Your Smart Wedding Platform

7 Inspirasi Riasan Pengantin Jawa Hijab tanpa Paes, Tetap Cantik dan Elegan!

12 Jun 2023 | By Wedding Market | 3846
Foto: Tety MUA JAKARTA

Di zaman yang sudah modern saat ini, pernikahan adat memang masih jadi salah satu pilihan konsep wedding yang digemari para calon mempelai. Meski begitu, dalam penerapannya dikombinasikan dengan unsur modern, entah itu pada dekorasi, prosesi adat yang digunakan, bahkan busana dan riasan. Misalnya saja pada riasan pengantin Jawa hijab tanpa paes.

Seperti diketahui, paes merupakan bagian dari riasan di dahi berwarna hitam berupa lekukan yang memiliki simbol tersendiri berdasarkan kepercayaan masyarakat Jawa. Sebenarnya, paes ini merupakan salah satu elemen penting dalam riasan pengantin adat Jawa.

Namun, dalam perkembangannya, pengantin adat Jawa tidak selalu menerapkan paes, khususnya bagi pengantin yang berhijab. Kok bisa ya, pengantin Jawa tanpa paes? Nah, berikut ini beberapa ulasan riasan pengantin Jawa hijab tanpa paes yang bisa kamu jadikan inspirasi, yuk simak!

1. Kombinasi Ronce Melati dan Veil Berenda

Foto: Setohairmakeup

Untuk busana pengantin Jawa hijab tanpa paes, kamu bisa menonjolkan nuansa adat dari ronce melati yang disematkan di kepala bagian belakang. Paes yang menjadi bagian riasan wajah di bagian dahi bisa diganti dengan ciput polos. Riasan nuansa pink ini cocok banget dipadukan dengan busana akad serba putih dengan tambahan veil renda yang menambah anggun penampilanmu.

2. Pengantin Jawa Hijab Anggun dengan Ronce Melati dan Veil Payet

Foto: Fidel Herta Makeup

Selain veil berenda, veil payet seperti ini juga bisa jadi pilihan untuk penampilanmu yang mengusung adat Jawa dengan sentuhan modern. Ronce melati dipadu dengan payet pada veil yang senada dengan kebaya modern ini membuat penampilanmu makin anggun dan elegan. Apalagi dengan riasan nuansa peach yang menghadirkan kesan natural dan ceria di hari spesialmu.

3. Pengantin Jawa Hijab Tanpa Paes, tapi Pakai Mahkota

Foto: Syabrinand

Perpaduan nuansa adat dan modern bisa kamu hadirkan melalui pemilihan riasan dan busana hijab yang kamu kenakan. Meski tanpa paes, kamu tetap bisa menghadirkan nuansa adat Jawa melalui ronce melati yang disematkan pada hijabmu.

Nah, supaya tidak terkesan terlalu polos, kamu bisa menggantikan paes dengan mahkota untuk hiasan kepala. Biar makin elegan, padukan juga dengan veil sifon yang membuat penampilanmu makin anggun dalam balutan konsep adat dan modern yang pas. Cantik banget, kan?

4. Pengantin Jawa Hijab tanpa Paes Adat Solo

Foto: Putrisiana

Siapa bilang, kalau riasan pengantin Jawa hijab tanpa paes tidak bisa pakai aksesori pengantin Jawa yang lengkap? Meski tanpa paes dan mengenakan hijab, kamu tetap bisa menyematkan aksesori seperti Cunduk Mentul dan Centhung, lho. Cocok banget buat kamu yang ingin mengenakan kebaya semi modern.

Roncean melati juga bisa dibuat layaknya kamu mengenakan sanggul tanpa hijab dengan menutupi bagian kepala bagian belakang. Selanjutnya Cunduk Mentul ditusukkan pada bagian rambut atau sanggul yang tertutup hijab. Jangan lupa sematkan bros besar di bagian kancing atas kebayamu, ya. Meski tanpa paes, riasan seperti ini tetap kental dengan nuansa adat kan?

5. Kombinasi Ronce Melati, Cunduk Mentul dan Mahkota Modern

Foto: Tety Makeup

Riasan pengantin Jawa hijab tanpa paes, ternyata banyak banget variasinya, lho. Selain tetap bisa mengenakan aksesori Cunduk Mentul, kamu juga bisa mengombinasikan dengan elemen modern seperti mahkota. Nah, mahkota di sini sebenarnya untuk menggantikan Centhung yang biasanya disematkan di atas kepala bagian depan.

Sebagai pengantin Jawa, ronce melati tentu tidak boleh ketinggalan, ya. Supaya lebih anggun dan elegan, kamu juga bisa menambahkan veil hanya dibagian belakang kepala. riasan busana untuk bagian kepala seperti ini cocok banget buat kamu yang ingin mengusung konsep adat dan modern dalam satu look.

6. Ronce Melati, Cunduk Mentul yang Dipadu dengan Kebaya Modern

Foto: Tety MUA Jakarta

Aksesori pengantin adat Jawa yang lengkap dengan Cunduk Mentul, Centhung, dan roncean melati tidak hanya cocok dipadu dengan busana ada saja, lho. Buat kamu yang ingin mengenakan busana modern baik itu kebaya maupun gaun, konsep ini tetap bisa diterapkan

Meski mengenakan aksesori pengantin Jawa, penampilanmu tetap elegan dengan riasan natural dan gaun putih. Di bagian hijab diberi detail renda untuk menambah hiasan kepala yang membuatmu makin tampil memesona.

7. Busana Warna Sage dengan Aksesori Pengantin Jawa Nuansa Gold

Foto: Tia Achmad

Riasan pengantin Jawa hijab tanpa paes tidak hanya cocok diterapkan untuk busana nuansa putih saja, lo. Buat kamu yang ingin tampil mewah dan tetap elegan,kamu bisa memilih busana warna sage yang kalem, dengan aksesori nuansa gold.

Bagian pengganti paes di area dahi bisa kamu tambahkan ciput full payet senada dengan kebaya yang kamu kenakan. Sebagai pengantin adat Jawa, tentu tidak boleh ketinggalan roncean melati di atas kepala bagian belakang, ditambah Cunduk Mentul dan Centhung. Untuk riasannya sendiri kamu bisa memilih riasan nuansa peach yang natural supaya tetap terlihat kalem dan elegan.

Ternyata riasan dan busana adat pengantin Jawa tanpa paes banyak banget variasinya, ya. Kamu juga bisa mengombinasikan beberapa aksesori lain yang bisa menggantikan elemen paes yang cukup penting dalam riasan pengantin adat Jawa.

Menghilangkan elemen paes pada riasan seperti ini, selain untuk memasukkan konsep modern juga membuat penampilanmu lebih simpel, lho. Cocok banget buat kamu yang ingin memadukan konsep pernikahan adat dan modern. Mana nih, riasan pengantin Jawa hijab tanpa paes yang jadi favoritmu?


Artikel Terkait



Artikel Terbaru