Pilih Kategori Artikel

Ciri Khas Dekorasi Pelaminan Jawa yang Harus Kamu Ketahui
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Pelaminan bisa diartikan sebagai panggung atau singgasana bagi pengantin, yang sengaja diciptakan sebagai tempat duduk keduanya di resepsi pernikahan. Sesuai dengan fungsinya sebagai singgasana pengantin, tentunya pelaminan tidak boleh dibuat biasa saja, harus mempunyai dekorasi khas yang dapat memancarkan konsep pesta pernikahan itu.

Dekorasi pelaminan pernikahan sendiri ada banyak ragamnya, namun paling umum dibagi menjadi dua kategori yaitu dekorasi bergaya internasional dan tradisional. Khusus pelaminan tradisional, Indonesia memiliki dekorasi unik di setiap daerahnya. Salah satu dekorasi tradisional yang terkenal keunikannya adalah dekorasi pelaminan khas Jawa.

Beberapa ciri khas dari pelaminan Jawa terletak dari penggunaan gebyok dan miniatur Joglo sebagai dekorasi utama. Namun, jika kamu cari tahu lebih lanjut, ada banyak ciri khas lain yang belum banyak orang ketahui terkait dekorasi pelaminan Jawa. Seperti apa ciri khas dekorasi pelaminan Jawa itu? Informasi lebih lengkapnya, mari simak ulasan di bawah ini!

1. Gebyok

wm_article_img

Salah satu hal yang paling menonjol dari dekorasi pelaminan khas Jawa adalah penempatan gebyok. Gebyok adalah dekorasi berbentuk sekat kayu atau serupa daun pintu yang dipasang berjejer memanjang, seperti yang digunakan dalam rumah adat kudus. Fungsi gebyok dalam hal ini dijadikan sebagai background pelaminan tempat kedua pengantin duduk bersanding. 

wm_article_img

Dalam pernikahan masyarakat Jawa klasik, umumnya mereka menggunakan pelaminan gebyok yang terbuat dari kayu jati. Hal ini disebabkan karena kayu jati terkenal akan kekuatannya sehingga gebyok yang dihasilkan pun berkualitas. Ketika proses pembuatan gebyok, para pengrajin biasanya akan menambahkan berbagai ukiran khas Jawa.

Bagi masyarakat Jawa, penambahan ukiran pada gebyok tidak hanya menambah kesan estetika, tapi juga mempunyai arti lain yaitu menjadi perantara untuk menjalin hubungan yang harmonis antara manusia, alam dan Tuhan. Selain menambahkan berbagai ukiran, kamu juga bisa menghias gebyok dengan aksesoris lain seperti bunga dan daun agar tampilannya semakin memukau.

2. Miniatur Joglo

wm_article_img

Setelah gebyok yang sangat ikonik dan klasik, kamu juga bisa menggunakan miniatur Joglo sebagai dekorasi pelaminan. Sesuai namanya, miniatur Joglo  mempunyai bentuk seperti rumah adat Joglo dengan atap berbentuk limas yang ditopang oleh empat pilar. 

wm_article_img

Dalam masyarakat Jawa, Joglo yang berbentuk limas dengan empat pilar sebagai penopangnya mempunyai makna tertentu. Contohnya atap Joglo yang berbentuk limas terinspirasi dari gunung yang merupakan tempat yang sakral dan disucikan. Di sisi lain, empat pilar yang menjadi penopang Joglo, menjadi representasi dari empat penjuru mata angin. Keempat arah angin menjadi simbol petunjuk arah agar pengantin selalu mempunyai tujuan hidup dalam menjalankan kehidupan berumah tangga.

3. Gunungan Wayang Kulit

wm_article_img

Gunungan wayang kulit ternyata tidak hanya digunakan pada pagelaran wayang tapi juga bisa digunakan sebagai dekorasi pelaminan Jawa, loh! Keduanya punya bentuk yang menyerupai gunung dengan tambahan berbagai ukiran khas Jawa di atasnya. Gunungan wayang kulit tersebut dijadikan sebagai hiasan backdrop pelaminan untuk menambahkan sentuhan khas pernikahan adat Jawa.

wm_article_img

Selain itu, jika punya dana lebih, kamu juga bisa menggunakan gunungan sebagai background meja katering dan photobooth para tamu. Bagi masyarakat Jawa, gunungan wayang kulit beserta ukiran yang didalamnya mempunyai makna bahwa setelah masuk ke dunia pernikahan, kedua pengantin akan menghadapi lika-liku kehidupan, entah itu senang ataupun sedih.  Oleh karena itu, kedua pengantin harus saling menjaga komitmen hingga maut memisahkan. 

4. Patung Loro Bonyo

wm_article_img

Patung Loro Blonyo atau bisa disebut juga sebagai patung dua pengantin adalah aksesoris lain yang digunakan sebagai dekorasi pelaminan. Masyarakat Jawa percaya bahwa patung Loro Blonyo merupakan simbol dari Dewi Sri (Dewi Kesuburan) dan Dewa Wisnu, yang merupakan perwujudan dari pasangan suami istri yang serasi dan mempunyai wajah rupawan.

wm_article_img

Peletakan patung loro blonyo dalam pesta pernikahan menjadi perwujudan harapan pengantin agar pernikahan mereka akan selalu rukun walaupun diterjang badai. Selain itu, Patung Loro Blonyo ini memiliki arti sebagai simbol kemakmuran serta keturunan yang berkesinambungan bagi kedua mempelai kelak. 

5. Kain Batik

wm_article_img

Aksesoris terakhir dekorasi pernikahan Jawa adalah kain batik. Pada umumnya, kain batik memang digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan pakaian. Namun ternyata fungsi kain batik tidak hanya sebatas itu, rupanya kain batik juga bisa digunakan sebagai alat penghias di pesta pernikahan. Contohnya bisa digunakan sebagai taplak meja pengantin, penutup kursi tamu ataupun dijadikan sebagai background photobooth para tamu ataupun latar belakang pelaminan pernikahan. 

wm_article_img

Penambahan kain batik sebagai dekorasi pernikahan, walaupun terlihat simpel namun berguna untuk memberikan sentuhan Jawa yang lebih kental di venue resepsi digelar. Kamu pun bisa menambahkannya untuk menjadikan suasana pernikahan terasa lebih klasik dan elegan.

Ternyata dekorasi pernikahan tradisional khas Jawa tidak kalah bagus dari dekorasi internasional, ya! Salah satunya, dengan menggunakan properti dekorasi di atas sebagai backdrop pelaminan tradisional Jawa maupun dengan modifikasi gaya pelaminan modern Kamu bisa menggunakan gebyok pelaminan yang merupakan andalan masyarakat Jawa, atau menambahkan gunungan wayang untuk memberi sentuhan yang khas dalam dekorasi pelaminan mewah milikmu!

wm_article_img

Dari segi biaya, dekorasi pelaminan Jawa juga termasuk murah. Pasalnya sekarang banyak sekali wedding organizer yang menyediakan dekorasi pernikahan Jawa dengan budget terjangkau dan kualitas yang mumpuni. 

Itulah beberapa aksesoris khas Jawa yang bisa kamu gunakan di pesta pernikahan. Lihat juga ragam dekorasi pelaminan adat lainnya di Indonesia yang mewah nan megah, serta jangan lupa kunjungi vendor dekorasi untuk pelaminan pernikahan adat Jawa di WeddingMarket, ya! Semoga berhasil mewujudkan pesta pernikahan impianmu!

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...