Pilih Kategori Artikel

5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Untuk Membuat Surat Undangan Pernikahan yang Berkesan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Undangan pernikahan merupakan komponen penting yang tak boleh terlewatkan dalam suatu acara pernikahan. Selain berfungsi sebagai media untuk menyampaikan kabar bahagia pernikahan, orang-orang yang dikirimi kartu undangan secara formal juga akan merasa lebih dihormati. Meski di era digital ini, pasangan calon pengantin bisa saja mengirimkan undangan pernikahan digital untuk para kerabat ataupun kolega, tetapi surat undangan pernikahan cetak tetap tak kehilangan pamornya.  

Dalam pemilihan undangan pernikahan pun membutuhkan berbagai pertimbangan. Mulai dari pemilihan tema yang akan digunakan, bahan atau kertas yang dipakai, hingga detail kecil sekalipun. Tak mengherankan, pasalnya kartu undangan pernikahan juga bisa menjadi wajah dari sebuah acara pernikahan. Oleh sebab itu, pemilihan undangan pernikahan seringkali mengikuti konsep pernikahan.

Desain kartu undangan pernikahan yang cantik turut mencerminkan gambaran keindahan pada pesta pernikahan yang akan diselenggarakan. Bagi para calon pengantin yang masih belum tahu konsep undangan yang akan digunakan, berikut WeddingMarket berikan 5 poin mendasar ketika kamu hendak membuat surat undangan pernikahan. Simak ulasannya, ya!

1. Sesuaikan dengan Budget  

wm_article_img
Undangan pernikahan: Pemberley Paperie

Hal pertama yang perlu kamu pertimbangkan ketika hendak membuat undangan pernikahan yakni budget yang dimilikiHarga undangan pernikahan cukup bervariasi mulai dari ribuan hingga puluhan ribu rupiah per lembar. Tentunya, semakin mewah desain undangan yang diinginkan, maka semakin mahal pula harganya. Tentukan dimana kisaran harga yang disanggupi terlebih dahulu, barulah setelah itu kamu bisa mulai melakukan riset pada beberapa vendor penyedia undangan pernikahan.

2. Tentukan Tema yang Akan Digunakan

wm_article_img
Undangan pernikahan: Trouvaille Invitation

Sebelum mencetak undangan, ada baiknya kamu sudah memutuskan tema undangan pernikahan yang akan digunakan terlebih dahulu. Meskipun tak ada aturan yang mengkhususkan pilihan desain undangan pernikahan harus mengikuti konsep atau tema pernikahan, akan tetapi lebih baik apabila keduanya serasi dan selaras satu sama lain. Baik dari segi pemilihan palet warna, hingga desain kartu undangan pernikahan yang akan digunakan. Dengan begitu, semua elemen dalam pernikahan bisa terhubung dalam satu kesatuan tema yang sama. 

3. Pilih Desain yang Menarik

wm_article_img
Undangan pernikahan akrilik: Maison Paperie

Setelah selesai dengan tema yang akan digunakan, selanjutnya kamu harus memilih desain kartu undangan yang menarik dan paling sesuai dengan konsep pernikahan. Untuk memudahkan dalam memilih, kamu dan pasangan bisa mulai mengumpulkan referensi dari berbagai sumber. Kamu bisa melihat-lihat contoh undangan pernikahan yang ada pada portofolio vendor-vendor atau mencari inspirasi di internet.  

Selain warna, gambar atau motif, cutting dan desain kartu undangan secara keseluruhan, pertimbangkan juga ukuran undangan pernikahan, serta material yang akan digunakan. Sebagai gambaran, ada beberapa material yang bisa dipilih sebagai bahan undangan. Mulai dari yang paling umum—undangan berbahan kertas, selain itu ada bahan akrilik dan kayu. Kertas yang dipakai untuk undangan pernikahan pun banyak macamnya, seperti kertas art paper, art carton, matt paper, jasmine, ivory, concorde, samson kraft dan lain sebagainya.

4. Pilih Font yang Sesuai

wm_article_img
Undangan pernikahan: Maison Paperie

Pemilihan font atau jenis huruf yang tepat juga sangat penting untuk undangan pernikahan. Dalam pemilihan huruf ini, sebaiknya kamu tidak hanya mempertimbangkan estetika semata, tapi juga kemudahan untuk dibaca oleh orang-orang yang menerimanya. Beberapa font yang terlihat estetik bisa dipakai untuk menghias inisial nama, namun untuk informasi detail pernikahan akan lebih baik bila kamu memilih huruf yang terlihat jelas dan mudah dibaca. Dengan demikian seluruh informasi dan kata-kata yang termuat dalam undangan pernikahan dapat tersampaikan dengan baik. 

5. Pilih Vendor Terpercaya

wm_article_img
Undangan pernikahan: Fornia Design Invitation

Untuk poin ini, kamu bisa melakukannya pada tahap awal maupun di akhir setelah memiliki gambaran seperti apa undangan pernikahan yang diinginkan. Perlu diingat, apabila kamu menginginkan undangan pernikahan yang unik dan eksklusif seperti undangan akrilik atau dengan cuttings khusus, tak semua vendor bisa menyanggupinya. Untuk itu, lakukan riset terlebih dahulu dengan mempelajari portofolio vendor penyedia undangan pernikahanBila perlu, hubungi vendor-vendor tersebut untuk memastikan ketersediaannya. 

Nah, itu dia 5 poin penting yang harus dipertimbangkan saat membuat surat undangan pernikahan. Persiapan untuk pembuatan undangan pernikahan ini sebaiknya dilakukan dari jauh-jauh hari, karena proses pembuatannya membutuhkan waktu, mulai dari persiapan desain, revisi, pencetakkan hingga tahap pengirimannya. Selain itu, ketahui juga waktu terbaik untuk menyebar undangan pernikahan. Agar surat undangan pernikahanmu dapat sampai kepada para calon tamu tepat waktu. 

Temukan inspirasi lainnya untuk wujudkan dream wedding kamu di WeddingMarket Fair, pameran pernikahan Internasional dan Tradisional Indonesia yang akan segera hadir. Kamu bisa melengkapi seluruh kebutuhan pernikahan karena akan ada 100+ booth vendor pernikahan terbaik dari 15+ kategori.

Pameran ini akan diselenggarakan pada tanggal 27 - 28 Mei 2023  di The Krakatau Grand Ballroom, Green Terrace. Selain hadir untuk memenuhi kebutuhan pernikahan impian calon pengantin dengan berbagai vendor pernikahan terbaik, para pengunjung pun akan disuguhi berbagai keuntungan selama pameran berlangsung, diantaranya sebagai berikut: 

  • Kesempatan memenangkan Grand Prize 
  • Hadiah langsung berupa produk dan jasa vendor partisipan
  • Promo spesial dari berbagai vendor partisipan
  • Voucher diskon untuk berbelanja selama pameran
  • Mengikuti berbagai talkshow seputar pernikahan
  • Suasana pameran dengan beragam dekorasi estetik dan photobooth menarik
  • Free test food

Dengan mengusung tema "Fairy Tale in The Ocean" pastinya pameran pernikahan unik ini sayang untuk dilewatkan. Untuk mengikuti acara ini, kamu bisa melakukan pemesanan tiket masuk secara gratis di tautan ini. Jumlah tiket terbatas, jadi, segera daftarkan dirimu ya! Semoga persiapan pernikahanmu berjalan dengan lancar!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...