Pilih Kategori Artikel

7 Inspirasi Desain Kotak Cincin Kekinian, Menambah Tampilan Unik di Hari Pernikahan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Cincin merupakan salah satu elemen penting yang harus dipersiapkan entah ketika lamaran maupun pernikahan. Hal ini tidak lepas dari simbol cincin yang menjadi penanda seseorang sudah terikat dengan pasangannya. Namun tahukah kamu, bahwa saat ini tidak hanya cincin saja yang mempunyai berbagai bentuk dan desain? Kotak cincin pun juga punya desain tidak kalah unik dan menarik.

Perkembangan desain kotak cincin ini tentunya tidak lepas dari permintaan masyarakat yang ingin mempunyai tempat cincin unik, yang tidak hanya terbatas pada kotak cincin beludru dengan bentuk love. Oleh karena permintaan itu lah, akhirnya membuat para pengrajin menciptakan berbagai inovasi dengan membuat kotak cincin dengan berbagai bentuk dan ukuran. 

Bahan baku kotak cincin juga sekarang tidak terbatas pada satu bahan saja, melainkan beragam. Ring box kini telah tersedia dengan berbagai bahan baku seperti akrilik, kaca, hingga kayu. Jika kamu ingin tahu lebih banyak terkait desain kotak cincin serta bahan baku yang digunakan, simak informasi di bawah ini.

Kotak Cincin Bentuk Hexagon

wm_article_img
Foto: instagram/ringbox.surabaya

Inspirasi kotak cincin yang pertama adalah berbentuk segi enam yang terbuat dari lapisan kaca. Desain kotak cincin satu ini banyak diminati oleh orang-orang karena bentuknya yang unik dan tampilannya yang estetik dan cantik. Dalam desain tersebut kamu tidak hanya diberikan satu kotak cincin berbentuk hexagon saja, tetapi juga detail lain seperti bunga artificial, dried plants, pahatan nama pengantin, tanggal pernikahan dan alas kayu berbentuk lingkaran.

Semua hal tersebut kemudian ditempatkan di alas kayu dan didekorasi sedemikian rupa hingga menjadi kotak cincin rustic yang cantik. Menggunakan ring bearer estetik ini untuk momen pertunangan atau lamaran pernikahan, pastinya dapat memukau banyak orang.

Kotak cincin Bentuk Persegi

wm_article_img
Foto: instagram/ringbox.surabaya

Jika kamu menyukai hal kesan minimalis dan clean, kotak cincin persegi akrilik ini dapat menjadi pilihan yang tepat. Sesuai namanya, kotak cincin satu ini mempunyai bentuk persegi yang terbuat dari bahan akrilik. Jika kamu menyukai warna putih, kamu dapat menggunakan alas kayu berwarna putih dan memilih bunga putih sebagai hiasannya.

Penambahan nama pengantin di atas kotak cincin juga menjadi ide bagus untuk mempercantik penampilan. Selain itu, agar tampilan kotak cincin tidak terlalu monoton, kamu dapat menambahkan hiasan bunga kering atau dried plants berwarna coklat untuk mempercantik tampilan.

Kotak Cincin Kombinasi Kaca dan Kayu

wm_article_img
Foto: instagram/yumala.hampers

Inspirasi ring box selanjutnya adalah kotak kombinasi kaca dan kayu yang dihiasi dengan daun artificial. Kotak cincin mempunyai bentuk unik, mirip seperti pot tanaman mini hanya saja yang membedakan adalah terdapat cincin di dalamnya. Kotak cincin ini mempunyai bentuk kotak, dengan alas terbuat dari kayu, serta untuk bagian atas terbuat dari akrilik berwarna transparan. 

Di dalam kotak cincin tersebut, tidak hanya terdapat cincin tunangan tetapi juga detail tambahan seperti bunga artificial dan hiasan yang menyerupai tanah sehingga bentuknya mirip dengan pot tanaman mini. Fungsi daun artificial tidak hanya sebagai hiasan tetapi juga menambah kesan hidup di kotak cincin tersebut.

Kotak Cincin Bentuk Prisma

wm_article_img
Foto: instagram/ringbox.surabaya

Kotak cincin satu ini mempunyai bentuk bentuk prisma segitiga dengan warna perak yang mendominasi dan terbuat dari bahan akrilik transparan. Untuk membuat tempat cincin terlihat kreatif, kamu dapat menambahkan kain yang dimasukkan ke dalam kotak tersebut. Fungsi kain tersebut dapat dijadikan sebagai alas untuk cincin kawin yang diletakkan di atasnya. Jangan lupa, tambahkan detail lain seperti bunga warna pink agar tampilan lebih manis dan menarik.

Kotak Cincin Unik Bentuk Potongan Batang Pohon

wm_article_imgwm_article_img

Foto: instagram/menikahdenganku

Jika desain kotak cincin yang sebelumnya terbuat dari bahan akrilik, maka kotak cincin yang satu ini memiliki desain unik karena terbuat dari potongan kayu utuh. Bahan potongan batang pohon tersebut tidak saja digunakan di bagian alas saja tetapi di bagian tempat cincin maupun bagian penutup juga terbuat dari kayu. 

Secara umum, kotak cincin ini mempunyai model yang hampir sama dengan kotak cincin lain yaitu desainnya yang dapat dibuka tutup. Namun yang membedakan adalah terdapat dua lingkaran kecil yang digunakan sebagai tempat cincin. Selain itu, detail tambahan seperti pahatan gambar karikatur dan inisial nama pengantin juga menjadi ciri khas dari desain tempat cincin nikah rustic yang unik ini.


Kotak Cincin Bentuk Lingkaran

wm_article_imgwm_article_img

Foto: instagram/menikahdenganku

Desain kotak cincin lain yang terbuat dari bahan kayu adalah kotak cincin bentuk lingkaran. Desain lingkaran di kotak ini meliputi alas dan bagian kotak cincin. Pada bagian kotak cincin, terdapat dua lingkaran yaitu atas dan bawah. Bagian atas digunakan sebagai penutup, sedangkan untuk bagian bawah dapat digunakan sebagai tempat cincin. 

Di dekat kotak cincin, kamu dapat memberikan hiasan sederhana seperti ukiran nama pengantin serta gambar love. Di sisi lain, untuk bagian alas, karena konsep sederhana sudah teraplikasi di bagian kotak, untuk menghindari tampilan yang terlalu sepi, kamu dapat menambahkan detail seperti hiasan bunga dan daun kering di sekitar kotak cincin. Jangan lupa sertakan informasi tambahan seperti ukiran tanggal pernikahan dan gambar bunga.

Kotak Cincin Bentuk Piramida

wm_article_imgwm_article_img

Foto: instagram/menikahdenganku

Jika sebelumnya terdapat kotak cincin seperti hexagon, lingkaran, persegi panjang dan lain-lain, maka kotak cincin ini juga tidak kalah unik dari sebelumnya yaitu kotak cincin berbentuk piramida. Kotak satu ini mempunyai bentuk piramida karena jika bagian alas dan tutupnya ditutup, terlihat jelas seperti piramida.

Bahkan untuk orang awam yang sekali melihat tidak akan menyangka bahwa barang tersebut merupakan sebuah kotak cincin. Untuk membuat tampilan identik dengan kotak cincin, kamu dapat menambahkan ukiran inisial nama dan karikatur pengantin di bagian tutup. 

Itulah 7 inspirasi kotak cincin yang dapat kamu gunakan di pernikahan. Setelah menyimak informasi di atas, kamu dapat lebih mengerti bahwa ternyata kotak cincin tidak terbatas pada kotak beludru berwarna merah saja tetapi ada juga yang berbentuk piramida, persegi panjang hingga hexagonal.

Oleh karena itu, sebelum menentukan desain kotak cincin yang ingin digunakan, kamu dapat berdiskusi terlebih dahulu dengan calon pasangan. Hal ini dilakukan untuk menghindari salah memilih desain yang tidak sesuai dengan konsep pernikahan. Semoga kamu menemukan pilihan ring box impian, ya!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...