/anamnesis33

Saat menghadiri pernikahan mantan, jangan sekali-kali berdandan ala kadarnya. Kamu harus memikirkan betul penampilanmu untuk menunjukkan bahwa kamu baik-baik saja dan bahagia. Meskipun di dalam hatimu mungkin masih berkecamuk perasaan yang campur aduk, tapi kamu tidak perlu menunjukkan sisi tersebut di resepsi pernikahannya.

Gunakanlah pakaian terbaikmu dan berdandanlah dengan riasan natural yang membuat aura cantikmu lebih keluar. Bagi cowok, jangan lupa tata rambut dengan rapi dan keren supaya penampilanmu semakin gagah. Perlu diingat, kamu berdandan bukan untuk sang mantan, melainkan untuk menghargai dirimu sendiri. Secara tidak langsung, kamu juga menunjukkan kepada dunia bahwa dirimu berharga.  

3. Ajak Teman atau Saudara

wm_article_img
Ilustrasi: unsplash.com/Marcel Strauss

Apabila kamu masih belum menemukan pasangan baru, maka ajaklah teman-temanmu untuk menghadiri pernikahan mantan bersama-sama. Apabila kamu tidak cukup kuat, jangan sesekali datang sendirian ya, apalagi jika dalam hatimu masih belum move on dari si mantan. Jangan pula mencoba berbohong atau memanas-manasi sang mantan dengan membawa gandengan palsu. Percayalah hal tersebut justru akan memperburuk keadaan.

Meskipun sudah berpisah lama, kadang masih ada perasaan tidak rela yang suka menghampiri, tidak rela karena dia menikah duluan sementara kamu masih belum menemukan pasangan yang tepat. Sebaiknya kamu mengajak teman-teman atau saudara ke acara pernikahan mantan tersebut. Kehadiran teman-teman atau saudara ini bisa memberikan support untukmu agar tidak merasa sedih atau malah gagal move on. 

4. Menyapa Orang Tua Mantan dengan Ramah dan Sopan

wm_article_img
Ilustrasi: pexels/julia-m-cameron

Mungkin sebelum putus dengan sang mantan, kamu sudah mengenal keluarganya dengan baik? Mungkin kamu sudah sering mampir ke rumahnya, bertemu orang tuanya, mengobrol, makan bersama atau malah sudah dianggap seperti anak sendiri. Semua kenangan-kenangan indah itu bisa jadi kembali bergejolak saat kamu bertatapan dengan orang tua mantan di acara pernikahannya. 

Namun, ingat bersikaplah sewajarnya. Jangan sampai tangismu pecah ketika menyalami ayah atau ibunya di pelaminan. Kamu harus berlapang hati dan tetap berusaha untuk bersikap ramah dan sopan. Meskipun hubungan kamu dan mantan sudah berakhir, tapi bukan berarti silaturahmi dengan orang tuanya juga berakhir. Biar bagaimanapun kamu harus terlihat elegan, berusahalah memasang senyum tulus dan ucapkan selamat pada keduanya. 

5. Bersahabat dengan Jodoh Mantan dan Berikan Pesan-pesan yang Baik

wm_article_img
Ilustrasi | unspalsh.com/luis-tosta

Kamu juga boleh loh menyampaikan doa atau pesan-pesan yang baik untuk jodoh mantanmu saat menyalaminya di pelaminan. Misalnya, “jaga dia baik-baik, ya” atau “selamat ya, semoga kalian langgeng”. Tindakan tersebut menunjukkan bahwa kamu sudah move on sepenuhnya dari sang mantan. Sampaikan pesan-pesan itu dengan cara yang elegan ya, tersenyumlah dan jangan menitikkan air mata. 

6. Hindari Melakukan Hal-hal Bodoh dan Memalukan

wm_article_img
Ilustrasi: pexels/trung-nguyen

Selain untuk mendoakan pernikahannya, tujuan kamu datang ke acara pernikahan mantan adalah untuk menunjukkan bahwa kamu baik-baik saja dan sepenuhnya sudah move on. Maka, jangan sesekali rusak tujuan tersebut dengan melakukan hal-hal yang bodoh. Seperti bertingkah berlebihan, menangis tersedu-sedu, berteriak dan lain sebagainya. Tindakan itu gak elegan banget, loh

Akan lebih berkelas jika kamu tampil dengan anggun, mendoakan atau menyalami mantan sambil tersenyum. Walaupun dalam hati masih ada gejolak kesedihan, tapi jangan tampakkan itu saat di pesta. Cobalah menguatkan diri dengan meyakini bahwa kamu juga bahagia walau tanpa dia.

7. Jangan Memaksakan Diri Apabila Memang Tidak Kuat

wm_article_img
Ilustrasi: unsplash/Jared Rice

Terakhir, apabila dengan segala cara di atas kamu masih merasa tidak kuat menghadapi mantan di acara pernikahannya, maka jangan memaksakan diri untuk datang. Tidak apa-apa, tanpa kehadiranmu pun acara pernikahannya akan berjalan sewajarnya. Biar bagaimanapun yang paling tahu dengan kesiapan hatimu adalah dirimu sendiri.

Jadi, jangan dengarkan kata orang lain yang ‘mengomporimu’ untuk datang ke acara pernikahan mantan, sementara hatimu masih belum siap menerima kenyataan. Jika memang demikian, kamu tidak perlu menghadiri pernikahan mantan. Sebagai gantinya, kamu bisa menitipkan kado pernikahan untuk sang mantan sebagai bentuk penghormatan dan ucapan selamat kepada kedua mempelai.

Itu jauh lebih elegan dibandingkan harus memaksakan diri datang, tapi di sana kemungkinan tangismu pecah tak tertahankan. Daripada kamu merasakan sakit hati ketika datang ke acara pernikahan mantan, lebih baik waktunya kamu pergunakan untuk menyenangkan diri, melakukan hobimu, bersantai atau mencari kesibukan lain yang lebih bermanfaat.

wm_article_img
Ilustrasi: unsplash/Vicky Cheng

Untuk sembuh sepenuhnya dari rasa sakit hati akibat putus cinta memang butuh proses. Berhasil atau tidaknya cara move on yang dilalui, itu tergantung pada dirimu sendiri. Tidak ada tolok ukur yang pasti karena untuk setiap orang kasusnya berbeda-beda. Mungkin temanmu bisa move on dalam waktu singkat, tapi kamu butuh proses yang lebih lama. Tidak masalah, asalkan kamu tetap berusaha untuk bangkit dan menjalani hidupmu dengan lebih baik walau tanpa mantan kekasihmu.   

Tampil dengan elegan ketika menghadiri pernikahan mantan adalah bentuk penghargaan pada dirimu sendiri, yang tidak hanya membuatmu terhormat tapi juga menjadikanmu lebih lapang dada. Hal ini bukan hanya baik untuk dirimu, melainkan juga untuk sang mantan ketika pada akhirnya kalian bisa saling berdamai dengan masa lalu dan bisa saling support satu sama lainnya. Ikhlaskan mantan untuk bahagia dengan pilihannya dan jangan khawatir, nanti giliranmu juga akan tiba, Dears

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...