Your Smart Wedding Platform

Rekomendasi Wedding Venue Populer di Bandung dengan Berbagai Fasilitas Lengkap

18 Oct 2024 | By Nurul Fatimah Wedding Market | 4

Pernikahan merupakan sebuah momen sakral yang ditunggu oleh sebagian besar orang, momen di mana seorang laki-laki dan perempuan diikat dalam janji suci pernikahan. Mengingat betapa pentingnya pernikahan, tidak heran jika banyak pasangan ingin mempersiapkan segala sesuatu sebaik mungkin. Salah satu hal yang perlu dipersiapkan adalah wedding venue.

Ngomong-ngomong soal wedding venue, kali ini kita akan mereview beberapa tempat pernikahan populer di Bandung. Ibu kota Jawa Barat tersebut mempunyai wedding venue dengan karakteristik dan keunikan yang tidak dimiliki di tempat lain. Berbagai macam pilihan tempat mulai dari hotel mewah hingga gedung berkapasitas besar bisa kamu temukan. Informasi lebih lengkap terkait rekomendasi wedding venue di Bandung dapat menyimak penjelasan di bawah ini, ya!

  • The Trans Luxury Hotel

  • Foto via The Trans Hotel

    Rekomendasi wedding venue pertama adalah The Trans Luxury Hotel. Sesuai namanya, hotel ini merupakan salah satu hotel mewah dengan predikat bintang lima terbaik di Bandung. Tidak hanya fasilitas menginapnya saja yang terbaik, The Trans juga mempunyai fasilitas seperti venue yang sering digunakan untuk tempat pernikahan.

    Venue yang mereka miliki juga beragam mulai dari venue kecil yang cocok untuk dijadikan sebagai tempat menggelar intimate wedding hingga venue besar yang dapat menampung ratusan tamu sekaligus. The Trans Luxury menyediakan Trans Grand Ballroom serta Trans Convention Center untuk jumlah tamu ratusan. Di sisi lain, untuk konsep pernikahan intimate wedding, calon pengantin dapat menggunakan The Restaurant atau The Garden Terrace.

  • Balai Sartika

  • Foto via Instagram/his_balaisartika

    Balai sartika merupakan sebuah gedung pertemuan yang sering digunakan oleh warga Bandung untuk mengadakan acara besar seperti wisuda, seminar, perpisahan sekolah hingga dijadikan sebagai tempat pernikahan.

    Khusus untuk wedding venue, hal tersebut bukan sesuatu yang baru lagi mengingat Balai Sartika mempunyai ukuran besar hingga dapat menampung 1.800 orang. Dengan daya tampung tersebut pengantin dapat mengundang tamu dalam jumlah besar mulai dari teman, keluarga hingga kolega kantor.

    Jika kamu ingin menyewa tempat tersebut, nantinya fasilitas yang akan didapatkan antara lain lahan parkir yang luas, blower 6 pcs, AC minimal 2 pcs, daya listrik hingga 5000 watt serta lokasinya yang mudah dijangkau. Balai Sartika sendiri berlokasi Jl. Suryalaya Indah No.1-3, Cijagra, Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40265.

  • Padma Hotel

  • Foto via website Padma Hotel Bandung

    Rekomendasi venue selanjutnya adalah Padma Hotel. Sama halnya dengan hotel papan atas di Bandung yang menyediakan paket wedding, Padma hotel juga menyediakan hal tersebut termasuk dengan venue pernikahan.

    Secara garis besar, venue di Padma hotel dibagi menjadi dua yaitu Champaca Wedding Chapel dan Champaca Wedding Deck. Champaca Wedding Chapel merupakan tipe venue pernikahan yang cocok digunakan untuk intimate wedding. Pasalnya kapasitas venue tersebut tergolong kecil yaitu 50 orang. Meskipun begitu, Champaca Wedding Chapel mempunyai desain yang unik yaitu sekeliling ruangan dipenuhi dengan kaca sehingga para tamu dapat melihat pemandangan di luar ruangan. 

    Untuk konsep dekorasi pada ruangan tersebut juga cukup simpel, yaitu menggunakan konsep dekorasi warna putih yang dikolaborasi dengan rangkaian bunga sebagai hiasan. Tidak perlu ditambahkan dekorasi lain karena pada dasarnya ruangan tersebut sudah cantik tanpa harus adanya tambahan apapun.

    Di sisi lain, jika kamu ingin mengadakan pesta pernikahan dengan skala besar dan mengundang tamu cukup banyak maka dapat menggunakan venue Champaca Wedding Deck. Champaca Wedding Deck menawarkan sensasi venue outdoor dengan memberikan pemandangan keindahan kota Bandung. 

    Jika kamu tertarik menggunakan Padma hotel sebagai venue pernikahan, dapat melakukan survey terlebih dahulu di alamat Jl. Ranca Bentang 56-58 Ciumbuleuit, Bandung 40142, Indonesia.

  • Mason Pine Hotel

  • Foto: Facebook/Mason Pine Hotel
    Mason Pine Hotel merupakan salah satu hotel yang menyediakan venue wedding lebih dari satu. Tidak kurang mereka memiliki 4 venue indoor dan 4 venue outdoor. Dengan lokasi yang terletak di Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung, kamu dapat menikmati pemandangan kota Bandung dari ketinggian.

    Selain menyediakan 8 venue yang berbeda-beda, Mason juga menyediakan berbagai fasilitas yang memanjakan calon kliennya seperti ukuran venue yang beragam dari yang hanya menampung 50 hingga 3.000 orang, menyediakan katering terbaik, wedding specialist serta event team yang akan membantu klien dalam menyiapkan pernikahan hingga mereka juga menyediakan lahan parkir yang luas untuk memudahkan para tamu yang datang.

    Khusus untuk venue, beberapa contoh venue yang mereka miliki antara lain: The Lawn, Rooftop, dan Tropical Pool. The lawn adalah venue dengan daya tarik utama padang rumput yang terhampar luas hingga 1.000 meter persegi dengan pemandangan Danau Saguling dan Pegunungan Lembang. Venue The Lawn dapat kamu gunakan untuk intimate wedding maupun yang berskala lebih besar karena dapat menampung hingga 800 orang.

    Kemudian jika kamu ingin mengadakan intimate wedding dengan konsep unik dan berbeda dari yang lain, dapat mencoba menyewa venue Rooftop di Mason Pine. Waktu yang paling direkomendasikan untuk menggelar pesta pernikahan di Rooftop adalah menjelang matahari terbenam. Pasalnya pada waktu tersebut, pemandangan langit Bandung berada di puncak terbaiknya dan kamu bersama pasangan dapat menikmati pemandangan matahari terbenam Kota Bandung dari rooftop hotel ternama. 

    Selain Rooftop, Mason Pine juga mempunyai wedding venue lain yang patut kamu jadikan pertimbangan yaitu Tropical Pool. Sesuai namanya, wedding venue ini memang dibangun di dekat kolam renang dengan kondisi ruangan terbuka. Kolam renang tersebut berlokasi di tengah-tengah hotel. Dengan kondisi tempat yang luas, wedding venue tersebut dapat menampung hingga 700 orang. 

    Untuk Tropical Pool, waktu pernikahan yang pas untuk diadakan adalah ketika malam hari. Alasannya adalah untuk menghindari cuaca panas yang dapat membuat para tamu tidak nyaman. Di sisi lain, pesta pernikahan yang diadakan malam hari yang dilengkapi dengan berbagai hiasan lampu yang menggantung di sepanjang kolam dapat membangun suasana romantis dan membuat pesta pernikahan menjadi lebih khidmat.

    Itulah empat rekomendasi wedding venue terbaik di sekitar Kota Bandung. Diantara venue tersebut terdapat tempat pernikahan dengan konsep indoor maupun outdoor. Dengan segala fasilitas dan konsep yang mereka miliki, venue-venue tersebut cocok untuk kamu jadikan sebagai referensi tempat pernikahanmu nanti.

    Untuk masalah harga, memang venue di atas mempunyai harga di atas rata-rata namun hal tersebut sebanding dengan fasilitas dan pengalaman yang kamu nikmati nanti. Jika impianmu menikah di tempat nyaman dengan berbagai fasilitas terbaik yang ditawarkan, tidak ada salahnya untuk menabung dana dari jauh-jauh hari agar kamu dapat menyewa tempat pernikahan impianmu nanti. 


    Cover | Foto via website Padma Hotel Bandung


    Artikel Terkait



    Artikel Terbaru