Pilih Kategori Artikel

Mengenal Tren Wedding Vows Renewal: Ekspresi Cinta dan Komitmen Demi Menguatkan Janji Suci Pernikahan
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 27-28 Juli 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Hai dears! Pernikahan adalah ikatan suci yang menyatukan dua jiwa dalam cinta dan komitmen. Dalam perjalanan hidup bersama, banyak pasangan yang merasa perlu untuk memperbarui janji pernikahan mereka, sebuah prosesi yang dikenal sebagai "wedding vows renewal". 

Justin Bieber dan sang istri–Hailey Bieber, adalah salah satu pasangan yang beberapa waktu lalu melakukan pembaruan janji pernikahan atau wedding vows renewal. Menoleh ke belakang,  ada juga beberapa artis di tanah air yang melakukan hal serupa. Daniel Mananta dan istri, Viola, juga melakukan wedding vows renewal pada saat anniversary pernikahan mereka yang ke-10, di tahun 2021 silam. 

Selain kedua pasangan Justin Bieber dan VJ Daniel, masih banyak lagi figur publik lainnya yang juga tak mau ketinggalan melakukan vows renewal dengan caranya masing-masing. Lantas, apa sih sebenarnya wedding vows renewal itu? Apakah ini hanya merupakan sebuah tren atau memang menjadi kebutuhan setiap pasangan? 

Alright! Di artikel ini, mari kita cari tahu segala hal tentang wedding vows renewal dan seluk-beluknya. Kita akan mendalami untuk mengetahui mengapa banyak pasangan melakukan pembaruan janji pernikahan ini, serta kita akan menguraikan langkah-langkah menciptakan wedding vows renewal yang memorable dan berkesan. Untuk menjawab semua rasa penasaran kamu, baca sampai selesai, ya!

Apa Itu Wedding Vows?

wm_article_img

Perjalanan panjang untuk menjawab berbagai pertanyaan tentang wedding vows renewal harusnya dimulai setelah kita memahami ‘wedding vows’ itu sendiri. Tentunya, tujuan mengetahui arti wedding vows ini adalah untuk mengetahui signifikansinya dalam pernikahan.  

Wedding vows atau janji pernikahan adalah pernyataan yang diucapkan oleh pasangan pada saat upacara pernikahan, yang mengekspresikan komitmen mereka satu sama lain. Janji ini merupakan inti dari upacara pernikahan, mencerminkan cinta, kepercayaan, dan harapan pasangan untuk masa depan bersama. Wedding vows bisa berupa janji tradisional yang sudah ada sejak lama atau kata-kata pribadi yang dirangkai oleh pasangan itu sendiri.

Maksudnya, wedding vows tradisional biasanya mengikuti format tertentu yang telah ditentukan oleh agama atau budaya. Misalnya, janji pernikahan Kristen sering kali berbunyi, "Saya (nama) menerima engkau (nama) sebagai suami/istri saya, untuk memiliki dan mempertahankan dari hari ini, dalam suka dan duka, dalam kaya ataupun miskin, dalam keadaan sakit maupun sehat, untuk mencintai dan menghargai hingga maut memisahkan kita."

Sementara wedding vows pribadi maksudnya adalah janji pernikahan yang ditulis oleh masing-masing orang itu, di mana mereka menulis wedding vows mereka sendiri untuk membuat momen pernikahan lebih personal dan bermakna. Dalam janji pribadi ini, pasangan sering kali berbicara tentang perjalanan cinta mereka, kualitas yang mereka cintai dari pasangan mereka, dan komitmen khusus yang mereka ingin berikan.

Ada tiga komponen dalam wedding vows, meliputi: pengakuan cinta, komitmen dan harapan untuk masa depan. Dalam pengakuan cinta, bagian ini berfokus pada pernyataan cinta dan penghargaan terhadap pasangan. Pasangan bisa mengungkapkan mengapa mereka jatuh cinta dan apa yang membuat mereka spesial.

Kemudian pada poin selanjutnya tentang komitmen, di sinilah pasangan menjelaskan komitmen mereka satu sama lain. Mereka mungkin berjanji untuk selalu ada dalam suka dan duka, dalam kesehatan dan sakit, dan seterusnya. Dan pada bagian harapan untuk masa depan, biasanya mencakup harapan dan impian pasangan untuk masa depan mereka bersama, seperti membangun keluarga atau mencapai tujuan bersama.

Wedding vows adalah bagian esensial dari upacara pernikahan, memberikan kesempatan bagi pasangan untuk mengekspresikan cinta dan komitmen mereka. Baik itu janji tradisional yang telah teruji oleh waktu atau kata-kata pribadi yang dirangkai dengan hati-hati, wedding vows membantu memperkuat ikatan pernikahan dan memberikan lkamusan yang kuat untuk masa depan bersama.

Mengapa Pasangan Melakukan Wedding Vows Renewal?

wm_article_img

Ada berbagai alasan yang bisa mendasari pasangan untuk melakukan pembaruan sumpah pernikahan atau wedding vows renewal. Biasanya penuh dengan makna dan sering kali dilakukan karena berbagai alasan pribadi dan emosional.

1. Merayakan Tonggak Pernikahan

Banyak pasangan memilih memperbarui janji pernikahan mereka pada saat ulang tahun pernikahan yang signifikan, seperti 10, 25, atau 50 tahun. Ini adalah cara yang indah untuk merayakan keberhasilan mereka dalam menjalani kehidupan bersama.

2. Mengatasi Tantangan Bersama

Pasangan yang telah melalui tantangan besar dalam hidup, seperti masalah kesehatan, kesulitan finansial, atau tantangan lainnya, sering merasa bahwa pembaruan janji suci adalah cara untuk merayakan kekuatan dan ketahanan hubungan mereka.

3. Memperbarui Komitmen

Ada kalanya pasangan merasa perlu untuk memperbarui komitmen mereka satu sama lain. Ini bisa karena perubahan dalam hubungan mereka atau hanya karena mereka ingin mengingat kembali momen indah saat mereka pertama kali menikah.

4. Mewujudkan Mimpi Pernikahan yang Berbeda

Beberapa pasangan yang tidak bisa mengadakan pernikahan impian mereka karena alasan finansial atau logistik mungkin memilih untuk memperbarui janji mereka dengan upacara yang lebih besar dan lebih meriah.

Wedding vows renewal adalah cara yang indah bagi pasangan untuk merayakan cinta dan komitmen mereka. Baik untuk merayakan tonggak penting, mengatasi tantangan bersama, memperbarui komitmen, atau mewujudkan impian pernikahan, upacara ini sarat dengan makna dan emosional. Dengan semakin banyaknya pasangan, termasuk selebriti, yang memilih untuk memperbarui janji pernikahan mereka, tradisi ini menunjukkan bahwa cinta dan komitmen dapat terus tumbuh dan berkembang seiring berjalannya waktu.

Kapan Pasangan Perlu Melakukan Wedding Vows Renewal?

wm_article_img

Wedding vows renewal adalah upacara di mana pasangan yang sudah menikah mengulang atau memperbaharui janji pernikahan mereka. Upacara ini biasanya dilakukan untuk merayakan perjalanan cinta dan komitmen yang telah ditempuh bersama, serta menegaskan kembali janji-janji yang pernah diucapkan pada hari pernikahan mereka. Meskipun tidak memiliki kekuatan hukum seperti pernikahan asli, upacara ini sarat dengan makna emosional dan spiritual.

Waktu pelaksanaan pembaruan wedding vows ini pun bervariasi untuk setiap pasangan. Ada yang merasa mereka perlu melakukannya setiap 5 tahun sekali pada anniversary pernikahannya, ada juga yang melakukannya pada anniversary pernikahan yang ke-10 tahun, 20 tahun, 25 tahun, 30 tahun, 40 tahun hingga 50 tahun. 

Dan, untuk masing-masing anniversary tersebut biasanya disimbolkan dengan suatu unsur di alam. Pernah kan denger “perayaan ulang tahun perak (silver anniversary)? Atau, gold anniversary? Nah, penamaan dengan unsur alam itu sebenarnya adalah simbolis untuk menunjukkan jumlah tahun yang sudah dilalui. Berikut selengkapnya:

  • 5 tahun: kayu

  • 10 tahun: timah

  • 20 tahu: porselen

  • 25 tahun: perak

  • 30 tahun: mutiara

  • 40 tahun: rubi

  • 50 tahun: emas

Langkah-langkah untuk Melakukan Wedding Vows Renewal

wm_article_img

Nah, kita sudah berbicara banyak tentang wedding vows renewal. Kamu pun sudah memahami alasan-alasan yang melatarbelakangi pasangan untuk melakukan pembaruan janji pernikahan. Ini adalah sebuah cara indah untuk merayakan cinta dan komitmen kamu kepada pasangan setelah melewati masa sulit bersama, atau sekadar untuk mengulang momen sakral pernikahan. 

Selanjutnya, kamu mungkin juga bertanya-tanya bagaimana cara melakukan wedding vows renewal ini dan apa saja yang perlu dipersiapkan, bukan? Alright, berikut ini panduan lengkap bagaimana cara melakukan vows renewal yang memorable dan beberapa ide menarik untuk menciptakan momen spesial tersebut.

1. Tentukan Tujuan dan Waktu yang Tepat

Sebelum memulai langkah persiapan untuk melakukan vows renewal, alangkah baiknya  kamu pahami terlebih dahulu alasan mengapa kamu dan pasangan ingin melakukan vows renewal? Pertama, tanyakan pada diri sendiri mengapa kamu ingin memperbarui janji pernikahan kamu dengan pasangan. 

Setiap pasangan mungkin punya alasan mereka masing-masing. Bisa jadi alasannya adalah salah satu atau beberapa hal berikut:

  • Merayakan ulang tahun pernikahan yang signifikan (misalnya, 10, 25, atau 50 tahun).

  • Mengatasi masa sulit bersama dan ingin memperbarui komitmen.

  • Ingin melibatkan anak-anak atau keluarga yang tidak hadir pada pernikahan pertama.

  • Menginginkan pengalaman yang lebih intim atau berbeda dari pernikahan pertama.

Setelah kamu dan pasanganmu menemukan alasan yang kuat untuk melakukan wedding vows renewal, selanjutnya pilihlah tanggal yang memiliki makna khusus bagi kalian berdua. Ini bisa menjadi ulang tahun pernikahan kamu atau tanggal lain yang penting dalam perjalanan hubungan kamu dan pasangan. 

Seandainya kamu dan pasangan berencana untuk melakukan pembaruan sumpah pernikahan ini di destinasi wisata atau tempat tertentu, maka juga perlu dikondisikan, ya. Perhatikan juga cuaca dan musim agar acara bisa berjalan dengan lancar pada tanggal yang dipilih.

2. Pilih Lokasi yang Tepat

Lokasi adalah elemen kunci dalam acara renewal vows, maka perlu pertimbangan yang matang sebelum mewujudkannya. Tanyakan dan diskusikanlah dengan pasanganmu ide-ide dan impian yang ada di dalam benak kamu. 

Apabila kamu masih bingung dalam memilih lokasi yang ideal untuk momen indah tersebut, mungkin beberapa ide berikut ini bisa kamu pertimbangkan:

  • Tempat Romantis: Seperti pantai, pegunungan, atau taman.

  • Tempat Religius: Jika kamu ingin mengulang janji dalam suasana yang lebih spiritual. 

  • Rumah Sendiri: Menjadikan acara lebih intim dan personal.

  • Destinasi Khusus: Seperti tempat pertama kali bertemu atau tempat untuk berlibur bersama.

3. Rencanakan Upacaranya

Selanjutnya yang tak bisa diabaikan, yup, tentukan bagaimana upacara vow renewal tersebut akan berlangsung. Apakah kamu ingin membuatnya sederhana atau megah? Apakah kamu ingin acaranya berlangsung secara private atau disaksikan oleh keluarga atau sahabat, dan lain sebagainya.  

Kamu bisa mulai menguraikan rencana-rencana tersebut dengan membuat list dengan  beberapa elemen yang bisa dipertimbangkan:

  • Pemandu Upacara: Seorang teman, keluarga, atau bahkan pendeta/pemuka agama.

  • Susunan Acara: Mulai dari pembukaan, pembacaan janji, hingga penutup.

  • Musik dan Hiburan: Pilih lagu-lagu yang memiliki kenangan khusus bagi kamu berdua.

wm_article_img

Janji pernikahan adalah inti dari upacara renewal. Berikut beberapa tips untuk membuat janji yang menyentuh hati:

  • Personal dan Otentik: Ceritakan perasaan kamu dengan jujur dan tulus.

  • Kenangan Manis: Sertakan cerita atau kenangan yang penting dalam hubungan kamu.

  • Harapan Masa Depan: Ungkapkan harapan dan komitmen kamu untuk masa depan bersama.

Contoh janji pernikahan: "Sayang, 10 tahun yang lalu kita berdiri di tempat ini dan berjanji untuk selalu saling mencintai. Hari ini, aku berjanji lagi untuk selalu bersamamu, dalam suka dan duka, dan menciptakan kenangan indah setiap hari."

4. Undangan dan Tamu

Tentukan siapa saja yang akan kamu undang. Acara ini bisa bersifat intim hanya dengan keluarga dekat atau lebih besar dengan teman-teman dan kerabat. Nah, apabila kamu ingin melibatkan orang-orang terdekat juga sebagai saksi vows renewal kamu dan pasangan, mungkin detail-detail seperti desain undangan hingga dress code tamu juga perlu dipikirkan. Setelah itu, jangan lupa untuk mengkomunikasikannya kepada para tamu yang hendak kamu undang, ya.

5. Dokumentasi

Jangan lupa untuk mendokumentasikan momen spesial ini. kamu bisa menyewa fotografer profesional atau meminta bantuan teman yang mahir dalam fotografi. Pastikan juga fotografer atau videografer yang kamu pilih itu memahami keinginan kamu untuk hasil yang memuaskan. Buat album atau video yang bisa kamu nikmati bersama di kemudian hari!

6. Resepsi atau Perayaan

Setelah upacara, kamu bisa mengadakan resepsi atau perayaan kecil. Beberapa ide perayaan yang bisa jadi opsi:

  • Makan Malam Romantis: Di restoran favorit atau di rumah dengan suasana yang intim.

  • Pesta Taman: Jika cuaca mendukung, pesta di taman bisa menjadi pilihan yang menyenangkan.

  • Perjalanan Kecil: Menghabiskan waktu bersama di destinasi impian.

Itulah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk merayakan cinta dan komitmen kamu dan pasangan dengan cara yang indah nan sakral melalui wedding vows renewal. Dengan penuh kesungguhan serta perencanaan yang baik, acara ini akan menjadi momen berharga yang akan kamu kenang sepanjang hidup bersama pasanganmu. 

Selamat merayakan dan semoga cinta kamu dan pasanganmu semakin kuat dari hari ke hari. Semoga panduan ini membantu kalian merencanakan acara wedding vows renewal yang sempurna. Selamat merayakan cinta!


Cover photo: Lucy March Studio

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 27-28 Juli 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...