Tips Memilih Sepatu Pengantin Wanita yang Nyaman Untuk Resepsi Pernikahan - Wedding Market

Tips Memilih Sepatu Pengantin Wanita yang Nyaman Untuk Resepsi Pernikahan

11 May 2022 | By WeddingMarket | Viewers: 104
Pentingnya Memilih Sepatu Pengantin Wanita yang Nyaman Untuk Resepsi Pernikahan
Foto: Cava Prive

Untuk tampil cantik di pesta pernikahannya, sang pengantin wanita tentunya harus mempersiapkan berbagai hal dari jauh-jauh hari. Mulai dari makeup, tatanan rambut atau hijab, baju pengantin, henna sampai sepatu pengantin yang akan dikenakan semuanya perlu dipersiapkan dengan matang. Omong-omong soal sepatu pengantin, walaupun terletak di bagian bawah dan sering tidak diperhatikan oleh para tamu, tapi perannya sangat penting loh. Pasalnya sekalipun terkesan sepele, tapi memilih sepatu yang tepat bisa menentukan penampilan keseluruhanmu. 

Misalnya nih, kamu punya tipe badan mungil, maka sepatu yang tepat untuk kamu pilih adalah sepatu berhak tinggi yang dapat membuat kamu nampak lebih jenjang. Sebaliknya, jika kamu punya postur badan yang lumayan tinggi, maka menggunakan flat shoes atau sepatu berhak rendah akan lebih direkomendasikan. Terlepas dari itu, memilih sepatu pengantin yang nyaman ketika dikenakan jauh lebih penting. Sebab, sepatu inilah yang akan membawamu berjalan sepanjang hari di momen paling bersejarah dalam hidupmu.

Untuk hari penting seperti pernikahan, pastinya tak boleh asal pilih sepatu pengantin dong! Momen sekali seumur hidup kamu harus benar-benar sempurna, sesempurna sepatu pengantin yang akan mengiringi langkahmu. Kamu pastinya penasaran bagaimana tips agar tak salah memilih sepatu untuk hari istimewamu kelak, bukan? Agar tak salah langkah, yuk simak tipsnya berikut ini:

1. Utamakan Kenyamanan

Sepatu pengantin: Toteshoes

Hal pertama yang paling penting untuk diperhatikan ketika kamu hendak memilih sepatu pengantin adalah kenyamanan! Iya, faktor kenyamanan ini adalah mutlak. Pasalnya, tak perduli seberapa indah atau mewahnya model sepatu pengantin yang dipilih, seandainya tidak nyaman dikenakan, maka dapat merusak mood pada saat hari pernikahan digelar. Tipsnya, pilihlah model sepatu sesuai dengan kebiasaanmu.

Sebagai contoh, kamu terbiasa menggunakan sendal jepit atau flat shoes sehari-hari, maka sebisa mungkin hindari sepatu dengan heels yang tinggi. Sebagai gantinya, kamu bisa memilih sepatu block heels yang lebih nyaman atau sepatu pengantin hak pendek seperti flat shoes. Kamu tak perlu khawatir, karena sekarang model sepatu pengantin wanita hak pendek pun sudah sangat bervariasi. Mulai dari wedges, kitten heels, boots, ballet flat, hingga sneakers. Jadi, ada berbagai pilihan yang bisa jadi opsi untuk kamu gunakan di pesta pernikahanmu, yang tentunya lebih nyaman digunakan.

2. Memilih Warna yang Tepat

Sepatu pengantin: Langkah by Linalee

Ketika kamu ingin membeli sepatu pengantin, memilih warna sepatu yang tepat juga sangat penting untuk diperhatikan. Biasanya warna sepatu perlu disesuaikan dengan warna baju pengantin yang akan dikenakan. Misalnya, jika baju pengantin berwarna gold, maka pilihlah sepatu pengantin wanita warna gold pula, agar penampilanmu tetap terlihat serasi. Namun, jika kamu cukup percaya diri dengan konsep tabrak warna, tidak ada salahnya juga untuk memilih sepatu berwarna cerah yang tidak senada dengan baju pengantin. Misalnya gaun pengantinmu berwarna putih, lalu kamu memilih sepatu berwarna biru tua atau merah cerah.

Hal tersebut sah-sah saja dilakukan selama kamu merasa nyaman dan percaya diri ketika memakainya, meskipun sedikit tricky. Sebab, salah-salah justru akan tampak terlalu mencolok. Apabila kamu tidak cukup percaya diri untuk memakai konsep mix and match ini, maka kembalilah ke zona nyamanmu dimana antara sepatu dan baju warnanya senada. Ingat ya dears, jangan terlalu memaksakan diri, karena momen pernikahan ini terlalu penting untuk sekedar dijadikan ajang coba-coba!

3. Sesuaikan dengan Panjang Gaun

Sepatu pengantin: Aveda Footwear

Tidak semua sepatu bisa cocok dengan segala jenis busana, karena ada beberapa tipe sepatu tertentu yang hanya cocok digunakan dengan gaun panjang atau gaun yang pendek. Contohnya sepatu boots. Walaupun tidak umum untuk dipakai, tapi banyak pengantin zaman sekarang yang menggunakan jenis sepatu ini untuk dipakai di pesta pernikahan mereka.

Dengan desain sepatunya yang menjulang ke atas, membuat sepatu boots lebih pas ketika digunakan dengan gaun pengantin model pendek. atau midi dress. Tentu saja supaya model sepatu pengantin nyentrik ini jadi terlihat jelas. Berbeda jika kamu menggunakan model gaun pengantin yang panjang, sepatu pengantin hak tinggi atau pun sepatu flat shoes akan lebih cocok untuk dipadupadankan dengan gaun indahmu.

4. Menyiapkan Dua Sepatu

Sepatu Pengantin Wanita by UNIFICATIO

Bagi beberapa orang, menyiapkan dua buah sepatu pernikahan terkesan merepotkan dan akan menghabiskan banyak dana. Namun, percayalah pada kondisi tertentu kamu mungkin perlu menyiapkan dua pasang sepatu untuk pernikahanmu nanti. Hal ini bisa terjadi karena menjelang pesta pernikahan, para calon pengantin akan dilanda dilema dalam hal apapun, termasuk ketika memilih sepatu pengantin. Dilema dalam hal ini adalah memilih antara sepatu yang sesuai model kekinian atau memilih sepatu yang nyaman dikenakan.

Tidak semua sepatu dengan desain modern bisa nyaman untuk kamu gunakan. Terlebih lagi jika kamu hanya mencoba sepatu tersebut sebentar saja, terkadang rasa tidak nyaman itu baru akan muncul setelah beberapa jam kemudian. Maka dari itu, untuk menghindari situasi tersebut, kamu perlu menyiapkan dua pasang sepatu untuk antisipasi. Misalnya pada awal acara kamu menggunakan sepatu berdesain unik, tapi ternyata di tengah-tengah acara sepatu yang kamu pakai mulai terasa tidak nyaman. Kalau kamu sudah menyiapkan sepatu cadangannya, maka bisa langsung mengganti saat itu juga, demi menghindari kaki kamu menjadi lecet atau luka-luka.

4. Hati-hati Ketika Memilih Sepatu Berhak Tinggi

Sepatu pengantin: Bride Series

Untuk beberapa wanita, mungkin punya impian untuk bisa memakai sepatu berhak tinggi di pesta pernikahannya. Impian tersebut tentunya tidak ada yang salah, karena sepatu hak tinggi memang punya daya tariknya sendiri. Sepatu pengantin wanita berhak tinggi selain bisa membuatmu tampak lebih jenjang ketika mengenakan gaun pengantin, juga dapat memberi kesan lebih feminim dan elegan. Hanya saja, untuk memakai high heels, apalagi dengan ukuran yang melebihi 5 cm, harus ekstra hati-hati. Di sisi lain, terkadang gaun yang dipakai oleh pengantin punya desain panjang yang melebihi mata kaki yang membuat penggunaan sepatu dengan heels yang terlalu tinggi jadi berbahaya. 

Maka dari itu, untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, kamu perlu untuk mengukur kemampuanmu dalam menggunakan sepatu. Bahkan jika perlu, kamu bisa berlatih berjalan menggunakan sepatu berhak tinggi sebelum pesta pernikahan dilangsungkan. Agar kamu tidak terlalu kaget menggunakan sepatu tersebut. Sekalipun kamu sudah terbiasa dengan sepatu berhak tinggi, kamu harus ingat bahwa ketika pesta pernikahan dilangsungkan, kamu bisa memakai sepatu pengantin lebih dari 12 jam. Mengingat hal tersebut, pastinya akan tidak nyaman untukmu. Oleh karena itu, pilihlah sepatu yang membuatmu nyaman, sekalipun memilih sepatu berhak tinggi, pilihlah model sepatu dengan hak yang sekiranya tidak berlebihan dan tetap nyaman kamu gunakan.

5. Pilih Flat Shoes Agar Lebih Nyaman

Wedding flat shoes: Sachlirene Tfota

Flat shoes adalah tipe sepatu yang mempunyai desain berupa bentuknya yang lancip di bagian ujung dan tidak terdapat hak di bagian alasnya. Sepatu ini memang biasanya digunakan untuk acara non formal seperti jalan-jalan ataupun untuk bekerja dan kuliah. Eits! Walaupun flat shoes biasa digunakan untuk acara non formal, kamu juga bisa loh menggunakan jenis sepatu satu ini untuk pesta pernikahan. Sekarang ada berbagai model flat shoes mewah yang cocok untuk pengantin wanita. Bentuknya yang feminim dan sepatunya yang nyaman ketika dipakai, membuat flat shoes sangat direkomendasikan.

Agar tampilan flat shoesnya jadi lebih glamour dan tidak terlihat biasa saja, kamu bisa memilih flat shoes yang terbuat dari bahan lace yang dihias dengan berbagai payet atau manik-manik lucu di seluruh bagian sepatu. Selain punya kelebihan berupa rasa nyaman ketika digunakan, flat shoes juga punya kelebihan lain yaitu bisa dipakai di semua  model baju pengantin, baik model baju pengantin tradisional maupun internasional.  Flat shoes tetap bisa dijadikan sebagai sepatu pengantin untuk kebaya.

6. Mencoba Sepatu Baru Beberapa Minggu Sebelum Pesta

Ketika kamu ingin membeli sepatu pengantin, sebaiknya kamu membeli dari jauh-jauh hari. Selain agar kamu bisa melakukan riset untuk mendapatkan model sepatu terbaik dengan harga yang miring, membeli sepatu dari jauh hari juga bisa memberikanmu waktu untuk mencoba sepatunya terlebih dahulu, terutama jika kamu membeli sepatu tipe berhak dengan ukuran hak yang lumayan tinggi. Hal ini dilakukan agar kamu bisa terbiasa dengan sepatu barumu dan kamu tidak terlihat kaku ketika memakainya. Percobaan dalam menggunakan sepatu baru ini bisa kamu lakukan beberapa kali dan dalam jangka waktu yang lumayan lama, agar kamu jadi lebih terlatih dan terbiasa dengan sepatu berhak tinggi.

Sepatu pengantin: Aveda Footwear

Itu lah beberapa tips dalam memilih model sepatu nikah wanita. Tips tersebut bisa kamu terapkan ketika ingin membeli sepatu dengan berbagai model dan berbagai harga sepatu pengantin wanita. Yang terpenting, sebelum membeli sepatu adalah carilah sepatu yang membuatmu nyaman karena pada akhirnya mau sebagus dan selucu apapun desain sebuah sepatu, jika tidak memberikan rasa nyaman bagi para penggunanya, maka akan sia-sia saja karena tidak akan dipakai berulang kali. Jadi dibandingkan membeli berdasarkan model sepatu yang sedang populer, belilah sepatu yang tidak memberikan rasa sakit di kaki dan bisa terus kamu gunakan. Semoga bermanfaat ya!

Wujudkan Pernikahan Impianmu bersama WeddingMarket

Silahkan Klik Disini

Wujudkan Pernikahanmu di Venue Impian dengan
WeddingMarket Venue Deals

Artikel Terkait


WeddingMarket

Hello, thank you for Visiting us. Any Question?