Pilih Kategori Artikel

Venue Pernikahan adalah Kunci! Ciptakan Suasana Indah yang Memorable untuk Hari Istimewamu
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Wedding day atau hari pernikahan adalah momen berharga yang dinanti-nantikan oleh para calon pengantin. Pastinya berbagai emosi dan perasaan campur aduk dalam setiap proses menuju hari istimewa tersebut. Salah satunya adalah perasaan ‘bersemangat’ saat memilih tempat atau venue pernikahan. Apa kamu juga merasakannya?

Wedding venue adalah lokasi atau tempat di mana pesta pernikahan akan digelar. Sebelum menentukan venue untuk menjadi tempat bersejarahmu itu, coba kamu bayangkan konsep pernikahan seperti apa yang kamu dan pasanganmu  inginkan? Sebuah pesta yang sakral dengan nuansa alami ala pedesaan? Gelaran resepsi yang megah dan meriah ala royal wedding?  Atau mungkin, pesta intimate yang hangat dan terkesan eksklusif?

Hmm… ada banyak sekali opsinya, bukan?! Namun, untuk mewujudkan itu semua penting untuk memilih venue yang pas dengan tema pernikahan yang diusung. Yup, memilih tempat pernikahan ini adalah suatu tahapan yang terlihat simple tapi ternyata sangat krusial, karena merupakan keputusan besar yang akan menentukan berbagai elemen lainnya.

Oleh karena itu, ada banyak pertimbangan-pertimbangan yang perlu kamu diskusikan dengan pasangan dan keluarga besar kedua belah pihak, sebelum memilih venue atau tempat kamu menggelar pernikahan ini. Nah sebelumnya, ada baiknya kamu mengenal terlebih dahulu jenis-jenis venue pernikahan yang bisa dipilih, agar kamu dan pasangan bisa memutuskan dengan lebih baik. 

Mengenal berbagai jenis venue pernikahan, kelebihan serta kekurangannya

wm_article_img

Ketika mendengar kata ‘wedding venue’ apa yang terlintas di benak kamu? Bisa jadi, kamu akan membayangkan gedung dengan aula yang megah, ballroom hotel yang nyaman lengkap dengan fasilitasnya, atau ruang terbuka yang asri dan hangat? Pasti banyak sekali opsinya, ya!  Meskipun demikian, pada dasarnya venue itu bisa dikategorikan berdasarkan kondisi tutupan tempat tersebut, yaitu indoor wedding venue dan outdoor wedding venue. Ayo kita kupas satu per satu!

1. Indoor wedding venue

wm_article_img

Kategori untuk pilihan yang pertama adalah venue pernikahan dalam ruangan (indoor wedding venue). Sesuai dengan namanya, indoor venue, lokasi tempat pernikahan ini berada di dalam sebuah ruangan, baik itu di dalam rumah, di aula sebuah gedung, di ballroom hotel atau ruangan lainnya yang kondisinya tertutup.     

Umumnya, sebagian besar pasangan yang akan menikah cenderung memilih tempat pernikahan indoor karena dianggap lebih nyaman untuk mengadakan acara pernikahan. Hal ini diperkuat dengan stigma bahwa pesta pernikahan umumnya dilangsungkan di dalam ruangan. Meskipun demikian, venue pernikahan indoor ini memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan oleh calon pengantin. 

Kelebihan Venue Pernikahan Indoor: 

wm_article_img


  • Tak perlu khawatir kondisi cuaca

Kelebihan utama tempat indoor sebagai wedding venue adalah kontrol terhadap cuaca. Pernikahan indoor tidak terpengaruh oleh kondisi cuaca eksternal, sehingga tidak perlu khawatir tentang hujan atau cuaca buruk yang terjadi di luar ruangan tersebut. 

Pilihan venue pernikahan di dalam ruangan ini juga membuatmu tak perlu khawatir dengan musim yang sedang berlangsung, karena kamu bisa menyelenggarakan pernikahan kapan pun, sekalipun cuaca ekstrem di luar sana. Dengan demikian pilihan tanggal pernikahan kamu bisa lebih fleksibel.    

  • Fasilitas lengkap dan lebih mudah dalam pengaturannya 

Venue atau gedung pernikahan indoor sering kali memang dibangun dan difungsikan untuk menggelar suatu acara, seperti pernikahan. Oleh sebab itu, umumnya para penyedia atau vendor melengkapi ruangan tersebut dengan berbagai fasilitas pendukung, seperti kamar pengantin, toilet, dan area persiapan yang membuat acara lebih nyaman. 

Dari mulai tata letak ruangan, interior dan segala perlengkapan yang mendukung acara pernikahan tersebut sudah diposisikan pada tempat yang strategis agar bisa berfungsi secara optimal. Mulai dari tata letak panggung, pencahayaan, pendingin ruangan hingga detail kecil seperti stop kontak, sudah ada di posisi terbaik. Oleh karena itu, di indoor venue lebih mudah dalam pengaturannya.  

  • Pilihan dekorasi lebih fleksibel 

Memilih indoor venue sebagai tempat pernikahan memungkinkan kamu untuk berkreasi sesuka hati. Ibarat sebuah kanvas kosong, ruangan ini bisa kamu dekorasi dengan berbagai tema sesuai selera. Alhasil, kamu bisa menerapkan gaya pernikahan impianmu tanpa terpengaruh oleh kondisi alam.

  • Penjadwalan fleksibel 

Di sisi lain, pernikahan indoor juga memungkinkan fleksibilitas waktu yang lebih besar, karena tidak terbatas oleh matahari terbenam atau kondisi cuaca tertentu. Jadi, kamu bisa memilih jadwal pernikahan sesuai dengan keinginan, mulai dari pagi, siang, sore atau malam. 

  • Kenyamanan tamu 

Terakhir, pertimbangan memilih wedding venue indoor adalah demi kenyamanan tamu. Karena berada di dalam ruangan, tamu tidak perlu khawatir akan suhu ekstrem atau ketidaknyamanan cuaca selama acara berlangsung.

Kekurangan Venue Pernikahan Indoor:

wm_article_img


  • Biaya lebih tinggi

Memilih pernikahan indoor, berarti kamu harus siap membayar biaya sewa ruangan atau gedung tersebut, kecuali apabila pernikahan diadakan di rumah. Harga sewa venue pernikahan indoor, umumnya relatif lebih tinggi dibandingkan dengan lokasi outdoor. Semakin besar kapasitas ruangan yang digunakan, biasanya biaya sewanya juga akan semakin tinggi.

  • Keterbatasan ruang

Hal lain yang menjadi kekurangan menggelar pernikahan indoor adalah keterbatasan ruang terbuka. Aula atau gedung pernikahan indoor biasanya memiliki kapasitas tertentu yang telah disesuaikan dengan daya tampung ruangan tersebut. 

Oleh karena itu, saat memilih indoor venue untuk tempat pernikahan, kamu harus menyesuaikan dengan jumlah tamu yang diundang. Jangan sampai tamu yang diundang melebihi kapasitas gedung, karena akan mengakibatkan ruang gerak terbatas sehingga berdesak-desakan, atau sebaliknya ruang yang dipakai terlalu besar sehingga  terasa sepi dan mubazir dari segi biaya sewanya. 

  • Tidak ada pemandangan alami 

Memilih pernikahan indoor, konsekuensinya tentu pemandangan terbatas interior ruangan, tidak adanya pemandangan alam. Lokasi indoor mungkin tidak menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan seperti yang dapat ditemui di venue luar ruangan.

  • Kendala dekorasi

Meskipun disebutkan venue indoor bagai kanvas kosong yang bisa didekorasi sesuka hati, tetapi tetap harus mematuhi aturan yang telah ditetapkan di venue tersebut. Beberapa vendor mungkin memiliki ketentuan yang spesifik terkait dekorasi maupun tata letak untuk ruangan ini. Beberapa aturan yang ketat mungkin dapat membatasi kamu dalam berkreasi menuangkan kreativitas untuk mewujudkan dekorasi pernikahan impianmu. 

  • Keterbatasan konsep pernikahan tertentu

Pernikahan yang digelar dalam ruangan mungkin tidak sesuai untuk konsep tertentu. Beberapa ide pernikahan, seperti tema alam atau destinasi wedding, mungkin kurang cocok dengan ruang indoor yang tertutup.

  • Spot foto terbatas 

Pernikahan yang indah tentunya ingin diabadikan dengan apik, bukan? Jika kamu menggelar pesta di wedding venue indoor, maka akan sangat tricky untuk mencari spot-spot foto yang bagus, karena opsi spot foto ini praktis juga akan terbatas.

Contoh venue pernikahan indoor:

wm_article_img

  1. Rumah: pernikahan bisa digelar di rumah bagi kamu yang menginginkan suasana yang familiar dan bisa menghemat budget pernikahan juga.  

  2. Hotel atau Resort: Banyak hotel atau resort menyediakan ruang khusus seperti aula atau ballroom untuk acara pernikahan. Ruangan ini biasanya dilengkapi dengan interior yang indah dan fasilitas lengkap. Ada juga hotel atau resort yang menawarkan all-in wedding package, termasuk dekorasi, catering dan sebagainya dalam satu paket. 

  3. Convention Hall dan Gedung Pernikahan: Tempat khusus seperti aula pertemuan atau gedung pernikahan memiliki ruang besar yang dapat disewa untuk acara pernikahan. Keuntungannya adalah biasanya mereka memiliki fasilitas teknis yang lengkap. Venue ini sering dilengkapi berbagai fasilitas pendukung dengan sistem pencahayaan, audio, dan dekorasi yang dapat disesuaikan.

  4. Restoran atau Cafe: Beberapa restoran atau cafe memiliki area khusus yang dapat disewa untuk acara pernikahan. Ini bisa menjadi pilihan yang baik untuk pasangan yang menyukai suasana estetik di restoran dan ingin menikmati hidangan berkualitas.

  5. Gedung Seni atau Museum: Beberapa pasangan memilih gedung seni atau museum sebagai tempat pernikahan mereka. Suasana yang unik dan seni yang mengelilingi bisa memberikan sentuhan istimewa pada acara.

  6. Rumah Sakit atau Gedung Bersejarah: Ada pula beberapa rumah sakit tua atau gedung bersejarah disulap menjadi tempat pernikahan yang eksklusif. Ini memberikan nuansa sejarah dan keunikan pada acara.

  7. Gedung Klub atau Pusat Hiburan: Tempat hiburan atau klub malam dengan fasilitas yang sesuai dapat menjadi pilihan bagi pasangan yang menginginkan pernikahan dengan sentuhan modern dan glamor.

  8. Ruang Khusus di Mal atau Pusat Perbelanjaan: Beberapa mal atau pusat perbelanjaan memiliki ruang khusus yang dapat disewa untuk pernikahan. Keuntungannya adalah akses mudah dan berbagai fasilitas di sekitarnya.

  9. Masjid, gereja atau tempat ibadah lainnya: Pernikahan di tempat ibadah menghadirkan kesan sakral dan khidmat. Beberapa tempat ibadah seperti masjid, gereja, vihara, pura dan lain-lain, juga menyediakan ruangan atau aula khusus yang dapat dipakai sebagai tempat mengikat janji suci pernikahan. Namun, biasanya ada aturan ketat yang diterapkan agar proses ibadah tidak terganggu. Pastikan kamu mengikuti aturan tersebut apabila ingin menggelar pernikahan di tempat ibadah. 

2. Outdoor Wedding Venue

wm_article_img

Kategori kedua adalah outdoor wedding venue atau tempat pernikahan di luar ruangan. Tren pernikahan di luar ruangan ini belakangan sedang populer bagi banyak pasangan yang menginginkan suasana alam dan keindahan luar ruangan. Terlebih ada banyak artis dan public figure juga mengadopsi konsep pernikahan outdoor ini untuk momen istimewanya.  

Sesuai dengan namanya, konsep pernikahan outdoor ini digelar di area terbuka sehingga bersentuhan langsung dengan alam. Contoh venue outdoor untuk wedding  ini antara lain, di taman, kebun, pantai, dan area lainnya di alam terbuka. 

Selain menghadirkan pengalaman yang menarik, konsep pernikahan outdoor ini juga memberi kesan intimate dan lebih santai. Supaya kamu lebih objektif dalam memilih, simak dulu kelebihan dan kekurangan menggelar pernikahan di venue outdoor.

Kelebihan Venue Pernikahan Outdoor: 

wm_article_img


  • Pemandangan alami yang menakjubkan

Tak bisa dipungkiri, salah satu daya tarik utama venue outdoor adalah pemandangan alam yang indah, seperti taman, pantai, atau pegunungan, yang dapat memberikan latar belakang yang menakjubkan untuk pernikahan kamu. 

Apalagi jika kamu memilih destinasi wedding di venue yang indah, seperti villa di puncak, atau resort yang eksotis di tepi pantai. Di bawah langit biru yang cerah, dengan pesona alam yang luar biasa indahnya, siapa yang bisa menolaknya?   

  • Atmosfer romantis dan santai

Kelebihan venue outdoor lainnya adalah menghadirkan suasana yang lebih romantis dan santai, memberikan nuansa kehangatan dan kebersamaan dengan alam yang sulit dicapai di dalam ruangan.

  • Potensi untuk pesta pernikahan tematik

Pernikahan tematik, seperti pernikahan bertema alam, pantai, atau taman, lebih mudah diwujudkan di venue luar ruangan. Sebagai contoh untuk menggelar pernikahan bertema piknik, kamu bisa memilih kebun terbuka, halaman belakang rumah, hingga hutan kota sebagai venue. Di area terbuka ini tentunya akan lebih mudah dalam pengaturan dekorasi, serta akan lebih hidup ambience-nya.      

  • Cahaya alami untuk foto

Dari segi fotografi, cahaya alami yang melimpah di area terbuka memberikan kondisi yang ideal untuk mendapatkan foto pernikahan yang indah dan natural.

  • Kapasitas yang fleksibel

Terakhir, kelebihan venue pernikahan outdoor yaitu kesempatan untuk menampung jumlah tamu yang lebih besar, terutama jika pernikahan dilangsungkan di area terbuka yang luas.

Kekurangan Venue Pernikahan Outdoor:

wm_article_img


  • Pengaruh cuaca yang tidak dapat dikontrol

Menikah di luar ruangan memang menawarkan keindahan alami, tetapi salah satu risiko utama adalah ketidakpastian cuaca. Hujan, angin, atau panas berlebih dapat memengaruhi kenyamanan acara dan tamu. Dan, hal-hal tersebut tak dapat dikontrol seperti di dalam ruangan. 

  • Persiapan tambahan dan logistik yang rumit

Jika memilih venue outdoor, persiapan tambahan diperlukan untuk mengantisipasi berbagai hal, seperti sengatan cahaya matahari atau kemungkinan hujan turun, cahaya yang kurang memadai untuk mendapatkan foto yang bagus jika pesta digelar di malam hari dan sebagainya. 

Oleh karena itu kamu perlu plan B, dan untuk berjaga-jaga dibutuhkan persiapan ekstra untuk menyediakan segala sesuatu di luar ruangan, termasuk penyewaan tenda, pencahayaan tambahan, dan penanganan logistik yang lebih rumit. 

  • Biaya tambahan untuk perlengkapan tambahan

Karena tak ada jaminan akan cuaca yang bisa saja tiba-tiba berubah, maka kamu siap dengan berbagai kemungkinan perubahan cuaca mendadak yang bisa saja terjadi jika menggelar pesta di area terbuka. Untuk itu, perlu mengantisipasi kondisi terburuk yang mungkin terjadi. Oleh karenanya kamu perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk perlengkapan pelindung cuaca, seperti tenda atau payung, mungkin diperlukan untuk mengatasi perubahan cuaca yang tidak terduga.

  • Batasan pada dekorasi

Vendor tertentu mungkin juga memiliki batasan dalam hal dekorasi untuk venue outdoor, tentang apa-apa saja yang diperbolehkan atau tidak. Sebelum mendekorasi venue tersebut, kamu perlu memastikan hal ini, karena bisa jadi  ada pembatasan tertentu atau peraturan terkait dengan penggunaan dan perubahan di area tersebut.

  • Tantangan teknis dan infrastruktur yang terbatas

Terakhir, menyelenggarakan pernikahan di area outdoor juga memiliki tantangan teknis seperti penyediaan daya listrik, fasilitas sanitasi, dan aksesibilitas yang mungkin terbatas di beberapa lokasi outdoor

Di lokasi tertentu yang benar-benar alami mungkin juga memiliki medan yang sulit, sehingga untuk mencapai area tersebut dibutuhkan waktu dan tenaga ekstra. Jadi, pikir-pikir lagi deh!

Contoh venue pernikahan outdoor

wm_article_img

  1. Taman atau Kebun Botani: Venue pernikahan di taman atau kebun botani sering menawarkan lingkungan yang indah dengan pemandangan bunga-bunga yang berwarna-warni dan dedaunan hijau.

  2. Pantai atau Pulau: Pernikahan di pantai atau pulau memberikan suasana romantis dengan pasir putih, ombak laut, dan matahari terbenam yang spektakuler.

  3. Perkebunan buah atau perkebunan bunga: Venue pernikahan di perkebunan buah atau perkebunan bunga menawarkan keindahan lanskap yang penuh dengan deretan buah-buahan, atau bunga-bunga, juga ada yang menawarkan pemandangan pegunungan, dan suasana pedesaan yang tenang.

  4. Pegunungan atau Bukit: pernikahan di atas pegunungan atau bukit memberikan pemandangan luas dan udara segar dengan latar belakang puncak-puncak yang menakjubkan.

  5. Hutan Kota atau Hutan Tropis: Venue di hutan atau hutan tropis memberikan nuansa alam yang lebat dan mempesona dengan pepohonan rindang dan keindahan flora dan fauna.

  6. Lahan Pertanian atau Ladang: Pernikahan di area sekitar  lahan pertanian atau ladang menawarkan suasana yang santai dengan latar belakang hamparan tanaman padi atau tanaman hortikultura yang subur.

  7. Pemandangan Kota atau Skyline: Untuk mereka yang menyukai urban, pilihlah venue pernikahan outdoor yang menawarkan pemandangan kota atau skyline yang memukau sebagai latar belakang.

  8. Danau atau Sungai: Venue di sekitar danau atau sungai menciptakan atmosfer yang tenang dan menyejukkan dengan air yang mengalir dan pemandangan alam yang indah.

  9. Resort atau Pulau Pribadi: Pernikahan di resort atau pulau pribadi memberikan pengalaman destinasi yang eksklusif dengan fasilitas lengkap dan kecantikan lingkungan tropis.

  10. Tempat Bersejarah: Venue pernikahan di tempat bersejarah menawarkan kemewahan dan nuansa bersejarah dengan arsitektur yang megah dan taman yang indah.

wm_article_img

Nah, dari ulasan di atas dapat disimpulkan bahwa wedding venue adalah aspek penting dalam persiapan pesta pernikahan. Saking pentingnya, memilih venue pernikahan harus dilakukan jauh-jauh hari, terutama bagi kamu yang ingin menyewa gedung atau tempat pernikahan tertentu. Disarankan untuk melakukan pemesanan minimal enam bulan sebelum tanggal pernikahan, ya. Hal ini  guna mengantisipasi ketersediaan venue atau gedung pernikahan tersebut.

Siapkan budget yang cukup sesuai kebutuhan dan jangan lupa diskusikan dengan pasangan dan keluarga besar kalian juga. Demikianlah, semoga kamu dan pasangan dapat menemukan venue impian dan semua persiapan pernikahan kalian berjalan dengan lancar!   


Venue: Villa Plenilunio Bali | The Sultan Hotel & Residence Jakarta | Gran Melia Jakarta | The Dharmawangsa | The Tribrata | Kempinski Bali | Oemah Kayana | The Ritz-Carlton, Bali | Khayangan Estate

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...