Pilih Kategori Artikel

Tips dan Trik Menghemat Biaya Gaun Pernikahan Bisa Jauh Lebih Murah!
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Pernikahan memang momen spesial bagi setiap calon pengantin, gak heran ya banyak orang rela menggelontorkan dana yang tidak sedikit demi menjadi raja dan ratu sehari. Saking ingin tampil sempurna, seringkali tanpa sadar budget pernikahan jadi membengkak. Namun, jangan khawatir, WeddingMarket punya beberapa tips dan trik untuk membuat biaya pernikahanmu lebih ramping. Salah satu item yang bisa kamu akali untuk menghemat budget pernikahan yakni, gaun pernikahan. 

Meskipun busana pernikahan sangatlah penting untuk menunjang penampilan kedua mempelai pengantin, bukan berarti harus mahal, loh. Memang benar, busana pengantin yang mahal umumnya memiliki kualitas yang baik, tapi bukan berarti tidak ada alternatif lain buat kamu mendapatkan gaun pernikahan yang lebih murah. Ada berbagai trik yang bisa kamu lakukan untuk menghemat biaya gaun pernikahan, namun tetap dapat tampil cantik maksimal di hari H. Penasaran ‘kan bagaimana caranya? Kamu bisa mengikuti beberapa tips dan trik berikut ini, yuk simak ulasannya sampai tuntas!

Trik 1: Pilihlah gaun pernikahan yang tidak terlalu banyak detail ornamen dekoratif yang membuat harganya jadi lebih mahal

wm_article_img

Gaun Pengantin | Tommy Pancamurti

Umumnya, yang membuat harga gaun pengantin menjadi lebih mahal adalah detail atau ornamen-ornamen yang menghiasinya. Terutama gaun yang dibuat dengan sentuhan-sentuhan khusus, misalnya gaun dengan hiasan bordir, payet, mutiara atau permata. Gaun pernikahan mewah tersebut tentunya memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan busana serupa tapi bermodel polos atau minimalis. 

Nah, untuk mendapatkan gaun dengan harga yang relatif lebih terjangkau, maka kamu perlu memperluas preferensi dengan menilik gaun-gaun minimalis, baik yang bergaya klasik maupun modern. Coba deh lihat gaun pengantin ala Korea, umumnya tidak terlalu banyak aksen, bukan? Kamu bisa menjadikannya sebagai referensi, meskipun gaun-gaun pernikahan tersebut cenderung polos, namun tetap terlihat cantik dan elegan. Apabila dirasa gaun tersebut terlalu sederhana, kamu boleh tambahkan sedikit aksesoris agar tampak lebih menarik. Gunakan kalung, bros atau hiasan kepala supaya penampilanmu semakin memukau dan tidak membosankan. 

Seandainya kamu tetap ingin menggunakan gaun pernikahan dengan detail ornamen-ornamen dekoratif seperti lace, payet, mutiara, atau permata, tapi di satu sisi juga ingin lebih hemat, apa solusinya? Pilihlah busana pengantin dengan detail terbatas, misalnya aksen payet pada bagian tertentu saja seperti lengan, dada atau bodice alih-alih gaun pernikahan full-payet. Tentunya, semakin minim ornamen yang digunakan, harga baju pengantin pun akan lebih terjangkau. 

Trik 2: Pilih gaun dengan detail siluet yang simpel

wm_article_img

Gaun pernikahan | Ohana Bridal

Gaun pengantin dengan potongan siluet yang unik memang dapat memberikan kesan eksklusif dan mewah. Apalagi jika gaun tersebut memiliki detail yang rumit dan kompleks seperti ball gown. Ketika mengenakan gaun cantik tersebut, walau tanpa banyak aksesoris, tampilanmu bisa langsung mempesona bak putri-putri kerajaan. Tentunya, ada harga yang harus dibayarkan untuk effort sang desainer merancang dan menjahit gaun-gaun pernikahan model unik tersebut. Gak heran harga jualnya bisa jauh lebih tinggi dibandingkan dengan gaun pernikahan serupa yang bermodel lebih sederhana.

Coba deh bandingkan beberapa gaun pengantin dari brand yang sama, bahan yang sama, tapi dengan model potongan berbeda. Harganya bisa sangat berbeda, bukan? Dari segi penggunaan bahan, kerumitan detail, belum lagi teknik menjahitnya yang tak bisa sembarang, menjadikan gaun dengan potongan rumit cenderung lebih mahal. Maka dari itu, apabila kamu ingin menghemat budget pernikahan, pilihlah gaun pengantin simple dengan potongan siluet yang lebih sederhana. Misalnya, alih-alih ball gown, alternatifnya  kamu bisa menggunakan gaun model A-line, mermaid, atau flare dress. Sama-sama cantik dan elegan kok, tapi harganya bisa beda jauh. 

Trik 3: Pilihlah model gaun yang benar-benar sesuai dengan keinginan, jangan sampai ada biaya tambahan untuk merombak disana-sini

wm_article_img

Gaun pengantin | Attelia Bridal

Di pasaran mungkin kamu bisa menemukan banyak model gaun pernikahan dengan harga relatif terjangkau. Nah, sebelum memutuskan untuk membeli salah satunya, pertimbangkan terlebih dahulu secara matang. Jangan sampai kamu tergoda dengan iming-iming harga murah, tetapi model gaunnya tidak benar-benar pas dengan selera atau ukurannya tidak sesuai dengan tubuhmu. Sehingga, kamu perlu merombaknya di beberapa bagian. 

Duh, kadang biaya rombak gaun malah bikin harganya jadi lebih mahal, bestie! Apalagi, jika gaun yang kamu pilih berpotongan rumit. Selain membutuhkan waktu lebih lama untuk menjahit ulang, tentunya ada biaya ekstra yang harus dikeluarkan. Oleh sebab itu, pertimbangkan dengan baik sebelum membeli, agar tidak menyesal di kemudian hari.

Trik 4: Gak usah beli baru, sewa atau beli gaun pengantin secondhand aja lebih murah

wm_article_imgwm_article_img

Sewa Kebaya dan Gaun Pengantin | Beblooms Wedding

Bagi kamu yang sering mengunjungi wedding exhibition, pastinya sudah tak asing lagi dengan keberadaan gaun pernikahan secondhand, bukan? Ada loh vendor-vendor yang menyediakan gaun atau kebaya bekas pakai dengan kualitas yang masih sangat baik. Seperti yang kita ketahui, gaun pengantin sendiri adalah busana yang hanya dipakai sekali saja, maka dari itu kualitas secondhand gown masih bagus, bahkan hampir tidak ada bedanya dengan yang baru. Keuntungan membeli gaun pengantin ini tentunya kamu bisa mendapatkan harga lebih miring dibandingkan dengan membeli busana pengantin yang baru. 

Selain itu, ada lagi alternatif lain, yakni dengan menyewa gaun pengantin. Opsi ini juga akan sangat membantu kamu dalam menghemat budget pernikahan, karena harga sewa gaun pernikahan jauh lebih murah dibandingkan dengan kamu menjahit atau membeli yang baru. Apalagi saat ini tidak sulit menemukan vendor-vendor yang menyediakan jasa sewa busana pernikahan. Model dan pilihan warna gaunnya pun beraneka ragam, baik gaun bergaya klasik, tradisional, modern, gaun pengantin muslimah pun ada. Kamu bisa menyesuaikan dengan seleramu. Sebagai catatan, ketika kamu memutuskan untuk membeli gaun pengantin secondhand atau sewa, pastikan kebersihan tetap jadi yang utama, ya. Apalagi di masa pandemi ini, kamu harus lebih selektif dalam memilih.

Trik 5. Cari diskon menarik di platform WeddingMarket atau kunjungi wedding exhibition

wm_article_img

Gaun Pengantin | Tommy Pancamurti

Ketika kamu mulai merencanakan pernikahan, mulailah untuk mengikuti vendor-vendor incaranmu, bahkan sejak jauh-jauh hari. Rajin-rajin cari informasi ya, baik di WeddingMarket maupun platform milik vendor bridal gaun pernikahan. Jika beruntung, kamu bisa mendapatkan gaun impian dengan diskon dan penawaran harga menarik. 

Selain itu, kamu juga bisa sering-sering mengikuti wedding exhibition, siapa tahu nanti kamu bertemu momen yang pas ketika desainer favoritmu sedang promosi. Nah, manfaatkan kesempatan itu sebaik mungkin. Dengan begitu, kamu bisa memperoleh gaun pernikahan impian dengan harga terbaik.

Bagaimana dears, sudah tercerahkan, bukan? Semoga setelah membaca ulasan dalam artikel ini kamu sudah bisa mengambil langkah untuk meminimalisir biaya pernikahan, ya. Khususnya, untuk menekan budget gaun pernikahan. Pelajari juga tips dan trik untuk menekan pengeluaran pernikahan dalam ulasan artikel WeddingMarket lainnya. Salah satunya trik memilih bunga dekoratif yang tepat untuk menghemat biaya dekorasi pernikahan, dan masih banyak lagi artikel-artikel menarik lainnya. Kunjungi juga WeddingMarket store untuk update paket pernikahan yang sedang diskon. Nah, buruan cek sekarang, yuk!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...