Pilih Kategori Artikel

Berikut 6 Rekomendasi Wedding Venue Semarang yang Perlu Kamu Tahu!
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Venue merupakan sebutan untuk menyebut sebuah tempat yang sering digunakan untuk acara besar, seperti konser, acara olahraga hingga pernikahan. Khusus untuk pernikahan, tempat tersebut sering disebut sebagai wedding venue.

Wedding venue sendiri ada banyak macamnya, namun yang paling umum dibagi menjadi dua yaitu wedding venue konsep indoor dan outdoor. Untuk indoor, adalah venue yang terletak di dalam sebuah ruangan tertutup, biasanya dalam bentuk ballroom, aula hingga restoran. Di sisi lain, untuk outdoor adalah venue yang khusus diselenggarakan di tempat terbuka atau di luar ruangan. Contohnya seperti taman, hutan hingga restoran yang menggunakan konsep alam. 

Seiring berkembangnya waktu, venue pernikahan berkembang di berbagai kota tidak hanya terbatas pada kota-kota besar saja. Hal ini tidak lepas dari permintaan venue pernikahan yang semakin meningkat sehingga membuat berbagai pihak mulai membangun banyak venue di berbagai tempat. 

Salah satu kota yang memiliki wedding venue dengan kualitas baik dan harga yang relatif terjangkau adalah Semarang. Jika kamu calon pengantin yang tinggal di sekitar Semarang dan saat ini tengah mencari wedding venue, simak rekomendasinya di bawah ini.

1. Susan Spa & Resort Semarang

wm_article_img
Venue: Susan Spa & Resort

Rekomendasi pertama adalah Susan Spa & Resort Semarang. Wedding venue satu ini berlokasi di wilayah Bandungan, Kabupaten Semarang. Dengan lokasi yang berada di dataran tinggi dan cuaca sejuk yang ditawarkan, membuat Susan Spa menjadi wedding venue terbaik yang dapat kamu gunakan.

wm_article_img
Venue: Susan Spa & Resort

Selain karena lokasinya yang menyenangkan dan tidak sepanas di wilayah Semarang lain, Susan Spa & Resort Semarang juga mempunyai desain bangunan cantik dan terkesan kekinian sehingga cocok digunakan untuk konsep pernikahan modernUntuk calon pengantin yang berminat menyewa Susan Spa & Resort, akan mendapatkan berbagai fasilitas seperti ruangan resepsi, konsumsi serta kamar pengantin. Untuk durasi penyewaan venue ini dapat digunakan hingga 4 jam.

2. UTC Hotel Semarang

wm_article_img
Foto: UTC Wedding Galery

Rekomendasi selanjutnya adalah UTC Hotel Semarang. UTC merupakan salah satu hotel yang memiliki ballroom yang sering digunakan sebagai wedding venue di Semarang. 

Berbeda dengan Susan Spa yang terletak di daerah Bandungan yang jauh dari pusat kota, UTC Hotel justru berada di dekat pusat Kota Semarang, tepatnya di Kecamatan Gajahmungkur, Semarang. Dengan letaknya yang strategis, diharapkan baik pihak pengantin maupun tamu undangan dapat dengan mudah menjangkau venue pernikahan dan tidak mengalami kesulitan untung datang ke tempat tersebut.

wm_article_img
Foto: UTC Wedding Galery

Bagi calon pengantin yang menyewa UTC Hotel, pihak pengelola memberikan fasilitas berupa tempat prewedding, 2 kamar untuk menginap semalam serta test catering makanan pernikahan untuk 6 orang. Untuk lokasi lengkap berada di Jalan Kelud Raya No.2, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah.

3. Nirwana Stable

wm_article_img
Venue: Nirwana Resto & Cafe

Nirwana stable merupakan salah satu venue pernikahan yang mengusung dua konsep pernikahan yaitu indoor dan outdoor. Nirwana stable sendiri adalah sebuah restoran dan kafe yang memiliki bangunan yang dilengkapi dengan taman luas. Dengan bentuk bangunan yang dimiliki, tidak heran jika Nirwana Stable dapat menawarkan pernikahan indoor maupun outdoor

Untuk pernikahan indoor sendiri, biasanya pihak pengelola akan menawarkan bangunan dalam restoran sebagai venue utama. Sedangkan untuk outdoor menggunakan taman sebagai tempat menggelar acara pernikahan.

wm_article_img
Foto via Kawan Wedding Organizer

Di sisi lain, meskipun Nirwana Stable merupakan sebuah restoran, namun bangunan tersebut termasuk luas hingga dapat menampung 300 tamu dalam waktu bersamaan. Hal tersebut tentunya menjadi sesuatu yang unik karena sulit menemukan restoran yang dapat menampung tamu sebanyak itu. Untuk alamat lengkap Nirwana Stable, kamu dapat mengunjungi di Purwosari, Kecamatan Mijen, Semarang. 

4. The Wujil Resort & Conventions Semarang

wm_article_imgwm_article_img

Venue: The Wujil

The Wujil Resort & Conventions Semarang adalah sebuah venue pernikahan yang terletak di wilayah Ungaran. Dengan lokasinya yang terletak di dataran tinggi serta suasana yang sejuk, The Wujil Resort cocok untuk dijadikan sebagai venue pernikahanmu.

Alasan mengapa The Wujil Resort & Convention menjadi salah satu rekomendasi venue di Semarang, selain karena lokasinya yang di dataran tinggi dan cuacanya yang sejuk, juga menyediakan berbagai ruangan yang disesuaikan dengan jumlah tamu.

Contohnya saja, jika tamu yang diundang banyak bahkan hingga 500 orang ke atas, pihak The Wujil Resort menyediakan Abimantrana Ballroom yaitu venue utama yang dapat menampung hingga 900 orang, dengan luas 616 meter persegi dan desain ruangan yang tidak dilengkapi dengan pilar. Selain itu langit-langit bangunan tersebut mempunyai tinggi hingga 11 meter, membuatnya terlihat megah.

Dengan desain yang lega, tidak heran jika Abimantrana Ballroom dapat menampung tamu dalam jumlah yang sangat banyak. Selain Abimantrana Ballroom, The Wujil Resort juga menyediakan ruangan lain yang cocok untuk konsep intimate wedding. Ruangan ini disebut dengan ruangan VIP yang terletak di dalam restoran. 

wm_article_img
Venue: The Wujil

Terakhir, The Wujil Resort juga mempunyai venue outdoor yang disebut dengan svarga outdoor. Venue tersebut terletak di luar ruangan. Daya tarik dari venue tersebut adalah pemandangan alam yang diberikan sekaligus terdapat panggung yang terbuat dari bambu yang terletak di tengah kolam. Desain venue tersebut tentunya sangat menarik perhatian terutama bagi pengantin yang ingin menggelar pernikahan dengan konsep yang menyatu dengan alam.

5. Gedung Juang 45

wm_article_img
Foto: via Daniico Dekorasi Semarang

Selain UTC Hotel, terdapat venue lain yang terletak tidak jauh dari pusat kota yaitu Gedung Juang 45, lebih tepatnya di Jalan Pemuda No.163, Sekayu, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. 

Gedung Juang 45 adalah salah satu gedung serbaguna yang terletak di Semarang yang sering digunakan sebagai tempat pernikahan, Gedung Juang sendiri bisa menampung hingga 200-300 orang dalam sekali waktu. Selain itu, jika kamu ingin mengadakan intimate wedding gedung juang 45 juga cocok digunakan untuk konsep pernikahan tersebut.

6. Gedung Dewa Ruci

wm_article_img
Venue: Gedung Dewa Ruci

Rekomendasi venue terakhir adalah Gedung Dewa Ruci yang berlokasi di wilayah Pedurungan. Gedung tersebut merupakan salah satu gedung pertemuan yang sering digunakan sebagai venue pernikahan. Dengan kapasitas besar hingga 1500 orang, Gedung Dewa Ruci sering dijadikan sebagai venue pernikahan karena dapat memuat banyak tamu undangan.

Selain itu, fasilitas yang dimiliki oleh gedung pernikahan yang satu ini juga terbilang lengkap seperti parkiran luas, mushola, AC hingga sound system. Nah, dengan fasilitas lengkap tersebut tentunya dapat memberikan kenyamanan bagi pengantin maupun para tamu yang datang.

wm_article_img
Foto via Manunggal Wedding & Event Organizer

Jika kamu berminat untuk menggunakan Gedung Dewa Ruci dan ingin melakukan survey langsung ke lokasi, kamu dapat mengunjungi di SMA Gita Bahar, Palebon, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Itu lah enam rekomendasi venue pernikahan dengan fasilitas lengkap di sekitar Semarang. Tentunya keenam venue tersebut mempunyai ciri khas dan keunikannya masing-masing. Sebelum memutuskan untuk memilih venue, kamu dapat melakukan research terlebih dahulu. Hal ini perlu dilakukan agar kamu mengetahui kelebihan dan kekurangan dari masing-masing gedung sehingga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan. Good luck!


Foto Cover via Liandra EO

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...