Your Smart Wedding Platform

20 Inspirasi Foto Prewedding dengan Konsep Alam

28 Feb 2024 | By Nurma Arum Wedding Market | 423
Fotografi: Ruang Pandang

Apakah kamu dan pasangan sedang mencari inspirasi untuk sesi prewedding kalian berdua? Proses mencari konsep prewedding yang cocok bisa jadi akan memakan waktu dan energi yang cukup banyak. Untuk menghematnya, kalian bisa mulai menengok apa yang disukai masing-masing dan bisa menjadi konsep foto yang bagus.

Jika kalian berdua menyukai hal-hal yang natural dan berbau alam, sesi prewedding yang dilaksanakan di alam terbuka mungkin akan cocok untuk kalian berdua. Ada begitu banyak tempat dengan pemandangan alam yang indah yang bisa dipilih. Benefitnya, momen ini juga bisa kalian gunakan untuk ‘melarikan diri’ sejenak dari berbagai tanggung jawab persiapan pernikahan.

Jika tidak ada waktu yang cukup, kalian tidak perlu bepergian terlalu jauh, bahkan taman kota pun bisa memberikan sentuhan alam pada sesi prewedding ini. Untuk referensi, beberapa inspirasi foto prewedding dengan konsep alam ini bisa kamu adaptasi.

1. Berfoto bersama potongan kayu

Fotografi: byjatidiriono

Untuk mendapatkan foto yang dekat dengan alam, kamu dan pasanganbisa mencari spot yang bagus dan natural, seperti kayu dari pohon yang roboh dan ditumbuhi tanaman rambat lainnya. Biasanya spot seperti ini bisa ditemui di hutan yang juga memiliki pemandangan pohon-pohon rimbun di belakangnya. 

Untuk memberikan kesan yang semakin dekat dengan alam, kalian bisa mempertimbangkan berpakaian dengan konsep berkain. Sentuhan kain tradisional akan membuat tampilan jadi semakin paripurna dan menyatu dengan alam secara lebih natural.

2. Berfoto dengan latar cabang dan ranting pohon 

Fotografi: byjatidiriono

Pohon adalah salah satu elemen yang paling identik dengan alam. Kamu juga tidak perlu pergi terlalu jauh untuk mendapatkan pemandangan yang satu ini. Namun, untuk membuat foto tidak terlihat biasa, pilih pohon dengan cabang dan ranting yang menjuntai hingga ke tanah seperti pada foto. Selain itu, dandanan yang lebih formal dan misterius akan membuat fotomu terlihat lebih dramatis. Pilih baju warna hitam atau putih dengan dandanan yang lebih bold. Sesuaikan juga pose dengan suasana tersebut.

3. Berfoto di taman kota

Fotografi: byjatidiriono

Ini dia salah satu contoh berfoto dengan konsep dekat dengan alam yang diambil di taman kota. Manfaatkan danau buatan dengan tumbuhan yang cantik di atasnya untuk menjadi pusat perhatian jika kamu dan pasangan tidak terlalu senang disorot. Kalian berdua bisa berpose di tepinya dengan gaya seolah mengobrol untuk membuatnya terlihat natural.  Jangan lupa manfaatkan juga berbagai spot dengan latar hijau yang lainnya untuk mendapatkan hasil foto yang lebih beragam.

4. Berfoto dengan pemandangan sekitar pantai

Fotografi: imagenic

Biasanya saat mengambil foto dengan latar pantai, pasangan akan fokus pada lokasi garis pantai saja padahal sebenarnya ada spot lainnya yang bisa digunakan untuk mengambil foto yang tidak biasa, lo. Misalnya, kamu dan pasangan bisa berpose di ujung kapal dengan background air yang berwarna biru. Setelah itu, kalian bisa mengkolase beberapa foto tersebut dengan beberapa foto pemandangan yang lainnya.

5. Berfoto di pantai yang masih alami

Fotografi: imagenic

Jika ingin mengambil foto di pinggir pantai, alih-alih memilih pantai yang ramai dan sudah banyak dikunjungi atau digunakan sebagai tempat untuk berfoto juga, ada baiknya untuk mengambil foto di pantai yang masih belum populer. Pilih juga pantai yang bukan hanya memiliki pemandangan air laut saja, tapi juga pemandangan lain, seperti pepohonan yang rimbun sehingga foto tidak terlihat membosankan. Kalian bisa mengenakan pakaian dengan warna putih di sana supaya lebih menyatu dengan alam.

6. Foto dengan background gunung

Fotografi: imagenic

Apakah kamu dan pasangan memiliki hobi naik gunung? Jika iya, suasana alam yang satu ini bisa kamu gunakan sebagai tempat untuk berfoto. Kalian bisa mendaki bersama dan foto di atasnya. Namun, jika hal ini tidak memungkinkan untuk dilakukan, kalian juga bisa mencari sebuah spot foto yang menampakkan latar belakang gunung di sekitar. Untuk mengimbangi pemandangan yang megah ini, kenakan pakaian yang formal, seperti gaun dan setelan yang memiliki warna hitam.

7. Berfoto di sawah

Fotografi: imagenic

Sawah juga memberikan sentuhan alam yang kuat dan malah masih jarang digunakan untuk berfoto. Jika kamu memilih view sawah, fotomu bisa jadi memiliki hasil yang berbeda dari yang lain. Walaupun sawah memiliki pemandangan yang berbeda setiap musimnya, kamu bisa menyesuaikan konsep dengan musim saat itu. Misalnya, ketika sawah mulai menguning, kamu dan pasangan juga bisa mengenakan pakaian yang berwarna cokelat.

Selain sawah itu sendiri, kamu juga bisa mengeksplorasi bagian lainnya, seperti jika ada padang rumput dengan pohon besar di sekitar. Tempat tersebut juga bisa menjadi tempat prewedding dengan pemandangan yang indah.

8. Berfoto di tengah bunga-bunga


Jika ada padang rumput di sekitarmu dengan background pepohonan, kamu bisa menambah bunga-bunga di sekitar. Tidak perlu memenuhi seluruh permukaan dengan bunga, tambahkan saja di beberapa bagian, kemudian tutup sisanya dengan kelopak dengan warna yang sama. Dengan warna pink yang cantik, kamu dan pasangan bisa menampilkan sisi alam yang lembut dan elegan. Oleh sebab itu, penting untuk mengenakan pakaian yang juga memiliki sentuhan elegan ini.

9. Berfoto di tikungan

Fotografi: Linea Pictures

Foto di alam tidak melulu harus di tengah hutan atau di tengah laut, kamu dan pasangan juga bisa berfoto di jalan yang menikung dengan pemandangan sekitar yang masih asri. Jenis foto ini bisa didapatkan di kawasan pedesaan yang masih memiliki banyak pepohonan. Untuk membuat suasana makin paripurna, momen setelah hujan ketika jalan masih basah akan semakin menambah kesan dramatis. Kalian bisa berpose berkejaran di tengah jalan untuk memunculkan kesan yang semakin natural ini. Namun, pastikan keselamatan kalian tetap yang utama, ya.

10. Berfoto di tengah padang rumput dengan kain tradisional

Fotografi: Linea Pictures

Padang rumput yang hijau berpadu dengan bukit yang juga hijau membuat pemandangan terlihat sempurna, apalagi dengan adanya kehadiran hewan di belakang sana. Namun, perlu sentuhan lain supaya kamu dan pasangan bisa tampil outstanding di tengah pemandangan ini, yaitu pakaian yang dikenakan. Kamu dan pasangan bisa mengenakan kain khas yang dibuat lebih modern dengan warna yang outstanding, seperti hitam dan putih.

11. Berfoto di tengah pepohonan

Fotografi: Linea Pictures

Pepohonan yang rimbun akan menjadi background foto yang menarik. Biasanya akan ada kesan misterius dan sinematis dari set foto seperti ini. Namun, ternyata kamu juga bisa membuatnya terlihat lebih cerah. Selain dari segi komposisi warna, kamu dan pasangan juga bisa menerapkan pose yang romantis. Kalian berdua bisa berdiri sambil berangkulan di jalan setapak di antara pepohonan tersebut.

12. Foto melibatkan binatang

Fotografi: Linea Pictures

Foto yang dekat dengan alam tidak hanya melibatkan pemandangan yang indah saja, tapi juga elemen yang lainnya, seperti binatang. Salah satu hewan yang bisa kamu ajak untuk berfoto adalah kuda. Biasanya di beberapa tempat wisata yang menyajikan pemandangan indah, ada juga kuda yang bisa dinaiki. Kamu bisa memanfaatkannya untuk berfoto dengan cara menaikinya dan mencari spot yang memiliki pemandangan alam indah untuk menjadi latar belakang. 

13. Siluet saat fajar

Fotografi: Linea Pictures

Jika kamu dan pasangan merupakan dua orang pemalu yang sering tidak percaya diri di depan kamera, foto yang hanya memperlihatkan siluet kalian berdua akan menjadi ide yang bagus. Lakukan pose seolah merayakan kebebasan seperti merentangkan tangan dengan lebar. Untuk memaksimalkan background pemandangan alam, foto bisa diambil ketika fajar atau justru saat matahari tenggelam. Hasilnya foto misterius yang indah ini bisa kamu pasang di area pernikahan maupun undangan.

14. Berfoto di antara ilalang

Fotografi: Amara Pictures

Ternyata selain pohon dan perbukitan, ada elemen lain yang bisa digunakan sebagai background yang cantik, yaitu ilalang. Tanaman jenis ini biasanya dikeringkan dan dijadikan dekorasi untuk sesi foto di dalam ruangan atau di studio. Namun, kamu bisa langsung berfoto di depannya untuk memberikan sentuhan yang lebih natural dengan latar langit dan cahaya matahari yang cerah. Kenakan pakaian formal jika ingin membuat sesi prewedding ini menjadi lebih elegan.

15. Berjalan di musim gugur

Fotografi: Amara Pictures

Jika ingin memberikan sentuhan alam yang berbeda, kamu juga bisa berfoto di negara yang memiliki empat musim sehingga pemandangan yang ditunjukkan bukan hanya hujan atau kemarau saja, tapi juga musim lain. Salah satunya adalah musim gugur saat dedaunan mulai menguning dan berjatuhan. Kamu dan pasangan bisa mengabadikan fenomena alam ini sambil bergandengan di antara pohon-pohon yang menguning.

16. Berfoto di tengah padang bunga canola

Fotografi: Ruang Pandang

Bunga canola yang menghampar luas akan menjadi sebuah pemandangan indah yang menakjubkan. Kamu dan pasangan bisa berfoto di tengah padang ini untuk mendapatkan hasil foto yang dreamy. Jangan lupa untuk mengenakan pakaian yang juga tak kalah dreamy, seperti mengenakan gaun dan suit. Sementara itu, kalian bisa berpose romantis, seperti bergandengan tangan menyusuri padang ini.

17. Berfoto di tengah jembatan misterius

Fotografi: Calia Photo

Jika kamu mau mengeksplor dengan lebih jauh ke alam sekitar, bisa jadi kamu akan menemukan hidden gem spot pemandangan indah, seperti sebuah jembatan di tengah sungai yang misterius ini. Dengan pemandangan yang begitu asri, kalian bisa mengambil foto di tengahnya. Tak perlu berpose dan memasang ekspresi yang terlalu berlebihan karena hasil fotomu dipastikan akan menakjubkan.

18. Berfoto di bukit gersang

Fotografi: Calia Photo

Semua kondisi alam bisa ditangkap dengan kamera untuk sesi prewedding yang natural.  Tidak melulu memiliki pemandangan berwarna hijau, kamu juga bisa mengambil foto di tempat yang gersang sekalipun. Untuk mendapatkan hasil yang lebih sinematis, foto kalian bisa diambil dari jarak jauh. Kalian juga bisa berfoto di timing yang tepat, seperti ketika matahari baru terbit atau akan tenggelam. 

19. Foto dari atas

Fotografi: Calia Photo

Selain menunjukkan hamparan dan pemandangan alam tampak depan, kamu juga bisa menjajal angle yang lain, misalnya tampak atas seperti ini. Kalian bisa mengambil konsep seolah sedang berkemah sehingga ada tenda atau mobil camper yang bisa sekaligus menjadi properti unik. Berposelah dengan sesantai mungkin untuk menangkap kesan natural kalian berdua yang sedang menikmati alam.

20. Berfoto di sungai bersama gajah

Fotografi: Arla Productions

Untuk mendapatkan hasil foto yang sangat natural dan playful seperti ini, kamu dan pasangan bisa bermain dengan gajah sungguhan dan meminta fotografer untuk mengambil foto secara candid. Selain di dalam hutan, kalian juga bisa mengambil foto ini di sungai dekat dengan habitat mereka. Namun, pastikan tidak ada yang terganggu saat mengambil foto jenis ini, ya. Utamakan keselamatan semua elemen di dalamnya. Jangan lupa juga untuk mengurus izin dan membawa ahlinya seperti pawang gajah itu sendiri.

Beberapa foto prewedding dengan konsep dekat dengan alam tersebut bisa kamu jadikan inspirasi untuk sesi prewedding kelak. Kamu bisa merencanakan foto di luar kota, luar negeri, atau justru di taman kota yang tidak terlalu jauh dengan rumahmu dan pasangan. Pilih yang paling nyaman dan paling memungkinkan untuk kalian berdua.


Artikel Terkait



Artikel Terbaru