Pilih Kategori Artikel

Jadikan Pernikahan Semakin Istimewa dengan Desain Kartu Souvenir yang Unik dan Memikat
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Kartu ucapan "Terima Kasih" pada souvenir pernikahan, merupakan item yang cukup penting perannya. Walaupun merupakan bagian kecil dari souvenir pernikahan, kartu ucapan pada souvenir mampu memberikan sebuah kesan bagi penerimanya.

Kehadiran kartu souvenir ini seperti sebuah media penyampai pesan, sangatlah penting untuk menunjukkan apresiasi dan rasa terima kasih kedua mempelai kepada para tamu yang sudah menghadiri undangan pernikahannya. 

Ada berbagai contoh desain kartu souvenir pernikahan yang bisa dipilih. Walaupun hanya berupa potongan kertas kecil, banyak pula calon pengantin yang menyiapkan desain kartu souvenir pernikahan ini secara khusus. 

Pertimbangan dari segi biaya pun turut mempengaruhi desain kartu souvenir pernikahan yang akan digunakan. Apalagi, kartu ini pasti harus dibuat dalam jumlah banyak, sesuai dengan banyaknya souvenir yang akan diberikan.

Hal yang Mempengaruhi Harga Kartu Souvenir Pernikahan

wm_article_img

Ternyata, biaya untuk kartu souvenir ini bisa disesuaikan dengan desainnya. Selain itu, berikut adalah hal-hal lainnya yang ikut mempengaruhi harga kartu souvenir pernikahan:

1. Banyaknya Kartu Souvenir yang Dicetak

wm_article_img

Hal pertama yang mempengaruhi harga dari kartu souvenir adalah jumlah kartu yang dicetak. Semakin banyak kartu yang perlu dicetak, tentu saja semakin tinggi biaya yang harus dibayarkan. 

Namun, tak perlu khawatir karena terkadang beberapa penyedia atau vendor souvenir memberikan diskon tertentu jika para calon pengantin mencetak kartu ucapan ini dalam jumlah banyak. Jadi, ada kemungkinan hitung-hitungannya bisa lebih hemat karena mendapatkan diskon tertentu dari pihak percetakannya. 

2. Jenis Bahan yang Digunakan Untuk Kartu Ucapan Souvenir

wm_article_img

Hal selanjutnya yang mempengaruhi harga kartu souvenir pernikahan adalah jenis kertas atau bahan yang digunakan. Semakin tinggi kualitasnya, maka semakin mahal pula biaya yang harus disiapkan. Tentu saja, jarang sekali pengantin memilih kertas murah seperti HVS untuk membuat kartu ucapan pernikahan pada souvenir ini.

Setidaknya, dipilih kertas kualitas menengah yang lebih berdimensi untuk membuat kartu ucapan tampak lebih kokoh dan menarik. Ada banyak sekali jenis kertas pada golongan ini dengan ukuran dan dimensi yang berbeda-beda. Karena itu, harga yang diberikan juga bisa lebih disesuaikan dengan varian yang tersedia.

wm_article_img

Selain bahan kertas, ada pula variasi ucapan terima kasih souvenir pernikahan menggunakan bahan lain seperti kain, kayu, logam atau akrilik. Tentu, semakin spesial bahan yang digunakan harganya pun akan semakin mahal. Namun, hal ini sepadan dengan tampilan kartu ucapan souvenir unik dan eksklusif.

3. Ukuran Kartu Souvenir yang Diinginkan

wm_article_img

Ukuran kartu souvenir juga bisa mempengaruhi harga dari pembuatannya. Semakin lebar dan besar ukurannya, berarti semakin banyak bahan dan kertas yang dibutuhkan. Tentu saja harganya menjadi semakin mahal.

Meskipun demikian, ukuran kartu souvenir sendiri memang disarankan untuk tidak terlalu besar. Sebab, jika ukuran kartu ucapan ini terlalu besar, dikhawatirkan malah akan merusak tampilan souvenir. Usahakan memilih ukuran kartu yang tidak terlalu besar maupun terlalu kecil, harus disesuaikan dengan ukuran souvenir yang akan diberikan agar terlihat proporsional. 

4. Desain dan Bentuk dari Kartu Souvenir

wm_article_img

Hal terakhir yang mempengaruhi harga kartu souvenir adalah desain dan bentuk kartu itu sendiri. Kartu souvenir yang memiliki bentuk dan desain yang standar pastinya lebih murah dibandingkan dengan kartu yang memiliki desain dan bentuk yang lebih rumit.

Misalnya, kartu souvenir yang berbentuk persegi panjang biasa akan lebih mudah pemotongannya. Daripada, kartu souvenir yang berbentuk hati yang cukup rumit, karena diperlukan alat khusus untuk memotongnya (laser cut). Jadi, ada kemungkinan harga kartu yang berbentuk hati maupun bentuk unik lainnya bisa menjadi lebih mahal. Namun, tentu saja itu bisa disesuaikan dengan percetakan dan desain yang dibuat.

Contoh Desain Kartu Souvenir yang Bisa Menjadi Referensi

wm_article_img

Setelah membahas hal apa saja yang mempengaruhi harga dari pembuatan kartu souvenir pernikahan, berikut akan diperlihatkan beberapa contoh desain dari kartu souvenir pernikahan. Contoh-contoh ini mungkin bisa menjadi referensi bagi para calon pengantin.

Terutama, yang sedang merasa kesulitan untuk menentukan desain yang tepat untuk kartu souvenir. Ada berbagai ide desain yang bisa diterapkan untuk membuat kartu souvenir yang sesuai.

1. Kartu Souvenir dengan Pesan yang Memikat

wm_article_img

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sejatinya kartu ucapan pada souvenir pernikahan ini adalah sebuah media penyampai pesan dari pasangan pengantin yang berbahagia kepada tamu-tamu di acara istimewanya. Oleh karena itu, jika bisa menyematkan ucapan terima kasih dengan kata-kata yang memikat, kenapa tidak?

Hal ini tentu dapat membuat mereka yang hadir di pesta pernikahanmu merasa lebih dihargai. Pesan-pesan menyentuh yang dituliskan seperti ungkapan terima kasih dari hati yang terdalam, tentunya akan terasa lebih tulus. Akan lebih berkesan ketimbang hanya menulisa "Thank you" atau nama kedua pengantin saja. 

wm_article_img

Akan tetapi, karena memang ukuran kartu ucapan biasanya relatif kecil, tidak banyak kalimat atau kata-kata yang bisa dituliskan di atasnya. Jadi, lebih baik memilih ungkapan terima kasih yang tetap singkat, padat serta jelas. Jadi, lebih banyak ruang pada kartu untuk desain dan model sehingga tampilan kartu lebih bisa dimaksimalkan.

2. Kartu Ucapan Rustic yang Natural

wm_article_img

Kartu ucapan dengan gaya dan tema rustic natural akan menambahkan kesan istimewa dan mewah pada acara pesta yang diadakan. Poin utama dari desain ini adalah kertas dengan warna cokelat yang identik dengan warna alam dan juga teksturnya yang masih alami.

Lebih baik tidak menulis banyak kalimat di dalam kertas agar menjaga kesan sederhananya. Namun, tidak salah juga untuk menambahkan beberapa kalimat singkat untuk mengungkapkan rasa syukur jika memang ada ruang yang masih tersisa. Sebagai pelengkap kemasan souvenirnya, hiasi juga dengan ornamen rustic seperti dried plants atau tali rami agar lebih terlihat alami. 

3. Kartu Dengan Motif Floral

wm_article_img

Kehadiran bunga pada acara pernikahan memang sudah menjadi ciri khas. Karena itu, tidak ada salahnya juga untuk memberikan sentuhan motif bunga pada kartu ucapan pada souvenir pernikahan supaya terkesan lebih sweet dan spesial.

wm_article_img

Motif bunga ini bisa dimanfaatkan sebagai bingkai pada kartu ucapan. Kemudian, pada bagian tengahnya baru dimasukkan teks ucapan terimakasih dan nama dari pengantin. Dengan begitu, desain dari kartu jadi lebih terpusat, rapi, namun tetap memiliki kesan yang indah dan manis.

4. Kartu Souvenir Pernikahan Bergaya Classy

wm_article_img

Poin dari desain kartu souvenir ini adalah pada motifnya yang klasik dan elegan. Kemudian, tulisan sengaja dibuat dengan singkat dan hanya menuliskan nama pengantin saja untuk menjaga kesan bersih dan klasik pada kartu ini. 

Motif pada kartu ucapan souvenir pernikahan mungkin terlihat sederhana dan biasa. Namun, jika dipadukan dengan kualitas kertas yang bagus, font dan warna yang tepat. Maka, tampilan desain kartu ucapan souvenir ini bisa memberikan kesan yang mewah nan elegan. Apalagi jika tulisannya menggunakan tinta emas agar tampak lebih classy. 

5. Kartu Souvenir Pernikahan Simple Minimalis

wm_article_img

Tidak menggunakan banyak warna pada kartu souvenir pernikahan bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan meminimalisir penggunaan warna dan menjaga desain agar tetap simple dan minimalis. Maka, akan menimbulkan kesan yang sederhana, modern dan mewah pada kartu souvenir.

Itulah berbagai contoh desain kartu souvenir pernikahan yang bisa menjadi referensi bagi calon mempelai. Temukan juga berbagai kebutuhan untuk acara pernikahan kamu dari vendor-vendor berpengalaman yang ada di situs WeddingMarket. Semoga ulasan  ini bermanfaat, ya!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...