Album Foto Rangkaian Prosesi Pernikahan Via Vallen dan Chevra Yolandi Berbalut Adat Jawa - Wedding Market

Album Foto Rangkaian Prosesi Pernikahan Via Vallen dan Chevra Yolandi Berbalut Adat Jawa

16 Jul 2022 | By WeddingMarket | Viewers: 2495
Album Foto Rangkaian Prosesi Pernikahan Via Vallen dan Chevra Yolandi Berbalut Adat Jawa
Fotografi: Moire Photo

15 Juli 2022 menjadi momen yang paling membahagiakan bagi pedangdut Via Vallen lantaran ia resmi dipersunting sang kekasih, Chevra Yolandi, dalam ikatan suci pernikahan. Sebelum menggelar akad nikah, wanita kelahiran 1 Oktober 1991 ini juga mengadakan serangkaian prosesi pernikahan menggunakan adat Jawa-Sunda. Tak tanggung-tanggung, prosesi pernikahan yang bertajuk "Via & Chevra Ever After" itu digelar selama lima hari berturut-turut, mulai dari pengajian jelang pernikahan, siraman dan midodareni, akad nikah hingga resepsi. 

Lamaran Pernikahan

Penyanyi dangdut yang berasal dari Sidoarjo, Jawa Timur ini diketahui  pertama kali mengumumkan hubungannya dengan Chevra Yolandi, pada Juni 2021 silam. Hubungan keduanya semakin dekat, hingga akhirnya pada 6 Mei 2022 lalu, Via resmi dilamar vokalis grup band Papinka yang berasal dari Bangka Belitung ini. Dalam acara lamaran yang digelar secara tertutup itu, keduanya tampak serasi dalam balutan busana bernuansa abu-abu hasil karya desainer ternama, Ayung Berinda.

Dekorasi acara lamaran ini berkonsep lushy floral, dimana menggunakan banyak ornamen bunga-bunga berwarna earth tone serta dedaunan hijau sebagai backdrop dengan tulisan Via Chevra. Di sisi kiri dan kanan diletakkan semacam rak berdekorasi rustic untuk memajang kotak-kotak hantaran lamaran yang diberikan. Berikut beberapa potret dari acara lamaran Via Vallen dan Chevra Yolandi yang berhasil dibidik dengan apik oleh Moire Photography. 


Pengajian Jelang Pernikahan

Sekitar dua bulan kemudian, tepatnya pada tanggal 13 Juli 2022, Via Vallen menggelar pengajian jelang pernikahan di halaman rumahnya di Sidoarjo, Jawa Timur. Acara pengajian berjalan dengan khidmat, juga mengundang sekitar 150 orang tamu undangan dan seorang ustadzah.  Tampak Ramzi, Indra Bekti dan Happy Asmara bertindak sebagai MC yang memandu acara pengajian tersebut sehingga suasananya lebih hidup. Acara rangkaian prosesi pernikahan Via Vallen dan Chevra Yolandi ini bahkan disiarkan langsung oleh salah satu stasiun televisi.

Yang tak kalah mencuri perhatian, yaitu dekorasi dan busana pengajian jelang pernikahan Via Vallen yang begitu cantik dan elegan dengan nuansa lilac-lavender. Pemilik nama asli Maulidia Octavia tersebut mengenakan dress berwarna soft lilac karya Sapto Djojokartiko, dengan sebuah selendang cantik berdekorasi minimalis membingkai indah wajahnya. Via tampil begitu anggun dalam polesan makeup natural flawless hasil tangan MUA Deliafara yang menyatu dengan dekorasi venue oleh Steve Decor. 

Dalam acara pengajian tersebut, penggunaan palet warna turunan ungu serta putih terasa begitu mendominasi. Berbagai gugusan rangkaian bunga-bunga nan indah menjadikan ambiece di ruangan tersebut terasa dreamy dan syahdu. Berikut beberapa potret dari momen pengajian Via Vallen yang diabadikan oleh Moire Photography.

Prosesi Siraman dan Midodareni

Keesokan harinya, di hari Kamis, 14 Juli 2022, tepatnya pada pukul 08.00 WIB, prosesi jelang pernikahan Via Vallen dan Chevra Yolandi kembali dilanjutkan dengan acara Siraman adat Jawa. Baik dekorasi maupun pakaian yang dikenakan semuanya bernuansa khas adat Jawa. Pada acara siraman ini, Via Vallen mengenakan dua buah kebaya Jawa berbahan brokat dengan padu padan kain batik Jawa berwarna cokelat gelap sebagai bawahannya.

Kebaya berwarna lilac dengan dekorasi payet-payet gantung berbentuk V terbalik nan indah yang dikenakan Via Vallen setelah siraman merupakan karya desainer Asky Febrianti. Sementara itu, kebaya brokat berwarna hijau lumut elegan yang ia kenakan dengan begitu anggun di acara malam midodareni merupakan besutan dari Anarav Label. Lengkap dengan tatanan rambut sanggul klasik khas tradisional Jawa dan paes, pesona Via Vallen semakin terpancarkan.

Pada rangkaian acara jelang pernikahan ini Via Vallen juga menggunakan make up natural flawless yang begitu soft, polesan tangan dari  Felicia Sasongko. Berikut potret-potret dari prosesi siraman dan midodareni Via Vallen:

Akad Nikah dengan Adat Jawa Solo

Tibalah pada hari yang paling dinanti-nanti yaitu akad nikah yang digelar pada tanggal 15 Juli 2022. Acara berlangsung di Hotel JW Marriott Surabaya, yang mana prosesinya sudah dimulai sejak pukul 07.00 WIB. Tak tanggung-tanggung, mas kawin yang diberikan Chevra Yolandi kepada Via Vallen yakni uang euro senilai 1507 dan emas 157 gram sesuai dengan tanggal pernikahan keduanya, serta seperangkat alat shalat lengkap. Hadir bertindak sebagai saksi pernikahan yaitu Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri PUPR Basuki Hadimjono. 

Pada pernikahannya yang mengusung konsep adat Jawa ini, pasangan Via dan Chevra mengenakan baju pengantin adat Solo dan  memilih warna putih yang melambangkan kesucian. Busana pengantin yang dikenakan oleh kedua mempelai adalah rancangan desainer kondang, Didiet Maulana. Selain menggunakan kebaya pengantin bermodel kutubaru, Via juga mengenakan riasan pengantin adat Jawa lengkap dengan paes Solo Putri dan aksesoris tujuh buah cunduk menthul menghiasi kepalanya. Sementara itu, Chevra tampak gagah dalam balutan beskap dan juga aksesoris pengantin pria Jawa lainnya, seperti keris, kalung dan sebagainya. 

Prosesi akad nikah berjalan dengan lancar tanpa hambatan sama sekali. Chevra, pria kelahiran 6 Mei 1988 ini berhasil mengucap ijab qabul dengan tegas dalam satu tarikan nafas. Seusai akad nikah, acara pernikahan dilanjutkan dengan prosesi Temu Manten dengan adat Sunda. Dalam konferensi pers yang digelar, pengantin baru ini menjelaskan bahwa gelaran resepsi pernikahannya yang akan dilaksanakan, mengusung dua konsep yakni modern internasional dan adat.   

"Buat membahagiakan orang tua, terutama Mama. Saat ini (akad) adat Jawa, besok adat Sunda, semua tamu dari orangtua," tutur Via Vallen. "Soal baju, ada dua resepsi, internasional atau modern, yang satu adat Sunda. Dari sekian baju, ada yang modern di resepsi yang hari pertama, itu inspirasi kami berdua. Misalnya acaranya akad, identik suci, kan, kami pilih putih karena menurut kami putih itu suci. Selain itu ada hijau lumut, dusty pink, dan masih banyak lagi," tutupnya

Untuk dekorasi pernikahannya, kali ini Via dan Chevra mengusung konsep outdoor party. Dimana wedding venue didekorasi sedemikian rupa dengan begitu asri menggunakan berbagai ornamen dekoratif baik bunga-bunga segar, dedaunan hijau, lampu-lampu lampion dan sebagainya. Berikut potret dari momen akad nikah Via Vallen dan Chevra Yolandi yang dibadikan dengan indah oleh Moire Photography:


Itulah beberapa potret dari prosesi pernikahan Via Vallen dan Chevra Yolandi mulai dari lamaran hingga akad nikah yang sudah digelar dengan nuansa adat Jawa yang begitu kental. Sebelum resmi menjadi sepasang suami istri, ternyata Via Vallen dan Chevra Yolandi juga membuat perjanjian pranikah. Dimana salah satu pasalnya menyebutkan tentang punishment untuk pihak yang berselingkuh, yaitu tak berhak atas harta bersama dan hak asuh anaknya. Perjanjian pra nikah atau prenuptial agreement sendiri merupakan suatu kesepakatan yang dibuat oleh pasangan yang hendak menikah, bertujuan untuk melindungi hak-hak dan kewajiban suami dan istri serta anak-anaknya kelak. 

Demikianlah, selamat kepada Via dan Chevra dan semoga ulasan tersebut dapat menginspirasi kamu yang juga hendak menggelar pesta pernikahan ya! Kamu juga bisa temukan berbagai kebutuhan untuk pernikahanmu di WeddingMarket Store, mulai dari venue, dekorasi, wedding organizer, cincin kawin dan sebagainya. Sign up sekarang dapatkan manfaat dan kemudahan mewujudkan pernikahan impianmu!

Fotografi: Moire Photography | WO: Sayogo Incorporated | attire: Didiet Maulana, Svarna by Ikat Indonesia (akad), Sapto Djojokartiko (pengajian), Asky Febrianti (siraman), Ayung Berinda (Lamaran), Anarav Label (midodareni) | aksesoris: Rinaldy Yunardi | Dekorasi: Steve Decor | lighting and sound: Melodia Production | adat jawa: Benn Bagoes | venue: JW Marriott Surabaya | music & ent: Malik Entertainment

Belanja Jasa dan Produk untuk Pernikahanmu di WeddingMarket Store!
Diskon hingga 20%*

Artikel Terkait


WeddingMarket

Hello, thank you for Visiting us. Any Question?