Your Smart Wedding Platform

Bridal Shower dan Bachelorette Party tidak Sama, Ini Perbedaan yang Harus Para Brides-To-Be Ketahui!

02 May 2024 | By Afifah Lania Wedding Market | 60
Foto:pexels/Feyza Simsek

Bersiaplah melalui berbagai acara unik, setelah kamu mengatakan “ya” untuk pertanyaan “Maukah kamu menjadi istriku?”, “Will you marry me?”, “Maukah kamu menjadi ibu dari anak-anakku?”, ataupun kalimat sejenis lainnya. 

Bridal shower dan bachelorette party menjadi dua acara seru yang dinanti-nantikan oleh calon pengantin. Sekilas, dua pesta sebelum pernikahan ini terlihat sama, tetapi nyatanya terdapat perbedaan di berbagai sisi yang perlu diketahui oleh kamu – para brides-to-be. 

Begitu membuat keputusan untuk menikah, kamu pasti mulai mencari sebanyak-banyaknya informasi soal pernikahan. Kemudian, akan muncul pertanyaan-pertanyaan seperti, “Siapa yang harus merencanakan bridal shower dan bachelorette party?”, “Lalu, kapan kedua acara ini harus dilaksanakan?”, “Apakah pesta ini hanya dihadiri oleh teman-teman saja? Kenapa keluarga tidak dilibatkan?”.

“Apakah bridal shower atau bachelorette party harus dilakukan?”. Kira-kira seperti itulah kebingungan yang mungkin akan kamu rasakan ketika pertama kali mencari informasi seputar pernikahan. 

Untuk membantu kamu mengatasi berbagai kebingungan, kami hadir membawa jawaban tentang apa perbedaan antara bridal shower dan bachelorette party atau pesta lajang yang harus diketahui oleh calon pengantin. Luangkan waktu, tarik napas, dan duduk manis untuk membaca panduan dari kami tentang dua pesta penuh keseruan ini!

Tujuan bridal shower vs bachelorette party 


Perbedaan pertama justru berasal dari tujuan kedua acara ini diadakan. Bridal shower merupakan perayaan pranikah yang dilangsungkan untuk memberikan hadiah berupa cinta dan berbagai harapan baik serta dukungan dari para orang terdekat calon pengantin. 

Berbeda dengan bridal shower yang umum diketahui, sejatinya perayaan ini tidak hanya dihadiri oleh sahabat terdekat saja. Pesta ini juga dapat dilakukan bersama keluarga besar atau teman kantor. 

Beda, bukan? Selama ini, kita mengenal bridal shower hanya diadakan bersama teman terdekat saja. Bersama keluarga dan teman, calon pengantin akan menerima berbagai pesan positif dan dukungan menjelang pernikahannya. 

Dengan adanya perayaan bridal shower, calon pengantin, keluarga, dan teman-temannya bisa menikmati waktu lewat games seru yang telah dirancang untuk memberikan suasana ceria bagi setiap orang.

Beralih dari bridal shower, calon pengantin juga bisa mengadakan bachelorette party untuk menambah kenangan indah sebelum resmi mengikat diri bersama pasangan selamanya. Bachelorette party akan menjadi acara yang paling ditunggu-tunggu dan menyenangkan.

Karena, tidak seperti bridal shower, pesta ini lebih spesial sebagai hadiah manis untuk calon pengantin. Tujuan utama dari bachelorette party atau pesta lajang adalah melupakan tentang pernikahan itu sendiri.

Loh, loh, bagaimana ceritanya? Ya, di pesta lajang inilah waktunya calon pengantin bersenang-senang dan melupakan fakta bahwa tidak lama lagi ia akan menikah. Pesta lajang ini dapat kamu lakukan selama satu hari bahkan lebih, loh. Kamu bisa puas-puasin ngelakuin apa aja, termasuk ngaku-ngaku kalau kamu itu jomlo seharian. Ups. Eh, eh, bercanda, ya! 

Bachelorette party inilah sebenarnya pesta pranikah yang umum diadakan. Disinilah saatnya para pengantin menghabiskan waktu bersama sahabat dekat melakukan banyak hal seru yang ingin dilakukan sebelum akhirnya resmi menjadi istri.

Karena ini merupakan pesta lajang, perayaan diadakan dengan meriah dan banyak calon pengantin memilih berfokus pada aktivitas menantang, seperti berkemah di alam terbuka, berlayar di atas boat dan berpesta di tengah lautan, atau bersenang-senang di pinggir pantai.

Waktu 


Waktu pelaksanaan dua acara ini memiliki perbedaan yang disesuaikan dengan konsepnya, ketersediaan tempat, dan kesiapan kedua calon mempelai. Tidak ada patokan waktu khusus yang harus diikuti.

Namun, idealnya mengadakan bridal shower di satu minggu sebelum pernikahan. Bridal shower hanya berlangsung beberapa jam, jadi calon pengantin tidak perlu takut akan kelelahan dan tidak prima ketika pernikahan nantinya.

Berbanding terbalik dengan bachelorette party yang biasanya diadakan dalam beberapa hari. Oleh karena itu, pesta lajang lebih baik diadakan 3-4 bulan sebelum hari H pernikahan, mengingat bachelorette party akan cukup melelahlan bagi calon pemgantin. 

Penyelenggara acara


Pertanyaan siapa yang menyelenggarakan dua acara ini pasti sempat terbersit di benak kamu. Takut-takut kalau ternyata dua acara ini harus dirancang oleh calon pengantin. Iya, kan? Namun, tenang saja, orang-orang dibalik sukses dan serunya bridal shower dan bachelorette party adalah sahabat atau kerabat dekat dari calon pengantin.

Mulai dari tanggal pesta, konsep acara, daftar tamu, dan kebutuhan lainnya diatur oleh mereka. Jadi, kamu tinggal terima bersih saja, deh. Datang dengan dandanan terbaik dan menikmati keseluruhan pesta dengan gembira. 

Namun, tidak menutup kemungkinan kamu juga bisa ikut berperan dalam persiapannya. Mungkin saja kamu memiliki permintaan khusus untuk gim, aktivitas, ataupun konsep pesta lainnya.

Kamu pasti punya daftar aktivitas seru yang ingin sekali kamu lakukan bersama keluaga atau teman sebelum meresmikan pernikahan, kan? Disini, nih, saatnya kamu bisa bebas melakukan apa aja bersama mereka. Sebelum nantinya harus menjawab, “Tanya suami aku dulu, ya”, saat diajak main bareng.

Daftar tamu


Siapa yang sudah salah sangka juga kalau ternyata bridal shower itu memiliki jumlah tamu 20-50 orang? Umumnya, banyak calon pengantin wanita mengadakan bridal shower hanya bersama ‘orang-orang pilihan’ yang biasanya sahabat terdekat.

Sekarang sudah tidak salah paham lagi, kan, ya. Bridal shower itu diadakan bersama dengan keluarga besar, maid of honor, atau bridesmaid kamu sendiri. Sedangkan bachelorette party-lah yang sebenarnya diadakan oleh orang-orang pilihan calon mempelai wanita.

Bachelorette party cenderung disembunyikan dari pihak keluarga. Karena, hanya mereka - sahabat terdekat calon pengantin wanita saja yang akan menghadiri pesta lajangnya. Sebab, di bachelorette party ini diharapkan calon mempelai dapat lebih leluasa dan menjadi diri sendiri selama perayaan berlangsung.

Hadiah


Di acara bridal shower, pemberian hadiah merupakan salah satu agenda yang wajib ada. Membawa hadiah di perayaan bridal shower menjadi salah satu doa dan wujud memberikan semangat serta dukungan kepada calon pengantin. Namun, bachelorette party tidak mewajibkan hal tersebut. Hadiah hanya diberikan jika memang tamu yang diundang untuk menghadiri ingin membawanya. Karena pesta lajang lebih intim, kamu bisa banget menjadikan momen pemberian hadiah sebagai kegiatan seru-seruan. 

Bentuk perayaan


Meskipun jumlah tamu yang hadir di pesta bridal shower lebih banyak, tetapi perayaan jauh lebih santai. Karena rangkaian acara disusun untuk memberikan suasana intim dan kedekatan antara calon mempelai dengan tamu. Namun, pesta lajang akan penuh dengan kemeriahaan dan keceriaan. Disinilah saatnya kamu bisa having fun with a lot of people you love. Kamu bisa melakukan hal seru apapun sebelum hari H pernikahan.

Lokasi


Sudah sempat disinggung soal lokasi untuk dua acara pranikah ini. Sebenarnya, lokasi kedua acara ini bisa dilangsungkan di mana saja. Namun, untuk acara bridal shower, kami rekomendasikan kamu melangsungkannya di rumah. Dengan melaksanakan bridal shower di rumah, suasana intim dan hangat akan semakin terasa. Sekalian hemat budget juga, kan. 

Bagaimana dengan pesta lajang? Untuk bachelorette party, akan jauh lebih baik kalau kamu mengadakannya di tempat-tempat unik seperti boat tengah laut, glamping di alam, atau resor di pinggir pantai.

Membayangkannya saja sudah sangat menyenangkan. Memori yang tercipta akan semakin indah dengan mengadakan pesta lajang di tempat-tempat tersebut. Siap seru-seruan?

Pakaian


Tentunya pakaian juga harus diperhatikan, agar acara kamu berjalan dengan lebih menyenangkan dan cantik juga. Dalam hal busana, para tamu di acara bridal shower kamu bisa mengenakan pakaian dengan kesan santai, tetapi tetap bergaya, seperti dress pendek atau rok dan atasan yang menonjolkan sisi feminim. Sedangkan kamu sendiri bisa memilih busana berwarna putih berbentuk dress elegan atau jumpsuit yang modis. Entar kalau foto, pasti cakep banget.

Beda banget dengan pakaian yang dikenakan di bachelorette party. Kamu bisa meminta para tamu yang hadir mengenakan busana dengan style lebih berani dan glamour, seperti gaun malam dengan detail unik. Makin unik, makin menarik!

Kenakan pakaian khusus yang lebih menonjol dari teman-teman terdekatmu, misalnya busana dengan aksen bulu-bulu manja atau taburan payet dan batuan mewah. Ketika foto bersama, kamu tetap akan menjadi yang paling stunning. Cheers!

Gimana, gimana? Udah paham, kan, apa perbedaan antara bridal shower dan bachelorette party atau pesta lajang? Kira-kira kapan, nih, kamu bakal ngadain acaranya? Yuk, kasih tahu kami, kami juga bisa bantu kamu menyusun acara bridal shower dan bachelorette party menjadi perayaan yang sangat menyenangkan!


Artikel Terkait



Artikel Terbaru