Your Smart Wedding Platform

16 Ide Permainan untuk Seru-seruan Bareng Para Sahabat di Malam Pesta Lajang

03 May 2024 | By Afifah Lania Wedding Market | 59
Foto: Freepik

Bachelorette party menjadi salah satu pesta paling ditunggu-tunggu oleh calon pengantin wanita. Pesta ini memungkinkan mereka berkumpul bersama sahabat dekat sebelum resmi menjadi seorang istri.

Biasanya, salah satu rangkaian acara bachelorette party diisi dengan games seru bersama. Banyak sekali jenis permainan seru yang bisa kamu lakukan bersama sahabat-sahabatmu. Berikut kami rekomendasikan 16 games yang bisa dilakukan.

  • Two truths and one lie


  • Dua kebenaran dan sebuah kebohongan akan menjadi permainan seru, apalagi kalau kamu memainkannya bersama para sahabat. Lewat permainan ini, kamu juga bisa mengetahui seberapa kenal kamu dengan sahabatmu. Permainan dilakukan dengan masing-masing dari kamu menuliskan dua kebenaran dan satu kebohongan tentang diri sendiri. Setelah itu, masing-masing membacakannya secara bergiliran. Kemudian, kamu dan sahabatmu mencoba menebak poin mana yang merupakan kebohongan. Pasti, deh, kamu dan semua sahabatmu bakalan ngakak terus begitu permainan ini dimulai.

  • Siapa yang mengatakannya

  • Pernah dengar permainan ini? Atau kamu pernah memainkannya? Biasanya, nih, kalau seorang wanita sudah nyaman dengan sahabat dekatnya, pasti sering curhat tentang pasangannya. Iya, kan? Nah, di permainan ini, para sahabat harus menebak siapa yang mengatakan. Mengatakan apa, tuh? Sebelum pesta lajang dimulai, minta sahabat-sahabatmu membuat daftar pertanyaan tentang kamu dan pasangan.

    Misalnya, kapan kalian bertemu, bagaimana pertemuan tersebut, apa kesan pertama kali melihatnya, beberapa rencana untuk masa depan kamu dan pasangan, atau pertanyaan lain yang masih menyangkut calon pengantin. Lalu, jawaban calon pengantin di cetak dan dibawa ketika malam pesta lajang. Berikan salinan ke para sahabatmu dan minta mereka menebang siapa yang mengatakan jawaban tersebut.

    Sebelum itu, pastikan kamu sudah mempersiapkan hadiah-hadiah lucu bagi pemenangnya. Karena, siapapun nanti yang paling banyak benar menebaknya akan menjadi pemenang. Sekalian kamu bisa lihat, siapa yang paling mendengarkan curhatanmu LOL!

  • Berpuisi


  • Ya, sesekali berpikir mungkin nggak apa-apalah. Berikan waktu bagi mereka untuk membuat puisi tentang kamu dan pasangan. Lalu, mereka harus membacakannya dengan ekspresi. Kamu bisa membuat mereka bekerja berkelompok atau masing-masing.

    Bayangkan bagaimana lucunya wajah-wajah sahabatmu ketika harus membacakan puisi cinta dengan dramatis. Tugas kamu adalah mendengarkan dan memilih pemenangnya. Puisi-puisi dari para sahabat kamu bisa banget disimpan dan dijadikan buku sebagai kenang-kenangan!

  • Permainan berburu

  • Ini, nih, saatnya buat sahabatmu yang suka ‘bertengkar’ lucu itu terpaksa harus bekerja sama untuk memenangkan permainan. Kamu bisa merancang satu permainan dengan berbagai macam clue-clue lucu yang tersembunyi di lokasi acara.

    Minta setiap tim untuk mencari clue dan menemukan apa yang harus mereka cari agar menjadi pemenang. Kamu bisa memberikan perintah-perintah, seperti selfie dengan para staf di lokasi, mengumpulkan barang berwarna hijau, bernyanyi dengan vokal ‘E’, dan sebagainya.

    Kamu akan melihat bagaimana mereka bekerja sama, saling menyalahkan, dan melakukan aksi-aksi lucu. Malam itu, pokoknya kamu dan sahabatmu dipastikan kelelahan karena kebanyakan ketawa!

  • Bermain play-doh

  • Siapa bilang orang dewasa nggak bisa bermain play-doh. Buktinya bisa, nih. Di malam bachelorette party kamu bisa seru-seruan dengan play-doh. Apa serunya, sih, bermain play-doh?

    Ih, seru banget tau. Kamu berikan instruksi kepada mereka apa yang harus dicetak. Biarkan mereka mengerjakannya dengan imajinasi dan kreativitas masing-masing. Misalnya, “Bentuk play-doh menjadi gaun pernikahan yang paling cantik menurutmu”.

    Waktu mereka sedang berusaha membuatnya, mainkan musik anak-anak untuk mencairkan suasana. Sabar dan percaya prosesnya, kamu akan melihat selucu apa gaun pernikahan yang dibuat orang dewasa menggunakan play-doh. Wink wink.

  • Tebak-tebakan Indonesia Pintar


  • Sering banget permainan ini menghiasi acara buat seru-seruan. Kamu tahu bagaimana main tebak-tebakan ala Indonesia Pintar, kan? Di mana dua orang akan melakukan permainan tebak-tebakan. Satu orang meletakkan hal yang harus ditebak di atas kepalanya dan ia menyebutkan clue untuk mendapatkan jawaban. Orang didepannya hanya bisa menjawab setiap clue dengan “Iya” atau “Tidak” sampai ia berhasil menebak dengan benar.

  • Berpikir seperti pengantin

  • Ada lagi permainan yang bisa menguji seberapa jauh para sahabatmu mengenal dirimu. Jadi, berikan mereka papan putih atau kertas dan spidol untuk menuliskan jawaban. Lalu, mereka harus menjawab semua pertanyaan yang diajukan.

    Begitu mereka menulis jawabannya, kamu pun melakukan hal yang sama. Nantinya, kamu bisa lihat siapa sahabatmu yang paling mengenalmu lewat jawaban mereka. Siapapun yang jawabannya paling banyak benar, harus kamu beri hadiah. 

  • Handbag raid


  • Cukup menegangkan kalau sahabatmu tipe-tipe mereka yang ambis dan ingin mendapatkan hadiah darimu. Siapkan daftar barang yang biasanya dibawa oleh mereka di dalam hand bagnya. 

    Ketika kamu menyebutkan nama barangnya, mereka harus mengeluarkan item tersebut dari dalam tas (jika ada). Dia yang pertama kali mengeluarkan barang akan mendapatkan hadiah kecil darimu.

    Kamu bisa mempersiapkan cokelat, permen, gantungan kunci, atau hadiah kecil lainnya. Kamu juga bisa memberikan hadiah yang sama dengan barang tersebut. Misalnya, ketika kamu menyebutkan lip cream dan ia mengeluarkan, berikan hadiah berupa barang yang sama. Seru, kan? Lihat, siapa, tuh, yang paling ambis.

  • Sandiwara: Edisi Film Romantis

  • Hampir sama dengan tebak-tebakan ala Indonesia Pintar, tetapi permainan ini mengharuskan pesertanya memeragakan scene legendaris dari film agar orang lain bisa menebak.

    Pisahkan mereka menjadi beberapa tim berjumlah 3-4 orang. Jadi, satu kelompok akan mendapatkan 5 judul film romantis untuk ditebak. Misalnya, dua orang harus memeragakan film ‘Dilan’. Mereka memeragakan scene Dilan mengajak Milea berkenalan dan anggota tim lain menebang judulnya.

    Permainan ini cocok untuk bersantai di malam pesta lajang sambil makan snack dan melihat bagaimana lucunya scene-scene film yang akan diperagakan.

    10. Pengantin kertas

    Permainan ini membutuhkan banyak tisu toilet. Karena, game mengharuskan kamu dan sahabatmu membuat desain gaun pengantin menggunakan tisu toilet. Beberapa orang menjadi model dan yang lainnya melilitkan tisu toilet di badan untuk membentuk gaun pengantin.

    11. Dimana kita?


    Bagian paling menyenangkan dari permainan ini adalah melihat bagaimana para sahabatmu mengenal kamu dan pasangan.  Sebelumnya, cetaklah sekitar 15-20 foto kamu bersama pasangan yang sedang kencan di suatu tempat, seperti kafe, konser, toko buku, dan lain-lain. Minta para sahabat menebak dimanakah kamu dan pasanganmu mengambil foto tersebut? Siapkan hadiah-hadiah kecil untuk mereka yang paling banyak menjawab pertanyaan dengan benar.

    12. Memberi nasihat pernikahan

    Setelah tadi banyak permainan bersifat kompetitif, game satu ini tidak akan membuatmu mencari pemenangnya. Setiap tamu hanya diminta menulis nasihat-nasihat pernikahan untuk calon pengantin. Nasihat dikumpulkan dan calon pengantin akan membacakannya dengan lantang di akhir acara.

    13. Lakukan sesuai perintah


    Permainan ini tidak kalah lucu dari list-list sebelumnya. Siapapun yang terpilih harus mengikuti perintah dari orang di samping kanannya. Permainan ini membutuhkan bouquet bunga dan alunan musik.

    Ketika musik dimainkan, kamu dan sahabatmu bisa saling mengoper bucket antara satu sama lain. Lalu, ketika musik berhenti, siapapun yang memegangnya akan mendapatkan perintah. Kamu bisa memintanya melakukan apapun, seperti membuat postingan lucu di media sosial, menghubungi mantan dan bilang ‘I love you’, atau perintah lucu lainnya.

    14. Lomba memasak

    Walaupun terlihat ribet, kenyataannya enggak, kok! Permainan ini cukup seru kalau dimainkan bersama para sahabat. Bagi mereka menjadi beberapa kelompok dan saling berlomba untuk memasak nasi goreng sampai menghiasnya. Jika dirasa terlalu sulit, kamu bisa membuat lomba menghias cookies bersama!

    15. Menyusuri kenangan


    Nama permainannya memang agak sedih, ya, karena kamu diminta untuk menyusuri kenangan-kenangan manis bersama sahabatmu. Namun, permainan ini akan menguji bagaimana persahabatan kamu dengan mereka selama ini. Minta mereka menuliskan hal-hal paling berkesan di persahabatan kalian, seperti bagaimana cerita pertama kali bertemu, kapan awal kalian menjadi dekat, dan lainnya secara anonim. Kamu akan menebak siapa yang menuliskannya. Jika kamu salah menebak, mereka bisa memintamu melakukan hal konyol atau mendapatkan hadiah darimu.

    16. Permainan cincin

    Pilih beberapa kata terlarang, seperti “pengantin” atau “pernikahan”. Lalu, bagikan cincin plastik kepada setiap orang yang hadir untuk kemudian dipakai sepanjang acara. Nantinya, siapapun yang mendengar kata terlarang tersebut dari orang lain, dapat mengambil cincinnya. Mereka yang mendapatkan cincin terbanyak akan menjadi pemenang dan tentunya mendapatkan hadiah manis dari calon pengantinnya.

    Sudah ada 16 ide permainan seru yang bisa kamu mainkan bersama para sahabat. Coba langsung dikirim saja daftar-daftar permainannya ke sahabat kamu dan minta mereka memilih mana yang akan kalian mainkan nanti. Nudge!


    Artikel Terkait



    Artikel Terbaru