Your Smart Wedding Platform

Bukan Hanya Wanita, Pria juga Wajib Lakukan 8 Perawatan sebelum Menikah

04 Sep 2024 | By Nurma Arum Wedding Market | 82
Fotografi: Morden

Saat membicarakan perawatan sebelum pernikahan hingga makeup ketika hari-H pernikahan, pihak yang lebih banyak melakukan hal ini biasanya kebanyakan adalah pengantin perempuan. Padahal tak ada salahnya pengantin laki-laki juga melakukan perawatan tubuh maupun wajah supaya bisa lebih bersinar dan memancarkan aura selama acara pernikahan, lo. Perawatan yang bisa dilakukan tidak ribet juga, kok.

Mulai dari tubuh hingga hal detail seperti jenggot, berikut ini beberapa perawatan yang bisa kamu lakukan untuk penampilan paripurna saat acara pernikahan. Simak sampai habis dan jangan lupa untuk mencatat, ya!

1. Perawatan kulit wajah

Fotografi: Morden

Kulit wajah adalah salah satu bagian penting yang harus dirawat karena bagian inilah yang akan menjadi bagian yang paling banyak diekspos di hari pernikahan.

  • Pembersihan rutin

Setiap hari, ada berbagai kotoran yang menempel di wajah, mulai dari debu, minyak, dan polusi yang membuat kulit menjadi lebih kusam. Membersihkan wajah dari berbagai partikel ini adalah hal yang penting untuk dilakukan. Lakukan double cleansing atau membersihkan wajah dua kali setiap pagi dan malam hari. Jangan lupa untuk menggunakan pembersih yang cocok untuk wajahmu.

  • Lakukan eksfoliasi

Lakukan eksfoliasi wajah setidaknya dua kali seminggu untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan mencegah pori-pori tersumbat. Eksfoliasi juga membantu kulit terlihat lebih cerah dan segar. Ada berbagai jenis produk yang bisa digunakan untuk melakukan urutan ini, mulai dari toner hingga krim. Jika belum pernah melakukan sebelumnya, coba tanya kepada orang yang lebih tahu.

  • Pelembap

Kulit yang lembap akan membuatmu terlihat lebih segar dan tidak kusam. Untuk itu, gunakan pelembap yang cocok dengan kulit supaya kulit bisa lebih mulus dan terhidrasi. Kamu bisa menggunakannya setiap setelah mencuci muka.

  • Serum dan krim malam

Jika ada masalah kulit tertentu seperti jerawat, bekas luka, atau kerutan, gunakan serum yang sesuai. Biasanya ada berbagai jenis serum yang bisa disesuaikan dengan masalah kulit masing-masing. Krim malam yang memiliki berbagai kandungan juga dapat membantu proses regenerasi kulit selama tidur. 

  • Perlindungan dari sinar matahari

Selalu gunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 ketika beraktivitas di luar ruangan. Kamu juga bisa menggunakannya saat di dalam ruangan. Hal ini penting dilakukan untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV yang bisa menyebabkan penuaan dini dan hiperpigmentasi.

2. Perawatan rambut

Berbeda rambut seolah seperti berbeda orang. Seperti itulah besarnya pengaruh rambut pada penampilan seseorang sehingga kamu harus merawatnya dengan baik dan mencari model yang paling cocok.

  • Potong rambut

Tampil lebih rapi dengan cara memotong rambutmu. Namun, jangan lakukan potong rambut dalam jangka waktu yang terlalu mepet. Lakukan satu hingga dua minggu sebelum hari pernikahan untuk memberikan waktu bagi rambutmu untuk menyesuaikan diri dan terlihat lebih natural saat hari-H.

  •  Perawatan kulit kepala

Gunakan sampo yang sesuai dengan jenis kulit kepala. Jika memiliki masalah seperti ketombe atau kulit kepala berminyak, pilih sampo yang dirancang khusus untuk menangani masalah tersebut. Lakukan keramas dengan rutin, tapi hindari melakukannya setiap hari untuk menghindari kondisi rambut kering.

  • Kondisioner

Selain menggunakan sampo, gunakan juga kondisioner setiap kali keramas untuk membuat rambut lebih lembut dan lembap. Kondisioner biasanya juga akan membantu mencegah rambut kering dan kusut.

  • Styling

Meskipun memiliki rambut pendek, ada berbagai jenis style rambut yang bisa diterapkan. Jika akan menggunakan produk styling pada hari pernikahan, seperti gel atau pomade, coba beberapa minggu sebelumnya untuk memastikan produk tersebut cocok dan tidak menyebabkan iritasi.

3. Perawatan jenggot dan kumis

Fotografi: by.yoy

Memiliki jenggot atau kumis merupakan sebuah hal yang memerlukan trik khusus. Untuk membuatnya lebih menarik, kamu harus menjaga kebersihan dengan ekstra.

  • Trim secara rutin

Jika memiliki jenggot atau kumis, pastikan untuk merapikannya secara rutin agar terlihat rapi. Potonglah beberapa hari sebelum pernikahan untuk mendapatkan tampilan yang segar.

  • Gunakan produk khusus

Gunakan minyak atau balm khusus jenggot untuk menjaga kelembutan dan kilau alami. Produk ini juga membantu menjaga kulit di bawah jenggot supaya tetap sehat dan terhidrasi.

4. Perawatan tubuh

Menjaga kebersihan tubuh adalah hal penting untuk membuatmu segar selama acara dan untuk menghindari bau badan yang mungkin menyerang. 

  • Mandi rutin dengan sabun yang sesuai

Pilih sabun yang tidak hanya membersihkan, tetapi juga menjaga kelembapan kulit tubuh. Sabun dengan kandungan pelembap atau bahan alami seperti lidah buaya sangat direkomendasikan.

  • Menggunakan pelembap

Setelah mandi, jangan lupa untuk mengaplikasikan lotion atau krim pelembap ke seluruh tubuh terutama pada beberapa area yang cenderung lebih mudah kering. Selain melembapkan, kulit juga akan terlihat lebih halus dan lembut.

5. Perawatan gigi dan mulut

Foto: Nura Brides

Mulai dari senyuman hingga mengobrol dengan orang lain, perawatan gigi dan mulut adalah hal yang sangat penting dilakukan untuk memberikan kesan yang baik untuk para tamu yang datang.

  • Sikat gigi dan flossing

Sikat gigi adalah hal yang wajib dilakukan minimal dua kali sehari untuk menjaga kesehatan gigi. Bila perlu, kamu juga bisa melakukan flossing atau membersihkan gigi dengan benang gigi. Dengan melakukan hal ini, kamu juga bisa mencegah terjadinya bau mulut. Gunakan mouthwash untuk membantu menjaga kesegaran napas sepanjang hari, terutama pada hari pernikahan.

  • Pemeriksaan gigi

Sebaiknya lakukan pemeriksaan gigi setidaknya dua bulan sebelum pernikahan. Jika perlu, lakukan pembersihan karang gigi atau perawatan lain seperti pemutihan gigi agar senyum terlihat lebih cemerlang.

6. Kebugaran dan pola makan

Hal yang satu ini tak kalah penting karena kondisi tubuhmu harus selalu fit selama acara. Jangan sampai kamu merasa lemas atau bahkan tumbang.

  • Olahraga teratur

Lakukan olahraga secara rutin untuk menjaga kebugaran tubuh. Selain membantu menjaga berat badan, olahraga juga bermanfaat untuk mengurangi stres menjelang hari pernikahan. Tidak perlu melakukan olahraga yang terlalu berat, kamu bisa jogging atau melakukan latihan ringan di rumah.

  • Diet seimbang

Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang dengan banyak buah, sayuran, protein, dan biji-bijian. Hindari makanan berlemak dan junk food yang bisa membuat tubuh terasa lemas dan tidak fit.

  • Minum air yang cukup

Selama persiapan pernikahan, pastikan untuk minum air minimal 8 gelas sehari agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Selain bisa mengeluarkan racun dari dalam tubuh, dengan rutinitas ini kulitmu juga akan terlihat lebih segar dan bercahaya.

7. Persiapan mental dan relaksasi

Fotografi: Morden

Selain merawat fisik, persiapan mental dan relaksasi merupakan hal yang tak kalah penting untuk dilakukan karena hal yang satu ini juga secara tidak langsung akan memengaruhi kondisi fisik.

  • Meditasi dan relaksasi

Menjelang hari pernikahan, stres bisa meningkat. Luangkan waktu untuk meditasi, yoga, atau aktivitas relaksasi lainnya untuk menjaga ketenangan pikiran. Spa atau pijat juga bisa dilakukan bersama dengan pasangan untuk menghilangkan rasa lelah dan stres.

  • Tidur yang cukup

Tidur minimal 7-8 jam setiap malam sangat penting untuk menjaga kebugaran fisik dan mental. Kurang tidur bisa menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata dan penurunan energi.

8. Perawatan bibir

Selain gigi, bibir juga menjadi bagian yang akan banyak terlihat terutama di foto. Agar senyummu tampak lebih manis, perawatan di bagian ini pun diperlukan. 

  • Eksfoliasi bibir

Lakukan eksfoliasi ringan pada bibir menggunakan scrub bibir atau sikat gigi untuk mengangkat kulit mati. Dengan melakukan rutinitas ini, bibir pun akann terasa lebih halus dan siap untuk diaplikasikan lip balm.

  • Gunakan pelembap

Selain mengonsumsi banyak air, gunakan juga lip balm yang mengandung SPF supaya bibir bisa selalu lebih lembap dan terlindungi dari sinar matahari. Lakukan hal ini jauh hari di pagi hari dan malam sebelum tidur.

Itu dia beberapa perawatan yang bisa dilakukan oleh calon pengantin pria agar bisa tampil seimbang dengan pengantin wanita. Selain itu, kamu juga bisa terlihat lebih sehat dan bugar dengan menerapkan gaya hidup sehat. Auramu pun akan semakin terpancar di hari istimewa.


Foto cover: Morden


Artikel Terkait



Artikel Terbaru